Sukses

Profil PT Megasari Makmur yang kini Berubah Menjadi Godrej Indonesia

Keputusan PT Megasari Makmur untuk bergabung bersama Godrej Consumer Produk menjadi keputusan yang sangat tepat mengingat kemajuan yang dialami perusahaan setelahnya.

Liputan6.com, Jakarta PT Megasari Makmur merupakan produsen produk perawatan rumah tangga yang telah bergabung bersama Godrej Consumer Produk. Setelah proses penggabungan tersebut, produk semakin dikenal luas oleh masyarakat Indonesia bahkan luar negeri. Nama PT Megasari Makmur kemudian berubah menjadi Godrej Indonesia.

Sebagai perusahaan multinasional, dalam menjalankan bisnisnya Godrej sangat menjunjung tinggi keberagaman. Godrej memastikan tidak ada tempat bagi diskriminasi di dalam lingkup kerja perusahaannya. Ini menjadi nilai tambah tersendiri bagi Godrej dalam membuat inovasi bisnis yang dapat diterima oleh banyak orang dari berbagai kelangan.

Keputusan PT Megasari Makmur untuk bergabung bersama Godrej Consumer Produk menjadi keputusan yang sangat tepat mengingat kemajuan yang dialami perusahaan setelahnya. Berikut ulasan Liputan6.com tentang profil PT Megasari Makmur yang telah berubah menjadi Godrej Indonesia dari laman resmi perusahaan, Jumat (23/12/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perubahan PT Megasari Makmur Menjadi Godrej Indonesia

Godrej Consumer Produk merupakan perusahaan yang berbasis di India. Perusahaan Ini didirikan oleh Ardeshir Godrej yang mulai merintis usahanya tangga pada 1897. Produk pertamanya adalah Chavi, sabun pertama di dunia yang dibuat tanpa lemak hewani. 

Ardeshir Godrej adalah seorang yang sangat loyal pada Negaranya, pada 1921 perusahaannya menyumbangakan 3 lakh rupee ke Tilak Swaraj untuk keperluan perjuangan gerakan pembebasan India. Sumbangan tersebut menjadi kontribusi tunggal terbesar saat itu. Mahatma Gandhi bahkan sempat memberikan surat sebagai ucapan terimakasih atas apa yang dilakukan oleh perusahaan Godrej.

Pada 1938 Godrej mulai mengambil tindakan untuk mengamankan masa depan bisnisnya. Public Provident Fund atau PPF diperkenalkan di Godrej,14 tahun sebelum Pemerintah India mengamanatkan hal tersebut.

Membangun pijakan yang kuat di seluruh ASEAN merupakan bagian penting dari strategi Godrej Consumer Products, baik dari segi ukuran bisnis saat ini, maupun untuk masa depan. Godrej terus berinovasi dan mencari peluang signifikan yang bertujuan  mendorong penetrasi dan meningkatkan bisnisnya.

Godrej masuk ke Indonesia pada 2010 dengan mengakuisisi pemain home care populer Indonesia, PT Megasari Makmur Group. Saat ini, Godrej Indonesia adalah perusahaan produk home and personal care terkemuka, yang telah menjangkau  16 juta rumah tangga di seluruh Indonesia. 

3 dari 4 halaman

Perubahan PT Megasari Makmur Menjadi Godrej Indonesia

Dalam menjalankan usahanya, Godrej Indonesia sangat menjunjung tinggi diversity atau keberagaman. Perusahaan mengklaim bahwa tidak ada tempat untuk diskriminasi di Godrej. Harapannya Godrej menjadi sebuat tempat untuk membuka hati dan pikiran para karyawan dan orang-orang yang terlibat dalam bisnisnya.

Keanekaragaman adalah filosofi yang dipegang oleh perusahaan, hal ini  telah berlangsung selama lebih dari satu abad. Filosofi yang dipegang oleh godrej tidak baik untuk dilakukan dari segi humanisme, tapi juga turut mendukung bisnis yang dilakukan. Keanekaragaman yang ada pada perusahaan membuat inovasi yang tercipta dari tim  menjadi lebih beragam, hal ini membuat bisnis tumbuh lebih cepat.

Godrej menjadi perusahaan yang menempatkan orang-orang yang berada di dalam bisnisnya sebagai hal yang berharga. Godrej percaya bahwa keberhasilan sebuah perusahaan bergantung pada kebahagiaan dan kesejahteraan pekerjanya. Godrej menciptakan lingkungan kerja yang inklusi sehingga memungkinkan pekerja dari segala latar belakang, ras, gender, agama untuk dapat bekerja dengan nyaman.

4 dari 4 halaman

Produk PT Megasari Makmur

PT Megasari Makmur atau Godrej Indonesia merupakan salah satu produsen produk home and personal care terkemuka di Indonesia. Produk buatan Godrej dapat dengan mudah ditemukan di berbagai tempat, mulai dari toko-toko kecil hingga supermarket. Produk andalan Godrej Indonesia, diantaranya HIT sebagai insektisida rumah tangga, Stella sebagai penyegar udara, dan Mitu sebagai tisu bayi dan perawatan bayi.

Produk-produk tersebut menjadi pemimpin pasar di kategorinya masing-masing. Portofolio merek Godrej Indonesia juga mencakup merek favorit lainnya seperti Proclin, Biosol, Klinpak, Polytex, Carrera, Cap Gajah, Shock, dan NYU, yang digunakan hampir di seluruh rumah di Indonesia.

Godrej Indonesia terus berinovasi dan mencari cara baru untuk menambah portofolio dengan produk berkualitas dengan harga terjangkau. Model operasi multi-lokal yang dilakukan oleh Godrej Indonesia dibentuk berdasarkan kemitraan berbasis nilai dan otonomi operasional, menawarkan keuntungan yang berbeda. Ini memungkinkan Godrej Indonesia mendorong kelincahan lokal dan inovasi yang disesuaikan, sambil memanfaatkan sinergi backend, dan memanfaatkan wawasan umum di seluruh bisnis global.

Godrej Indonesia melihat bahwa merek dan bisnis berbasis lokal cukup menjanjikan. Sehingga Godrej Indonesia berinvestasi dalam pembuatan manufaktur lokal di seluruh Indonesia. Godrej Indonesia juga membangun talenta lokal yang kuat, dengan fokus khusus pada pengembangan keberagaman dan inklusi, merupakan prioritas utama bagi Godrej Indonesia. 

Dengan lebih dari 4.000 anggota tim dan usaha yang keras Godrej Indonesia menjadi tempat bekerja yang juga dapat menginspirasi karyawannya. Godrej Indonesia menjanjikan karyawannya sebagai aset yang sangat berharga bagi perusahaan. Godrej Indonesia memahami bahwa anggota tim kami memainkan peran multi-segi, jadi kami sangat mendorong mereka untuk mengeksplorasi seluruh diri mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.