Sukses

Lampaui Menara Pisa, Kemiringan Kuil Taihe Zhenxing di Taiwan Ini Bikin Takjub

Kuil unik kemiringannya sampai 45 derajat.

Liputan6.com, Jakarta Kepopuleran Menara Pisa sudah tak bisa dianggap remeh. Bangunan bersejarah di Italia ini sudah lama mendunia berkat keunikannya. Banyak wisatawan dari penjuru dunia sudah berfoto dengan bangunan miring ini. Meski terkesan tak sempurna, Menara Pisa yang miring tetap berdiri kokoh.

Siapa sangka, bukan hanya di Italia, tepatnya di Taiwan ada banunan bersejarah yang juga miring. Melansir dari Oddity Central, diketahui  bangunan berupa kuil ini bernama Taihe Zhenxing yang punya kemiringan jauh lebih banyak dari Menara Pisa. Kendati demikian kuil ini masih terlihat berdiri kokoh.

Mirip-mirip dengan Menara Pisa, kuil Taihe Zhenxing ini bisa miring akibat kontur tanah. Namun kuil unik di Taiwan ini bisa miring akibat dahsyatnya bencana alam. Meski diterjang badai dan tanah longsor, kuil besar di pegunungan ini masih bisa bertahan dan berdiri kokoh. Tak hanya kuil, beberapa bangunan rumah warga juga masih bertahan mengikuti kemiringan tanah yang berubah.

Terletak di Kabupaten Chiayi Taiwan sebuah kuil yang sangat miring disebut sebagai Menara Miring Pisa versi Taiwan. Seperti apa keunikan lainnya? Berikut Liputan6.com merangkum sekilas kuil Taihe Zhenxing melansir dari Oddity Central, Selasa (27/12/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Asal Usul Kuil Taihe Zhenxing Bisa Miring

Dari kejauhan, Kuil unik ini seakan mau roboh terjun ke jurang. Kontur tanah jadi penyebab utama kuil jadi miring. Namun ternyata kuil tersebut bisa dikunjungi dari jarak dekat. 

Pada Agustus 2009, Taiwan dilanda Topan Morakot, topan paling mematikan yang melanda pulau itu dalam catatan sejarahnya. Akibatnya, curah hujan jadi lebih banyak dari biasanya. Yang mengakibatkan semburan lumpur yang sangat besar dan banjir parah di seluruh Taiwan.

Topan tersebut menyebabkan kerusakan yang sangat besar dan ratusan korban jiwa, tetapi juga menghasilkan salah satu tempat wisata paling tidak biasa di Taiwan yakni Kuil Taihe Zhenxing, tempat ibadah dengan kemiringan sekitar 45 derajat.

Hingga tahun 2009, kuil warna-warni Desa Taihe masih berdiri tegak. Namun tanah longsor yang terjadi di sini saat badai besar menyebabkan kuil ikut bergeser akibat tanah bergerak hingga sekitar 100 meter. Bangunan besar ini secara ajaib selamat, tetapi tetap miring layaknya Menara Pisa.

3 dari 3 halaman

Bisa Berpose di Depan Kuil Layaknya Michael Jackson

Kuil Taihe Zhenxing letaknya memang tak mudah dijangkau. Tetapi akhir-akhir ini jumlah wisatawan meningkat, berkat platform media sosial seperti Instagram dan TikTok. Tak sedikit para pengunjung kuil kerap berpose layaknya raja pop Michael Jackson lewat gaya tubuh miring tapi tak jatuh. 

Seolah melawan gravitasi, pengunjung harus melakukan adalah memiringkan ponsel sehingga terlihat lurus sejajar dengan kuil yang terlihat normal.

Awal tahun ini, setelah foto dan video yang diambil di sana menjadi viral secara online, Istana Taihe Zhenxing bahkan ditampilkan di televisi nasional dan dijuluki Menara Miring Pisa versi Taiwan di Italia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.