Sukses

Profil PT Tokopedia dan Perjalanan Bisnisnya, Perusahaan Perdagangan Elektronik di Indonesia

PT Tokopedia bergerak dalam menciptakan suatu marketplace perdagangan elektronik.

Liputan6.com, Jakarta PT Tokopedia merupakan perusahaan ternama di Indonesia. Perusahaan ini sudah tak asing ditelinga masyarakat Indonesia. PT Tokopedia bergerak dalam menciptakan suatu marketplace yang dapat dijangkau dari berbagai kalangan.

Perusahaan ini didirikan pada tanggal 6 Februari 2009 dan baru rilis ke publik pada tanggal 17 Agustus 2009 oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison. PT Tokopedia merupakan perusahaan perdagangan elektronik atau sering disebut toko daring.

PT Tokopedia ini sangat berpengaruh di Indonesia, bahkan Asia Tenggara. Sampai saat ini, Tokopedia merupakan marketplace yang banyak dikunjungi oleh masyarakat Indonesia. Perusahaan ini juga turut mendukung para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau UMKM.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai profil PT Tokopedia dan perjalanan bisnisnya yang telah dirangkum dari laman resmi tokopedia.com, Kamis (19/1/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Profil PT Tokopedia

PT Tokopedia merupakan salah satu perusahaan elektronik terbesar di Indonesia. PT Tokopedia bergerak dalam menciptakan suatu marketplace perdagangan elektronik. Saat ini Tokopedia sudah menjangkau 99% dari kecamatan di Indonesia dan sudah memilki lebih dari 100 juta pengguna aktif setiap bulannya.

Tokopedia juga menaungi lebih dari 12 juta penjual yang 86.5% dari penjual merupakan pebisnis baru. Hingga saat ini, Tokopedia merupakan salah satu marketplace yang paling banyak dikunjungi dan digunakan oleh masyarakat Indonesia.

PT Tokopedia didirkan pada tanggal 6 Februari 2009 dan baru dirilis ke publik pada tanggal 17 Agustus 2009 oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison. Tokopedia didirikan dengan misi mencapai pemerataan ekonomi secara digital.

3 dari 5 halaman

Perjalanan Bisnis PT Tokopedia

Seperti yang telah dijelaskan di atas, PT Tokopedia dibangun pada tangga; 6 Februari 2009 oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison. Dan baru dirilis ke publik pada tanggal 17 Agustus 2009, setelah 6 bulan telah berjalan. Pembangunan PT Tokopedia tak lepas dari pendiri William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison yang prihatin terhadap kesulitan pengembangan infrastruktur Indonesia yang masih belum merata.

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dengan 17 ribu pulau. Dengan begitu, banyak dari para penjual pindah ke kota-kota besar demi pasar yang lebih baik, sementara konsumen memiliki akses yang terbatas untuk mendapatkan kebutuhan. Hal ini menyebabkan tingginya urbanisasi yang menggiring barang-barang kebutuhan terkumpul di kota-kota besar.

Dalam 13 tahun berjalan, PT Tokopedia mendorong pemerataan ekonomi digital dengan memotivasi masyarakat Indonesia untuk mulai berjualan secara online. Inisiatif ini dilakukan dengan membangun platform yang memungkinkan setiap orang dapat memulai dan menemukan apa pun, di mana pun.

Selain itu, PT Tokopedia ini juga  turut mendukung para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan perorangan untuk mengembangkan usaha mereka dengan memasarkan produk secara daring dengan Pemerintah dan pihak-pihak lainnya. Hal ini sesuai dengan misinya yang ingin mencapai pemerataan ekonomi secara digital.

Selain bergerak dalam bidang marketplace, PT Tokopedia juga memulai untuk terjun ke dalam bentuk produk-produk lainnya. Pada tahun 2016, PT Tokopedia membangun produk teknologi finansial. Produk teknologi finansial tersebut dibuat dalam bentuk dompet digital, kredit digital, investasi, dan beberapa layanan lainnya. Di tahun 2019, PT Tokopedia memperkenalkan produk TokoCabang dan Tokopedia Salam.

TokoCabang adalah produk PT Tokopedia yang menyediakan gudang-gudang kepada penjual di Tokopedia guna untuk membantu penjual tersebut menyebarluaskan produk yang dimilikinya ke seluruh Indonesia. Tokopedia Salam merupakan suatu layanan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari masyarakat, selain itu produk tersebut juga digunakan untuk mempermudah masyarakat dalam menemukan produk yang bersifat halal.

4 dari 5 halaman

Inovasi PT Tokopedia

Adapun beberapa inovasi yang dikembangkan oleh PT Tokopedia adalah sebagai berikut:

1. Official Stores

B2C marketplace yang melayani konsumen yang mencari produk dari merek dan distributor resmi lokal maupun internasional.

2. Tokopedia NOW!

Lewat pemanfaatan inovasi geo-tagging, Tokopedia menghadirkan layanan Instant Commerce lewat Tokopedia NOW! yang membantu masyarakat memenuhi kebutuhan harian dan bahan pokok yang dapat dikirim dalam waktu kurang dari dua jam setelah pembayaran.

3. Tokopedia Play

Layanan belanja yang menghadirkan pengalaman interaktif termasuk live streaming dan video pendek melalui kanal video streaming Tokopedia yang memudahkan masyarakat memenuhi kebutuhan hariannya.

4. Mitra Tokopedia

Mitra Tokopedia memungkinkan pegiat usaha warung, toko kelontong, dan usaha sejenisnya untuk mendapatkan akses ke berbagai macam produk termasuk produk fisik dan digital, melalui platform marketplace Tokopedia.

5. Tokopedia Salam

Ekosistem yang mengkurasi kebutuhan market syariah dengan menghadirkan produk, fitur, dan layanan yang baik dan amanah.

6. Tokopedia Wedding

Memenuhi segala kebutuhan pernikahan lengkap dengan berbagai pilihan vendor dan mitra strategis yang dapat membantu wujudkan pernikahan impianmu.

7. Tokopedia Parents

Ekosistem khusus untuk mempermudah masyarakat, terutama orang tua, dalam memenuhi kebutuhan serta informasi relevan berkaitan dengan keluarga dan rumah tangga.

8. Tokopedia Academy

Wadah belajar bagi para pegiat teknologi dengan rangkaian program yang dikemas secara menarik melalui pelatihan, seminar, panel diskusi dan workshop.

5 dari 5 halaman

Bisnis PT Tokopedia

Adapun bisnis utama dari PT Tokopedia adalah sebagai berikut:

1. Layanan E-commerce melalui aplikasi seluler dan desktop

Layanan E-commerce Tokopedia menyediakan berbagai pilihan produk melalui marketplace, official stores, instant commerce, interactive commerce, dan rural commerce.

2. Logistik dan Fulfillment

Tokopedia bekerja sama dengan 13 partner logistik dan fulfillment yang dilengkapi dengan layanan pengiriman di hari yang sama dengan sistem yang terintegrasi. Penjual juga dapat menyimpan produk di gudang pintar kami yang berlokasi di seluruh Indonesia.

3. Teknologi Periklanan dan Pemasaran

Tokopedia menyediakan platform teknologi periklanan untuk membantu penjual mempromosikan bisnis mereka, menarik lebih banyak konsumen, dan meningkatkan penjualan lewat layanan Pay for Performance “P4P” Advertising, Display Advertising, dan Customised Marketing Packages.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.