Sukses

24 Tempat Wisata Hongkong yang Wajib Dikunjungi, Cocok untuk Penggemar Street Food

Liputan6.com, Jakarta Hongkong adalah sebuah provinsi otonom yang terletak di di bagian tenggara Tiongkok di estuari Sungai Mutiara. Hongkong terkenal dengan pelabuhan laut dalam alaminya dan berbagai tempat wisata yang menakjubkan. Disneyland mungkin menjadi salah satu tempat wisata Hongkong yang muncul pertama kali di pikiran sebagian besar orang. 

Namun, ada banyak tempat wisata Hongkong yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Bagi kamu yang senang belanja dan jajan, Hongkong sebenarnya adalah tempat yang ideal untuk dikunjungi. Ini karena Hongkong memiliki banyak pasar yang menjajakan beragam jenis makanan dan pernak-pernik yang menarik.

Tidak hanya itu, tempat wisata Hongkong juga memiliki berbagai daya tarik yang sarat akan kekayaan budaya dan sejarah yang sangat menakjubkan. Mulai dari kuil Buddha, bekas rumah tahanan yang dialihfungsikan, street food, sampai dengan pasar barang antik, semuanya ada di Hongkong.

Yang jelas, wilayah yang satu ini akan menjadi tempat yang sangat ideal bagi kamu yang suka jalan-jalan sambil berbelanja. Oleh karena itu, jika kamu kebetulan sedang berada di Hongkong atau berencana berlibur ke Hongkong, pastikan untuk mengunjungi tempat wisata Hongkong yang ada dalam daftar ini.

Berikut adalah daftar tempat wisata hongkong yang wajib untuk dikunjungi, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (23/11/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 7 halaman

1. Temple Street Night Market

Hongkong adalah tempat yang ideal untuk dikunjungi bagi kamu yang suka jalan-jalan dan jajan. Sementara sebagian besar tempat di Hongkong akan tutup ketika matahari terbenam, ada banyak tempat wisata Hongkong yang justru tampak lebih hidup ketika malam datang, salah satunya adalah Temple Street Night Market

Tidak hanya menyediakan pernak-pernik menari, pasar yang satu ini juga menjadi pusat kuliner jalanan yang cukup terkenal. Salah satu sajian kuliner yang paling terkenal di sini adalah kepiting cabai harus dicoba. Di Pasar ini juga ada beberapa peramal siap menawarkan jasanya untuk melihat peruntungan kamu di masa depan.

2. Temple Street Night Market

Temple Street Night Market hanyalah satu dari sekian pasar yang ada di Hongkong. Selain itu masih ada banyak lagi pasar yang bisa kamu kunjungi di sini, yang membuat Hongkong menjadi salah satu surganya belanja.

Mong Kok Ladies’ Market misalnya. Pasar ini memiliki lebih dari 100 kios yang menjual hampir semua hal, mulai dari souvenir hingga jam tangan tiruan dan pakaian murah. Kemudian ada pula Jade Market, yang merupakan pusat batu-batu perhiasan. Di sini kamu bisa mendapatkan mutiara dan batu giok yang terjangkau, meskipun sebaiknya Anda melakukan riset sebelum memutuskan untuk membeli. Anda tidak dapat meninggalkan Hongkong tanpa berjalan-jalan di Cat Street. Pasar ini merupakan pusat barang antik terbaik yang bisa kamu temukan di Hongkong.

3. Pusat Warisan dan Seni Tai Kwun

Pusat Warisan dan Seni Tai Kwun akhirnya dibuka dan dialihfungsikan sebagai tempat wisata Hongkong, setelah sebelumnya berfungsi sebagai rumah tahanan. Setelah mengalami renovasi yang memakan banyak biaya, tempat wisata Hongkong ini sekarang menjadi tempat belanja yang menarik. Kamu bisa menemukan ratusan butik, restoran, bar, pameran seni, dan museum. Nikmati makan malam mewah di The Chinese Library atau minuman di Dragonfly yang mewah.

4. Lan Kwai Fong

Tempat wisata Hongkong berikutnya adalah Lan Kwai Fong. Bagi kamu yang suka wisata malam, tempat ini menjadi destinasi yang paling cocok untuk kamu. Kamu bisa hangout bersama teman-teman, menikmati kuliner, dan belanja di sana. Di Lan Kwai Fong terdapat berbagai kafe, bar, resto, club, dan tempat hiburan lainnya.

 

3 dari 7 halaman

5. Kuil Man Mo

Terselip di Jalan Hollywood Sheung Wan, Kuil Man Mo merupakan tempat wisata Hongkong yang memiliki daya tarik berupa interior yang sangat menarik. Kuil ini dibangun untuk Man Cheong (dewa sastra) dan Mo Tai (dewa perang). Kuil Man Mo adalah kuil yang sangat ramai menjelang ujian sekolah. Di sinilah para siswa berdoa agar diberi kemudahan dalam menghadapi ujian. Menariknya lagi, di kuil ini kamu diperkenankan mengambil beberapa foto, tapi pastikan untuk tidak mengganggu orang-orang yang sedang berdoa.

6. Buddha Tian Tan

Buddha Tian Tan, atau yang juga dikenal sebagai Buddha Besar, adalah tempat wisata Hongkong yang sangat ikonik. Patung Buddha setinggi 34 meter ini berdiri di atas Biara Po Lin. Ini adalah salah satu tempat wisata Hongkong yang tidak pernah sepi pengunjung.

7. Golden Bauhinia Square

Terletak di dekat pelabuhan Kowloon, Golden Bauhinia Square merupakan salah satu tempat wisata Hongkong yang paling terkenal. Di sini, kamu bisa melihat bunga yang terus mekar. Bunga ini menandai lokasi penyerahan wilayah ini ke Daerah Administratif Khusus Hong Kong pada tahun 1997.

8. Happy Valley Racecourse

Sejak Inggris mengubah beberapa rawa Pulau Hong Kong menjadi arena pacuan kuda pada tahun 1845, Happy Valley telah menjadi salah satu tempat pacuan kuda paling legendaris di dunia. Balapan berlangsung pada Rabu malam, dan hampir seluruh Hong Kong keluar untuk bermain.

4 dari 7 halaman

9. Hongkong Disneyland

Tempat wisata Hongkong yang mungkin muncul di pikiran banyak orang pertama kali adalah Hongkong Disneyland. Banyak aktivitas seru yang bisa kamu nikmati di Hongkong Disneyland, seperti parade karakter Disney, mulai dari tokoh kartun, hingga tokoh superhero Disney. Selain itu, banyak wahana permainan yang juga bisa kamu coba, mulai dari wahana yang ringan hingga wahana yang memacu adrenalin bagi kamu pencinta permainan ekstrem.

10. Ocean Park

Ocean Park merupakan salah satu tempat wisata Hongkong terpopuler. Ocean Park menjadi surganya dunia bawah laut, di mana atraksi utama dari tempat ini adalah Grand Aquarium. Memiliki luas kurang lebih 17 hektar, Ocean Park terbagi menjadi dua bagian yaitu The Waterfront dan The Summit.

11. Victoria Peak

Victoria Peak menyajikan pemandangan Kota Hongkong dari titik tertinggi di wilayah Hongkong Island. Saat kamu mengunjungi Victoria Peak, kamu juga harus menaiki The Peak Tram yang merupakan kereta kabel pertama di Asia dan sudah dioperasikan mulai tahun 1888. Di Victoria Peak kamu juga bisa berkunjung ke Madame Tussauds Wax Museum Hongkong atau musium patung lilin seperti yang berada di London.

12. Sky100 (Hong Kong Observation Deck)

Tempat wisata Hongkong berikutnya adalah Sky100. Dari tempat wisata Hongkong ini, kamu bisa melihat pemandangan Hongkong secara 360 derajat. Untuk dapat menikmatinya, kamu harus naik ke puncak menara di lantai 100. Tempat wisata ini dilengkapi dengan jaringan transportasi yang cukup baik sehingga tidak sulit bagi turis yang ingin ke sini.

5 dari 7 halaman

13. Lion Rock

Lion Rock merupakan tempat wisata Hongkong berupa jalur pendakian yang menantang. Lokasinya berada di antara daerah Kowloon Tong dan Tai Wai. Puncak perbukitan setinggi hampir 500 meter tersebut berupa batuan granit yang bentuknya mirip singa yang sedang duduk.

14. 10.000 Buddha Monastery

Tempat wisata Hongkong berikutnya adalah 10.000 Buddha Monastery atau biara sepuluh ribu Buddha. Wisata yang berlokasi di Sha Tin menawarkan suasana pedesaan yang jauh dari hiruk pikuk pusat kota. Dalam perjalanan menuju puncak bukit lokasi biara berada, kamu akan disuguhi patung Buddha bercat emas pada di kanan kiri dengan ekspresi dan pose yang berbeda-beda.

15. Ngong Ping 360

Tempat wisata Hongkong yang terkenal lainnya adalah Ngong Ping 360 yaitu kereta gondola dengan akses menghubungkan Pulau Lantau ke Central Hongkong.

16. Pulau Lantau

Tempat wisata Hongkong terpopuler berikutnya adalah Pulau Lantau. Tempat wisata ini bisa mengenali sisi spiritual Hongkong melakukan perjalanan sehari ke Pulau Lantau. Di sini, kamu akan naik kereta gantung, melewati pegunungan yang menjulang tinggi di pulau tersebut. Tempat wisata yang bisa dikunjungi di pulau ini adalah Buddha Tian Tian yang megah, Biara Po Lin yang penuh warna, dan Wisdom Path yang tenang.

6 dari 7 halaman

17. Pulau Lamma

Pulau Lamma juga termasuk salah satu tempat wisata Hongkong populer yang sayang jika Anda lewatkan. Pulau Lamma, juga dikenal sebagai Pulau Y atau Pok Liu Chau, yakni salah satu objek wisata alam yang dapat memberikan kesempatan untuk melihat pemandangan yang indah dan damai. Pulau ini memiliki kafe yang apik, toko kerajinan yang lucu, dan toko butik yang menawarkan berbagai koleksi baju cantik.

18. Tai Long Wan Beach

Tempat wisata Hongkong yang bernuansa alam adalah Tai Long Wan Beach. Meski pantainya sedikit terpencil, namun tempat wisata ini menawarkan suasana pesisir yang eksotis dan menakjubkan.

19. Dragon’s Back

Dragons Back adalah tempat wisata Hongkong berupa jalur pendakian di Shek O yang berada di bagian selatan Hong Kong. Jalur pendakian ini sangat panjang dan berliku, layaknya punggung naga. Namun rasa lelah akan terbayarkan di atas puncak Shek O, kamu bisa mendapati pemandangan alam yang memesona.

7 dari 7 halaman

20. Avenue of Stars

Tempat wisata Hongkong yang selanjutnya adalah Avenue of Stars. Industri film Hongkong salah satu yang mengenalkan aksi kungfu ke dunia. Sebagai bentuk apresiasi untuk para pemain film Hongkong dibuatlah Avenue of Stars, atraksi wisata serupa Hollywood Walk Of Fame di Amerika. Di sini kamu akan menemukan nama-nama artis Hongkong beserta cetakan telapak tangan seperti Jackie Chan, Jet Li, dan paling fenomenal adalah patung Bruce Lee.

21. Repulse Bay

Repulse Bay merupakan tempat wisata Hongkong berupa pantai modern. Pasir lembutnya yang berwarna putih dan bentuknya yang unik menyerupai bulan sabit, menjadikan pantai ini terkenal hingga internasional.

22. A Symphony of Lights

Tempat wisata Hongkong yang satu ini akan menyajikan pertunjukan lampu malam yang menarik diiringi dengan alunan musik yang indah. A Symphony of Lights juga menjadi salah satu pertunjukkan cahaya dan musik terbesar dunia yang dicatat oleh Guinness World Records. A Symphony of Lights menjadi pertunjukan cahaya dan musik terbesar di dunia karena lampu yang digunakan berada di lebih dari 40 gedung pencakar langit yang ada di Hongkong.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS