Sukses

Profil PT Sinar Mas dan 7 Pilar Bisnisnya, dari Pangan sampai Teknologi

Liputan6.com, Jakarta - PT Sinar Mas adalah perusahaan yang bergerak di berbagai bidang bisnis, utamanya tujuh pilar. PT Sinar Mas berdiri sejak 3 Oktober 1938. Kegiatan usaha PT Sinar Mas awalnya mengelola produk makanan dan kini berkembang dengan begitu pesat.

Melansir dari situs website resminya Sinarmas, PT Sinar Mas adalah perusahaan yang bergerak di sektor Pulp dan Kertas, Agribisnis dan Pangan, Layanan Keuangan, Pengembang dan Realestat, Telekomunikasi, Energi dan Infrastruktur, serta Layanan Kesehatan.

Ada enam nilai luhur yang dipegang PT Sinar Mas untuk menjalankan kegiatan usahanya. Mulai dari integrity, positive attitude, commitment, continuous improvement, innovative, dan loyal. Begitu pula, dilakukan melalui penerapan akuntabilitas, keterbukaan, dan etika berbisnis.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang profil PT Sinar Mas dan tujuh pilar bisnisnya, Kamis (8/12/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

PT Sinar Mas Mengelola Tujuh Pilar Bisnis

PT Sinar Mas adalah perusahaan yang bergerak di berbagai bidang usaha. Ada tujuh pilar bisnis yang digeluti PT Sinar Mas. Meski ada tujuh, pengelolaan kegiataan usaha PT Sinar Mas dilakukan secara independen.

Melansir dari situs website resminya Sinarmas, PT Sinar Mas adalah perusahaan yang bergerak di sektor Pulp dan Kertas, Agribisnis dan Pangan, Layanan Keuangan, Pengembang dan Realestat, Telekomunikasi, Energi dan Infrastruktur, serta Layanan Kesehatan.

PT Sinar Mas berdiri sejak 3 Oktober 1938. Kegiatan usaha PT Sinar Mas awalnya mengelola produk makanan di Makassar, Sulawesi Selatan, dan berlanjut ke perdangangan kopra. Berkat ketekunan dan tekad, aktivitas wirausaha PT Sinar Mas terus berkembang ke arah yang lebih baik.

Kini, pilar usaha PT Sinar Mas ada delapan. Mulai dari App Sinarmas, Sinarmas Agribusiness and Food, Sinarmas Land, Sinarmas Financial Services, Sinarmas Communication & Technology, Sinarmas Energy and Infrastructure, Sinarmas Healthcare, serta Initiative Projects lainnya.

Visi PT Sinar Mas menjadi entitas bisnis berskala global yang berkembang berkat loyalitas konsumen, secara berkelanjutan. Kemudian, berlandaskan harmoni antara aspek ekonomi, kelestarian lingkungan dan sosial. Praktik kegiatan usahanya, dilakukan melalui penerapan akuntabilitas, keterbukaan, dan etika berbisnis.

Ada enam nilai luhur yang dipegang PT Sinar Mas untuk menjalankan kegiatan usahanya. Mulai dari integrity, positive attitude, commitment, continuous improvement, innovative, dan loyal.

3 dari 3 halaman

Pilar Bisnis PT Sinar Mas dan Penjelasannya

1. Produk Asia Pulp & Paper

Asia Pulp & Paper (APP) adalah lembaga yang menaungi sejumlah pabrik pulp dan kertas di Indonesia. APP memproduksi pulp, kertas beserta produk turunannya – menggunakan sejumlah merek – guna memenuhi kebutuhan dari berbagai penjuru dunia.

Bermula dari PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia di Mojokerto, Jawa Timur, pada tahun 1972, APP berkembang menjadi industri berkapasitas produksi hingga 12 juta ton per tahun. Menjangkau 120 negara di 6 benua.

2. Agribisnis dan Pangan

Sinar Mas bergerak di sektor agribisnis dan pangan melalui Golden Agri-Resources Ltd (GAR), yang berdiri pada tahun 1996 dan tercatat di Bursa Efek Singapura sejak tahun 1999.

Bersama anak perusahaannya, PT Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 1992, GAR termasuk pengelola perkebunan kelapa sawit terintegrasi terbesar di dunia.

3. Pengembang dan Realestat

Sinar Mas Land adalah pengembang properti terbesar di Indonesia yang menyediakan beragam produk, mulai dari kota mandiri, perumahan, kawasan komersial dan industri, hotel hingga resor wisata, yang tersebar tidak saja di Indonesia, tapi juga di Asia hingga Eropa.

4. Financial Services

Sinar Mas melalui PT Sinar Mas Multiartha Tbk (SMMA) menyediakan berbagai layanan keuangan bagi nasabah korporasi – termasuk pula usaha mikro, kecil dan menengah – maupun perorangan melalui sejumlah anak perusahaan yang dinaunginya.

Kegiatan usaha ini menjangkau masyarakat dengan layanan berkualitas global di sektor perbankan, asuransi, pembiayaan nasabah, serta manajemen aset, dengan dukungan layanan terpadu dan solutif, sekaligus mendorong jangkauan keuangan inklusif bagi masyarakat luas.

5. Komunikasi dan Teknologi

PT Sinar Mas menyediakan layanan telekomunikasi melalui PT Smartfren Telecom Tbk. Mereka mengandalkan teknologi 4G LTE Advanced pertama di Indonesia.

Ini berupa sebuah teknologi jaringan nirkabel tidak membedakan jaringan GSM ataupun CDMA, dengan menggabungkan dua atau lebih saluran radio (spektrum) untuk mendapatkan kecepatan yang lebih baik.

6. Energi dan Infrastruktur

PT Sinar Mas bergerak dalam penyediaan energi listrik, pertambangan batu bara, infrastruktur, bahan kimia, perdagangan ritel dan multimedia, sejak tahun 1998 melalui PT Dian Swastatika Sentosa Tbk dan sejumlah perusahaan di bawah naungannya.

Diawali dengan memasok kebutuhan energi bagi fasilitas produksi pilar bisnis pulp dan kertas di lingkup Sinar Mas, kini perseroan memperluas jangkauan layanan dengan memasok pula kebutuhan listrik bagi masyarakat.

7. Layanan Kesehatan

Pilar kesehatan menjadi pilar baru dalam perjalanan bisnis PT Sinar Mas. Tidak hanya menyediakan kebutuhan hidup sehari-hari melalui 6 pilar bisnisnya, Sinar Mas pun berfokus dalam layanan kesehatan.

Eka Hospital menjadi bukti nyata layanan PT Sinar Mas dalam segi kesehatan dan menjadi salah satu rumah sakit berstandar internasional terbaik dan unggulan yang berlokasi di BSD, Pekanbaru, Bekasi, dan Cibubur.

Selain itu, Sinar Mas juga menyediakan layanan kesehatan secara online melalui SehatQ. Platform ini menyediakan berbagai fitur yang memudahkan masyarakat untuk mengakses segala layanan kesehatan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS