Sukses

Kepala Dingin Artinya Tenang dan Sabar, Simak Pula Cara Menyelesaikan Masalahnya

Kepala dingin artinya kata kiasan yang dipergunakan dalam konteks sabar dan tenang dalam menghadapi masalah.

Liputan6.com, Jakarta Kepala dingin artinya kata kiasan yang kerap digunakan oleh masyarakat dalam percakapan sehari-hari. Kata ini biasanya dipakai ketika menghadapi situasi di mana penuh emosi dan amarah yang menguasai tubuh.

Kepala dingin artinya kata kiasan yang dipergunakan dalam konteks sabar dan tenang dalam menghadapi masalah. Maka dengan sabar maupun tenang, pikiran pun menjadi lebih jernih sehingga setiap masalah baik kecil maupun besar dapat terselesaikan dengan baik.

Seseorang yang berkepala dingin artinya tenang dan sabar dalam mengadapi setiap masalah. Kemampuan tersebut sebenarnya sangat penting dimiliki oleh setiap orang. Oleh karena itu, anda perlu mempelajari cara menyelesaikan masalah dengan kepala dingin artinya tenang dan sabar.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai arti kepala dingin dan cara menyelesaikan masalah dengan kemampuan tersebut yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (27/1/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Arti Kepala Dingin

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, kepala dingin artinya kata kiasan yang menggambarkan sikap sabar dan tenang. Biasanya kata ini digunakan untuk menenangkan seseorang yang sedang dalam situasi emosi ataupun marah karena masalah yang dihadapinya.

Perlu diketahui, ternyata dalam KBBI kepala dingin artinya memiliki beberapa definisi lain yang dapat disesuaikan dengan konteks yang sedang dibicarakan. Menurut KBBI, kepala dingin artinya bisa berdasarkan adjektiva dan nomina. Untuk adjektiva, kata kepala dingin artinya adem, sunyi, damai, teduh, lapang pikiran, diam, senyap, dan stabil. Sedangkan untuk nomina, kata kepala dingin artinya sabar dan pemaaf.

Kata kepala dingin tak melulu untuk diri sendiri, namun juga bisa dikatakan ketika melihat keluarga, saudara, maupun teman yang dilanda emosi karena tidak dapat menyelesaikan permasalahan hidupnya dengan baik.

Dengan mengingatkan untuk menggunakan kepala dingin dalam menyelesaikan masalah, maka orang tersebut akan lebih bisa menentukan keputusan dengan bijak dan tepat sesuai dengan kemampuan diri. Selain itu, emosi dan amarah juga dapat terkendali dengan baik.

3 dari 4 halaman

Cara Menyelesaikan Masalah dengan Kepala Dingin

Apabila sedang menghadapi masalah hidup baik kecil maupun besar, jangan langsung dibawa emosi ataupun marah. Namun cobalah untuk menyelesaikannya dengan kepala dingin, berikut ini langkah-langkahnya:

1. Atur pernapasan

Cara menyelesaikan masalah dengan kepala dingin yang pertama adalah atur pernapasan anda. Apabila sedang menghadapi kondisi yang mana membuat emosi, segera untuk menarik napas dalam selama lima belas hingga dua puluh menit. Hal ini akan membantu meredakan stres, sehingga pikiran akan rileks dan lebih tenang. Dengan begitu, masalah yang anda hadapi dapat terselesaikan dengan baik.

2. Belajar melepaskan

Cara menyelesaikan masalah dengan kepala dingin yang selanjutnya adalah dengan belajar melepaskan semua pikiran yang mengganggu anda. Cobalah untuk melupakan masa lalu yang telah terjadi dan fokus yang ada di depan mata. Dengan begitu, anda akan lebih santai dalam menjalani hidup. Supaya masa lalu yang ada di pikiran anda cepat menghilang, anda bisa mengingat hal-hal positif atau bahkan meluangkan hari demi hari untuk aktivitas yang menyenangkan.

3. Melihat permasalahan dari berbagai sisi

Cara menyelesaikan masalah dengan kepala dingin yang selanjutnya adalah melihat setiap permasalahan yang datang dalam hidup dari berbagai sisi. Hal ini akan membuat anda lebih mudah untuk menemukan solusinya.

4. Menggali situasi lebih dalam

Cara menyelesaikan masalah dengan kepala dingin yang selanjutnya adalah menggali situasi lebih dalam. Cara menggali situasi lebih dalam bisa dilakukan dengan menanyakan beberapa hal terhadap diri sendiri. Pertanyaan itu bisa seputar penyebab, akibat, serta solusi yang berkaitan dengan masalah yang sedang anda hadapi. Hal ini juga bisa membuat anda lebih mampu berpikir secara jernih.

5. Menerima rasa ketidaknyamanan dengan terbuka

Biasanya jika emosi muncul dalam diri akan membuat tubuh merasa tidak nyaman. Apabila hal itu terjadi, anda tak perlu menolaknya cukup menerima dengan terbuka. Dengan begitu, tubuh akan meredakan emosi dengan sendirinya.

6. Baca kutipan

Cara menyelesaikan masalah dengan kepala dingin yang selanjutnya adalah membaca kutipan positif. Dengan membaca kata-kata bijak dari kutipan para sastrawan maupun ilmuwan, akan membantu anda tetap berpikir positif. Sehingga anda dapat menyelesaikan masalah yang anda hadapi dengan lapang pikiran.

4 dari 4 halaman

Contoh Kata Kiasan Lainnya dalam Bahasa Indonesia

Tak hanya kata kepala dingin, dalam bahasa Indonesia juga terdapat banyak kata kiasan lainnya. Berikut ini rinciannya:

Panjang akal = cerdik

Main Mata = melirik

Bermuka Dua = tidak tetap pendiriannya

Angkat Tangan = menyerah

Kata-Kata Manis = rayuan

Kepala Batu = Susah dinasehati

Pelita Hati = kekasih

Omong Kosong = bualan

Unjuk Gigi = Pamer kekuatan

Darah Daging = Anak kandung

Buah tangan = oleh-oleh

Banting Tulang = kerja keras

Buah Bibir = bahan pembicaraan

Kecil Hati = penakut

Tebal Muka = tidak punya rasa malu

Tangan Kanan = orang kepercayaan

Gulung Tikar = bangkrut

Panjang Tangan = mencuri

Kutu Buku = orang yang suka membaca

Jago Merah = Api

Besar kepala = sombong

Harga mati = harga tidak bisa dinegosiasikan

Berdarah dingin = tidak memiliki belas kasihan

Naik pitam = marah

Kabar angin = gosip

Bunga tidur = mimpi

Bunga desa = wanita paling cantik

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.