Sukses

Savage Artinya Secara Harfiah adalah Kejam, Ketahui Konteks Penggunaannya

Liputan6.com, Jakarta Savage merupakan kata dalam bahasa Inggris yang kerap digunakan dalam konteks pergaulan anak muda. Savage artinya dapat berbeda apabila diterjemahkan secara harfiah dan diterjemahkan dalam konteks bahasa gaul.

Penggunaan kata savage tidak hanya terbatas pada pergaulan anak muda di negara berbahasa Inggris. Anak muda di negara-negara lain juga akrab dengan kata savage. Savage artinya kejam secara harfiah, namun pada konteks bahasa gaul savage artinya merujuk pada sesuatu yang berbeda dan keren. 

Savage artinya dapat berubah sesuai konteks penggunaannya. Berikut ulasan Liputan6.com tentang penggunaan kata savage dan artinya yang dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (6/12/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Savagai Artinya Secara Harfian

Savage merupakan kata dalam bahasa Inggris yang banyak digunakan  di media sosial. Penggunaannya secara masif ini menyebabkan kata ini menjadi populer di kalangan anak muda bahkan anak muda yang berasal dari negara-negara yang tidak menggunakan bahasa Inggris.

Secara haviah savage artinya kejam, brutal, barbar, liar, dan mengacu pada sikap hewan buas yang ada di hutan. Savage artinya juga dapat merujuk pada perilaku eorang liar, orang ganas, orang kurang ajar, dan lain-lain. Penggunaan kata savage sebagai verb atau kata kerja dapat diterjemahkan sebagai brutal, ganas, kurang ajar.

Contoh Penggunaan Kata Savage Secara Harfiah

- You know, I always was a savage and now am even more so. (Kamu tahu, saya selalu kurang ajar dan sekarang lebih kurang ajar lagi.)

- One day, word came that a savage wolf had been seen in the forest. (Suatu hari, tersiar kabar bahwa serigala buas telah terlihat di hutan.)

- “The beast looked pretty savage,” she said with a shiver. ("Binatang itu tampak sangat buas, ”katanya dengan menggigil.)

- “What a horrid, savage beast!” exclaimed a piglet. ("Binatang buas yang mengerikan!" seru anak babi.)

- By the people of northern India the country was known as Gondwana, after the savage tribes of Gonds by whom it was inhabited. (Oleh orang-orang di India utara, negara itu dikenal sebagai Gondwana, diambil dari nama suku-suku liar Gonds yang menghuninya.)

- During the rutting-season male camels become exceedingly savage and dangerous, uttering a loud bubbling roar and engaging in fierce contests with their fellows. (Selama musim rutting, unta jantan menjadi sangat buas dan berbahaya, mengeluarkan raungan keras yang menggelegak dan terlibat dalam pertandingan sengit dengan sesamanya.)

3 dari 3 halaman

Savage Artinya dalam Konteks Bahasa Gaul

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya savage mulai dikenal secara luas melalui peran media sosial. Dalam konteks bahasa gaul savage mengalami pergeseran makna dan menjadi sebuah slang. Slang adalah ragam bahasa tidak resmi dan tidak baku yang sifatnya musiman, dipakai oleh kaum remaja atau kelompok sosial tertentu untuk komunikasi internal.

Dalam bahasa gaul kata savage yang mulanya memiliki konotasi yang negatif bergeser menjadi kata pujian untuk orang lain. Kata savage digunakan untuk mengomentari sesuatu yang rebel namun keren atau sebuah kebenaran atau yang diungkapakan dengan cara yang frontal. 

Savage artinya dalam bahasa gaul merujuk pada sesuatu yang berani, beda, tidak peduli dengan pendapat orang lain atau konsekuensi. Kata savage dalam bahasa gaul juga dapat digunakan sebagai sindiran tentang sesuatu.

Contok Penggunaan Kata Savage dalam Konteks Bahasa Gaul 

- 50% Savage, 50% Sweetheart. (50% keren, 50% sayang)

- Didn't they tell you I was a savage? - Rihanna, "Needed Me" (Bukankah mereka memberitahumu bahwa aku orang biadab? - Rihanna, "Membutuhkan Aku")

- Taylor Swift’s response to her haters on the internet was so savage. (Respon Taylor Swift kepada para pembencinya di internet sungguh keren)

- You hit them with facts, and now they’re silent. You’re savage! (Kamu memberi mereka fakta, dan sekarang mereka diam. Kamu keren!)

- Daniel savaged his teacher for rarely showing up at the class. (Daniel mengkritik keras gurunya karena sangat jarang datang ke kelas)

- People savaged the government for not taking the pandemic seriously. (Masyarakat mengkritik keras pemerintah karena tidak menanggapi pandemi secara serius)

- The rapper is famous for his savage song lyrics. (Rapper ini terkenal dengan lirik lagunya yang savage)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS