Sukses

Servis adalah Gerakan Memulai Permainan Voli, Ketahui Teknik dan Cara Melakukannya

Liputan6.com, Jakarta Permainan bola voli merupakan salah satu cabang olahraga yang cukup populer di Indonesia. Ini dari permainan ini adalah mengumpulkan poin dengan menjatuhkan bola di area permainan lawan. Untuk dapat memenangkan pertandingan, seorang pemain harus dapat memahami gerakan-gerakan yang ada dalam permainan bola voli, yakni servis, passing, spike, dan blok.

Dari semua gerakan tersebut, servis adalah gerakan yang paling penting untuk dikuasai. Ini karena, servis adalah gerakan untuk memulai permainan bola voli. Tanpa servis, permainan bola voli tidak akan bisa dimulai.

Selain untuk memulai permainan bola voli, servis adalah gerakan dalam permainan bola voli yang juga bisa dipakai untuk mendapatkan poin. Untuk dapat meraih satu poin dengan servis, bola yang dipukul dari belakang garis area permainan harus bisa melewati net dan jatuh di area permainan lawan.

Sebaliknya, jika servis gagal melewati net, maka lawan yang akan mendapatkan poin. Oleh karena itu memahami teknik servis merupakan salah satu yang terpenting dalam permainan bola voli. Untuk dapat memahami apa itu servis, berikut adalah pengertian, tujuan, dan teknik-tekniknya, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (30/11/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Pengertian Servis

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, servis adalah gerakan dasar yang dilakukan untuk memulai permainan bola voli. Servis adalah gerakan yang dilakukan dengan memukul bola dari belakang garis arena permainan yang diarahkan ke area permainan lawan untuk memulai permainan.

Dengan kata lain, servis adalah gerakan memukul bola sehingga dapat melewati net. Servis yang tidak dapat membuat bola melewati net, maka servis tersebut dianggap gagal dan akan menghasilkan poin untuk lawan.

Istilah servis tidak hanya dikenal dalam permainan bola voli saja, tapi juga permainan lain yang area permainannya dibagi menjadi dua dengan net, seperti tenis, tenis meja, dan bulu tangkis.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), servis adalah pukulan permulaan untuk memainkan bola (dalam permainan bola voli, tenis, tenis meja, bulu tangkis). Dalam permainan bola voli, servis adalah pukulan bola yang dilakukan dari belakang garis akhir lapangan permainan sampai melewati net menuju ke daerah lawan. Teknik ini biasanya dilakukan dengan pukulan keras dan kecepatan tinggi.

Servis adalah gerakan untuk memulai permainan bola voli. Namun bukan itu satu-satunya tujuan dari servis. Selain itu, servis adalah gerakan yang memiliki tujuan tertentu, misalnya seperti mendapatkan poin dengan satu pukulan. servis adalah gerakan yang biasa digunakan untuk mencegah lawan membangun serangan dengan lancar, dengan membuat bola sulit untuk diterima.

3 dari 4 halaman

Teknik-Teknik Servis

Maka tidak mengherankan jika servis adalah gerakan yang memiliki banyak teknik. Teknik-teknik dalam melakukan servis ini digunakan agar aliran bola sulit diterima oleh lawan. Jika bola sulit diterima, maka lawan kemungkinan akan kesulitan untuk mengalirkan bola ke arah setter, sehingga pola serangan tidak bisa berjalan dengan baik. Beberapa teknik servis juga dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan poin secara langsung. adapun teknik-teknik servis antara lain adalah Servis Atas (Overhand Serve), Servis Bawah (Underhand Serve), Servis Samping, Servis Mengapung (Float Serve), dan Servis Lompat (Jump Serve).

Teknik Servis Atas

Teknik servis atas atau The Overhand Serve adalah salah satu teknik yang paling mudah dilakukan dalam permainan bola voli. Teknik servis ini dilakukan dengan melambungkan bola ke atas lalu ditepuk menggunakan telapak tangan. Langkah-langkahnya yaitu:

1. Pegang bola dengan tangan kiri

2. Lambungkan bola hingga ke atas kepala

3. Pukul bola menggunakan telapak tangan dengan keras agar mampu melewati jaring

Teknik Servis Bawah

Teknik servis bawah atau The Underhand Serve juga menjadi teknik servis yang mudah untuk dilakukan. Teknik servis bawah selalu menjadi teknik pertama yang diajarkan kepada para pemula. Berikut cara melakukan teknik servis bawah dalam bola voli:

1. Pegang bola dengan tangan kiri

2. Sejajarkan bola dengan pinggang

3. Condongkan badan hingga sedikit membungkuk

4. Ayunkan tangan dan pukul bola dengan tangan kanan yang dikepal

Teknik Servis Samping

Berbeda dengan dua teknik sebelumnya, teknik servis samping dalam bola voli memiliki awalan yang berbeda. Ketika melakukan teknik servis samping, tubuh harus menghadap ke arah kanan terlebih dahulu. Berikut cara melakukan teknik servis samping:

1. Posisikan tubuh dengan berdiri menghadap tribun penonton di sebelah kanan

2. Langkahkan kaki kiri ke depan

3. Pegang bola dengan tangan kiri dan fokuskan perhatian ke arah bola

4. Condongkan badan sedikit ke bawah dan lempar bola ke arah atas

5. Kepal dan ayunkan tangan sebelah kanan hingga membentuk gerakan setengah melingkar guna memukul bola yang berada di udara

6. Kembalikan posisi tubuh mengarah ke depan

Teknik Servis Loncat

Teknik servis loncat atau jumping service menjadi teknik andalan dalam permainan bola voli. Teknik Jump Serve memiliki gerakan yang mirip dengan spike. Teknik servis ini biasanya dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan poin secara langsung. Teknik servis ini membutuhkan perhitungan yang tepat antara waktu melompat dan memukul bola harus presisi. Ini perlu dilakukan agar menghasilkan laju bola yang cepat dan terarah. Berikut cara melakukan teknik servis loncat:

1. Posisikan tubuh berada lebih jauh dari pinggir lapangan

2. Pegang bola menggunakan kedua tangan

3. Lempar bola ke atas hingga mencapai ketinggian 3 meter

4. Jika posisi bola sudah berada dalam jangkauan, condongkan badan ke bawah guna mencari kuda-kuda untuk melompat

5. Tekuk lutut dan pukul bola menggunakan telapak tangan dengan keras

6. Usahakan bola menukik tajam ke area permainan lawan agar sulit dikembalikan

Teknik Servis Mengapung

Teknik servis mengapung atau float service bisa dibilang mirip dengan teknik servis atas. Sebab, bola sama-sama dilambungkan ke atas. Bedanya, teknik servis mengapung mengharuskan bola yang ditepuk mengapung lebih lama di atas lapangan. Teknik servis mengapung menitikberatkan pada cara memukul agar bola tidak berputar ketika melaju. Tidak adanya putaran pada bola ketika melaju akan membuat arah jatuhnya bola menjadi sulit diperkirakan. Servis mengapung kadang juga dikombinasikan dengan lompatan. Berikut adalah langkah-langkah melakukan servis mengapung:

1. Posisikan tubuh dengan sikap sempurna

2. Pegang bola dengan tangan kiri atau gunakan kedua tangan

3. Lambungkan bola ke atas secara konstan, jangan sampai memutar

4. Pukul bola pada bagian tengah belakang agar mampu mengapung lebih lama di atas lapangan

4 dari 4 halaman

Gerakan Dasar Permainan Bola Voli

Servis adalah salah satu gerakan yang penting dalam permainan bola voli. Ini karena, tanpa servis, permainan bola voli tidak akan dapat dimulai. Selain itu, dengan servis pula seorang pemain juga dapat mendapatkan poin untuk timnya, jika pukulan servisnya tidak bisa diterima lawan.

Namun, servis bukan satu-satunya gerakan dalam permainan bola voli yang perlu dikuasai. Untuk dapat memenangkan pertandingan, seorang pemain harus dapat memahami gerakan-gerakan yang ada dalam permainan bola voli, yakni servis, passing, spike, blok, dan set up (toss).

Servis

Servis adalah gerakan dasar untuk memulai permainan bola voli. Servis adalah pukulan bola yang dilakukan dari belakang garis akhir lapangan permainan sampai melewati net menuju ke daerah lawan. Teknik ini biasanya dilakukan dengan pukulan keras dan kecepatan tinggi. Tujuannya agar pemain lawan tidak dapat mengendalikan bola serta mendapatkan angka.

Passing

Passing merupakan sikap seseorang pada saat menerima dan memberikan bola. Kemampuan seseorang dalam melakukan passing sangat diperlukan dalam permainan bola voli. Passing secara umum dikelompokan menjadi dua bagian, yaitu passing bawah dan passing atas.

Toss (Set-Up)

Toss (Set-Up). Toss merupakan cara menyajikan bola kepada teman satu regu, yang kemudian diharapkan bola tersebut dapat dipukul ke daerah lawan dalam bentuk smash. Umpan dalam permainan bola voli terdiri dari beberapa macam, yaitu umpan normal, umpan semi, umpan dorong, umpan pull atau quick, serta umpan pull straight.

Spike

Spike (smash) merupakan pukulan yang utama dalam usaha mencapai kemenangan. Untuk mencapai keberhasilan dalam melakukan smash diperlukan kemampuan meloncat yang tinggi serta pukulan yang keras. Dalam teknik smes/spike ini, seorang spiker (penyerang) harus memperhatikan empat langkah dasar dalam melakukan spike, yaitu langkah awalan (approach), lompatan, memukul bola, dan posisi mendarat. Pemukulan bola pada saat melakukan spike dilakukan di udara.

Blok

Dalam sebuah permainan bola voli, block sangat dibutuhkan untuk menahan serangan dari lawan yang membahayakan atau mematikan permainan. Jadi, teknik ini digunakan untuk menahan smash dari lawan. Block dapat dilakukan oleh satu, dua, bahkan tiga pemain. Block dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu block aktif dan block pasif.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS