Sukses

Profil PT Cipta Kridatama, Sejarah dan Bidang Layanan dan Capaian Prestasi

PT Cipta Kriidatama merupakan salah satu anak perusahaan dari Tiara Marga Trakindo Utama Group yang bergerak dibidang pertambangan.

Liputan6.com, Jakarta PT Cipta Kridatama adalah perusahaan tambang terbesar di Indonesia. Perusahaan ini merupakan salah satu anak perusahaan dari Tiara Marga Trakindo Utama Group yang bergerak di bidang pertambangan. Di Indonesia, ada beberapa perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan. PT Cipta Kridatama merupakan salah satunya. 

PT Cipta Kridatama telah berdiri sejak 8 April 1997 hingga saat ini. Perusahaan ini memiliki beberapa lokasi yang tersebar di Pulau Sumatera dan Kalimantan. Pada tahun 2003, perusahaan ini tumbuh dengan pesat yang membuatnya mengubah haluan bisnis ke jasa pertambangan terpadu “dari tambang hingga pelabuhan''.

Agar lebih jelas terkait profil perusahaan ini, berikut ini Liputan6.com ulas mengenai profil PT Cipta Kridatama beserta sejarah dan bidang layanannya yang telah dirangkum dari laman resminya ciptakridatama.co.id, Rabu (21/12/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Profil PT Cipta Kridatama

PT. Cipta Kridatama (PT. CK) merupakan salah satu anak perusahaan dari Tiara Marga Trakindo Utama Group yang bergerak di bidang pertambangan. PT Cipta Kridatama berdiri pada 8 April 1997 dan memiliki beberapa lokasi yang tersebar di Pulau Sumatera dan Kalimantan.

Sistem penambangan yang digunakan oleh PT Cipta Kridatama adalah sistem tambang terbuka (surface mining). Kegiatan pengupasan lapisan tanah penutup di PT Cipta Kridatama dilakukan dengan cara mekanis yaitu kombinasi kerja antara alat muat dan alat angkut.

Selain penggunaan alat mekanis utama (alat muat dan alat angkut), keberadaan peralatan mekanis pendukung (unit support) juga diperlukan. Alat mekanis pendukung merupakan salah satu sarana untuk menunjang pekerjaan alat mekanis utama.

 

3 dari 6 halaman

Sejarah Singkat PT Cipta Kridatama

Perjalanan PT Cipta Kridatama mengalami berbagai lika-liku bisnis yang mampu bertahan dan menjadi salah satu perusahaan pertambangan terkemuka di Indomesia. Berikut ini sejarah singkat dari PT Cipta Kridatama, yakni:

a. Pada tahun 1997, tepatnya pada tanggal 8 April 1997, PT Cipta Kridatama berdiri sebagai bagian dari divisi persewaan peralatan PT Trakindo Utama untuk alat berat Caterpillar

b. Pada tahun 2002, PT Cipta Kridatama mengubah arah bisnis menjadi layanan pertambangan terintegrasi “dari tambang ke pelabuhan” karena industri pertambangan di Indonesia berkembang semakin pesat.

c. Pada tahun 2010, PT Cipta Kridatama bergabung di bawah payung Grup PT ABM Investama Tbk, sebuah perusahaan investasi strategis di bidang energi, jasa energi dan infrastruktur.

d. Pada tahun 2013-2014, PT Cipta Kridatama memperluas bisnis ke layanan pertambangan. Diversifikasi portofolio bisnis melalui pengembangan layanan pelengkap baru, seperti penambangan mineral, pengangkutan batubara, konsultasi penambangan, dan jaringan pipa.

4 dari 6 halaman

Visi, Misi, dan Nilai-Nilai PT Cipta Kridatama

Visi

Visi kami adalah menjadi penyedia jasa pertambangan terkemuka di Indonesia.

Misi

1. Untuk terus menciptakan peluang kerja yang bermakna dan menantang bagi sebanyak mungkin orang Indonesia.

2. Untuk memastikan pertumbuhan yang berkelanjutan dan menguntungkan yang memaksimalkan nilai pemegang saham.

3. Untuk memberikan solusi bernilai tambah yang akan mengoptimalkan kepuasan pelanggan.

4. Untuk secara aktif terlibat dalam komunitas sebagai warga korporat yang baik.

Nilai-Nilai

1. Integritas

Menegakkan standar etika dan moral tertinggi, menunjukkan kejujuran dan keadilan dalam semua aktivitas.

2. Pengembangan Berkelanjutan

Berkomitmen untuk terus mengembangkan baik perusahaan maupun karyawan.

3. Keunggulan

Terus berusaha untuk mencapai standar hasil tertinggi.

4. Proaktif

Mengejar dan mengadopsi teknik dan pendekatan baru untuk meningkatkan kualitas bisnis.

5. Akuntabilitas

Memikul tanggung jawab kepada pemangku kepentingan atas semua keputusan dan tindakan yang diambil.

6. Kerja Tim

Mempromosikan dan mendukung tenaga kerja multikultural, berdasarkan kepercayaan dan rasa hormat, mencapai tujuan dengan berkomunikasi secara tepat.

5 dari 6 halaman

Layanan PT Cipta Kridatama

Seperti yang telah dijelaskan pada paragraf sebelumnya, sistem penambangan yang digunakan oleh PT Cipta Kridatama adalah sistem tambang terbuka (surface mining). Untuk itu, perusahaan ini menawarkan layanan menyeluruh dengan menyediakan solusi penambangan lengkap, teknik dan manajemen proyek. Berikut beberapa layanan yang diberikan sebagai kontraktor pertambangan terkemuka di Indonesia, yakni:

1. Survei dan eksplorasi

PT Cipta Kridatama selalu melakukan survei dan eksplorasi dengan akurasi tinggi untuk memulai proyek.

2. Pemodelan dan Desain Tambang

PT Cipta Kridatama memastikan untuk merancang dan memodelkan lokasi penambangan berdasarkan topografi lanskap dan geologi.

3. Pengeboran dan Peledakan

PT Cipta Kridatama mampu melakukan kegiatan peledakan didukung oleh peralatan pengeboran dan para insinyur peledakan yang terbaik.

4. Pembuangan Overburden

PT Cipta Kridatama memindahkan overburden dengan tepat dan memastikannya dapat digunakan kembali dalam proses pascatambang.

5. Pengambilan Batubara

PT Cipta Kridatama selalu menggunakan peralatan terbaik untuk mendapatkan batubara.

6. Pengangkutan Batubara

PT Cipta Kridatama melakukan penambangan secara efisien dan didukung dengan jenis peralatan modern.

6 dari 6 halaman

Capaian Prestasi PT Cipta Kridatama

Berikut ini ada beberapa prestasi dari PT Cipta Kridatama, antara lain:

1. Tahun 2014

Zero Accident Award

Penghargaan dari Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi atas kinerjanya dalam melaksanakan program keselamatan dan kesehatan kerja (K3) sehingga mencapai 1.983.376 jam kerja tanpa kecelakaan kerja mulai 1 Juni 2012 sampai dengan 30 November 2013, untuk CK Rinjani Kartanegara Situs Proyek.

Utama Award

PT Cipta Kridatama menerima penghargaan PRATAMA dari Kementerian ESDM atas pencapaian Manajemen Keselamatan Perusahaan Jasa Pertambangan Mineral dan Batubara masa kerja tahun 2013 untuk proyek site CK PT Mahakam Sumber Jaya.

Aditama Award

Penghargaan dari Kementerian ESDM atas pencapaian Tata Kelola Keselamatan Pertambangan Kelompok Perusahaan Jasa Pertambangan masa kerja tahun 2014 untuk proyek site PT Tunas Inti Abadi.

2. Tahun 2015 

Zero Accident Award

Penghargaan dari Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi atas kinerjanya dalam melaksanakan program keselamatan dan kesehatan kerja (K3) sehingga mencapai 4.065.219 jam kerja tanpa kecelakaan kerja mulai 1 Juni 2012 sampai dengan 31 Mei 2015 untuk Lokasi Proyek CK Rinjani Kartanegara.

Zero Accident Award

Penghargaan dari Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi atas kinerjanya dalam melaksanakan program keselamatan dan kesehatan kerja (K3) sehingga mencapai 4.173.596 jam kerja tanpa kecelakaan kerja mulai 1 Juni 2013 sampai dengan 31 Mei 2015 untuk Proyek CK MHU Lokasi.

3. Tahun 2017

Pratama Award

Penghargaan dari Kementerian ESDM atas pencapaian Manajemen Keselamatan Perusahaan Jasa Pertambangan Mineral dan Batubara masa kerja tahun 2016 untuk proyek site CK TIA.

Utama Award

Penghargaan dari Kementerian ESDM atas pencapaian Manajemen Keselamatan Perusahaan Jasa Pertambangan Mineral dan Batubara masa kerja tahun 2015 untuk proyek site CK ABN.

4. Tahun 2018 

Appreciation from Ministry for Palu Disaster Rescue

Penghargaan dari Menteri ESDM, atas partisipasinya sebagai Tim Tanggap Darurat di Sulawesi Tengah Tahun 2018.

Terbaik Award

PT Cipta Kridatama menerima penghargaan terbaik untuk Manajemen Keselamatan Pertambangan dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Kelompok Perusahaan Jasa Pertambangan Mineral dan Batubara pada tahun 2017 untuk proyek situs CK PT Adimitra Baratama Nusantara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.