Sukses

32 Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya Secara Alami juga Medis

Cara menghilangkan jerawat dan bekasnya secara alami dan medis yang bisa dicoba di rumah.

Liputan6.com, Jakarta Cara menghilangkan jerawat dan bekasnya dapat dimulai dengan melakukan beberapa langkah sederhana, dimulai dengan menerapkan kebiasaan baik untuk mencegah jerawat, hingga melakukan perawatan kulit dengan bahan alami untuk menghindari infeksi pada kulit. Jerawat muncul ketika pori kulit tersumbat dan menyebabkan peradangan.

Jerawat menjadi salah satu masalah kulit yang sering dan dapat dialami oleh siapa saja, tidak hanya mengganggu saat muncul dan meradang, bekas jerawat juga kadangkala bisa menjadi hal yang mengganggu. Untuk mengatasinya, ada beberapa cara menghilangkan jerawat dan bekasnya yang bisa diikuti.

Tidak selalu harus dengan menggunakan obat-obatan, cara menghilangkan jerawat dan bekasnya secara alami tentu lebih direkomendasikan. Mengingat cara menghilangkan jerawat dan bekasnya secara alami bisa diterapkan di semua jenis kulit, serta tidak menyebabkan infeksi berlebih yang dapat memperburuk kondisi kulit. 

Lebih lengkapnya, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Senin (19/12/2022) Cara menghilangkan jerawat dan bekasnya secara alami dan medis yang bisa dicoba di rumah. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Jerawat Dan Bekasnya

1. Cuci Muka Dua Kali Sehari

Cara menghilangkan jerawat dan bekasnya yang pertama adalah memastikan tidak ada jerawat lain yang bermunculan. Sehingga penting untuk menghilangkan kotoran dan minyak berlebih dari kulit dengan mencuci secara teratur dan setelah berkeringat. Anda juga bisa menggunakan pembersih ringan dan air hangat. 

2. Jangan Menggosok Wajah dengan Kasar

Beberapa orang menggosok kulit dengan bantalan kain kasar atau waslap. Ini dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan peradangan, yang kemudian membuat jerawat semakin parah. Menerapkan pembersih lembut dengan tangan bersih atau sikat lembut untuk digunakan pada wajah dapat membantu mencegah jerawat makin parah.

3. Jaga Kebersihan Rambut

Jika kelebihan minyak di rambut menyebar ke kulit, itu bisa memperburuk kondisi jerawat. Mencuci rambut secara teratur dapat menghentikan timbulnya jerawat, terutama di dekat garis rambut. Produk perawatan rambut yang mengandung minyak juga bisa menyebabkan jerawat di kepala dan garis rambut. Menghindari produk ini dapat menurunkan risiko munculnya jerawat.

4. Jangan Menyentuh Atau Memencet Jerawat

Cara menghilangkan jerawat dan bekasnya yang selanjutnya adalah pastikan untuk tidak menyentuh atau memencet jerawat. Karena dapat menyebabkan peradangan dan jaringan parut. Untuk mengurangi munculnya noda, gunakan perawatan topikal sebagai gantinya. Mereka mungkin membutuhkan waktu untuk bekerja, tetapi mereka juga dapat mencegah pembentukan jerawat baru.

5. Kurangi Makanan yang Menyebabkan Jerawat

Riset menunjukkan bahwa beberapa makanan dapat memicu jerawat pada orang tertentu. Terutama makanan dengan indeks glikemik tinggi dapat meningkatkan risiko timbulnya jerawat atau memperparah jerawat. Contohnya adalah produk susu, terutama susu skim, juga dapat meningkatkan risiko seseorang terkena jerawat. 

6. Kenakan Tabir Surya

Terlalu banyak sinar matahari memiliki banyak efek merusak pada kulit. Sunburn juga dapat menyebabkan kelebihan produksi minyak yang membuat jerawat semakin parah. Namun, seseorang harus memastikan tabir surya mereka non comedogenic dan aman untuk digunakan pada wajah.

7. Hindari Produk Perawatan Kulit yang Mengandung Minyak

Produk perawatan kulit yang mengandung minyak dapat menyumbat pori-pori. Ini dapat memperburuk gejala jerawat dan meningkatkan kemungkinan munculnya jerawat. Menggunakan produk topikal, seperti pelembab dan tabir surya yang tidak mengandung minyak dapat membantu mengurangi risiko penyumbatan pori-pori.

8. Tidak Melakukan Eksfoliasi Berlebihan

Pengelupasan adalah proses menghilangkan sel-sel mati dari kulit. Sementara beberapa pengelupasan dapat membantu memperbaiki jerawat, terlalu banyak dapat memperburuk jerawat. Ini terjadi ketika seseorang menghilangkan terlalu banyak minyak alami dari kulit. Kulit dapat mengimbanginya dengan memproduksi lebih banyak minyak, yang menyumbat pori-pori dan menghasilkan lebih banyak jerawat.

3 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Jerawat Dan Bekasnya

9. Mengurangi stress

Stres sering menyebabkan peradangan, yang bisa membuat jerawat lebih buruk. Beberapa cara untuk mengurangi stres yang dapat membantu mencegah jerawat adalah bermeditasi, berolahraga, melakukan yoga, menghabiskan waktu di alam dan masih banyak lagi.

10. Masker dari Kulit Jeruk

Penuh dengan kebaikan asam sitrat yang membantu meringankan bekas jerawat dan mencerahkan kulit, Campur bubuk kulit jeruk dengan porsi yang sama dengan madu. Campur dengan baik untuk menghilangkan semua gumpalan dan membuat pasta halus. Oleskan pasta ini pada area wajah Anda yang terkena jerawat. Biarkan selama 10-15 menit dan bersihkan dengan air hangat.

11. Minyak Kelapa

Hampir tidak ada kondisi kulit yang tidak mendapat manfaat dari minyak kelapa yang kaya akan zat anti-inflamasi dan anti-bakteri. Obat rumahan yang efektif ini adalah cara yang pasti untuk mencegah munculnya lesi jerawat baru. Dikemas dengan vitamin E dan K, serta antioksidan, yang membantu pertumbuhan sel kulit sehat yang membantu menghilangkan bekas jerawat .

12. Minyak Pohon Teh

Memiliki sifat anti-inflamasi dan antimikrobanya berperan sebagai agen yang sempurna untuk menghilangkan bekas dan noda pada kulit. Gunakan setiap hari untuk hasil terbaik. Karena minyak pohon teh membutuhkan minyak pembawa, anda dapat menggunakan minyak esensial atau mineral apa pun sebagai pengganti minyak kelapa.

13. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel meresap dalam minyak berlebih dan menjaga pori-pori kulit tetap bersih dan terkelupas secara alami, menjadikan kulit lembut, halus dan bebas noda. Cuka sari apel juga membantu mengurangi kemerahan pada jerawat anda dan secara bertahap membantu mengurangi ukurannya.

14. Lidah Buaya

Untuk kulit mulus dan bercahaya alami, lidah buaya adalah obat yang sempurna. Dengan sifat antioksidan dan anti-inflamasinya, ini membantu menyembuhkan kesengsaraan kulit seperti bekas luka, bekas jerawat dan infeksi. Lidah buaya juga meredakan kulit dari noda dan membantu penyembuhan luka lebih cepat tanpa meninggalkan bekas.

15. Soda Kue

Soda kue dikenal karena sifat pengelupasan dan pemutihannya. Penggunaan soda kue secara teratur membantu menghilangkan pori-pori kulit yang tersumbat dan bekas kulit. Karena sifatnya yang basa, bahan ini juga membantu memulihkan keseimbangan pH kulit dan membantu melawan bekas luka dan bekas jerawat.

16. Jus Lemon

Cara menghilangkan jerawat dan bekasnya yang selanjutnya adalah dengan lemon. Jus lemon adalah zat pemutih alami. Dengan sifatnya yang mencerahkan, dapat digunakan untuk meringankan bekas jerawat dengan mudah. Lakukan setiap hari alternatif dan pastikan menggunakan lemon segar untuk hasil yang efektif.

4 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Jerawat Dan Bekasnya

17. Kunyit

Kunyit mungkin merupakan salah satu ramuan obat tertua yang diketahui manusia. Sifat anti-inflamasi dan antioksidannya mempercepat dan meringankan  bekas jerawat dan warna kulit. Penggunaan bubuk kunyit secara teratur pada kulit membantu mengurangi pigmentasi dan juga memberikan warna kulit yang bercahaya .

18. Kentang

Masker dari kentang adalah salah satu metode terbaik untuk menghilangkan jerawat dan bekas jerawat dan mengembalikan cahaya alami anda. Ini dimungkinkan karena kentang kaya akan vitamin dan mineral yang hanya membantu menghilangkan bekas luka tetapi juga dapat membantu menghilangkan komedo dan minyak berlebih dari wajah anda.

19. Ekstrak Bawang

Jika anda tidak keberatan dengan sedikit bau, maka Ekstrak Bawang adalah pilihan bagus yang bisa dicoba. Dengan Bioflavonoid, seperti sefalin dan kaempferol, Ekstrak Bawang telah diketahui secara signifikan mengurangi munculnya bekas luka hanya dalam beberapa minggu, Ekstrak Bawang juga sangat baik untuk melawan jerawat. Ia memiliki sifat yang mengurangi peradangan, kemerahan dan nyeri.

20. Madu

Madu memberi efek pelembab alami dan stimulasi regenerasi jaringan menjadikannya bahan yang populer untuk dicampurkan ke dalam rutinitas perawatan kulit anda. Dalam bentuk mentahnya, madu luar biasa dan semakin gelap semakin banyak khasiat obat yang dikandungnya. Mencampur madu dengan kayu manis adalah perawatan pembaruan hebat yang dapat membantu menjaga kulit tetap halus dan bersih.

21. Jeruk Nipis

Jika Anda ingin meringankan bekas luka, jeruk nipis adalah pilihan yang bagus. Jeruk nipis memiliki asam alfa-hidroksi (AHA), yang kaya akan sifat penyembuhan yang dibutuhkan kulit.  Dikenal sebagai pemutih alami, pencerah ini membantu pertumbuhan sel baru dan mengembalikan elastisitas kulit.

22. Minyak Atsiri

Mencampur minyak pada produk perawatan anda merupakan pilihan yang bagus. Coba campurkan minyak aprikot dengan minyak neroli, mawar dan lavender (masing-masing 1-2 tetes) untuk pelembab harian yang lembut dan aromatik untuk membantu menyembuhkan bekas luka anda.

23. Pengelupasan Kimia

Pengelupasan kimia melibatkan penggunaan bahan kimia yang kuat (asam) untuk menghilangkan lapisan luar kulit dan mengurangi munculnya bekas luka. Berbagai bahan kimia seperti asam trikloroasetat (TCA), asam glikolat dapat digunakan tergantung pada jenis kulit, tingkat keparahan jerawat, dan bekas luka yang ditimbulkannya. Ini sangat efektif untuk bekas luka yang lebih dalam.

24. Suntikan Botox

Cara menghilangkan jerawat dan bekasnya yang berikutnya adalah suntikan botox. Suntikan botoks sangat efektif untuk bekas jerawat dengan kulit berkerut di sekitarnya. Area kerutan ini dapat direlaksasi dengan suntikan toksin botulinum (Botox) untuk memperbaiki penampilan kulit.

5 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Jerawat Dan Bekasnya

25. Dermabrasi

Cara menghilangkan jerawat dan bekasnya yang selanjutnya adalah dengan dermabrasi. Prosedur ini melibatkan pengangkatan lapisan atas kulit yang rusak dengan sikat atau roda kawat yang berputar cepat dengan permukaan yang kasar. Prosedur ini mengelupas lapisan atas kulit secara mendalam untuk mengurangi munculnya bekas luka yang lebih dalam.

26. Microneedling

Salah satu kemajuan terbaru dalam perawatan menghilangkan bekas jerawat, microneedling menggunakan pena genggam kecil atau rol bertabur jarum untuk menusuk kulit di permukaan bekas luka. Saat kulit yang tertusuk sembuh, itu membuat kolagen dan mengurangi visibilitas bekas jerawat dengan menghaluskan kulit.

27. Perawatan Laser

Perawatan laser untuk jerawat baru-baru ini mendapat banyak perhatian karena hasil awalnya yang superior dan awal tanpa menggunakan bahan kimia atau scrub. Prosedur ini melibatkan pengangkatan lapisan atas kulit untuk mengungkapkan sel-sel kulit yang lebih muda di bawahnya untuk mengurangi munculnya bekas luka. Ini menciptakan permukaan kulit yang lebih rata.

28. Operasi

Ada beberapa prosedur yang dapat dilakukan dokter Anda untuk menghilangkan bekas luka secara permanen. Prosedur pertama disebut eksisi pukulan, di mana bekas luka individu dihilangkan dan diperbaiki dengan jahitan atau cangkok kulit. Yang kedua, subcision, terjadi saat dokter Anda memasukkan jarum di bawah kulit Anda untuk mengendurkan serat bekas luka untuk membantu penampilannya.

29. Retinoid

Retinoid bekerja sangat baik dalam merawat bekas jerawat baru. Mereka bekerja untuk menghilangkan perubahan warna dan dapat memperbaiki tekstur kulit. Jadi, ketika bekas luka masih dalam tahap awal perkembangan, retinoid bekerja untuk membersihkan pori-pori dan mengurangi penyebarannya sehingga membuat bekas luka lebih kecil kemungkinannya untuk berkembang.

30. Asam Laktat

Asam laktat dapat membantu mencerahkan jaringan parut yang gelap dan juga dapat digunakan sebagai pengelupas untuk mengangkat sel kulit mati. Ketika bekerja sebagai pengelupasan, ini membantu mengurangi bekas luka dan akan menghaluskan tekstur kulit secara keseluruhan. 

31. Asam Salisilat

Cara menghilangkan jerawat dan bekasnya yang selanjutnya adalah dengan Asam Salisilat. Sebagai salah satu bahan paling umum dalam produk anti jerawat, asam salisilat berfungsi untuk mencegah pembentukan jerawat dan juga dapat membantu menghilangkan bekas luka. Ini mengurangi pembengkakan, membersihkan pori-pori dan mengelupas kulit.

32. Asam Hidroksi Alfa

Cara menghilangkan jerawat dan bekasnya yang terakhir adalah dengan Asam Hidroksi Alfa. Asam ini sangat kuat dan berfungsi untuk mengelupas kulit anda. Mereka dapat memperbaiki tekstur kasar kulit anda melalui pengelupasan kulit dan akan membantu mengurangi munculnya bekas luka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.