Sukses

Gagasan Adalah Hasil Pemikiran, Pelajari Jenis dan Cara Menciptakannya

Gagasan adalah hasil pemikiran. Berikut ini pengertian gagasan, jenis-jenis gagasan dan cara menghasilkan gagasan yang baik.

Liputan6.com, Jakarta Gagasan adalah bagian penting dalam hidup yang berkelanjutan. Gagasan adalah buah dari pemikiran yang dilakukan oleh manusia. Umumnya gagasan muncul saat seseorang ingin menyelesaikan suatu permasalahan yang dihadapinya. Gagasan dapat berupa banyak bentuk, seperti pengetahuan, pengamatan, perasaan dan lain sebagainya.

Gagasan adalah dasar dari semua macam ilmu, di mana gagasan yang dibuat atau muncul haruslah berdasarkan kebenaran sains dan filsafat. Gagasan adalah solusi untuk mengatasi berbagai permasalahan yang muncul. Mengetahui cara menghasilkan gagasan yang baik menjadi kemampuan yang penting untuk dimiliki.

Dapat dikembangkan oleh siapa saja, kemampuan membuat gagasan akan mempermudah seseorang dalam memecahkan masalahnya. Melalui prosedur yang diterapkan sebagai kebiasaan, membuat gagasan yang baik menjadi lebih mudah dan bisa dilakukan kapanpun dibutuhkan.

Lebih lengkapnya, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Rabu (28/12/2022) pengertian gagasan, jenis-jenis gagasan dan cara menghasilkan gagasan yang baik.  

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengertian Gagasan

Gagasan adalah hasil pemikiran. Dalam filsafat, gagasan juga bisa menjadi gambar representasional mental dari beberapa objek. Banyak filsuf menganggap gagasan sebagai kategori ontologis mendasar dari keberadaan. Bahkan sebuah gagasan baru atau orisinil seringkali dapat mengarah pada inovasi.

Kapasitas untuk menciptakan dan memahami makna gagasan dianggap sebagai ciri penting dan menentukan manusia. Dalam pengertian populer, sebuah gagasan muncul secara refleksif, spontan, bahkan tanpa pemikiran atau refleksi yang serius, misalnya, ketika kita berbicara tentang gagasan tentang seseorang atau suatu tempat. 

Sedangkan jika berdasarkan Kamus Agung Bahasa Indonesia (KBBI), gagasan adalah rancangan yang tersusun di kelicikan. Gunanya sama dengan cita-cita. Gagasan dalam kajian Filsafat Yunani maupun Filsafat Islam menyangkut suatu cerminan imajinal utuh yang melintas cepat. 

Selama gagasan belum dituangkan menjadi suatu pemikiran dengan tulisan maupun gambar yang nyata, maka gagasan sedang berada di dalam kelicikan. Gagasan (pikiran) adalah sesuatu (hasil pemikiran, usulan, keinginan, harapan) yang akan disampaikan pemikirnya kepada pembaca atau pendengarnya. 

3 dari 4 halaman

Jenis Gagasan

1. Gagasan dari pemecahan masalah.

Semuanya dimulai dengan pemikiran, “Pasti ada cara yang lebih baik”. Kemudian pikiran anda berpacu melalui pengalaman, trik, dan apa pun yang dapat menyala di otak anda. Di sisi lain muncul solusi. Ini adalah sumber gagasan yang paling umum.

Pemikiran manusia mensurvei atau mempelajari apa yang salah dengan produk dan kemudian menyelesaikan masalah ini. Ini adalah pendekatan berulang untuk mencari tahu apa yang harus dilakukan selanjutnya dan mungkin jenis gagasan yang paling mudah untuk dinilai.

2. Gagasan dari perubahan sumber daya.  

Ketika teknologi baru atau lebih murah tersedia, itu dapat mengubah lanskap dari apa yang mungkin. Pikirkan tentang industri musik dan kebangkitan komputer. Mereka berkeliaran membangun bisnis yang menguntungkan dan kemudian api teknologi ini berguling di atas mereka. Ini terjadi karena semua perubahan dalam cara informasi didistribusikan. 

Hal yang sama terjadi di industri mana pun ketika asumsi konstan, tiba-tiba berubah. Tempat yang baik untuk mencari inovasi adalah di mana pun Anda tahu bahwa sumber daya akan mengubah harga. Ini mirip dengan menemukan gagasan dengan memecahkan masalah kecuali solusi tertentu tidak praktis sampai terjadi perubahan biaya sumber daya. 

3. Gagasan dari penelitian.

Gagasan juga bisa dihasilkan melalui proses ilmiah. Dengan membuat teori, membuktikan atau menyangkal sesuatu dan berharap untuk menulis makalah tentangnya. Dan kemudian mendapatkan hasil yang sama sekali tidak terduga. Lalu anda menjalankan ulang percobaan, dan hal yang sama terjadi lagi. 

Saat anda mempelajari lebih lanjut tentang apa yang anda lihat, anda mulai menyadari apa implikasinya. Ketika anda menyadari apa yang sekarang mungkin, banyak gagasan muncul di kepala anda karena anda telah melihat sesuatu yang tidak diketahui orang lain. Ini tidak datang dari memecahkan masalah, tetapi mencari tahu apa yang mungkin. 

4. Gagasan berasal dari kompetisi.  

Ini mirip dengan gagasan dari penelitian, namun gagasan dihasilkan bukan dari mencari tahu alam semesta, inspirasi datang dari melihat orang lain melakukannya terlebih dahulu. Dimana terdapat persaingan antara dua individu atau lebih untuk memecahkan masalah yang dihadapi secara umum.

4 dari 4 halaman

Cara Menghasilkan Gagasan Hebat

Tantangan besar untuk menghasilkan gagasan adalah membebaskan diri dari pemikiran konvensional yang memenuhi sebagian besar waktu dan otak anda. Berikut adalah tujuh tip untuk membantu membuka pikiran dan menstimulasi untuk membuat gagasan hebat.

1. Terlibat dalam Sesi Observasi

Ide-ide hebat tidak akan terjadi dalam ruang hampa. Anda memerlukan cara untuk membuat otak anda berpikir dengan cara yang baru dan kreatif. Luangkan waktu untuk sesi tertentu di mana anda merangsang otak anda untuk berpikir secara berbeda. 

2. Bersosialisasi di Luar Lingkaran Normal anda

Bergaul dengan teman dan kolega yang sama bisa membuat anda berpikir. Manfaatkan semua koneksi LinkedIn tersebut dan mulailah beberapa percakapan yang menarik. Orang baru tidak mengetahui semua pola pikir dan cerita lama anda, jadi anda harus meninjau kembali monolog batin anda yang sudah ada. Perspektif yang menyegarkan akan membantu memunculkan pemikiran baru dan mungkin satu atau dua kilatan petir.

3. Baca Lebih Banyak Buku

Buku sangat bagus untuk menciptakan pemikiran baru dan merangsang ide-ide hebat. Untuk waktu yang lama, tidak banyak membaca tapi tambahkan juga buku bisnis ke rutinitas, ini akan membantu anda untuk belajar lebih banyak dan memperluas cara berpikir. Tambahkan juga buku fiksi dan sejarah. Karena kisah-kisah ini benar-benar membuat anda keluar dari ruang nyaman anda.

4. Jelajahi Web Secara Acak

Google dapat menjadi sumber luar biasa jika anda tahu apa yang anda cari, tetapi cara terbaik untuk menghasilkan gagasan baru adalah dengan pembelajaran hal yang tidak terduga. Luangkan satu jam setiap minggu dan lakukan perjalanan web. Mulailah dengan tombol keyword acak. Cobalah untuk memilih web asing dan referensi yang lebih tidak jelas saat anda berselancar dan meregangkan otak anda sedikit.

5. Buat Jurnal Reguler

Jurnal sangat bagus untuk mencatat pikiran, perasaan dan sejarah hidup anda. Ini juga merupakan cara yang bagus untuk menyusun dan mengembangkan kebiasaan ide. Jika anda tidak membuat jurnal, mulailah hari ini. Jika sudah, tambahkan saja latihan menyelesaikan setiap entri dengan: Inilah gagasan baru saya untuk hari ini …

6. Bermeditasi

Sulit untuk memunculkan ide-ide hebat ketika pikiran anda dipenuhi dengan pikiran dan kekhawatiran sehari-hari. Anda membutuhkan ruang yang tenang. Meditasi akan membantu anda menjernihkan pikiran dari urusan sehari-hari dan stres. Kemudian anda dapat fokus pada masa depan anda atau memecahkan masalah yang ada. Berkomitmen untuk sesi selama dua jam setiap minggu dan anda akan segera menemukan ide-ide baru mengalir.

7. Gunakan Latihan Terstruktur

Struktur melahirkan kreativitas. Latihan sederhana dapat membuat otak anda bekerja dengan fokus untuk menghasilkan ide-ide hebat. Favorit saya berasal dari penulis dan profesor Universitas Baylor Dr. Blaine McCormick. Dengan seorang rekan, luangkan sepuluh menit (waktunya) untuk menghasilkan 42 gagasan tentang topik atau masalah tertentu. Anda mungkin hanya memikirkan 30 atau 35 tetapi tidak masalah. Anda akan menemukan setidaknya ada dua atau tiga hasil yang memuaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.