Sukses

Hasil Rontgen Ini Ungkap Kondisi Seseorang saat Mengucek Mata, Bikin Heboh

Liputan6.com, Jakarta Mengucek mata sudah jadi kebiasaan manusia sebagai refleks ketidaknyamanan di mata. Berbagai faktor bisa membuat seseorang mengucek atau mengusap mata. Mulai dari menghapus air mata, saat mata lelah, hingga merasakan gatal. Ajaibnya, perasaan tak nyaman tersebut bisa seketika hilang usai mengucek mata

Sudah jadi kebiasaan, timbul pertanyaan bagaimana kondisi di dalam mata saat seseorang mengucek mata. Teka teki itulah yang kini sudah terjawab, sebuah video yang tersebar di jagat maya menunjukkan kondisi di dalam mata saat seseorang mengucek mata. Menariknya, dalam forum online, netizen justru heboh usai melihat video tersebut. 

Melasir dari UNILAD, video yang diunggah di Reddit itu pertama kalinya diunggah oleh Damien Gatinel dalam kanal YouTube-nya. Terlihat bola mata yang bergerak sukses membuat heboh netizen. 

"Untuk pertama kalinya, MRI berhasil mengobjekkan gesekan mata pada kornea dengan objek lain yang berdekatan. Hal ini juga membuktikan bahwa masalah keratoconus dan masalah mata lainnya disebabkan oleh gesekan mata yang berlebihan," tulis deskripsi dari video YouTube tersebut.

Mulai dari takjub hingga trauma melihat bola mata saat dikucek, berikut Liputan6.com merangkum penjelasannya melansir dari berbagai sumber, Selasa (29/11/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Kondisi Unik Bola Mata Saat Mengucek Mata

Lewat MRI atau hasil rontgen, semua misteri perihal kondisi mata saat dikucek terungkap. Video tersebut menunjukkan menunjukkan seseorang menggosok matanya. Lantas scan dimulai dan melihat bagaimana kondisi mata saat dikucek. 

Hasil pemindaian MRI (Magnetic Resonance Imaging) menunjukkan bola mata yang bergoyang-goyang. MRI kedua menunjukkan dua bola mata, yang tampak bergerak di rongganya saat orang tersebut menggosok matanya.

Bisa dilihat bahwa bola mata manusia akan tetap berbentuk bulat meskipun sudah dikucek. Justru bola mata akan terdorong lebih dalam untuk memberi ruang. Terlihat juga bahwa ketika kita mengucek mata, bola mata juga akan ikut bergeser ke atas dan bawah.

Menggosok mata kerap dilakukan untuk membuat mata kembali jadi lebih nyaman. Namun ada penjelasan ilmiah agar lebih hati-hati dalam mengucek mata. 

 

 

3 dari 3 halaman

Pantangan dalam Mengucek Mata

Menurut Healthline, sebaiknya hindari menggosok mata karena dapat merusaknya jika menggosok terlalu keras atau terlalu sering.

"Menggosok terlalu keras atau terlalu sering dapat merusak lensa mata atau kornea Anda," jelas situs tersebut .

Hal ini dapat mengakibatkan gangguan penglihatan atau infeksi yang memerlukan perhatian medis. Anda harus segera menghubungi dokter jika mengalami: sakit mata; kepekaan terhadap cahaya; penglihatan berkurang; penglihatan kabur; kemerahan atau peradangan; sakit kepala; mual dan kelelahan.

Menggosok mata juga dikaitkan dengan kondisi yang disebut keratoconus, yang terjadi ketika kornea Anda secara bertahap menonjol ke luar menjadi bentuk kerucut. Hal ini dapat menyebabkan penglihatan kabur dan dapat menyebabkan kepekaan terhadap cahaya, membutuhkan perubahan resep yang sering dan penglihatan yang kabur secara tiba-tiba.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS