Sukses

PT Sayap Mas Utama Adalah Perusahaan Kebutuhan Rumah Tangga, Lengkap Sejarahnya

Liputan6.com, Jakarta PT Sayap Mas Utama adalah salah satu perusahaan lokal terkemuka yang memproduksi dan mendistribusikan berbagai produk kebutuhan rumah tangga, perawatan kain, perawatan diri, makanan dan minuman.

PT Sayap Mas Utama juga dikenal sebagai PT Wings yang bermarkas di Jakarta dan Surabaya. Perusahaan ini berdiri sejak tahun 1946 hingga saat ini. Eksistensi dan kesuksesan perusahaan ini dalam memasarkan produk-produknya terbilang sangat baik.

PT Sayap Mas Utama merupakan salah satu perusahaan terbesar di tanah air. Bahkan beberapa produknya juga telah di ekspor ke luar negeri. Meski telah 60 tahun lebih beroperasi, perusahaan ini mampu bersaing dengan pasar nasional dan internasional.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai profil PT Sayap Mas Utama dan sejarahnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (8/12/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Profil PT Sayap Mas Utama

PT Sayap Mas Utama berdiri sejak tahun 1948 di Surabaya, Jawa Timur. PT Sayap Mas Utama dikenal juga dengan sebutan PT Wings Group yang merupakan salah satu perusahaan lokal terkemuka yang memproduksi dan mendistribusikan berbagai produk kebutuhan rumah tangga, perawatan kain, perawatan diri, makanan dan minuman.

Produksi pertama Wings dimulai dari pembuatan sabun cuci hijau buatan tangan. Dengan produk ini Wings sukses menembus pasar kompetitif pada akhir 1940 an. Setelah itu, mereka memperkenalkan sebuah produk baru krim deterjen yang sangat membantu kebutuhan toileteries rumah tangga. Sampai saat ini, produk yang diproduksi oleh PT Sayap Mas Utama telah mencapai  lebih dari 38 produk kebutuhan rumah tangga hingga makanan dan minuman.

PT Sayap Mas Utama didirikan oleh orang terkaya paling tua di Indonesia, yakni Harjo Sutanto. Harjo berdua dengan kawannya, Ferdinand Katuari mendirikan perusahaan yang saat ini bermarkas di Jakarta dan Surabaya tersebut.

3 dari 4 halaman

Sejarah Singkat dari PT Sayap Mas Utama

Dikutip dari laman resmi wingscorp.com, PT Sayap Mas Utama telah berdiri sejak tahun 1948 yang didirikan oleh Harjo Sutanto dan Ferdinand Katuari di Surabaya, Jawa Timur. Awalnya, PT Sayap Mas Utama atau yang dikenal dengan PT Wings Group dulunya memiliki nama Fa Wings.

Produksi pertama PT Sayap Mas Utama dimulai dari pembuatan sabun cuci hijau buatan tangan. Dengan produk ini PT Sayap Mas Utama sukses menembus pasar kompetitif pada akhir 1940 an. Setelah itu, mereka memperkenalkan sebuah produk baru krim deterjen yang sangat membantu kebutuhan toileteries rumah tangga.

Seiring dengan perkembangan PT Sayap Mas Utama yang begitu pesat, maka pabrik kedua P.T. Sayap Mas Utama, dibangun di Jakarta. Sedangkan Fa Wings hanya memproduksi sabun colek buatan rumahan dan menawarkannya melalui pintu ke pintu. Melihat sabunnya banyak peminat, akhirnya dua sahabat itu mengubah nama Fa Wings menjadi Wings Surya pada tahun 1991 dan membuat produk baru, di antaranya toilet sabun, bedak, bar deterjen, floorcleaners, pelembut kain, dan pembalut untuk market di seluruh Indonesia dan sekitarnya.

Saat ini, PT Sayap Mas Utama telah menjadi perusahaan besar yang mengekspor produk-produknya ke seluruh dunia sejak berdiri 60 tahun lalu di Surabaya, Jawa Timur. Setelah bertahun-tahun, PT Sayap Mas Utama telah tumbuh menjadi salah satu merek terkenal di Indonesia. PT Sayap Mas Utama menghasilkan ratusan produk pembersih rumah tangga, dari pasta gigi dan shampo, untuk deterjen dan pembersih porselen. Bukan hanya itu saja, PT Sayap Mas Utama juga mempekerjakan ribuan orang di puluhan pabrik manufaktur dan pusat distribusi di seluruh Indonesia.

Merek utama seperti Ekonomi, SoKlin, dan GIV dikenal sebagai produk yang sangat baik dan berkualitas oleh masyarakat tanah air. Dengan kekuatan yang dimilikinya, PT Sayap Mas Utama mencoba berekspansi dengan mengekspor produk ke beberapa negara di dunia, dari Nigeria sampai Filipina.

Beberapa dekade berikutnya, PT Sayap Mas Utama terus menerus memperluas ragam produknya dan sekarang telah memproduksi serta menjual ratusan SKU produk-produk rumah tangga, perawatan pribadi dan produk makanan.

PT Sayap Mas Utama saat ini telah diakui sebagai produsen lokal dan distributor untuk produk rumah tangga dan produk perawatan pribadi yang terkemuka. Kombinasi antara ilmu pengetahuan dan teknologi manufaktur yang mutakhir akan tetap membuat ‘Wings’ berdedikasi untuk menyediakan produk-produk berkualitas dengan harga yang terjangkau sesuai dengan visi perusahaan.

4 dari 4 halaman

Penghargaan yang Diperoleh oleh PT Sayap Mas Utama

Pengalaman panjang Wings di pasar telah memberi perusahaan wawasan yang luas tentang kebiasaan dan preferensi konsumen Indonesia, memberi merek kemampuan untuk mengenali dan beradaptasi dengan perubahan kebutuhan konsumen. Untuk itu, Wings telah meraih berbagai penghargaan di beberapa kategori produk, yakni:

1. PT Sayap Mas Utama, meraih penghargaan dengan kategori Indonesia Living Legend Companies pada tahun 2018

2. Wings Corporation, meraih penghargaan dengan kategori Indonesia Best Corporate Social Initiatives pada tahun 2016

3. Wings Food, meraih penghargaan dengan kategori Indonesia Best Corporate Social Initiatives pada tahun 2016

4. YWPK (Yayasan Wings Peduli Kasih), meraih penghargaan dengan kategori Indonesia Best Corporate Social Initiatives pada tahun 2018

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS