Sukses

PT Kahatex Cijerah, Perusahaan Tekstil dan Garmen Supplier Perusahaan Global

PT Kahatex merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di industri tekstil yang memiliki pabrik di Jalan Cijerah Cigondewah Girang No. 16, Cimahi, Jawa Barat.

Liputan6.com, Jakarta PT Kahatex merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di industri tekstil. Perusahaan ini lebih dikenal dengan sebutan PT Kahatex Cijerah karena memiliki kantor pemasaran dan pabrik yang terletak di Jalan Cijerah Cigondewah Girang No. 16, Cimahi, Jawa Barat. Meski demikian, PT Kahatex Cijerah berkantor pusat di Jakarta, tepatnya di Jalan Tanah Abang IV No. 31 RT. 009/04.

Perusahaan ini memiliki visi untuk menjadi produsen garmen dan tekstil terkemuka, yang menyediakan layanan berkualitas tinggi dan efisien. Untuk mewujudkan visi tersebut, PT Kahatex Cijerah menjalankan misi dengan membuat produk berkualitas tinggi dengan harga yang kompetitif.

Sekarang PT Kahatex Cijerah telah memiliki tiga pabrik dengan total luas lebih dari 155 hektar, yang tersebar di sejumlah lokasi, yakni di Cijerah - Bandung, Rancaekek- Sumedang, dan Solokan Jeruk – Majalaya. Selain itu, PT Kahatex Cijerah juga telah memiliki lebih dari 48.000 karyawan.

Untuk lebih memahami lebih dalam mengenai PT Kahatex Cijerah, termasuk bisnis dan sejarahnya, berikut adalah profil perusahaan selengkapnya, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari lama resmi perusahaan, Minggu (1/1/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Sejarah PT Kahatex

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, PT Kahatex Cijerah telah memiliki lebih dari 48.000 karyawan yang tersebar di tiga pabrik di Jawa Barat. Pencapaian ini tentu diperoleh melalui proses yang sangat panjang.

PT Kahatex Cijerah didirikan pada 1979 sebagai pabrik rajut sekaligus rumah pencelupan warna oleh Bapak Song Liang-Hua, selaku Pemimpin Perusahaan. Sejak saat itu, PT Kahatex Cijerah terus melakukan inovasi agar terus berkembang. Perusahaan ini bahkan selalu mengadopsi teknologi terbaru untuk meningkatkan kapasitas produksi dan kualitas hasil produksinya.

Sebagai pelaku utama di sektor tekstil Indonesia, kontribusi PT Kahatex Cijerah terhadap pasar ekspor sangat signifikan. Lebih dari 40% produk PT Kahatex Cijerah telah diekspor langsung ke sekitar 80 negara di seluruh dunia. Sementara itu, 40% sisanya diekspor secara tidak langsung melalui penjualan ke produsen garmen, kaus kaki, dan sweater berorientasi ekspor lainnya di Indonesia.

Adapun produk dari PT Kahatex Cijerah mencakup hampir seluruh keseluruhan produk tekstil dari berbagai benang dan kain hingga produk seperti garmen, selimut, permadani, karpet, kaus kaki, sarung tangan, dll. Divisi garmen, kaus kaki, dan sarung tangan 100% berorientasi ekspor.

PT. Kahatex Cijerah juga menjadi penyedia bahan untuk sejumlah perusahaan yang sudah terkenal secara global, antara lain seperti Adidas, H&M, S.Oliver, C&A, Muji, GU dan lain-lain.

3 dari 5 halaman

Bisnis PT Kahatex Cijerah

Sebagai perusahaan tekstil, PT Kahatex Cijerah dapat mengoperasikan perusahaan dan mendapatkan keuntungan dengan menjalankan bisnis pengelolaan produk tekstil, mulai dari tenun, pencelupan benang, pencelupan kain, bordir, dan texturizing.

Disamping menghasilkan produk kain dan benang, PT Kahatex Cijerah juga memproduksi pakaian siap pakai melalui pabrik garmennya. Pabrik garmen PT Kahatex Cijerah juga telah mendapatkan sertifikasi “OEKO-TEX STANDARD 100”.

Sertifikasi tersebut artinya pabrik garmen milik PT Kahatex Cijerah telah memenuhi standar berdasarkan Peraturan Kesehatan Negara-negara Eropa dan GOTS & OCS untuk Label Kapas Organik; Mematuhi Program Detoksifikasi Perdamaian Hijau; ISO 9001:2015, ISO 14001:2015, OHSAS 18000:2007; Global Recycle Standard (GRS) dan diaudit oleh BSCI.

PT Kahatex juga tergabung sebagai anggota BCI, Blue Sign, Cotton Organics dan Cotton USA.

Selain itu, PT Kahatex Cijerah juga menghasilkan produk siap pakai seperti kaus kaki, sarung tangan rajut, penghangat kaki, manset, topi rajut, syal, dan masih banyak produk lainnya.

4 dari 5 halaman

Penghargaan PT Kahatex Cijerah

Sebagai perusahaan yang telah memiliki banyak pengalaman di industri tekstil, PT Kahatex Cijerah juga telah membuktikan dirinya dengan serangkaian penghargaan dan sertifikasi. Berikut adalah sejumlah penghargaan yang telah diterima PT Kahatex Cijerah dalam beberapa tahun terakhir:

1. The Most Employees Award 2018 (Kementerian Keuangan Republik Indonesia)

2. Perusahaan Tertib Andiministrasi Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Cabag Cimahi Tahun 2018 (BPJS)

3. SEA Best Performance 2017 (Adidas)

4. Platinum Supplier Award 2016 (H&M)

5. Best Customer Offer to H&M 2016 (H&M)

6. Most Sustainable Supplier 2016 (H&M)

7. Jaminan Sosial Award 2014 (BPJS Ketenagakerjaan)

5 dari 5 halaman

Alamat Kantor dan Pabrik PT Kahatex Cijerah

Untuk menjalankan setiap operasionalnya, PT Kahatex Cijerah memiliki satu kantor dan tiga pabrik yang tersebar di beberapa tempat di Jakarta dan Jawa Barat. Berikut adalah alamat setiap kantor dan pabrik PT Kahatex Cijerah:

Kantor Pusat PT Kahatex:

Jl. Tanah Abang IV No.31 RT.009/04 Jakarta 10160 - Indonesia

Pabrik I dan Kantor Pemasaran:

Jl. Cijerah Cigondewah Girang No.16 Cimahi 40534 - Jawa Barat - Indonesia

Pabrik II:

Jl. Raya Rancaekek KM. 23 Kab. Sumedang 45363 - Jawa Barat - Indonesia

Pabrik III:

Jl. Raya Rancaekek Majalaya No. 389DS. Solokan Jeruk Bandung 40382 - Jawa Barat - Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.