Sukses

Karbohidrat Adalah Senyawa Organik, Ketahui Jenis dan Manfaatnya Untuk Tubuh

Karbohidrat adalah salah satu dari tiga nutrisi utama yang ditemukan dalam makanan dan minuman.

Liputan6.com, Jakarta Karbohidrat adalah salah satu dari tiga nutrisi utama yang ditemukan dalam makanan dan minuman. Umumnya tubuh akan memecah karbohidrat menjadi glukosa, di mana gula darah atau glukosa merupakan sumber energi utama bagi sel, jaringan, dan organ tubuh. Glukosa dapat digunakan segera atau disimpan di hati dan otot untuk digunakan nanti.

Karbohidrat adalah jenis makronutrien yang ditemukan dalam makanan dan minuman tertentu. Karbohidrat merupakan salah satu sumber energi utama bagi tubuh, kira-kira 80% kalori yang didapat tubuh berasal dari karbohidrat. Tubuh Anda tentu membutuhkan makronutrien ini agar tetap sehat, karena tubuh dapat memecah karbohidrat menjadi glukosa, yang merupakan sumber energi utama untuk otak dan otot.

Karbohidrat adalah gula, pati, dan serat alami dalam makanan. Serat makanan merupakan salah satu bentuk karbohidrat yang tidak dipecah selama proses pencernaan, namun melewati perut, usus kecil, usus besar dan kemudian keluar dari tubuh.

Berikut ini jenis dan manfaat karbohidrat yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (30/12/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mengenal Apa Itu Karbohidrat

Karbohidrat adalah salah satu dari tiga makronutrien, yaitu nutrisi yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah yang lebih banyak. Karbohidrat juga dikenal sebagai sakarida atau karbohidrat, memberikan energi bagi tubuh. Setiap gram karbohidrat menyediakan 4 kalori. Karbohidrat adalah jenis makronutrien yang ditemukan di banyak makanan dan minuman, bahkan sebagian besar karbohidrat muncul secara alami dalam makanan nabati, seperti biji-bijian.

Sumber umum karbohidrat alami meliputi:

- Buah-buahan

- Sayuran

- Susu

- Biji-bijian

Karbohidrat ditemukan dalam beragam makanan sehat dan tidak sehat seperti roti, kacang-kacangan, susu, popcorn, kentang, kue, spageti, minuman ringan, jagung, dan pai ceri. Karbohidrat juga datang dalam berbagai bentuk. Bentuk yang paling umum dan melimpah adalah gula, serat, dan pati. Karbohidrat memberi tubuh glukosa, yang diubah menjadi energi yang digunakan untuk mendukung fungsi tubuh dan aktivitas fisik.

3 dari 5 halaman

Jenis Utama Karbohidrat

 

1. Pati 

Pati adalah karbohidrat kompleks yang menyediakan vitamin dan mineral. Tubuh Anda membutuhkan waktu lebih lama untuk memecah karbohidrat kompleks, sehingga hasil kadar gula darah akan tetap stabil dan rasa kenyang bertahan lebih lama.

Anda dapat menemukan karbohidrat bertepung di:

- Kacang-kacangan dan polong-polongan, seperti kacang hitam, buncis, lentil, dan kacang merah.

- Buah-buahan, seperti apel, beri, dan melon.

- Produk biji-bijian utuh, seperti beras merah, oatmeal, serta roti dan pasta gandum.

- Sayuran, seperti jagung, kacang lima, kacang polong dan kentang.

2. Serat

Serat adalah karbohidrat sehat yang kompleks, di mana tubuh tidak dapat memecah serat. Sebagian besar akan melewati usus, merangsang dan membantu pencernaan. Serat juga mengatur gula darah, menurunkan kolesterol dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Para ahli bahkan memberikan rekomendasi agar orang dewasa mengonsumsi 25 hingga 30 gram serat setiap hari.

Makanan berserat tinggi meliputi:

- Kacang-kacangan dan polong-polongan, seperti kacang hitam, buncis, lentil, dan kacang pinto.

- Buah-buahan, terutama yang memiliki kulit yang dapat dimakan (apel dan persik) atau biji (beri).

- Kacang-kacangan dan biji-bijian, termasuk almond, kacang tanah, kenari, biji labu, dan biji bunga matahari.

- Produk biji-bijian utuh, seperti beras merah, oatmeal, quinoa, sereal, serta roti dan pasta gandum.

- Sayuran, seperti jagung, kacang lima, brokoli, kubis Brussel, dan labu. 

3. Gula

Gula adalah salah satu jenis karbohidrat sederhana, di mana tubuh akan memecah karbohidrat sederhana dengan cepat. Akibatnya, kadar gula darah naik kemudian turun dengan cepat. Setelah mengonsumsi makanan manis, Anda mungkin merasakan ledakan energi, diikuti dengan rasa lelah. Gula alami seperti yang ditemukan dalam susu dan buah-buahan segar. Namun seiring dengan energi, makanan dengan gula alami menyediakan vitamin, mineral, dan terkadang serat. Membatasi gula sangat penting untuk menjaga kadar gula darah dalam kisaran yang sehat. The American Heart Association merekomendasikan untuk mengonsumsi gula tidak lebih dari 25g (6 sendok teh atau 100 kalori) gula tambahan per hari untuk kebanyakan wanita.Tidak lebih dari 36g (9 sendok teh atau 150 kalori) gula tambahan per hari untuk kebanyakan pria.

 

4 dari 5 halaman

Manfaat Karbohidrat

Karbohidrat sangat penting untuk kesehatan, karena memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan. Melansir dari laman Mayo Clinic, berikut ini sejumlah manfaat yang bisa Anda peroleh sebagai berikut:

- Menyediakan energi

Karbohidrat adalah sumber bahan bakar utama tubuh, di mana selama pencernaan, gula dan pati dipecah menjadi gula sederhana. Mereka kemudian diserap ke dalam aliran darah, di mana mereka dikenal sebagai gula darah (glukosa darah).

- Melindungi dari penyakit

Beberapa bukti menunjukkan bahwa biji-bijian dan serat makanan dari makanan utuh membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke. Serat juga dapat melindungi dari obesitas, kanker usus besar dan dubur, dan diabetes tipe 2. 

- Mengontrol berat badan

Bukti menunjukkan bahwa makan banyak buah, sayuran, dan biji-bijian dapat membantu Anda mengontrol berat badan. Dengan jumlah isinya yang besar dan serat, akan membantu mengontrol berat badan dengan membantu Anda merasa kenyang dengan lebih sedikit kalori. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa diet kaya karbohidrat sehat menyebabkan penambahan berat badan atau obesitas.

Cara membuat karbohidrat sehat bekerja dalam diet seimbang:

- Fokus pada makan buah dan sayuran yang kaya serat.

- Pilih biji-bijian utuh, sebagai sumber serat yang lebih baik daripada biji-bijian olahan dan nutrisi penting lainnya, seperti vitamin B.

- Pilih produk susu rendah lemak, salah satunya keju, yogurt, dan produk susu lainnya adalah sumber kalsium, protein, vitamin D, potasium, serta vitamin dan mineral lainnya yang baik.

- Makan lebih banyak kacang, kacang polong dan lentil.

- Batasi gula tambahan, makanan dengan tambahan gula dan biji-bijian olahan, seperti minuman manis, makanan penutup, dan permen.

5 dari 5 halaman

Struktur Karbohidrat

Melansir dari laman Medical News Today, karbohidrat memiliki struktur yang dijabarkan sebagai berikut: 

- Kimia

Struktur kimia karbohidrat mengandung atom karbon, hidrogen, dan oksigen, di mana dua senyawa dasar ini akan membentuk karbohidrat. Aldehida, yang merupakan atom karbon dan oksigen berikatan ganda, ditambah atom hidrogen, dan keton, yang merupakan atom karbon dan oksigen berikatan ganda, ditambah dua atom karbon tambahan. Karbohidrat dapat bergabung untuk membentuk polimer, atau rantai, untuk membuat berbagai jenis karbohidrat.

Karbohidrat dapat berupa monosakarida, disakarida, atau polisakarida

1. Monosakarida

Monosakarida adalah unit gula tunggal, termasuk glukosa, sumber energi utama tubuh galaktosa, yang paling tersedia dalam susu dan produk susufruktosa, yang sebagian besar terjadi pada buah-buahan dan sayuran.

2. Disakarida

Disakarida adalah dua molekul gula yang bergabung bersama, termasuk laktosa yang ditemukan dalam susu, yang terdiri dari glukosa dan galaktosasukrosa, atau gula meja, yang terdiri dari glukosa dan fruktosa.

3. Polisakarida

Polisakarida adalah rantai dari banyak gula yang terdiri dari ratusan atau ribuan monosakarida. Polisakarida bertindak sebagai penyimpan makanan bagi tumbuhan dan hewan. Contohnya termasuk glikogen, yang menyimpan energi di hati dan ototpati, yang berlimpah dalam kentang, beras, dan gandumselulosa, salah satu komponen struktural utama tanaman

- Karbohidrat sederhana dan kompleks

Monosakarida dan disakarida adalah karbohidrat sederhana, dan polisakarida adalah karbohidrat kompleks. Karbohidrat sederhana adalah gula, yang hanya terdiri dari satu atau dua molekul. Kandungan ini memberikan sumber energi yang cepat, tetapi orang tersebut segera merasa lapar lagi. Karbohidrat kompleks terdiri dari rantai panjang molekul gula, termasuk biji-bijian dan makanan yang mengandung serat. Karbohidrat kompleks membuat seseorang merasa kenyang lebih lama dan memiliki lebih banyak manfaat kesehatan daripada karbohidrat sederhana, karena mengandung lebih banyak vitamin, mineral, dan serat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.