Sukses

Profil PT Panasonic, Sejarah, Unit Usaha, dan Produk-Produknya

PT Panasonic adalah sebuah perusahaan elektronik multinasional yang berkantor pusat di Kadoma, Osaka, Jepang.

Liputan6.com, Jakarta PT Panasonic merupakan salah satu perusahaan terkemuda di Indonesia. PT Panasonic adalah sebuah perusahaan elektronik multinasional yang berkantor pusat di Kadoma, Osaka, Jepang. Perusahaan ini awalnya memiliki nama Matsushita Electric Industrial Co., Ltd.

PT Panasonic telah berdiri sejak tahun 1918 hingga saat ini sebagai produsen soket lampu. Selain itu, PT Panasonic juga menjadi produsen elektronik konsumen terbesar di dunia, hingga namanya terkenal sampai sekarang.

Perjalan bisnis PT Panasonic sampai pada kesuksesan sangatlah panjang. Kini perusahaan ini telah membuka cabangnya di Jakarta, Indonesia dan telah memiliki berbagai unit usaha yang beroperasi.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai profil PT Panasonic beserta sejarah, unit usaha, dan produk-produknya yang telah dirangkum dari laman resminya panasonic.com, Minggu (25/12/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Profil PT Panasonic

PT Panasonic berdiri sejak tahun 1918 di Kadoma, Osaka, Jepang. Kemudian perusahaan ini membuka cabang di Jakarta, Indonesia yang dikelola oleh Presiden Direktur, Keisuke Nakagawa. PT Panasonic merupakan manufaktur kelas dunia di bidang produk elektronik, khususnya untuk kebutuhan konsumen awam dan bisnis.

Di Asia Pasifik, Panasonic muncul pertama kali dengan mendirikan pabrik pertamanya di Thailand pada tahun 1961. Beberapa tahun berikutnya, operasi Panasonic di kawasan ini pun berkembang. Saat ini operasinya ada di 6 area regional (80 negara termasuk Indonesia).

Di Indonesia sendiri, Panasonic Gobel Indonesia memiliki sejarah yang sangat panjang dan melekat di hati rakyat. Dimulai dengan kehadiran radio 'tjawang' oleh Almarhum Drs. H. Thayeb Moh. Gobel pada tahun 1954, TV pertama di tahun 1962, serta hadirnya brand National di tahun 1970. Panasonic Gobel Indonesia juga merupakan pelopor pendorong perusahaan-perusahaan lokal pemasok komponen.

Hingga pada tahun 2004 nama National berubah menjadi Panasonic. Sampai saat ini Panasonic di Indonesia tetap merupakan brand elektronik  terkemuka yang menyediakan produk inovatif untuk kebutuhan rumah dikalangan B2C dan system solution di kalangan B2B yang berorientasi pada pasar lokal untuk menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia. 

3 dari 5 halaman

Sejarah PT Panasonic Indonesia

Adapun berikut ini sejarah panjang berdirinya PT Panasonic Indonesia, yakni:

1. Pada tahun 1954

Dengan semangat nasionalisme untuk memproduksi alat komunikasi bagi bangsa Indonesia, pada tahun 1954 Drs. H Thayeb Moh. Gobel mendirikan PT Transistor Radio Manufacturing di Cawang, Jakarta yang merupakan pelopor dari Pabrik Radio Transistor pertama di Indonesia dengan brand “Tjawang”.

2. Pada tahun 1957

Drs. H. Thayeb Moh. Gobel menerima beasiswa Colombo Plan di mana beliau melanjutkan studi ke Jepang dan bertemu dengan Mr. Konosuke Matsushita, pendiri dari Masushita Electric Indrustrial Co.Ltd.

3. Pada tahun 1960

Penandatanganan perjanjian kerjasama Technical Cooperation Agreement antara PT Transistor Radio Manufacturing dan Matsushita Electric Industrial Co. Ltd, (Jepang).

4. Pada tahun 1962

Berdasarkan perjanjian kerjasama, PT Transistor Radio Manufacturing memproduksi televisi tanpa warna pertama agar masyarakat Indonesia dapat menyaksikan Asian Games (Jakarta). Produk pertama diberikan kepada Ibu Negara Indonesia, Ibu Fatmawati Soekarno.

5. Pada tahun 1970

Peresmian PT Panasonic Manufacturing Indonesia (PT National Gobel)

6. Pada tahun 1974

Peresmian PT Met Gobel, sebuah pabrik lokal yang menunjang  aktivitas perdagangan dan produk-produk impor dari Matsushita ke Indonesia yang tidak diproduksi oleh PT National Gobel. PT Met Gobel mengimpor baik produk elektronik kebutuhan konsumen maupun produk ekeltronik kebutuhan kerja, seperti  perangkat penyiaran dan peralatan modal untuk pabrik. Peresmian Matsushita Gobel Education Foundation ini memiliki misi untuk meningkatkan kecerdasan dan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

7. Pada tahun 1981

Drs. H. Thayeb Moh. Gobel menerima penghargaan Kun Santo Zuikosho dari pemerintah Jepang atas usahanya dalam menjaga dan mengembangkan hubungan bilateral antara Jepang  dan  Indonesia dalam bidang social budaya, komunikasi dan perdagangan.

8. Pada tahun 1985

Menerima penghargaan “Upakati” dari pemerintah Indonesia atas usahanya mendukung SME.

9. Pada tahun 1987

Peresmian PT. Panasonic Gobel Battery Industry (manganese, lithium, coin, torchlight).Dalam dekade ini ditujukkan untuk penguatan Matsushita Gobel Group. Beberapa pabrik dan perusahaan dagang juga ikut diresmikan.

10. Pada tahun 1991

Perubahan nama menjadi PT. Panasonic Gobel Indonesia dan PT. Panasonic Shikoku Electronics Indonesia

11. Pada tahun 1992-1993

Meresmikan unit usaha yakni PT. Panasonic Electronic Device Indonesia dengan PT Matsushita Electric Works Gobel Manufacturing Indonesia, dan PT. Panasonic Electric Works Gobel Sales Indonesia.

12. Pada tahun 1995-1996

Kembali meresmikan unit usaha yakni PT. Panasonic Electronic Device Batam, PT. Panasonic Semiconductor Indonesia, dan PT. Panasonic Lighting Indonesia. Untuk MEI diresmikan oleh PT. Panasonic Shikoku Electronics Batam. Berkontribusi dalam mendukung kualitas dan profesionalisme pertelevisian Indonesia dengan menyelenggarakan Panasonic Gobel Awards.

13. Pada tahun 2000

Pembaharuan kerjasama antara Matsushita-Gobel (PT. National Gobel)

14. Pada tahun 2003

Presiden MEI, Kunio Nakamura, memperoleh “Bintang Jasa Pratama”, penghargaan tertinggi dari pemerintah untuk perusahaan swasta Jepang atas usahanya mengembangkan industri Indonesia.

15. Pada tahun 2004

Merek tunggal nama perusahaan berganti dari Panasonic Manufacturing Indonesia menjadi Panasonic Gobel Indonesia.

16. Pada tahun 2010

Memperingati 50 tahun kerjasama Panasonic Gobel

4 dari 5 halaman

Unit Usaha PT Panasonic Group di Indonesia

1. PT. Panasonic Gobel Indonesia (PGI)

Perusahaan ini berdiri sejak tahun 1992 yang berlokasi di Jakarta Pusat, dengan tujuan memproduksi AV/ Electronic Equipment (Including Import).

2. PT. Panasonic Manufacturing Indonesia (PMI)

Perusahaan ini berdiri sejak tahun 1970 yang berlokasi di Jakarta Timur, dengan tujuan memproduksi AV / Home Electronic Equipment.

3. PT. Panasonic Gobel Energy Indonesia (PECGI)

Perusahaan ini berdiri sejak tahun 1987 yang berlokasi di Bekasi, dengan tujuan memproduksi Battery, Flash Light & Component Otomotive.

4. PT. PHC Indonesia

Perusahaan ini berdiri sejak tahun 1995 yang berlokasi di Bekasi, dengan tujuan memproduksi Producing healthcare equipment.

5. PT. Panasonic Gobel Life Solutions Manufacturing Indonesia (PGLSMID)

Perusahaan ini berdiri sejak tahun 1991 yang berlokasi di Bogor, dengan tujuan memproduksi Wiring Floor.

6. PT. Panasonic Gobel Life Solutions Sales Indonesia (PGLSSID)

Perusahaan ini berdiri sejak tahun 2004 yang berlokasi di Jakarta Selatan, dengan tujuan memproduksi Lighting Fixtures.

7. PT. Panasonic Eco Solution KDK Indonesia (PES-KDKID)

Perusahaan ini berdiri sejak tahun 1972 yang berlokasi di Jakarta Pusat, dengan tujuan memproduksi Ventilation Fan

8. PT. Panasonic Industrial Devices Batam (PID-BT)

Perusahaan ini berdiri sejak tahun 1995 yang berlokasi di Batam, dengan tujuan memperoduksi Electronics Component

5 dari 5 halaman

Produk-Produk yang Dihasilkan PT Panasonic

Selain lampu, berikut ini terdapat beberapa produk-produk yang dihasilkan oleh PT Panasonic, antara lain:

1. Peralatan masak

2. Kulkas

3. Mesin cuci

4. Televisi

5. Kamera

6. Audio

7. AC atau Air Conditioner

8. Produk Kecantikan

9. Vacuum Cleaners

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.