Sukses

PT Dankos Farma dan Profilnya, Perusahaan Farmasi Obat Bebas Hingga Resep

Liputan6.com, Jakarta PT Dankos Farma adalah perusahaan farmasi yang beroperasi di kawasan industri Pulogadung, Jakarta Timur. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1974 dan merupakan perusahaan farmasi pertama yang memiliki tiga pabrik terpisah (Non Beta Lactam, Cephalosporin, dan Penisilin).

PT Dankos Farma menjadi perusahaan farmasi pertama dengan ISO 1401, ISO 9001, OHSAS 18001 pada tahun 2004. Kemudian, pada tahun 2006 perusahaan ini bergabung dengan Kalbe Company, yang menjadikannya lebih kuat dengan fasilitas yang lebih baik, kapasitas yang lebih besar, dan portofolio produk yang lebih banyak.

PT Dankos Farma merupakan perusahaan farmasi yang memproduksi obat bebas hingga obat resep. Kamu mungkin sudah mengenali beberapa produk yang dihasilkan oleh PT Dankos Farma, di antaranya yaitu Fatigon, Fatigon Spirit, Mixagrip, hingga Mixagrip Flu dan Batuk.

Berikut Liputan6.com rangkum dari library.binus.ac.id dan sumber-sumber lainnya, Senin (5/12/2022) tentang PT Dankos Farma.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

PT Dankos Farma

PT Dankos Farma adalah perusahaan farmasi yang berada di bawah naungan PT Kalbe Farma, dan beroperasi di kawasan industri Pulogadung. PT Dankos Farma didirikan pada tahun 1974, dan bergabung dengan Kalbe Company pada tahun 2006. Perusahaan naungan Kalbe Company ini  secara konsisten menerapkan CPOB dan ISO 9001 dalam memproduksi obat-obatan, sehingga menjadi perusahaan Farmasi pertama yang memperoleh sertifikasi ISO 9001 (Sistem Manajemen Mutu).

PT Dankos Farma memproduksi obat-obatan berupa obat resep dan obat bebas. Perusahaan farmasi PMDN terkemuka di Indonesia ini telah memiliki pemasaran di dalam dan luar negeri. Melansir library.binus.ac.id, perusahaan ini telah menguasai 6,59 % pasar farmasi Indonesia yang terdiri dari 13,36 % pasar obat bebas dan 2,12 % pasar obat resep, melalui perusahaan ini sendiri dan tiga anak perusahaan, yaitu:

1. PT. Bintang Toedjoe, di mana produk yang dihasilkan antara lain Extra Joss, Komix, Waisan.

2. PT. Hexpharm Jaya Laboratorios, di mana produk yang dihasilkan antara lain ATP Kyowa, Spasminal, dan Benacol.

3. PT. Saka Farma Laboratories, di mana produk yang dihasilkan antara lain Sakatonik ABC, Sakatonik Liver dan Mextril. Pada tahun 2005 PT. Dankos Laboratories Tbk melakukan merger dengan 2 perusahaan besar yaitu PT. Kalbe Farma Tbk dan PT. Enseval Tbk.

PT. Dankos Laboratories Tbk berganti nama menjadi PT. Buana Inti Cermelang. Pada tanggal 1 Januari 2007, kemudian berganti nama lagi menjadi PT. Dankos Farma yang merupakan Bisnis Operasional dari PT. Kalbe Farma Tbk. Dengan merger ini perusahaan Kalbe Farma yang menjadi induk pasca merger merupakan perusahaan farmasi terbesar di Indonesia bahkan di Asia Tenggara.

3 dari 4 halaman

Sejarah PT Dankos Farma

Mengutip library.binus.ac.id, PT Dankos Farma yang awalnya bernama PT. Dankos Laboratories Tbk didirikan pada tanggal 25 Maret 1974 di Pulomas, Jakarta Timur. PT Dankos Farma adalah perusahaan farmasi yang merupakan induk dari beberapa anak perusahaan yang bergerak di bidang farmasi.

Perusahaan ini memulai kegiatan operasinya di bidang obat-obatan pada tahun 1978 dengan lahan seluas 500 m2. Setelah beroperasi selama empat tahun di Pulomas, Dankos memindahkan kegiatan operasionalnya di Kawasan Industri Pulogadung dengan luas lahan 12.800 m2 dan luas bangunan 3925 m2. Pada tahun 1986 Dankos mendapatkan lisesnsi produk dari Fujisawa (Jepang) dan Daiichi (Jepang).

Sejalan dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia, maka pada tanggal 13 November 1989, Dankos melakukan go publik dengan mencatatkan sahamnya pada Bursa Efek Jakarta dan Surabaya. Pada tahun 1990 Dankos mulai melakukan ekspor obat bebas (OTC) ke sepuluh negara (Asia dan Afrika). Pada tahun yang sama PT Dankos Farma juga memeroleh 100% saham PT Bintang Toejoe. Dankos memperoleh sertifikat GMP (Good Manufacturing Practice) pada tahun 1991. Dankos membangun gedung Penicillin dan gedung Cephalosporin pada tahun 1993 untuk perluasan dan peningkatan produksi. Pada tahun yang sama Dankos memperoleh seluruh asset PT.Hexpharm Jaya.

Pada tahun 1995 Dankos memperluas pabriknya menggunakan bangunan Ex Helios yang letaknya bersebelahan, dengan luas lahan 5.898 m2 dan luas bangunan 3.868 m2. Dankos selalu berkomitmen untuk meningkatkan mutu dan kualitas produk yang dihasilkan, hal uni dibuktikan dengan menjadi Industri Farmasi Indonesia yang pertama kali memperoleh sertifikat ISO 9001 pada tahun 1997, perbaikan yang berkesinambungan, 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, 11 Rajin), DCC (Dankos Customer Care) di seluruh bagian.

Selain itu Dankos menjadi Industri farmasi Indonesia yang mampu memproduksi obat soft capsule. Pada bulan Juli 2004 Dankos memperoleh sertifikat ISO 14001 mengenai mutu lingkungan dan pengolahan limbah cair. Kemudian pada bulan September 2004 Dankos memperoleh sertifikat OHSAS (sertifikat mengenai K3), untuk menjaga serta meningkatkan keselamatan dan kesehatan lingkungan kerja.

4 dari 4 halaman

Produk PT Dankos Farma

PT Dankos Farma adalah perusahaan farmasi yang memproduksi obat-obatan berupa obat resep dan obat bebas. Produk-produk terkenal yang dihasilkan oleh PT Dankos Farma saat ini adalah Fatigon, Fatigon Spirit, Mixagrip, Mixagrip Flu dan Batuk, hingga Fatigon Promuno.

Produk-produk PT Dankos Farma di antaranya adalah:

- Obat Bebas (OTC)

Cream : Trimadan

Granule : X-ion

Liquid : Mixagrip Syrup Stawberry & Orange

Tablet : Fatigon, Mixagrip, Mixadin, Mixaflu

- Obat Resep (Ethical)

Cream : Oxyzone

Injeksi Kering : Cefizox, Broadced, Foxim, Cefotaxime

Kapsul keras : Cefadroxil 500mg, Librocef 500mg, Longcef

Tablet : Topcillin, Kalcef, Lizor, Cefspan

Produk PT Dankos Farma ini juga bisa dibagi berdasarkan kategori pemasaran. Produk obat bebas atau Over The Counter contohnya Mixagrip, Fatigon, Fatigon Spirit, Fatigon Viro, Mixadin, Minigrip, Extra Joss, Komix, OSK, Irex, Joss Kid, Sakatonik, Mextril, Sakatonik ABC, Sakatonik Grenk, Sakatonik Kaplet, dan lain sebagainya. Obat-obatan resep atau Ethical produknya yaitu Neurotam, Cefizox, Brainact, Reskuin, Cefazol, Fixef, Mikasin, Spiradan, Foxim, Digest, Cefotaxime, Bintamox, Ceftriaxone, Sakaneuron, Dextromethorphan, dan lain-lain.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS