Sukses

Respect Artinya Rasa Hormat, Kenali Jenis dan Cara Mengajarkannya

Liputan6.com, Jakarta Respect artinya adalah rasa hormat, memiliki respect artinya anda memiliki rasa hormat pada seseorang yang anda anggap memberikan dampak yang baik. Sering digunakan dalam percakapan sehari-hari, kata respect menjadi salah satu kata yang perlu dipahami maknanya sebelum menggunakannya.

Apalagi mengingat kata respect yang kini juga digunakan sebagai bahasa gaul baik secara langsung maupun di sosial media, menggunakan kata respect pada seseorang artinya anda memiliki rasa hormat dan sangat menghargai seseorang tersebut. Respect adalah rasa hormat yang perlu untuk diajarkan dalam kehidupan.

Respect pada seseorang dapat diungkapkan dengan berbagai cara dan untuk melakukannya dengan benar, respect perlu untuk diajarkan sejak kecil. Karena respect merupakan sikap yang penting dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Lebih lengkapnya, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Selasa (6/12/2022) pengertian respect, jenis-jenis respect dan cara mengajarkannya pada anak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Respect Artinya

Respect artinya adalah mengagumi atau menghormati seseorang karena orang tersebut telah melakukan sesuatu yang luar biasa atau memiliki kemampuan yang mengesankan. Respect juga merupakan tindakan memberi perhatian atau menunjukkan perhatian.

Respect adalah perasaan peduli terhadap kesejahteraan seseorang dan dapat ditunjukkan dengan menggunakan perilaku yang baik dan menunjukkan kebaikan. Menghormati seseorang berarti anda menyukai cara orang itu bertindak, bekerja, atau cara orang itu memperlakukan anda dan orang lain. 

Memperlakukan seseorang dengan hormat berarti anda berinteraksi dengan mereka dengan cara yang menunjukkan bahwa anda peduli dengan kesejahteraan dan perasaan mereka. Ketika anda menghormati seseorang, anda memperlakukan mereka dengan baik dan menggunakan tata krama yang baik.

Respect penting untuk diterapkan karena respect atau rasa hormat adalah tentang peduli apakah kata-kata dan tindakan kita berdampak menyakitkan pada orang lain, di dunia tanpa rasa hormat, tidak ada yang peduli apakah mereka menyakiti orang lain. Mereka mungkin melakukan hal-hal yang berbahaya atau jahat dan tidak peduli jika orang lain dirugikan.

Kita semua dalam masyarakat perlu memperlakukan satu sama lain dengan hormat jika kita ingin merasa aman dan hidup damai bersama. Menghormati itu penting karena itu berarti kita memperlakukan orang lain sebagaimana kita ingin diperlakukan. Jadi jika kita tidak memperlakukan orang lain dengan baik, kita juga tidak bisa mengharapkan mereka membalasnya dengan baik.

Selain itu tanpa respect, hubungan interpersonal akan dipenuhi dengan konflik dan ketidakpuasan. Jika kita tidak menghormati orang lain, mereka tidak akan menghormati kita, dan jika kita tidak menghargai diri kita sendiri, kita juga tidak akan dihormati oleh orang lain.

Sangat penting untuk merasa aman, untuk dapat mengekspresikan diri kita tanpa takut dihakimi, dihina atau didiskriminasi. Menghormati orang lain, dihormati, dan menghargai diri sendiri meningkatkan harga diri , kemanjuran diri , kesehatan mental dan kesejahteraan kita.

3 dari 5 halaman

Jenis - Jenis Respect

Ada banyak jenis respect, yang paling penting di antaranya adalah respect pada diri sendiri, respect pada orang lain, respect pada norma sosial, respect pada sifat, respect pada nilai, respect pada hukum, respect pada budaya dan respect pada keluarga.

Beberapa contoh pertimbangan dalam kehidupan sehari-hari adalah menyapa atau berbicara kepada orang lain dengan cara yang baik dan hormat, menyerahkan tempat duduk anda di tempat umum, memperlakukan orang lain sebagaimana anda ingin mereka memperlakukan anda. 

1. Respect pada diri sendiri: Jenis ini mengacu pada kemampuan untuk menghormati diri sendiri, menghargai dan menghargai diri sendiri. Menerima diri sendiri terlepas dari apa yang dipikirkan orang lain. Pastikan kesehatan anda prima dengan terobosan magnesium ini .

2. Respect pada orang lain: Jenis ini mengacu pada tindakan toleransi menerima dan mempertimbangkan orang lain, meskipun mungkin ada perbedaan di antara mereka atau cara berpikir mereka. Beberapa contohnya adalah; menghormati orang tua, laki-laki dan perempuan secara setara, guru, orang yang lebih tua, kepercayaan agama lain, menghormati orang yang berbeda orientasi seksual dan lain sebagainya.

3. Respect pada norma sosial: Jenis ini mengacu pada kemampuan untuk menghormati semua norma yang mengatur masyarakat. Beberapa contoh dari jenis rasa hormat ini adalah: menghormati aturan kesopanan, jam kerja, barang milik orang lain, membiarkan mereka berbicara dan mendengarkan, dan menghormati pendapat orang lain.

4. Respect pada alam: Jenis ini mengacu pada apresiasi terhadap lingkungan (hewan, tumbuhan, sungai). Beberapa contoh dari jenis rasa hormat ini adalah; tidak membuang sampah di sungai, hutan, atau ladang, tidak merusak tanaman atau menganiaya alam, tidak membuang air, tidak menyakiti hewan atau serangga, mendaur ulang, menggunakan alat transportasi yang ramah lingkungan dan lain-lain.

5. Keluarga: Jenis ini menyiratkan mampu memahami dan menghormati satu sama lain dalam keluarga, dan menyiratkan mampu mengikuti seperangkat aturan koeksistensi.

6. Respect pada nilai-nilai: Jenis ini mengacu pada kemampuan untuk menghormati prinsip-prinsip kita sendiri.

7. Respect pada budaya: Jenis nilai ini mengacu pada kemampuan untuk mengenali bahwa ada kepercayaan lain dan dapat menghormatinya. Beberapa contoh dari rasa hormat ini adalah: tidak memaksakan keyakinan kita pada orang lain, menghindari membuat penilaian tentang pendapat orang lain, dll.

8. Respect pada lambang negara : Jenis ini mengacu pada kemampuan untuk menghargai dan menghargai simbol-simbol suatu bangsa. Misalnya, lagu kebangsaan atau bendera.

4 dari 5 halaman

Cara Mengajarkan Respect

Cara mengajarkan respect pada anak berjalan dua arah. Respect adalah hubungan tentang timbal balik. Artinya, kita mendapatkan kembali apa yang kita terima. Oleh karena itu jika orang tua menghormati anak-anaknya, mereka akan menerima kembali rasa hormat yang sama. 

Anda bisa mulai mengajarkan rasa hormat kepada anak dengan mengikuti tips-tips berikut :

1. Hormati anak-anak anda

Pertimbangkan selera dan preferensi anak anda. Jangan membuatnya melakukan sesuatu yang tidak dia inginkan, sama seperti anda tidak akan membuat orang dewasa melakukannya. Anda dapat menyarankan, mendorong, menasihati, tapi jangan memaksa. 

Jika anak anda memiliki caranya sendiri dalam melakukan sesuatu, biarkan anak anda melakukannya. Jangan berpura-pura memiliki kendali penuh atas perilaku atau preferensi anak anda. Terima keputusan mereka dan biarkan mereka membuat keputusan sendiri juga.

Saat kita menerima perbedaan anak, mereka merasa didengarkan dan dihormati. Mereka belajar secara langsung bagaimana memperlakukan orang lain yang memiliki pendapat berbeda dan menghormati orang lain terlepas dari perbedaan mereka.

2. Tetap tenang dan jangan berteriak

Jika anda ingin mengajarkan rasa hormat, penting untuk memberi contoh dan selalu menjaga nada tenang. Meneriaki seseorang juga tidak sopan. Meskipun mungkin sulit saat anda merasa frustasi, cobalah untuk tidak berteriak.

3. Pahami mengapa dia tidak menghormati anda

Ketika anak anda bersikap tidak sopan, sebaiknya pahami mengapa dia melakukannya dan bantu dia mengeksplorasi perasaannya. Misalnya, jika anak anda menyebut anda “jelek”, kita akan bertanya mengapa dia berkata demikian, entah karena marah atau sedih.

Kita harus berempati terhadap kemarahan mereka dan membuat mereka mengerti bahwa bukan karena kemarahan itu seseorang menjadi buruk dan menyakiti orang lain bukanlah cara untuk menyelesaikan masalah. Begitu mereka memahami hal ini, kita dapat bernegosiasi dengan mereka tentang cara mengatasi kemarahan mereka.

4. Jangan biarkan mereka tidak menghormati anda

Jangan biarkan anak-anak anda atau orang lain tidak menghormati anda. Jadilah panutan yang baik bagi mereka, tidak membiarkan siapapun memanfaatkan anda atau menerima diri anda sendiri. Menggambarkan rasa hormat sejalan dengan harga diri. 

Semakin tinggi harga diri, semakin rendah kemungkinan anda akan menerima rasa tidak hormat. Ingatlah bahwa manusia berusaha keras untuk mendapatkan rasa hormat, tetapi kita harus fokus untuk memberikan rasa hormat yang pantas kita terima.

5. Tetapkan batasan

Saat mengajarkan rasa hormat, penting untuk menetapkan batasan tentang apa yang benar dan salah untuk anak-anak. Ketika mereka berperilaku tidak sopan, tunjukkan perilakunya, dengan tenang dan tanpa berteriak. Namun, jika ada banyak aktivasi emosional, jika anak sangat kesal, lebih baik menunggunya tenang terlebih dahulu. 

6. Minta maaf bila anda salah

Saat anda salah, tidak menepati janji, atau terlalu keras pada anak, penting untuk meminta maaf kepada mereka. Hal ini tidak hanya akan menyampaikan kerendahan hati dan pentingnya meminta maaf, tetapi juga akan mengajarkan mereka rasa hormat.

7. Beri selamat kepada anak-anak anda saat mereka menghormati

Penting bagi mereka untuk mempelajari tindakan yang benar dan penuh hormat. Beri tahu mereka bahwa apa yang telah mereka lakukan itu benar karena dengan begitu mereka akan cenderung mengulanginya.

5 dari 5 halaman

Contoh Respect Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Berikut contoh respect dalam kehidupan sehari-hari:

- Anda mengagumi (menghormati) seorang tokoh sejarah yang membela apa yang dia yakini, bahkan ketika itu sulit.

- Anda diam di perpustakaan untuk menunjukkan bahwa anda peduli (menghormati) kebutuhan orang lain untuk membaca tanpa interupsi.

- Anda mengikuti aturan orang tua anda untuk menunjukkan kepada mereka bahwa anda peduli (menghormati) bagaimana perasaan mereka tentang situasi tersebut.

- Anda tidak memanggil nama orang asing secara langsung karena anda peduli (menghormati) perasaan mereka.

- Anda tidak merusak tempat umum karena anda peduli (menghormati) menjaga kualitas tempat dan hak orang lain untuk menikmatinya.

- Anda tidak memukul atau menyakiti orang karena anda peduli (menghormati) kesejahteraan mereka.

- Anda menggunakan mainan orang lain dengan hati-hati (hormat) agar tidak merusaknya.

- Anda berpakaian, berbicara dan bertindak dengan cara yang menunjukkan bahwa anda peduli dengan apa yang anda tahu benar dan aman, karena anda peduli (menghormati) diri sendiri dan kesejahteraan anda.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS