Sukses

14 Tahun Intel Jadi Wartawan, Ini 6 Fakta Iptu Umbaran yang Kini Jabat Kapolsek Blora

Dewan Pers menyayangkan adanya anggota polisi yang rangkap jabatan sebagai jurnalis.

Liputan6.com, Jakarta Pengankatan Iptu Umbaran Wibowo menjadi Kapolsek Kradenan, Bolra menjadi sorotan banyak publik. Pasalnya, pria bernama Umbaran Wibowo ini sebelumnya dikenal sebagai wartawan di TVRI Jawa Tengah.

Bahkan, kabar mengenai wartawan TVRI Jawa Tengah yang menjadi Kapolsek Kradenan Blora ini menjadi viral di media sosial. Terlebih lagi belakangan diketahui pula jika Iptu Umbaran Wibowo merupakan seorang intel kepolisian.

Adanya intel kepolisian yang menyamar sebagai wartawan selama 14 tahun ini pun menjadi sorotan. Karena hal ini pula pemberitaan mengani Iptu Umbaran Wibowo yang diangkat sebagai Kapolsek menimbulkan polemik di masyarakat.

Menanggapi hal ini, Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol. Dedi Prasetyo pun memberikan keterangan. Menurutnya, Mabes Polri tengah mengkoordinasikan soal pengangkatan Iptu Umbaran Wibowo menjadi Kapolsek. Pasalnya, tersiar kabar pula jika Iptu Umbaran Wibowo telah dicopot dari jabatan terbarunya.

"Ini saya jelaskan peristiwa yang di Blora, kami (Mabes Polri) langsung berkoordinasi dengan Bapak Kapolda, kemudian Kabid Humas. Mereka sudah mengomunikasikan dengan Karo SDM, dan Dirintel kami komunikasikan dahulu," kata Dedi di Jakarta, Rabu (15/12/2022).

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber berikut ini beberapa fakter terkait Iptu Umbaran Wibowo intel yang menyamar menjadi wartawan selama 14 tahun dan kini diangkat sebagai kapolsek, Kamis (15/12/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Harus ada asesmen saat rotasi jabatan

Kabar soal pengangkatan seorang wartawan sebagai kapolsek menjadi sorotan masyarakat luas. Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol. Dedi Prasetyo menjelaskan jika dalam sistem kepolisian terdapat asesmen yang harus dilakukan saat ada rotasi jabatan bagi anggota Polri.

"Asesmennya itu akan dilihat dahulu oleh Wakapolda karena wakapolda 'kan sebagai pimpinan yang mengendalikan penggunaan karier di lingkungan internal Polri. Nanti apabila sudah ada hasilnya, Kabid Humas yang akan menyampaikan informasinya," ujarnya.

3 dari 7 halaman

2. Masih lakukan pembicaraan terkait mekanisme

Dirinya juga menyebutkan jika Wakapolda harus memastikan terlebih dahulu mengenai mekanisme pengangkatan Kapolsek. Pasalnyam terkait hal ini pula Dewan Pers sangat menyayangkan pihak kepolisian yang membiarkan anggotanya rangkat jabatan sebagai seorang jurnalis.

"Itu harus dipastikan dahulu oleh Wakapolda. Wakapolda harus memastikan terlebih dahulu mekanismenya seperti apa? Terkait dengan ini masih dibicarakan dahulu. Nanti akan ditanyakan juga ke pejabat fungsi terkait pembinanya siapa ini bagaimana mekanisme seperti itu" lanjutnya.

4 dari 7 halaman

3. Pernah ditugaskan di wilayah Blora

Terkait hal ini, dikutip Liputan6.com dari Merdeka.com, Kamis (15/12/2022) Kabid Humas Polda Jateng Kombes Iqbal Alqudusy menyebutkan jika Iptu Umbaran memang pernah ditugaskan di wilayah Blora. Tak hanya itu saja, Iqbal juga turut menyebutkan jika yang bersangkutan pernah bekerja sebagai kontributor di TVRI Jawa Tengah.

"Jadi dia pernah kerja sebagai kontributor di TVRI wilayah Pati, bukan pegawai tetap. Dan dia pernah melaksanakan tugas inteligen di wilayah Blora," ujar Iqbal.

5 dari 7 halaman

4. Penugasan intel selesai Januari 2021

Lebih lanjut, Iqbal juga menyebutkan jika Iptu Umbaran telah menyelesaikan tugasnya sebagai intel pada Januari 2021. Bahkan, Iptu Umbaran juga telah dipindahkan menjadi organik Polres Blora serta menjabat sebagai Kanit Intel Polres Blora.

"Januari Tahun 2021 penugasan tersebut selesai dan dia pindah menjadi organik Polres Blora sebagai Kanit Intel di Polres Blora. Selanjutnya diangkat sebagai Wakapolsek Blora," kata Iqbal.

6 dari 7 halaman

5. Masih mengemban tugas sebagai Kapolsek

Terkait dengan kabar mengenai pencobotan jabatan Iptu Umbaran sebagai Kapolsek kradenan, Iqbal menegaskan jika hal tersebut tidak benar. Iptu Umbaran Wibowo masih bertugas sebagai Kapolsek Kradenan, Blora usai diangkat pada 12 Desember 2022 lalu.

"Tanggal 12 Desember 2022 dia dilantik menjadi Kapolsek di Kradenan. Bersama ini disampaikan, isu pencopotan yang bersangkutan dari jabatannya selaku Kapolsek tidak benar. Saat ini dia masih melaksanakan tugas di jabatan barunya Kapolsek Kradenan," tutupnya

7 dari 7 halaman

6. Serah terima jabatan dipimpin Kapolres Blora

Sebelumnya, Polres Blora diketahui telah menggelar upacara serah terima jabatan bagi pejabat utama serta beberapa jajaran kapolsek di wilayah Blora pada Senin (12/12/2022). Upacara tersebut pun dipimpin langsung Kapolres Blora, AKBP Fahrurozi.

Dalam serah terima jabat tersebut Iptu Umbaran Wibowo menjadi salah satunya. Pria yang pernah menjadi kontributor TVRI ini diangkat sebagai Kapolsek Kradenan Blora menggantikan AKP Lilik Eko Sukaryono.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.