Sukses

Mengenal Dansa SMPN 1 Ciawi, Olahraga Dansa Atletis Kelas Dunia

Dansa siswa siswi SMPN 1 Ciawi masuk kategori olahraga yang kejuaraan dunianya dinaungi oleh World Dancesport Federation (WDSF).

Liputan6.com, Jakarta - Dansa SMPN 1 Ciawi masuk kategori kompetisi dansa kelas dunia. Dansa yang ditampilkan siswa-siswi SMPN 1 Ciawi bernama dancesport. Ini olahraga dansa atletis kelas dunia atau kompetisi tarian model ballroom asal Amerika Latin.

Dancesport yang dilakukan siswa siswi SMPN 1 Ciawi masuk kategori olahraga yang kejuaraan dunianya dinaungi oleh Federasi Dance Sport Dunia atau World Dancesport Federation (WDSF). Ini badan pengatur olahraga internasional tertinggi.

Di Indonesia, dansa jenis ballroom adalah satu jenis dansa yang baru diperkenalkan. Dalam kajian berjudul Sanggar Dansa di Yogyakarta (2004) oleh Dewi Kartika Sari yang dipublikasikan UII, dansa ballroom ada Foxtrot, Tango, Dances of Passion, Viennese Waltz, Waltz, dan Quickstep.

Sejarah mencatat dancesport seperti dansa SMPN 1 Ciawi adalah olahraga dansa atletis yang sudah ada sejak tahun 1901. Kompetisi dancesport atau ballroom pertama diselenggarakan di Paris. Kemudian, setelah Perang Dunia I, dansa ballroom diselenggarakan dalam skala besar.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang dansa SMPN 1 Ciawi dari sudut pandang kompetisi internasional, Kamis (19/1/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dansa SMPN 1 Ciawi adalah Olahraga Dansa Atletis Kelas Dunia

Kompetisi dansa yang diikuti siswa siswi SMPN 1 Ciawi yang disebut dancesport, bukan olahraga dansa biasa. Melansir dari Sports Matik, dancesport adalah olahraga dansa yang memadukan keterampilan menari dan kemampuan atletik untuk bisa ditampilkan dengan menawan.

Dancesport adalah kompetisi kelas dunia yang harus dilakukan berpasangan antara laki-laki dan perempuan. Atlet dancesport seperti siswa siswi SMPN 1 Ciawi, dituntut melakukan koreografi dengan penuh keanggunan dan ketenangan. Ini akan memengaruhi poin untuk bisa memenangkan kompetisi.

Praktik dansa SMPN 1 Ciawi sebagai kompetisi olahraga dansa atletis kelas dunia, melansir dari Sports Matik dilakukan dengan musik yang diputar terus menerus selama 90 hingga 120 detik. Poin kemenangan dancesport atau olahraga dansa adalah ditentukan ketepatan gerak kaki berkualitas, penyelarasan yang disinkronkan, keseragaman arah, dan naik turun.

Di Indonesia, dansa jenis ballroom adalah satu jenis dansa yang baru diperkenalkan. Dalam kajian berjudul Sanggar Dansa di Yogyakarta (2004) oleh Dewi Kartika Sari yang dipublikasikan UII, dansa ballroom ada Foxtrot, Tango, Dances of Passion, Viennese Waltz, Waltz, dan Quickstep.

Melansir dari WDSF, pasangan atlet dancesport yang berhasil mencapai babak final pertandingam harus menampilkan lima kali lima tarian sebelum pemenang diumumkan. Kondisi fisik, kerja keras, disiplin yang keras, pelatihan mental serta imajinasi menjadi prasyarat bagi para atlet untuk unggul di DanceSport.

Sports Matik mengungkap bahwa sejarah mencatat dancesport adalah olahraga dansa atletis yang sudah ada sejak tahun 1901. Kompetisi dancesport atau ballroom pertama diselenggarakan di Paris. Kemudian, setelah Perang Dunia I, dansa ballroom diselenggarakan dalam skala besar.

Dancesport yang ditampilkan siswa siswi SMPN 1 Ciawi, sudah sejak dulu diselenggarakan kompetisinya di Perancis, Italia, Jerman, dan Inggris. Tepat pada tahun 1909, “Kejuaraan Dunia Dancesport” pertama diadakan. Kemudian, pada tahun 1960, olahraga ini pertama kali disiarkan di televisi yang ditonton oleh banyak penonton.

3 dari 3 halaman

Jenis-Jenis Kompetisi Dansa Populer dan Penjelasannya

Ada tiga jenis kompetisi dansa populer yang perlu diketahui. Dalam kajian berjudul Dance Competition You Should Know! yang dipublikasikan BINUS University, tiga jenis kompetisi dansa yang dimaksudkan sebagai berikut:

1. World of Dance

World of Dance adalah jenis kompetisi dansa yang diadakan khusus untuk para penari di lingkup dunia. Ini kompetisi menari yang sudah mendunia, di mana kontestannya berasal dari berbagai belahan dunia, seperti United States, Canada, United Kingdom, South America, dan Asia.

World of Dance sudah diselenggarakan sejak 2008 sampai sekarang, dan telah mengadakan acaranya diberbagai negara. Kompetisi dalam World of Dance ini terbagi menjadi 2 kategori, yaitu Winner of the Upper Event di mana kategori ini dikhususkan untuk kontestan yang berumur 18 tahun ke atas.

Kemudian, kategori kedua adalah Winner of the Youth Division, di mana kategori ini dikhususkan untuk kontestan yang berumur 17 tahun kebawah. Jenis kompetisi dansa ini terbuka untuk semua genre dance, mulai dari hip hop, urban, modern, dan sebagainya.

Indonesia diketahui pernah berpartisipasi dalam World of Dance yang diadakan di negara-negara Asia, seperti Singapura dan Jepang.

2. Hip Hop International (HHI)

HHI adalah jenis kompetisi dansa bergenre Hip Hop. HHI diselenggarakan pada tahun 2002 dan berbasis di Los Angeles. HHI diciptakan untuk memusatkan perhatian dan menumbuhkan pemahaman masyarakat banyak mengenai tari jalanan/street dance.

HHI diketahui sudah go international, di mana HHI merupakan jenis kompetisi dansa yang berada dalam otoritas terdepan dalam Hip Hop dan Street Dance. Di dunia, HHI dikenal sebagai organisasi tari terbesar dan paling dihormati.

HHI diketahui selalu mengadakan acara setiap tahun yang dikenal dengan sebutan World Hip Hop Dance Championship.

3. Body Rock Dance Competition

Body Rock Dance Competition adalah jenis kompetisi dansa dengan memiliki misi menyatukan penari-penari dari seluruh dunia untuk menjadi platform bagi koreografer inovatif, memberikan pertunjukan kreatif kepada penonton segala usia, dan menetapkan standar.

Body Rock masuk kategori jenis kompetisi dansa tahunan yang biasanya diadakan di akhir musim dansa. Diselenggarakannya jenis kompetisi dansa Body Rock Dance Competition, diharapkan banyak masyarakat yang menjadi terinspirasi, seperti mengejar impian masing-masing masyarakat. 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.