Sukses

Arti Why dalam Bahasa Inggris, Ketahui Contoh Penggunaannya

Apa Arti Why ? Ini pengertian kata why, beserta dengan contoh penggunaannya.

Liputan6.com, Jakarta Jika diterjemahkan secara umum, arti why adalah mengapa, kenapa, kok, apa sebab dan sebab. Arti why ini bisa disesuaikan dengan konteks kalimat yang ada. Why adalah satu kata yang digunakan dalam kalimat tanya dalam bahasa Inggris, bersama dengan what, when, where, who dan how.

Arti why ini digunakan untuk menanyakan penyebab dari suatu kondisi dan situasi yang terjadi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa why merupakan kata tanya yang berfungsi untuk menanyakan sebab dan alasan dari suatu hal. Mengetahui arti why menjadi penting mengingat kata ini merupakan kata yang sering kita jumpai dan gunakan.

Selain digunakan dalam kalimat tanya, kata why juga kerap digunakan dalam bentuk kalimat lainnya. Beberapa idiom dalam bahasa Inggris juga kerap menggunakan kata why yang memiliki makna untuk menjelaskan sesuatu. Selain memahami kata why, perlu diingat bahwa penting juga untuk memahami makna kata tanya lain yang terdapat dalam 5W + 1H.

Lebih lengkapnya, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Senin (23/1/2023). Pengertian kata why, beserta dengan contoh penggunaannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Apa Arti Why?

Penggunaan dan arti why seringkali digunakan dalam percakapan sehari-hari. Arti why juga kerap dipakai dalam kalimat tanya. Arti Why adalah kenapa atau mengapa, merupakan salah satu pertanyaan pelengkap dalam 5W dan 1H (What/Apa, When/Kapan, Where/Di mana, Who/Siapa, dan How/Bagaimana).

Penggunaan kata why sangat berguna untuk menggali informasi yang berhubungan dengan alasan kejadian terjadi, alasan seseorang mengambil keputusan, dan alasan-alasan lainnya. Selain itu memahami why juga membantu kita memahami pertanyaan dalam bahasa Inggris. Arti why adalah mengapa dan kata ini berguna sebagai kata tanya.

kata why digunakan untuk menggali informasi yang berhubungan dengan alasan kejadian terjadi, alasan seseorang mengambil keputusan, dan alasan-alasan lainnya. Kata why termasuk kedalam kelompok kata tanya 5W+1H yang merupakan singkatan dari kata What (Apa), When (Kapan), Where (Dimana), Who (Siapa), Why (Kenapa) dan How (Bagaimana).

Berikut beberapa contoh penggunaan kata why dan terjemahannya : 

1. Why should I take this? (Mengapa aku harus mengambil ini?)

2. Why here? (Mengapa di sini?)

3. Why did you want to read this book? (Mengapa kamu ingin membaca buku ini?)

Selain digunakan dalam kalimat tanya, kata why juga bisa digunakan untuk bentuk kalimat lainnya, seperti dibawah ini : 

1. There is no reason why we should do this job. (Tidak alasan mengapa kita harus mengerjakan pekerjaan ini.)

2. My mom asked me to explain why I hadn’t done my homework yet. (Ibuku memintaku menjelaskan mengapa aku belum mengerjakan PR.)

3. Why put off until tomorrow what you can do today. (Mengapa menunda hingga besok apa yang bisa kamu lakukan hari ini.)

3 dari 3 halaman

Kata Tanya 5W+1H

5W1H adalah pendekatan bertanya dan metode pemecahan masalah yang bertujuan untuk melihat ide dari berbagai perspektif, dengan tujuan untuk mendapatkan pemahaman mendalam tentang situasi tertentu. Ini umumnya digunakan sebagai metode perbaikan proses yang berkelanjutan dan dilakukan dengan menjawab semua elemen dasar dalam suatu masalah yaitu apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, dan bagaimana.

1. Apa (What)

Elemen apa yang harus dengan jelas menggambarkan situasi, masalah spesifik, atau pada dasarnya menjelaskan tujuan penggunaan metode. Jika memungkinkan, itu juga harus menyatakan tujuan keseluruhan untuk mengimplementasikan solusi yang akan diidentifikasi.

2. Siapa (Who)

Siapa mengacu pada orang atau kelompok tertentu yang relevan dengan isu atau situasi. Itu harus mencakup orang yang menemukan masalah, siapa yang mungkin bisa menyelesaikannya, dan siapa yang akan bertanggung jawab untuk mengimplementasikan solusi yang mungkin.

3. Di mana (Where)

Elemen where harus berisi lokasi atau posisi yang tepat dari masalah yang dikenali. Itu bisa berupa tempat, fasilitas, atau bahkan proses tertentu di mana solusi akan diterapkan.

4. Kapan (When)

Kapan harus memasukkan semua komponen situasi yang berkaitan dengan apapun yang berhubungan dengan tanggal. Itu harus menyatakan garis waktu, tenggat waktu, durasi, atau detail lain yang dapat membantu dalam penyelesaian masalah.

5. Mengapa (Why)

Meskipun masing-masing sangat penting dalam mencapai pendekatan pertanyaan yang efektif, mengapa mungkin merupakan salah satu elemen terpenting dari metode 5W1H. Ini menjelaskan secara rinci alasan dan tujuan di balik perlunya tindakan atau mengapa metode 5W1H perlu dilakukan sejak awal. W terakhir ini juga sering diminta lima kali untuk menemukan akar penyebab situasi dan mencegahnya terulang kembali. 

6. Bagaimana (How)

Bagaimana , sebagai elemen terakhir dari metode, menentukan langkah-langkah tentang bagaimana rencana yang teridentifikasi harus dilaksanakan. Itu juga harus mencakup semua sumber daya, alat, metode, sarana, dan bahkan pengeluaran yang diperlukan agar usaha menjadi efektif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.