Sukses

Repost Artinya dalam Bahasa Indonesia dan Cara Menggunakannya di Media Sosial

Liputan6.com, Jakarta Repost artinya dalam bahasa Indonesia mungkin masih bikin bingung sebagian orang. Istilah yang sering digunakan pada media sosial ini memang sudah sering disebutkan oleh orang-orang Indonesia. Namun, tidak jarang mereka menyebutkannya tanpa tau makna dari kata tersebut.

Kamu yang aktif menggunakan media sosial tentunya sudah tidak asing dengan istilah ini. Aktivitas repost ini bisa dilakukan di Instagram, Twitter, hingga Facebook. Kamu bisa memilih suatu postingan di media sosial, kemudian menyebarkannya kembali.

Repost artinya menyebarkan kembali postingan yang dulu pernah diunggah. Fungsi repost hampir sama saja di setiap media sosial, yaitu mengunggah kembali foto atau tulisan yang pernah diunggah sebelumnya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (6/12/2022) tentang repost artinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Repost Artinya

Repost artinya mungkin sudah dikenali kebanyakan orang, namun belum benar-benar paham maknanya yang sesungguhnya. Repost adalah aktivitas mengunggah atau menyebarkan kembali psotingan yang sebelumnya pernah diunggah. Repost artinya saat kamu pernah menuliskan atau mengunggah foto di media sosial kamu beberapa waktu lalu. Kemudian, kamu ingin mengunggah kembali postingan tersebut pada saat ini, maka postingan tersebut adalah repost atau postingan ulang.

Menurut Cambridge Dictionary, repost artinya sebuah aktivitas yang dilakukan oleh pengguna media sosial, yaitu memilih postingan yang ada di media sosial dan disebarkan kembali. Istilah repost artinya mengunggah kembali postingan lama. Namun, fungsi repost pada setiap platorm media sosial bisa berbeda-beda. Cara melakukan repost artinya juga hampir mirip pada setiap media sosial tersebut.

3 dari 5 halaman

Repost di Instagram

Repost artinya fitur yang disediakan bagi pengguna Instagram untuk mengunggah kembali postingan milik teman atau orang lain. Jadi, di Instagram, repost artinya bukan hanya mengunggah ulang postingan yang pernah kamu unggah, namun juga bisa repost postingan orang lain. Pada Instagram, repost artinya kamu bisa mengunggah kembali postingan foto, video, tulisan, yang sudah lama ataupun baru. Kamu perlu memahami cara repost di Instagram.

Cara Repost Instagram Feed ke Story

- Pilih Postingan (foto atau video) yang ingin kamu repost di Feed.

- Cari ikon bergambar pesawat kertas di bawah postingan tersebut. Ikon ini berada di sebelah ikon 'Like' dan 'Comment'.

- Setelah muncul beberapa opsi untuk mengirim, pilih 'Add post to your story'.

- Kamu akan masuk ke tampilan Instagram Story dan postingan bisa kamu edit sesuai fitur yang tersedia, seperti teks, gift, dan lain sebagainya.

- Selanjutnya, pilih 'Send to' di pojok kanan bawah. Lanjut pilih 'Your Story' dan selesai.

Cara Repost Instagram Story Teman

- Buka DM atau 'Direct Message'.

- Cari pesan yang melakukan mention pada akunmu. (Kamu juga bisa memeriksanya di ikon notifikasi)

- Selanjutnya, klik 'Add to your story' yang muncul di bawah Instagram Story akun tersebut.

- Kamu akan masuk ke tampilan Instagram Story dan postingan bisa kamu edit sesuai fitur yang tersedia, seperti teks, gift, dan lain sebagainya.

- Selanjutnya, klik 'Send to' dan pilih 'Your story'.

4 dari 5 halaman

Repost di Twitter

Repost artinya di Twitter tidak berbeda jauh dengan di Instagram, yaitu melakukan posting ulang. Dalam istilah twitter repost juga disebut dengan retweet. Berikut cara repost atau retweet di Twitter:

1. Buka aplikasi Twitter atau akses Twitter di browser.

2. Lalu, login dengan akun kamu.

3. Tentukan postingan mana yang ingin kamu retweet atau repost di beranda Twitter kamu.

4. Pilih ikon yang berada di tengah dengan arti retweet di postingan yang diinginkan.

5. Terakhir, klik ikon di tengah tersebut. Secara otomatis, kamu akan langsung merepost postingan tersebut di beranda akun Twitter kamu.

5 dari 5 halaman

Repost di Facebook

Repost di Facebook dapat memudahkan kamu untuk menyebarkan postingan secara cepat dan praktis. Kamu bisa memposting ulang video, foto, dan tautan link di Facebook, tidak jauh berbeda dengan Instagram ataupun di Twitter. Berikut cara repost di Facebook:

1. Buka aplikasi Facebook di smartphone atau Facebook di browser.

2. Login akun Facebookmu.

3. Pilih postingan yang ingin kamu repost di feed Facebook kamu.

4. Pilih tombol "Share" di bawah post.

5. Kemudian, pilih "Share This Status", jika ingin memilih postingan berbentuk kotak teks.

5. Kamu juga bisa mengatur siapa saja yang bisa melihat repost tersebut. Caranya, pilih "Custom" di bawah menu postingan tersebut, kemudian pilih "Share This Status".

6. Pada langkah ini, kamu bisa mengatur pengguna yang bisa melihat repost yang kamu lakukan hingga menyembunyikan pengguna lain dari repost tersebut.

7. Lalu, pilih "Share Status" untuk repost. Dan selesai.

Repost artinya mengunggah ulang postingan yang telah lalu, baik itu postingan yang pernah kamu unggah sendiri, maupun dari unggahan orang lain. Tentunya kamu harus izin terlebih dahulu bila ingin repost postingan orang lain.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS