Sukses

Profil PT Mark Dynamics Indonesia Tbk, Produsen Cetakan Sarung Tangan Global

Profil PT Mark Dynamics Indonesia, sejarah berdirinya, produk dan laporan tanggung jawab sosial perusahaan.

Liputan6.com, Jakarta PT Mark Dynamics Indonesia Tbk adalah salah satu perusahaan besar di Indonesia yang bergerak di bidang Industri produksi cetakan sarung tangan karet, yang berbahan dasar keramik dengan cakupan pasar domestik dan juga global. Didirikan pada 10 April 2022, PT Mark Dynamics Indonesia Tbk merupakan salah satu perusahaan terkemuka di Indonesia.

Produk utama PT Mark Dynamics Indonesia Tbk berperan penting dalam proses pembuatan sarung tangan premium, yang berguna untuk berbagai tujuan pemakaian diantaranya adalah untuk uji coba, industri, medis, rumah tangga dan pembuatan khusus yang bisa disesuaikan dengan pesanan. Produk utama PT Mark Dynamics Indonesia saat ini meliputi Nitrile dan latex examination former, Surgical former, Household former dan Custom made former.

Memiliki rekam jejak yang panjang dan pengalaman yang luas, PT Mark Dynamics Indonesia terus berusaha untuk menjadi perusahaan yang dapat dipercaya oleh publik. Upaya ini dimulai dengan meningkatkan kualitas produk-produknya dan terus memperluas lingkup bisnisnya agar menjadi semakin lebih luas dan besar lagi.

Lebih lengkapnya, berikut ini ulasan PT Mark Dynamics Indonesia yang telah Liputan6.com rangkum dari laman markdynamicsindo.com profil, sejarah berdirinya, produk dan laporan tanggung jawab sosial perusahaan, Kamis (13/1/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Profil PT Mark Dynamics Indonesia Tbk

PT Mark Dynamics Indonesia (Perseroan) adalah produsen cetakan sarung tangan global terkemuka di Indonesia. Didirikan pada tanggal 10 April 2002, Perseroan saat ini berkedudukan di Sumatera Utara, Indonesia. Produk Perseroan sangatlah penting dalam pembuatan sarung tangan karet dengan tujuan pemakaian yang beragam: uji coba, industri, medis, rumah tangga, dan bahkan pembuatan sesuai pesanan.

Perjalanan panjang Perseroan dimulai dengan memproduksi hanya 50.000 unit per bulan di tahun 2003. Secara perlahan, Perseroan terus meningkatkan kapasitas produksinya, dan saat ini telah mampu memproduksi 2.000.000 unit per bulan. Pabrik utama berlokasi di Kawasan Industri Medan STAR, Sumatera Utara dengan luas lahan kurang lebih 15.000 meter persegi. Pabrik kedua yang telah beroperasi di 2019, terletak di Desa Dalu, Tanjung Morawa, Sumatera Utara, dengan luas lahan kurang lebih 90.000 meter persegi.

Dengan rekam jejak yang panjang dan pengalaman yang luas, Perseroan senantiasa terus berusaha membangun kepercayaan publik. Oleh sebab itu, Perseroan melakukan Penawaran Perdana di tahun 2017 dan mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia. Sejak menjadi perusahaan terbuka, bisnis telah berkembang sangat pesat.

Di tahun 2020, Perseroan memutuskan untuk masuk ke bisnis sanitasi. Kloset produksi Perseroan sebagian terbuat dari limbah produksi hand former keramik dalam upaya mengurangi biaya. Program Pemerintah Indonesia membangun sejuta rumah menjadi faktor pendorong positif terhadap penjualan lantaran kloset Perseroan ditujukan untuk segmen pasar menengah ke bawah. Di bulan Oktober 2020, Perseroan mengakuisisi PT. Berjaya Dynamics Indonesia, distributor produk-produk pertanian seperti penyemprot, pestisida dan lainnya.

Pandemi ini telah meningkatkan kesadaran masyarakat akan pola hidup yang sehat. Perseroan senantiasa bergerak cepat mengambil peluang ini untuk berekspansi dan melakukan penetrasi pasar yang lebih luas dan baru, salah satunya adalah Tiongkok.  Dengan peluang ini, Perseroan mendominasi produk cetakan sarung tangan dengan pasar global sekitar 42%, menjadikan Perseroan sebagai pemimpin pasar di industrinya. Kunci kesuksesan Perseroan terletak pada integritas dan efisiensi.

Visi : Mempertahankan dominasi Perseroan di pasar handformer global dan mempersembahkan nilai-nilai ekonomi kepada semua pemangku kepentingan.

Misi : 

1. Berusaha menghasilkan produk-produk dengan kualitas terbaik,

2. Berkomitmen mengurangi biaya produksi demi mencapai efisiensi,

3. Menjaga hubungan baik dengan pelanggan melalui pengantaran tepat waktu,

4. Mempekerjakan dan menjaga para talenta terbaik di Perseroan,

5. Menghasilkan dan mengadopsi ide-ide baru dan inovasi produk.

 

Alamat : Jl. Utama Dusun I, Desa Dalu Sepuluh - A Tanjung Morawa, Deli Serdang, Sumatera Utara, Indonesia – 20362

Email : mdcps@nusa.net.id

Fax : (+62-61) 794-0747

Phone : (+62-61) 794-0715

3 dari 5 halaman

Sejarah PT Mark Dynamics Indonesia

PT Mark Dynamics Indonesia (Perseroan) adalah produsen cetakan sarung tangan global terkemuka di Indonesia. Didirikan pada tanggal 10 April 2002, PT Mark Dynamics Indonesia saat ini berkedudukan di Sumatera Utara, Indonesia. Keberhasilan PT Mark Dynamics Indonesia tidak terlepas dari sepak terjang perjalanan panjang perusahaan ini.

Memiliki rekam jejak yang panjang dan pengalaman yang luas, PT Mark Dynamics Indonesia terus berkembang dan bertumbuh untuk menjadi salah satu perusahaan besar di Indonesia. Perseroan melakukan Penawaran Perdana di tahun 2017 dan mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia. Sejak menjadi perusahaan terbuka, bisnis telah berkembang sangat pesat.

Lebih lengkapnya, berikut ini lini masa sejarah PT Mark Dynamics Indonesia: 

2002 : PT Mark Dynamics Indonesia Tbk berdiri pada 10 April 2002.

2003 : Perseroan beroperasi dengan kapasitas 50.000 unit per bulan dan pembangunan Pabrik 1 seluas 3.000 m2.

2005 : Peningkatan kapasitas Pabrik 1 sebesar 55.000 unit per bulan dengan mengakuisisi lahan seluas 3.500 m2.

2007 : Membangun gedung kantor baru dan ruang rapat yang berlokasi di Pabrik 2.

2008 : Menaikkan kapasitas produksi menjadi 80.000 unit per bulan.

- Memperoleh ISO 9001:2000 Sertifikasi Standar Manajemen Mutu.

2009 : Kapasitas produksi dinaikkan menjadi 110.000 unit per bulan.

- Perpanjangan sertifikasi ISO 9001 dan meningkatkan kualifikasinya menjadi ISO 9001:2008.

2011 : Meningkatkan kapasitas produksi menjadi 220.000 unit per bulan.

2014 : Meningkatkan kapasitas produksi menjadi 300.000 unit per bulan.

2016 :  Mengakuisisi lahan baru seluas 2.400 m2 untuk peningkatan produksi.

- Mengakuisisi lahan lain seluas ± 3 ha untuk ekspansi masa depan.

- Perpanjangan sertifikasi ISO 9001 dan meningkatkan kualitasnya ke ISO 9001:2015.

2017 : Perseroan mencatatkan saham perdana di Bursa Efek Indonesia pada 12 Juli 2017.

2018 : Merampungkan akuisisi lahan seluas ± 9 ha.

- Meningkatkan kapasitas produksi menjadi 540.000 unit per bulan.

- Perseroan melakukan pemecahan nominal saham dengan rasio 1:5 dan mencatatkan saham dengan nominal baru Rp 20 per saham pada 11 Februari 2019.

2019 : Pembukaan pabrik baru di Jalan Utama, Desa Dalu.

- Meningkatkan kapasitas produksi menjadi 610.000 unit per bulan.

2020 : Pendirian entitas anak perusahaan atas nama PT. Megah Raya Sumatera yang mengolah limbah MARK menjadi produk kloset dan gypsum.

- Peningkatan kapasitas produksi secara bertahap diiringi dengan mulai berproduksinya Pabrik Baru di Dalu Sepuluh A dengan total kapasitas kedua pabrik naik secara bertahap dan mencapai 950.000 pcs per bulan pada bulan Desember 2020

- Melakukan akuisisi terhadap PT. Berjaya Dynamics Indonesia & PT. Agro Dynamics Indo.

4 dari 5 halaman

Produk PT Mark Dynamics Indonesia

PT Mark Dynamics Indonesia merupakan produksi cetakan sarung tangan karet, yang berbahan dasar keramik dengan cakupan pasar domestik dan juga global. Dengan motto perusahaan  “Kualitas Tinggi Kapasitas Besar untuk Kebutuhan Pelanggan”.

Dengan kapasitas produksi terbesar di dunia, PT Mark Dynamics Indonesia memberikan produk dengan kualitas tinggi dengan berbagai jenis. Keahlian kami terletak di pembuatan cetakan sarung tangan untuk sarung tangan Nitril dengan berat 2.8 gram, 3.2 gram, dan 3.5 gram. 

Produsen sarung tangan yang mencetak produk yang sangat tipis dengan FAB diatas 6N sangat cocok menggunakan cetakan PT Mark Dynamics Indonesia. Produk perusahaan memiliki sejumlah kelebihan yang patut dipertimbangkan, yaitu: 

1. Daya tahan tinggi terhadap larutan kimia.

2. Kandungan Alumina yang tinggi.

3. Cocok untuk mesin berkecepatan tinggi.

4. Finishing produk dengan lapisan khusus.

5. Waktu penyesuaian yang singkat pada mesin.

5 dari 5 halaman

Tanggung Jawab Sosial PT Mark Dynamics Indonesia

Meski telah menjadi salah satu perusahaan dengan cakupan pasar domestik dan global, PT Mark Dynamics Indonesia tidak lupa akan kewajiban dan tanggung jawab sosial yang dimilikinya, untuk ikut menjaga, membantu dan mengembangkan masyarakat dan sosial di sekitarnya. Upaya ini ditunjukan PT Mark Dynamics Indonesia dengan melakukan berbagai kegiatan sosial di lingkungan masyarakat. Berikut beberapa kegiatan tanggung jawab sosial PT Mark Dynamics Indonesia.

31 Desember 2020

MARK menyelenggarakan program berbagi kasi di pabrik Dalu kepada warga Desa Dalu.

15 Oktober 2020

MARK memberikan bantuan dana Bedah Rumah 2020 kepada pemerintah Kabupaten Deli Serdang.

03 Agustus 2020

MARK memberikan bantuan beasiswa melalui ikatan alumni Sutung / Sutomo.

18 Mei 2020

MARK memberikan bantuan sumbangan berupa masker dalam rangka Peduli Covid-19 kepada Pemerintah Kabupaten Deli Serdang dan Kepolisian Resor Deli Serdang

23 Desember 2019

MARK memberikan bantuan dana tahunan kepada Yayasan Pendidikan Tunanetra Sumatera yang berlokasi di Tanjung Morawa.

03 September 2019

MARK bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Deli Serdang dalam Program Bedah Rumah tahun 2018/2019.

01 September 2019

CSR - REUNION RUN 1 September 2019

08 Maret 2019

MARK mendukung Wushu Sumut pada Kejurda Wushu Sanda Pra Junior, Yunior dan Senior 2019.

08 Maret 2019

MARK mendukung Wushu Sumut pada Wushu Sanda Champion Piala Kapoldasu 2018

13 Juli 2018

MARK memberikan bantuan dana pendidikan kepada siswa kurang mampu yang tinggal di Tanjung Morawa dan sekitarnya sebesar Rp. 53.400,000,-

30 Mei 2018

MARK berbuka puasa bersama anak Panti Asuhan Putra Putri Yayasan Amal Sosial Al-Jamiyatul Washliyah Lubuk Pakam.

26 Maret 2018

MARK mendukung Wushu Sumut pada Kejurnas Wushu Junior dan Senior 2018 di Yogyakarta

08 Februari 2018

MARK bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Deli Serdang dalam Program Bedah Rumah tahun 2017/2018

07 Juli 2021

7 Juli 2021, MARK memberikan bantuan sembako kepada masyarakat sekitar Pabrik Desa Dalu.

20 Juli 2021

20 Juli 2021, MARK menyumbangkan hewan qurban pada perayaan Idul Adha

24 Agustus 2021

24 Agustus 2021, MARK memberikan bantuan dana Bedah Rumah 2021 kepada pemerintah Kabupaten Deli Serdang.

09 September 2021

9 September 2021, MARK menyelenggarakan program berbagi kasih di pabrik Dalu kepada warga Desa Dalu

11 September 2021

11 September 2021, MARK membantu dana perbaikan kamar mandi dan drainase SDN 105325 Dalu X-A.

14 September 2021

14 September 2021, MARK memberikan dukungan dana kepada tim Wushu Sumatera Utara di PON XX/2021 Papua.

21 Desember 2021

21 Desember 2021, MARK memberikan bantuan Kartu Peserta BPJS Ketenagakerjaan kepada 200 pekerja rentan sekitar Desa Dalu X-A Tanjung Morawa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.