Sukses

Fakta Ucapan 'Merry Christmas' Jadi SMS Pertama di Dunia, Dikirim 30 Tahun Lalu

Liputan6.com, Jakarta Sebelum adanya beragam aplikasi kirim pesan, orang di masa lalu hanya mengandalkan surat. Kemudian, muncul ponsel yang memiliki layanan Short Message Service (SMS). Semua pengguna ponsel sangat terbantu dengan adanya layanan tersebut. SMS pun begitu populer di tahun 2000-an awal.

Sayangnya tak bertahan lama. Adanya teknologi yang semakin canggih, memunculkan berbagai jenis handphone dengan layanan aplikasi pengirim pesan yang lebih panjang. Dari BBM hingga WhatsApp. Banyak orang yang kemudian beralih ke aplikasi tersebut dan mulai meninggalkan SMS.

Namun, tahukah kamu, kapan pesan yang pertama kali dikirim? Dilansir dari NDTV, SMS telah mencapai usianya yang 'sakral' di dunia pada 3 Desember kemarin. Pada tanggal tersebut di 30 tahun yang lalu, pesan teks pertama dikirim ke ponsel.

Diketahui pesan tersebut dikirim oleh seorang insinyur Vodafone di Berkshire, Inggris Raya yang dikenal sebagai Neil Papworth, dilansir Liputan6.com dari NDTV, Rabu (7/12/2022).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Pesan teks pertama di dunia

Neil Papworth yang berprofesi sebagai software programmer, mengirimkan pesan tersebut kepada bos perusahaannya, Richard Jarvis. Saat itu, Jarvis sedang berada di pesta Natal, menyebabkan Papworth tidak mendapat balasan dari pesan yang dikirimkannya.

Menurut NDTV, tujuan dari pesan tersebut diyakini untuk menguji teknologi yang mereka produksi saat itu untuk pertama kalinya. Pesan sederhana itu berbunyi, "Merry Christmas". Diketahui, ponsel yang dimiliki Jarvis saat itu merupakan versi baru kala itu, yakni Orbitel 901 dengan berat 2,1 kilogram.

"Pada tahun 1993, saya tidak tahu seberapa populer pesan teks (SMS), hal ini secara tidak langsung memicu era penggunaan aplikasi perpesanan (pesan) yang digunakan oleh jutaan orang," jelas Neil Papworth, seperti dikutip dari Siakap Keli, Rabu (7/12).

"Baru-baru ini saya memberi tahu anak-anak saya bahwa sayalah yang mengirim teks pertama dari pesan itu. Tapi kalau dipikir-pikir, pentingnya 'pesan Natal' yang saya kirim sudah jelas dan itu adalah momen penting dalam sejarah ponsel," lanjutnya.

3 dari 3 halaman

Sejarah singkat SMS

Seperti diketahui, sistem penulisan SMS ketika pertama kali dikembangkan hanya dapat menulis hingga 160 karakter dalam satu pesan. Dapat dipahami juga bahwa konsep tersebut dibuat pada awal 1980-an tetapi butuh waktu hampir 10 tahun sebelum 'dimasukkan' ke dalam perangkat seluler.

Penggunaan ponsel ini telah mencapai puncaknya ketika diperkirakan miliaran pesan (SMS) dikirim setiap tahun. Sedangkan istilah "texting" sudah masuk kamus pada tahun 2010.

Meski layanan SMS masih digunakan, pesan teks kini semakin bergerak ke era yang lebih modern melalui aplikasi WhatsApp dan iMessage.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS