Sukses

Profil PT Sanbe Farma, Perusahaan Penjualan, Produksi Obat dan Pengembangan Formulasi

PT Sanbe Farma adalah perusahaan yang bergerak di bidang penjualan obat, produksi obat dan pengembangan formulasi.

Liputan6.com, Jakarta PT Sanbe Farma adalah salah satu perusahaan yang didirikan pada tahun 1975. Sampai sekarang setelah lebih dari tiga dekade sejak awal, Perseroan ini menjadi produsen farmasi terbesar di Indonesia dan menurut Laporan IMS terbaru, perusahaan ini mulai menempati peringkat tertinggi di antara semua Produsen Farmasi di Indonesia termasuk Perusahaan Multinasional.

PT Sanbe Farma memiliki cakupan pasar di Indonesia mencakup lebih dari 37.000 dokter, yang dilayani oleh 1.000 perwakilan medis, melalui jaringan kerja rekan kerjadari 1.100 orang Sales, 35 depot, 60 sub-depot dan tenaga kerja korporat yang terdiri dari 8.000 personil. Perseroan ini memiliki delapan fasilitas manufaktur yang disetujui cGMP sesuai Standar Internasional.

PT Sanbe Farma adalah perusahaan yang bergerak di bidang penjualan obat, produksi obat dan pengembangan formulasi. PT Sanbe Farma melakukan operasi internasional di 20 negara, serta memberikan kontribusi yang besar terhadap perawatan kesehatan global. Operasi internasional tidak hanya mencakup ekspor formulasi ke berbagai negara berkembang dan di bawah negara maju, tetapi juga mencari kemitraan dan aliansi dari pasar. 

Berikut ini produk dan layanan PT Sanbe Farma yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (4/1/2023).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Produk dan Layanan PT Sanbe Farma

Terdapat sejumlah produk dan Layanan, yang telah disediakan oleh PT Sanbe Farma diantaranya: 

1. Etikal

- Anestetik (Lokal & Umum) 

a. Dolones

Produk ini memiliki berat bersih 5 gram, dengan komposisi Lidokain 25 mg dan Prilokain 25 mg. Krim ini diindikasikan untuk anestesi lokal, saat penyisipan jarum dengan penggunaan kateter intravena atau saat mengambil darah.

- Antibiotik & kemoterapi

a. Urotractin

Produk ini memiliki jenis kuinolon, dengan kemasan isi 6 strip @ 10 kapsul. No. Reg.: DKL8522206201A1. Adapun indikasi diberikan ketika terkena infeksi traktus urinarius, yang disebabkan kuman Gram-positif dan Gram-negatif yang sensitif.

b. Akilen

Produk ini diindikasikan untuk infeksi berat pada saluran kemih, uretritis dan servisitis gonokokal dan non-gonokokal. Infeksi saluran pernapasan bagian bawah hingga infeksi kulit dan jaringan lunak. 

c. Moxsan 250 mg

Produk ini memiliki jenis Beta-Lactams Penisilin, di mana setiap tablet mengandung Amoxicillin Trihydrate USP setara dengan 250 mg Amoxicillin. Indikasi untuk pengobatan infeksi bakteri umum seperti saluran pernafasan bagian atas, misalnya tonsilitis, sinusitis, otitis media. Selain itu juga berfungsi untuk mengatasi infeksi saluran pernapasan bagian bawah, seperti bronkitis akut dan kronis, lobar dan bronkopneumonia.

d. Baquinor 250

Tiap tablet salut selaput ini, mengandung Siprofloksasin, Hidroklorida yang setara dengan 250 mg Siprofloksasin. Produk ini diindikasikan untuk pengobatan infeksiyang disebabkan oleh strain-strain yang sensitif darimikroorganism. 

e. Baquinor Forte

Produk ini mengandung Siprofloksasin Hidroklorida, yang setara dengan 500 mg Siprofloksasin. Berfungsi untuk pengobatan infeksi yang disebabkan oleh bakteriyang sensitif terhadap Siprofloksasin seperti:- Infeksi saluran kemih. 

f. Baquinor Infus

Adapun tiap 100 ml mengandung Siprofloksasin Laktat Monohidrat, yang setara dengan Siprofloksasin 200 mgAir untuk injeksi ad 100 ml. Produk ini cocok untuk pengobatan infeksi berat pasien rawat inap rumah sakit yang tidak bisa diberi Siprofloksasin oral atau pemberian oral tidak tepat.

g. Levocin 500

Untuk pengobatan infeksi yang disebabkan oleh mikroorganisme, yang peka terhadap Levofloksasin seperti Sinusitis maksilaris akut, Eksaserbasi akut bronkitis kronis, Infeksi saluran kemih termasuk pielonefritis ringan sampai sedang.

2. Infus

- Kombinasi Karbohidrat

a. Enerton E1000

Tiap 500 ml obat ini mengandung Fruktosa 60 gram, Glukosa Monohidrat 33 gram, Natrium Klorida 2,34 gram, Kalium Klorida 0,932 gram, Kalium Dihidrogen Fosfat 0,34 gram, Magnesium Klorida.6H2O 0,31 gram, dan Zink Sulfat. Untuk memenuhi kebutuhan energi baik sebagai nutrisi parenteral total, maupun parsial terutama selama proses metabolisme meningkat. 

b. Infusan D2.5 + 1/2 NS

Memiliki per 1.000 mL Na 77 mEq, Cl 77 mEq, dekstrosa 25 g, dan (NaCl 4,5 g). Obat ini berfungsi menambahkan keseimbangan listrik dan dehidrasi elektrolit.

c. Infusan D5 + ¼ NS

Tiap 500 ml mengandung Glukosa Monohidrat setara dengan Glukosa Anhidrat 25 gram, Natrium Klorida 1,125 gram, serta Air untuk injeksi ad 500 ml. Obat ini digunakan untuk infus vena perifer, sebagai sumber kalori dimana penggantian cairan dan kalori dibutuhkan.

d. Infusan D5 + ½ NS

Tiap 500 ml mengandung Glukosa Monohidrat setara dengan Glukosa Anhidrat 25 gram, Natrium Klorida 2,25 gram, serta Air untuk injeksi ad 500 ml. Digunakan untuk infus vena perifer sebagai sumber kalori dimana penggantian cairan dan kalori dibutuhkan.

e. Infusan NS

Untuk penderita hiponatremia atau sindrom rendah garam, serta berfungsi sebagai zat pembawa atau pelarut untuk obat-obatan infus.

3 dari 5 halaman

Produk dan Layanan PT Sanbe Farma

3. Obat Non Resep (Produk Domestik)

a. Lafalos

Digunakan sebagai obat gosok untuk meringankan nyeri otot dan penembakan kembali sakit, leher dan tungkai. Sakit karena trauma ringan, seperti ketegangan atau keseleo, ketukan (akibat stroke), sakit kepala dana sakit lainnya bia menggunakan produk ini. 

b. Neosanmag Fast 

Mengandung Famotidine 10 mg, Calcium Carbonate 800 mg dan Magnesium Hydroxide 165 mg. Berfungsi Untuk mengurangi gejala yang berhubungan dengan kelebihan asam lambung, seperti mual, sakit perut, mulas, kembung dan sensasi lambung penuh yang tidak bisa diatasi dengan antasida.

c. Pasquam

Setiap gram obat ini mengandung Dexpanthenol 50 mg, serta biasanya digunakan sebagai bantuan penyembuhan luka dan laserasi kulit.

d. Poldan Mig

Mengandung paracetamol 400 mg, Acetosal 250 mg dan Caffeine 65 mg untuk meringankan sakit kepala umum dan migrain.

e. Sanaflu

Mengandung paracetamol 500 mg dan Phenylpropanolamine HCl 15 mg, sehingga cocok dikonsumsi orang yang sedang mengurangi gejala terkait flu baik itu demam, sakit kepala, bersin dan hidung tersumbat.

4. Veteriner

- Anti Parasit

a. Flukicide 12.5 %

Dianjurkan untuk mengobati infestasi cacing pada sapi, domba, kambing, dan kuda. Untuk dosis bisa diberikan berdasarkan jenis. 

b. Pipera-San

Dianjurkan untuk mengobati infestasi cacing yang disebabkan oleh nematoda di unggas seperti Ascaridia galli, Heterakis, gallinarum. Bisa juga diberikan kepada Anjing / Kucing seperti Toxocara canis, Toxascaris leonina. 

- Antibiotik & kemoterapi

a. COLIBACT BOLUS

b. Colibact Inj.

c. Roxine Inj.

d. Vet-Oxy LA

e. Vet-Oxy SB

- Desinfektan & Antiseptik

a. Destan

b. Vidone

 

4 dari 5 halaman

Anak Perusahaan PT Sanbe Farma

1. PT. Caprifarmindo Laboratories

Anak perusahaan PT Sanbe Farma ini berlokasi di Cimareme Industri, Padalarang, di Bandung Barat. Pabrik ini diliputi dalam area situs total 19.785 m2, dengan luas lahan 5,5 hektar. Memiliki Sertifikat Good Manufacturing Practices (cGMP) yang berlaku dan dikeluarkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia (BPOM RI). Selain itu Perseroan ini memiliki fasilitas manufaktur sesuai WHO GMP dan TGA Australia dan Pharmaceutical Inspection Cooperation / Scheme (PIC) untuk memproduksi Non-Betalactam Dan formulasi Non-Cephalosporin. Perusahaan ini juga disertifikasi oleh HSA (Health Science Authority) Singapura. 

2. PT. Caprifarmindo - Veterinary Divison

Perusahaan ini merupakan salah satu divisi Veteriner yang didirikan oleh Drs. Jahja Santoso, Apoteker pada tahun 2006 yang merupakan perusahaan swasta nasional yang fokus pada kesehatan hewan. Laboratorium PT Caprifarmindo - Divisi Veteriner terletak di Kompleks Industri Cimareme. PT Caprifarmindo - Divisi Veteriner terus mengembangkan bisnis produk kesehatan hewan, dan memiliki sumbu penelitian untuk menjadi perusahaan papan atas dan terkemuka di Indonesia. PT Caprifarmindo - Divisi Veteriner adalah salah satu anak perusahaan dari PT Sanbe Farma. 

3. PT. Bina San Prima

PT. Bina San Prima adalah distributor produk perawatan kesehatan, konsumen dan bahan baku nasional yang didirikan pada tahun 1994 oleh Mr. Drs. Jahja Santoso, Apt., Dengan manajemen berorientasi layanan kepada Pelanggan dan Prinsipal, untuk memastikan kualitas layanan yang tinggi diberikan secara bersamaan. Perusahaan ini memiliki kantor pusat yang berlokasi di Bandung, Indonesia, dan mengoperasikan jaringan dari 44 cabang, 10 deposit dan 16 subdist pada tahun 2015 di seluruh Indonesia. Jaringan distribusi yang luas ini, telah membantu kesuksesan PT Bina San Prima dalam mendapatkan kepercayaan untuk mendistribusikan produk dari beberapa Reputable. 

5 dari 5 halaman

Area Jangkauan Distributor PT Sanbe Farma

1. Domestik

- PT Bina San Prima - Lampung

- PT Bina San Prima - Batam

- PT Bina San Prima - Bengkulu

- PT Bina San Prima - Slipi, Jakarta

- PT Bina San Prima - Pulogadung, Jakarta

- PT Bina San Prima - Jambi

- PT Bina San Prima - Bandung

- PT Bina San Prima - Leuwi Gajah

- PT Bina San Prima - Bekasi

- PT Bina San Prima - Tangerang

- PT Bina San Prima - Serang

- PT Bina San Prima - Bogor

- PT Bina San Prima - Karawang

- PT Bina San Prima - Sukabumi

- PT Bina San Prima - Aceh

- PT Bina San Prima - Pekanbaru

- PT Bina San Prima - Padang

- PT Bina San Prima - Palembang

- PT Bina San Prima - Medan

- PT Bina San Prima - Pematang Siantar

2. Mancanegara

- Kamboja

- Ethiopia

- Sri Lanka

- Ukraina

- Vietnam

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.