Sukses

7 Doa Kedua Orang Tua, Pahami Sudut Pandangnya dalam Islam dan Manfaatnya

Kumpulan doa kedua orang tua, serta sudut pandang Islam terhadap berbekti pada orang tua dan manfaatnya.

Liputan6.com, Jakarta Doa kedua orang tua merupakan salah satu bentuk cinta kepada kedua orang tua kita. Pertama-tama, Islam adalah agama yang sesuai dengan fitrah manusia. Salah satu ajaran Islam yang membuktikan konsep ini adalah berbakti. Berbakti dan memuliakan orang tua adalah salah satu perintah dalam Islam yang harus kita ikuti.

Terdapat banyak cara berbakti kepada orang tua, dan doa kedua orang tua menjadi salah satu cara mudah yang bisa dilakukan oleh siapa pun. Anda dapat memberi doa kedua orang tua kepada mereka, ketika mereka masih hidup bersama dengan kita dan ketika mereka tidak ada lagi di dunia ini.

Tidak hanya untuk berbakti kepada orang tua, doa kedua orang tua juga dapat menjadi jalan untuk kita mendapatkan pahala dengan berbakti kepada orang tua. Ada banyak doa kedua orang tua yang bisa dipanjatkan, dimana doa kedua orang tua ini bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan.

Lebih lengkapnya, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Kamis (22/12/2022). Kumpulan doa kedua orang tua, serta sudut pandang Islam terhadap berbakti pada orang tua dan manfaatnya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pandangan Islam Tentang Berbakti Pada Orang Tua

Pandangan Islam Tentang Berbakti Pada Orang Tua

Dari sudut pandang Islam, berbakti adalah ibadah yang sangat penting; dalam banyak ayat Al-Qur'an, Allah menyebutkan hak-hak orang tua setelah hak-Nya. Dia berkata:

۞ وَقَضَىٰ رَبُّكَ أَلَّا تَعْبُدُوٓا۟ إِلَّآ إِيَّاهُ وَبِٱلْوَٰلِدَيْنِ إِحْسَٰنًا ۚ إِمَّا يَبْلُغَنَّ عِندَكَ ٱلْكِبَرَ أَحَدُهُمَآ أَوْ كِلَاهُمَا فَلَا تَقُل لَّهُمَآ أُفٍّ وَلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُل لَّهُمَا قَوْلًا كَرِيمًا

“Dan Tuhanmu telah menetapkan agar kamu tidak menyembah selain Dia, dan kepada kedua orang tua, perlakuan yang baik. Apakah salah satu atau keduanya mencapai usia tua [sementara] bersamamu, jangan katakan kepada mereka [sebanyak], uff dan jangan mengusir mereka tetapi ucapkan kata-kata yang mulia kepada mereka.” (Al-Isra’ ayat 23)

Islam sangat mementingkan ibu (terutama jika dibandingkan dengan ayah). Ini adalah semacam kehormatan kepada ibu dalam Islam (bukan beban). Rasa sakitnya selama kehamilannya dan apa yang mengikutinya memberinya peringkat khusus dalam kehidupan ini (dengan meminta anak laki-lakinya untuk menaatinya), dan di akhirat.

Islam menganggap berbakti sebagai salah satu ibadah terbaik yang dapat anda lakukan untuk menjadi dekat dengan Tuhan. Ketika Nabi ditanya tentang perbuatan terbaik, dia menjawab: 

"Sholat pada waktu yang ditentukan." Dan ketika ditanya untuk kedua kalinya dia menjawab: "Kebaikan kepada orang tua."(Sahih Muslim)

Sebaliknya, durhaka kepada anak adalah dosa besar yang pelakunya pasti akan dihukum di dunia dan akhirat juga: 

“Allah akan menangguhkan perbuatan salah apa saja yang Dia kehendaki sampai hari kiamat kecuali untuk perilaku tirani, tidak menaati orang tua atau memotong kerabat. Dia akan menghukum orang yang melakukan hal-hal itu di dunia ini sebelum dia mati.” (Al-Adab Al-Mufrad)

3 dari 4 halaman

Manfaat Mendoakan Kedua Orang tua

Manfaat Mendoakan Kedua Orang tua

Cinta anak-anak kepada orang tua mereka, seringkali tidak begitu kuat terkadang egois dan butuh usaha. Dan itu adalah perintah Tuhan yang sangat ditekankan. Di beberapa tempat dalam Al-Qur'an, Allah memerintahkan kita untuk berbuat baik kepada orang tua tepat setelah Dia memerintahkan kita untuk beribadah kepada-Nya saja:

Dan Tuhanmu telah menetapkan agar kamu tidak menyembah selain Dia, dan kepada kedua orang tua, perlakuan yang baik… (Al Quran, Al Isra’ : 23 )

Berikut adalah manfaat berbakti kepada orangtua, melalui mendoakan mereka dengan doa kedua orang tua :

1. Cara Mendapat Keridhaan Allah

Nabi Muhammad SAW berkata: Ridha Tuhan ada pada ridha orang tua, dan murka Tuhan ada pada murka orang tua. (At-Tirmidzi)

2. Kualitas Kenabian

Allah, ketika menggambarkan sifat-sifat Yahya, mencantumkan yang berikut ini: 

Dan berbakti kepada kedua orang tuanya, dan dia bukanlah tiran yang durhaka. (Al Quran, Maryam : 14)

3. Jalan Menuju Surga

Salah seorang Sahabat pernah bertanya kepada Nabi:

“Wahai Rasulullah! Saya ingin keluar dan berperang (dalam Jihad) dan saya datang untuk meminta nasihat Anda.” Dia berkata : Apakah kamu punya ibu?. Dia berkata : "Ya.". Dia berkata: Maka tinggallah bersamanya, karena Surga ada di bawah kakinya. (An-Nasai)

4. Salah Satu Amal Terbaik

Sebaik-baik amal atau perbuatan adalah (menaati) shalat pada waktunya dan berbuat baik kepada kedua orang tua. (Muslim)

5. Berbuat Tidak Berbakti Kepada Orang Tua Merupakan Dosa Besar

Nabi mencatat beberapa dosa terbesar sebagai berikut: Menyekutukan seseorang dengan Allah, durhaka kepada orang tua, membunuh seseorang dan ucapan dusta. ( Muslim)

Biarkan dia direndahkan, biarkan dia direndahkan. Dikatakan: Utusan Allah, siapakah dia? Dia berkata. Barang siapa mendapati kedua orang tuanya sudah tua, salah satu atau keduanya, dan tidak masuk surga. ( Muslim)

4 dari 4 halaman

Doa Kedua Orang Tua

Doa Kedua Orang Tua

Salah satu cara yang sangat indah untuk menunjukkan cinta kepada saudara atau saudari Muslim nda adalah dengan mendoakannya saat tidak hadir. Cara menunjukkan cinta ini bahkan jauh lebih indah bagi orang tua anda. Berikut adalah doa kedua orang tua yang bisa anda ikuti :  

1. Surah Nuh ayat 28 

Berikut doa kedua orangtua dari Al Qur'an Surah Nuh ayat 28 :

رَّبِّ ٱغْفِرْ لِى وَلِوَٰلِدَىَّ وَلِمَن دَخَلَ بَيْتِىَ مُؤْمِنًا وَلِلْمُؤْمِنِينَ وَٱلْمُؤْمِنَٰتِ وَلَا تَزِدِ ٱلظَّٰلِمِينَ إِلَّا تَبَارًۢا

Rabbigfir lī wa liwālidayya wa liman dakhala baitiya mu`minaw wa lil-mu`minīna wal-mu`mināt, wa lā tazidiẓ-ẓālimīna illā tabārā

Artinya: "Ya Tuhanku, ampunilah aku, ibu bapakku, dan siapa pun yang memasuki rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim itu selain kehancuran.

 

2. Surah Ibrahim ayat 41

Berikut doa kedua orangtua dari Al Qur'an Surah Ibrahim ayat 41 :

رَبَّنَا ٱغْفِرْ لِى وَلِوَٰلِدَىَّ وَلِلْمُؤْمِنِينَ يَوْمَ يَقُومُ ٱلْحِسَابُ

Rabbanagfir lī wa liwālidayya wa lil-mu`minīna yauma yaqụmul-ḥisāb

Artinya: Ya Tuhan kami, ampunilah aku dan kedua ibu bapakku dan semua orang yang beriman pada hari diadakan perhitungan (hari Kiamat).”

 

3. Doa kedua orang tua

Doa kedua orang tua ini dapat dipanjatkan setelah sholat lima waktu atau ketika teringat kepada kedua orang tua.

اَللّهُمَّ اغْفِرْلِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَاكَمَارَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا

Allahumaghfirlii wa liwaalidayya warhamhumaa kamaa rabbayaanii shaghiiraa.

Artinya: Ya Allah, ampunilah dosaku dan dosa kedua orangtuaku, kasihanilah mereka sebagaimana mereka telah mengasihiku di waktu kecil.

 

4. Doa kedua orang tua yang sakit

Doa kedua orang tua yang ini dapat dipanjatkan untuk mendoakan kesembuhan orang tua dari sakit yang dideritanya :

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ وَاشْفِه وأَنْتَ الشَّافِي لاَ شِفَآءَ إِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

Allahumma robbannaasi adzhibil ba'sa wasy fihu, wa antas syaafi, laa syifaa-a illa syfaauka, syifaan laa yughaadiru saqaama.

Artinya: Ya Allah, Rabb Manusia dan alam semesta, hilangkanlah kesusahan dan berikanlah dia kesembuhan, Engkau Dzat Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain.

 

5. Doa kedua orang tua yang sudah meninggal

Jika kedua orang tua sudah meninggal anak tetap bisa mendoakan mereka. Doa ini dipanjatkan untuk memohon ampun agar amalan orang tua semasa hidup tak pernah putus.

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ الأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالأَمْوَاتِ مِنْ مَشَارِقِ الْاَرْضِ إِلَى مَغَارِبِهَا بَرِّهَا وَبَحْرِهَا، خُصُوْصًا إِلَى آبَاءِنَا وَاُمَّهَاتِنَا وَأَجْدَادِنَا وَجَدَّاتِنَا وَأَسَاتِذَتِنَا وَمُعَلِّمِيْنَا وَلِمَنْ أَحْسَنَ إِلَيْنَا وَلِأَصْحَابِ الحُقُوْقِ عَلَيْنَا

Allahummaghfir lil muslimina wal muslimat, wal mukminina wal mukminat, al-ahya'i minhum wal amwat, min masyariqil ardhi ila magharibiha, barriha wa bahriha, khushashan ila aba'ina, wa ummahatina, wa ajdadina, wa jaddarina, wa asatidzatina, wa mu'allimana, wa li man ahsana ilaina, wa li ashhabil huquqi 'alayna.

Artinya: Ya Allah, ampunilah mukminin, mukminat, muslimin, muslimat, yang masih hidup, yang telah wafat, yang tersebar dari timur hingga barat, di darat dan di laut, khususnya bapak, ibu, kakek, nenek, ustadz, guru, mereka yang telah berbuat baik terhadap kami, dan mereka yang masih memiliki hak terhadap kami.

 

6. Doa kedua orang tua yang sedang sakit parah

Doa kedua orang tua ini dapat dipanjatkan saat kedua orang tua dalam kondisi sakit parah dan untuk mendapat keikhlasan dan memohon petunjuk kepada Allah SWT :

اللَّهُمَّ اَحْيِنِي مَاكَا نَتِ الْحَيَاةُ خَيْرً الِّى وَتَوَ فَّنِى مَاكَا نَتْ الوَ فَاةُ خَيْرًا لِى 

Allahumma ahyini maa kaa natil khayatu khoirolli, watawaf fanni adza kaanat wafaatu khirolli. 

Artinya: Ya Allah, hidupkanlah dia apabila itu lebih baik baginya. Dan matikanlah dia apabila kematian itu lebih baik baginya.

 

7. Doa untuk kedua orang tua dan saudaranya

اللَّهُمَّ اغْفِرْلِى ذُنُوْبِى وَلِوَالِدَىَّ وَارْ حَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِى صَغِيْرَا . وَلِجَمِيْعِ الْمُسْلِمِيْنَ وَلْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ . اَلْاَحْيَاءِ مِنْهُمْ 

وَالْاَمْوَاتِ . وَتَابِعْ بَيْنَنَا وَبَيْنَهُمْ بِالْخَيْرَاتِ . رَبِّ اغْفِرْ وَارْ حَمْ وَاَنْتَ خَيْرُالرَّ احِمِيْنَ . وَلاَحَوْلَ وَلاَقوَّةَ اِلاَّبِاللَّهِ الْعَلِيِ الْعَظِيْمِ 

Allahummaghfirlii, waliwaalidayya, warhamhuma, kamaa robbayaanii shagiiroo. Walijami’il muslimina, walmuslimaati, walmu’miniina, wal mu’minaati, al ahyaa’i minhum wal amwati. 

Wataabi’ wabainanaa, wa bainahum bil khoiraati, robbighfir warham wa anta khoirur 

roohimiina, walaa quwwata, illa biilaahi ‘aliyyil adzim. 

Artinya: Ya Allah, berikanlah ampunan kepadaku atas seluruh dosa – dosaku dan seluruh dosa kedua orang tuaku dan kasihanilah keduanya itu sebagaimana beliau berdua mengasihiku ketika aku masih kecil. 

Begitu juga kepada seluruh kaum muslimin dan muslimat, semua orang yang beriman, baik laki-laki maupun perempuan yang masih hidup maupun yang sudah meninggal dunia, dan ikutkanlah diantara kami dan mereka dengan kebaikan – kebaikan-Mu. 

Ya Allah berilah ampunan dan belas kasihanilah karena Engkaulah Tuhan yang lebih berbelas kasih dan tiada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan-Mu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.