Sukses

Tesis Adalah Karya Ilmiah Mahasiswa S2, Pelajari Tata Cara Penulisannya

Liputan6.com, Jakarta Tesis adalah karya ilmiah yang dibuat dengan landasan berbagai argumen ilmiah. Memiliki kaidah-kaidah khusus dalam penulisannya, tesis adalah karya ilmiah yang digunakan untuk tugas akhir dalam menyelesaikan program pendidikan magister atau jenjang S2.

Tesis adalah bukti dari kemampuan mahasiswa dalam meneliti dan mengembangkan ilmu pendidikan yang telah dipelajarinya. Untuk dapat menyelesaikan tesis dengan baik, mahasiswa perlu untuk mengetahui pengertian dari tesis serta kaidah dan tata cara penulisannya.

Menjadi bukti yang menggambarkan tingkat kemampuan mahasiswa dalam memahami ilmu di disiplin ilmu tertentu. Maka semakin baik kualitas tesis yang dibuat, semakin terbukti pula kemampuan dari penulis tentang pemahaman dari disiplin ilmu yang dipelajarinya.

Lantas apa dan bagaimana cara membuat tesis yang baik? Lebih lengkapnya, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Senin (28/11/2022). Pengertian tesis dan aturan serta tata cara penulisannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Tesis Adalah

Tesis Adalah

Tesis adalah jenis makalah penelitian berdasarkan penelitian asli. Biasanya diajukan sebagai tugas terakhir dari program master atau S2. Tesis adalah salah satu tulisan terpanjang yang biasanya diselesaikan seorang mahasiswa. Tesis juga dapat diartikan sebagai karangan ilmiah yang ditulis untuk mendapatkan gelar kesarjanaan pada suatu universitas.

Tesis adalah karya tulis akademis yang panjang, seringkali memakan waktu lebih dari satu semester penuh untuk menyelesaikannya. Ini umumnya merupakan persyaratan gelar untuk program Magister dan terkadang juga diperlukan untuk menyelesaikan gelar sarjana di perguruan tinggi seni liberal.

Tesis adalah pernyataan atau teori yang didukung oleh argumen-argumen untuk dikemukakan, merupakan hasil dari studi yang sistematis atas masalah, tesis mengandung metode pengumpulan, analisis dan pengolahan data, dan menyajikan kesimpulan serta mengajukan rekomendasi.

3 dari 5 halaman

Cara Menyusun Tesis

Struktur akhir tesis bergantung pada berbagai komponen, seperti disiplin ilmu, topik dan pendekatan teoritis. Tesis humaniora contohnya, sering disusun lebih seperti esai bentuk panjang. Sama seperti esai, anda membangun argumen untuk mendukung tesis utama.

Sedangkan dalam ilmu sosial, tesis biasanya mencakup pendahuluan, tinjauan pustaka, bagian metodologi, bagian hasil, bagian diskusi dan bagian kesimpulan. Masing-masing disajikan dalam bagian atau bab khusus. Berikut penjelasan lengkapnya :

1. Judul Halaman

Halaman pertama tesis ini berisi semua informasi identitas yang diperlukan, termasuk:

- Judul lengkap

- Nama lengkap

- Departemen

- Institusi dan program gelar

Terkadang halaman judul juga mencantumkan ID mahasiswa, nama pembimbing atau logo universitas. Lihat pedoman universitas anda untuk format yang lebih tepat.

2. Ucapan terima kasih atau kata pengantar

Bagian ucapan terima kasih biasanya opsional. Poin utamanya adalah untuk memungkinkan anda berterima kasih kepada semua orang yang membantu anda dalam perjalanan tesis anda, seperti pembimbing, teman, atau keluarga. Anda juga dapat memilih untuk menulis kata pengantar, tetapi biasanya salah satu, bukan keduanya.

3. Abstrak

Abstrak adalah ringkasan singkat dari tesis anda. Biasanya maksimal 300 kata, abstrak harus mencakup deskripsi singkat tentang tujuan penelitian anda, metode, hasil dan kesimpulan. Meskipun mungkin tampak singkat, abstrak juga memperkenalkan pekerjaan anda kepada audiens anda, berfungsi sebagai kesan pertama dari tesis anda.

4. Daftar Isi

Daftar isi mencantumkan semua bagian anda, ditambah nomor halaman dan subjudul yang sesuai jika anda memilikinya. Daftar isi membantu pembaca anda menjelajahi dokumen anda dengan mulus. Daftar isi anda harus mencakup semua bagian utama dari tesis anda. Secara khusus, jangan lupakan lampirannya. 

4 dari 5 halaman

Cara Menyusun Tesis

5. Daftar gambar dan tabel

Meskipun tidak wajib, jika anda menggunakan banyak tabel atau gambar dalam tesis, sebaiknya sertakan juga daftarnya untuk membantu memandu pembaca anda menentukan gambar yang dimaksud. 

6. Daftar Singkatan

Jika anda juga menggunakan banyak singkatan khusus industri atau bidang tertentu dalam tesis anda, anda harus memasukkannya ke dalam daftar singkatan yang disusun berdasarkan abjad. Dengan cara ini, pembaca anda dapat dengan mudah mencari arti apa pun yang tidak mereka kenali.

7. Glosarium

Glosarium digunakan jika anda menggunakan banyak istilah yang sangat khusus atau bidang khusus yang mungkin tidak familiar bagi pembaca anda, pertimbangkan untuk memasukkan glosarium. Abjadkan istilah yang ingin anda sertakan dengan definisi singkat.

8. Pengantar

Pendahuluan mengatur topik, tujuan dan relevansi tesis, serta harapan bagi pembaca anda. Pengantar umumnya berisi :

- Dasarkan topik penelitian anda, bagikan informasi latar belakang apa pun yang mungkin dibutuhkan pembaca anda

- Ruang lingkup penelitian

- Perkenalkan penelitian yang ada tentang topik anda, tempatkan pekerjaan anda dalam masalah atau debat yang lebih luas

- Nyatakan pertanyaan penelitian anda

- Garis besar bagaimana sisa pekerjaan anda akan dilanjutkan

9. Tinjauan Literatur

Tinjauan literatur membantu anda mendapatkan pemahaman yang kuat tentang karya akademis apa pun yang masih ada tentang topik anda, yang meliputi:

- Memilih sumber yang relevan

- Menentukan kredibilitas sumber

- Mengevaluasi secara kritis setiap sumber

- Menggambar hubungan antara sumber, termasuk tema, pola, konflika atau kesenjangan

Tinjauan literatur bukan hanya ringkasan dari pekerjaan yang ada. Sebaliknya, tinjauan literatur anda pada akhirnya harus mengarah pada pembenaran yang jelas untuk penelitian anda sendiri, mungkin melalui:

- Mengatasi kesenjangan dalam literatur

- Membangun pengetahuan yang ada untuk menarik kesimpulan baru

- Menjelajahi pendekatan teoritis atau metodologis baru

- Memperkenalkan solusi baru untuk masalah yang belum terselesaikan

- Secara definitif mendukung satu sisi dari debat teoretis

10. Kerangka teoritis

Tinjauan literatur anda seringkali dapat menjadi dasar kerangka teoretis anda, tetapi ini bukanlah hal yang sama. Kerangka teoritis mendefinisikan dan menganalisis konsep dan teori yang menjadi dasar penelitian anda.

5 dari 5 halaman

Cara Menyusun Tesis

11. Metodologi

Bab metodologi anda menunjukkan kepada pembaca bagaimana anda melakukan penelitian. Itu harus ditulis dengan jelas dan metodis, dengan mudah memungkinkan pembaca anda untuk menilai secara kritis kredibilitas argumen anda. Selanjutnya, bagian metode anda harus meyakinkan pembaca anda bahwa metode anda adalah cara terbaik untuk menjawab pertanyaan penelitian anda.

Bagian metodologi umumnya harus mencakup:

- Pendekatan keseluruhan ( kuantitatif vs. kualitatif )

- Metode penelitian (misalnya, studi longitudinal )

- Metode pengumpulan data (misalnya, wawancara atau eksperimen terkontrol

- Alat atau bahan apa pun yang digunakan (misalnya, perangkat lunak komputer)

- Metode analisis data yang dipilih (misalnya, analisis statistik , analisis wacana )

12. Hasil

Bagian hasil anda harus menyoroti apa yang ditemukan metodologi anda. Kedua bagian ini bekerja bersama-sama, tetapi tidak boleh saling mengulang. Meskipun bagian hasil anda dapat menyertakan hipotesis atau tema, jangan sertakan spekulasi atau argumen baru apa pun di sini. Bagian hasil anda harus:

- Nyatakan setiap hasil relevan dengan statistik deskriptif relevan apa pun (misalnya, standar deviasi ) dan statistik inferensial (misalnya, statistik uji atau nilai p)

- Menjelaskan bagaimana setiap hasil berhubungan dengan pertanyaan penelitian

- Menentukan apakah hipotesis didukung

Data tambahan (seperti angka mentah atau transkrip wawancara ) dapat dimasukkan sebagai lampiran. Anda dapat menyertakan tabel dan gambar, tetapi hanya jika itu membantu pembaca lebih memahami hasil yang ada.

13. Diskusi

Bagian diskusi adalah tempat anda dapat menginterpretasikan hasil anda secara mendetail. Anda dapat merujuk kembali ke materi sumber yang relevan untuk menempatkan hasil anda dalam bidang anda, tetapi tinggalkan sebagian besar analisis itu dalam tinjauan literatur anda. Untuk hasil yang tidak terduga, berikan penjelasan atau interpretasi alternatif atas data anda.

14. Kesimpulan

Kesimpulan tesis anda harus secara singkat menjawab pertanyaan penelitian utama anda. Itu harus membuat pembaca anda memiliki pemahaman yang sangat jelas tentang argumen utama anda, dan menekankan apa yang secara khusus telah dikontribusikan oleh penelitian anda pada bidang anda. Mengapa penelitian anda penting? Apa rekomendasi untuk penelitian masa depan yang anda miliki? Dan yang terakhir adalah akhiri pekerjaan dengan kata penutup.

15. Daftar referensi

Untuk menghindari plagiarisme, jangan lupa sertakan daftar referensi lengkap di akhir skripsi anda, dengan mengutip sumber-sumber yang anda gunakan. Pilih satu gaya kutipan dan ikuti secara konsisten sepanjang tesis anda, perhatikan persyaratan pemformatan dari setiap gaya. Gaya mana yang anda pilih sering ditentukan oleh departemen atau bidang keilmuan, tetapi gaya yang umum termasuk MLA, Chicago dan APA.

16. Lampiran

Agar tetap jelas dan ringkas, tesis anda harus menyertakan informasi paling penting yang diperlukan untuk menjawab pertanyaan penelitian anda. Namun, kemungkinan besar anda memiliki banyak dokumen pendukung, seperti transkrip wawancara atau pertanyaan survei. Lampiran dapat ditambahkan sebagai lampiran, untuk menghemat ruang di badan utama.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS