Sukses

Rumah Tua 'Horor' Ini Berhasil Dijual Rp 15,5 Miliar, Kisah Nyata Terungkap

Berbagai klaim dan beragam cerita horor pun pernah muncul dan diunggah lewat media sosial. Salah satunya yang paling viral adalah kisah seorang dokter dan keluarganya.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah rumah tua besar yang terletak di Bukit Gasing, Petaling Jaya, Malaysia kerap menjadi perbincangan di kota tersebut. Pasalnya, hingga kini masih menimbulkan misteri ketika sebuah mobil mewah berjenis Porsche dibiarkan terbengkalai di pekarangan.

Namun, setelah bertahun-tahun tak berpenghuni, rumah mewah itu akhirnya dijual dengan harga RM4,4 juta (Rp 15,5 miliar). Hal itu disampaikan pakar lelang properti, Muhammad Ishaq di laman Facebooknya, melansir Siakap Keli.

Namun identitas pemilik rumah baru tersebut belum diungkapkan karena dokumen kepemilikannya diyakini sebagai informasi rahasia.

Diketahui, pada November lalu, Selangor Auction Property membuat pengumuman di laman Facebook tentang lelang rumah yang akan digelar pada 13 Desember kemarin dengan caption 'Dia kembali...lagi'.

Berbagai klaim dan beragam cerita horor pun pernah muncul dan diunggah lewat media sosial. Salah satunya yang paling viral adalah kisah seorang dokter dan keluarganya. Penasaran dengan kisah di balik rumah tua tersebut? Dilansir Liputan6.com dari Siakap Keli, berikut ulasan lengkapnya, Selasa (20/12/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pernah dimiliki oleh seorang dokter

Mengutip sumber, sebelumnya rumah mewah itu disebut-sebut milik seorang dokter yang bergelar SG. SG House adalah singkatan dari dokter dan inisialnya dipajang di pintu gerbang rumah.

Seperti diberitakan, beberapa pihak mengklaim bahwa dokter yang dimaksud telah mengakhiri hidupnya dengan 'perbuatannya sendiri' padahal saat itu usahanya sedang dalam taraf yang baik. Ada juga klaim bahwa dokter tersebut mengakhiri hidupnya setelah istrinya mengetahui bahwa dia memiliki wanita simpanan dan bertindak untuk membunuhnya.

Selain itu, klaim lain mengatakan perselingkuhan adalah penyebab utama istri dokter menikamnya bersama wanita simpanan dan putrinya di rumah tersebut.

3 dari 5 halaman

Semua dugaan salah

Namun, semua klaim dan cerita viral tersebut adalah palsu karena rumah yang dimaksud sebenarnya dimiliki oleh seorang pria Tionghoa, seorang Kristen setia yang bergelar SG.

Informasi tersebut dibagikan oleh Muhammad Ishaq dimana ia menceritakan pengalamannya saat berada di rumah tua tersebut. Dalam postingan Facebook, ia mengatakan bahwa cerita horor itu kemungkinan besar hanya untuk menaikkan pengikut halaman media sosial dan menarik pembaca.

Sebelumnya, rumah tua itu sering dikaitkan dengan kejadian mistis karena sudah lama ditinggalkan dan tampak bobrok dari luar. Muhammad Ishaq juga sedikit berbagi tentang latar belakang rumah 'horor' pada Oktober 2021 melalui Facebook-nya.

Ia mengatakan, rumah tersebut diyakini milik seorang pria berusia sekitar 61 tahun dan telah digadaikan pada 15 Maret 2013. Melalui pesan tersebut, ia juga menceritakan beberapa kejadian mistis yang diduga terjadi di kediaman tersebut.

4 dari 5 halaman

Kisah nyata terungkap

Berikut adalah kutipan yang dibagikan oleh Muhammad Ishaq melalui laman Facebook-nya.

Berdasarkan penggeledahan di kantor pertanahan, pemilik rumah yang sebenarnya memiliki KTP berusia kepala enam. Rumah ini digadaikan di bank pada tanggal 15 Maret 2013.

Berdasarkan pencarian dan informasi di pengadilan tinggi, pemiliknya masih hidup. Tapi tidak tahu apakah dia tinggal di luar negeri atau sudah meninggal di sana atau masih di Malaysia tapi tidak terdaftar sebagai almarhum. Kemungkinan besar pemiliknya masih hidup.

Pria yang terlibat adalah seorang ahli dalam seni bela diri (jui-jitsu). Hal ini berdasarkan ditemukannya dokumen di rumah tersebut. Dia juga seorang Kristen yang kuat.

Hal ini juga didasari oleh kondisi rumah yang penuh dengan simbol salib Koptik Mesir. Dia juga menulis buku The Aquarian Bible Awakening Thru Cosmic Link Omnipotentology.

Tidak ada dokumen judul atas nama dokter seperti yang diviralkan. Mungkin saja mereka salah mengira lambang itu sebagai Singhs dan lambang Kristen Koptik.

5 dari 5 halaman

Komentar warganet

Melihat kolom komentar postingan tersebut, banyak orang yang menilai bahwa pemilik baru rumah tersebut sangat beruntung karena membeli rumah tersebut dengan harga murah. Mereka mengatakan, menurut harga saat ini, rumah tersebut mungkin bernilai puluhan juta ringgit karena properti tersebut terletak di salah satu properti termewah di Malaysia.

Sementara itu, publik juga bertanya-tanya siapa orang yang disebut-sebut membeli rumah tua tersebut. Tak hanya itu, ada juga yang tertarik dan ingin melihat rencana pemilik baru hunian tersebut seperti renovasi atau pembangunan kembali yang akan dilakukan nantinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.