Sukses

8 Cara Merebus Daun Sirsak yang Benar, Simak Manfaatnya sebagai Obat Berbagai Penyakit

Liputan6.com, Jakarta Cara merebus daun sirsak yang benar tentu harus memperhatikan untuk apa rebusan daun sirsak tersebut digunakan. Manfaat daun sirsak dikenal bisa mengobati beberapa jenis penyakit.

Rebusan daun sirsak dipercaya dapat mengobati sejumlah penyakit seperti kanker, asam urat, rematik, diabetes, bisul, bahkan menyingkirkan kutu. Namun penting untuk diketahui, cara merebus daun sirsak bisa berbeda-beda tergantung kebutuhannya.

Meski daun sirsak memiliki berbagai manfaat untuk mengatasi berbagai macam penyakit, namun cara merebus daun sirsak berbeda-beda. Perbedaan cara merebus daun sirsak ini sebenarnya lebih terletak pada takarannya.

Untuk suatu penyakit, berapa lembar daun sirsak yang diperlukan tentu saja berbeda dengan penyakit lainnya. Untuk mengetahui bagaimana cara merebus daun sirsak, berikut adalah cara merebus daun sirsak berdasarkan penggunaannya, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (14/11/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

1. Cara Merebus Daun Sirsak sebagai Obat Kanker

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa daun sirsak dapat menghambat sel kanker lebih cepat dan efektif dibanding kemoterapi. Sirsak juga memiliki bahan aktif 1000 kali lebih kuat daripada kemoterapi. Untuk mendapatkan manfaat ini, daun sirsak harus direbus dahulu dan dikonsumsi air rebusannya.

Cara merebus daun sirsak untuk dijadikan obat kanker adalah sebagai berikut:

a. Siapkan 10 lembar daun sirsak

b. rebus dalam air mendidih sejumlah dua gelas

c. tuangkan dalam satu gelas cangkir.

d. Minum ramuan ini setiap pagi selama 3-4 minggu.

2. Cara merebus daun sirsak sebagai obat asam urat

Rebusan daun sirsak juga dipercaya dapat mengobati asam urat. Bahkan, banyak obat-obatan lain yang menggunakan bahan baku daun sirsak. Cara merebus daun sirsak untuk digunakan sebagai obat asam urat adalah sebagai berikut:

a. siapkan 6-10 lembar daun sirsak yang sudah tua tapi masih hijau

b. cuci bersih daun sirsak

c. kemudian rebus ke dalam air mendidih

d. Ekstrak air daun sirsak menjadi setengah gelas, lalu diminum

e. Minum ramuan ini pagi dan sore hari untuk mendapatkan hasil maksimal.

3 dari 6 halaman

3. Cara merebus daun sirsak sebagai obat diabetes

Selain sebagai obat kanker dan asam urat, daun sirsak juga dipercaya memiliki khasiat untuk mengobati diabetes. Adapun cara merebus daun sirsak untuk digunakan sebagai obat diabetes antara lain sebagai berikut:

a. siapkan beberapa lembar daun sirsak

b. rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih

c. lalu minum sisa satu gelas rebusan daun sirsak secara rutin.

Selain dapat diminum langsung, rebusan daun sirsak juga bisa digunakan untuk menyeduh teh dengan campuran bahan herbal lain.

4. Cara merebus daun sirsak untuk obat darah tinggi

Daun sirsak juga dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Ini tidak lepas dari kandungan antioksidan dalam daun sirsak mampu melenturkan pembuluh darah agar berjalan dengan lebih lancar. Cara merebus daun sirsak untuk obat darah tinggi antara lain adalah sebagai berikut:

a. rebus 8 helai daun sirsak bersama dengan 3 gelas air.

b. minum sisa satu gelas rebusan daun sirsak

c. Konsumsi air rebusan ini pada pagi dan malam hari, dan minum 3 kali seminggu.

4 dari 6 halaman

5. Cara merebus daun sirsak untuk turunkan kolesterol

Daun sirsak memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, yang mampu membantu mencegah dan menurunkan kadar kolesterol. Dengan adanya antioksidan ini, kandungan kolesterol di dalam tubuh dapat lebih terkontrol. Untuk menurunkan kolesterol, cara merebus daun sirsak adalah sebagai berikut:

a. ambil beberapa lembar daun sirsak

b. rebus dengan tiga gelas air sampai menyisakan setengah gelas

c. minum air rebusan daun sirsak tersebut setiap hari.

6. Cara merebus daun sirsak untuk menghilangkan kutu

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, salah satu manfaat daun sirsak di antaranya adalah dapat menghilangkan kutu. Kutu rambut tentu saja sangat mengganggu dan membuat tidak nyaman. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa menggunakan air rebusan daun sirsak. Cara merebus daun sirsak untuk menghilang kutu adalah sebagai berikut:

a. Rebus beberapa lembar daun sirsak dalam air yang cukup untuk keramas.

b. Setelah mendidih, tunggu air sampai dingin.

c. gunakan air tersebut untuk mencuci rambut.

5 dari 6 halaman

7. Cara merebus daun sirsak untuk tingkatkan kesuburan

Bagi Anda yang sulit mendapatkan keturunan, rebusan daun sirsak mungkin bisa menjadi solusinya. Daun sirsak juga terbukti dapat membantu meningkatkan produksi jumlah sperma pada pria dan memperkuat rahim pada wanita.

Caranya:

a. Siapkan beberapa lembar daun sirsak.

b. cuci daun sirsak hingga bersih

c. rebus dengan tiga gelas air hingga mendidih

d. kemudian minum air rebusannya.

8. Cara merebus daun sirsak untuk menghilangkan kista ovarium

Kista ovarium adalah kondisi yang biasanya dialami oleh wanita. Jika tidak segera diobati, kista ovarium dapat berkembang menjadi kanker. Namun, Anda dapat mencegahnya dengan mengonsumsi air rebusan daun sirsak.

Cara merebus daun sirsak untuk menghilangkan kista:

a. siapkan 10 lembar daun sirsak

b. rebus dengan tiga gelas air hingga mendidih sampai menyisakan setengah gelas

c. lalu minum air rebusannya setiap pagi.

Demikian adalah sejumlah cara merebus daun sirsak untuk digunakan sebagai obat berbagai jenis penyakit, termasuk untuk menghilangkan kutu rambut.

6 dari 6 halaman

Kontraindikasi

Meski rebusan daun sirsak dapat digunakan sebagai obat berbagai penyakit, namun konsumsi air rebusan daun sirsak tidak dianjurkan untuk orang-orang dengan kondisi tertentu. Sebab, bagi orang-orang dengan kondisi tertentu, konsumsi rebusan daun sirsak hanya akan mendatangkan efek samping. Daun sirsak tidak dianjurkan untuk dikonsumsi untuk dikonsumsi oleh orang-orang dengan kondisi sebagai berikut:

1. Tengah menjalani pengobatan untuk diabetes.

2.Memiliki tekanan darah atau kadar trombosit yang rendah.

3. Hendak menjalani pemeriksaan pencitraan dengan teknologi nuklir (nuclear imaging).

4. Menderita penyakit Parkinson, gangguan ginjal, atau gangguan hati.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS