Sukses

Gejala Penyakit Tiroid, Pahami Juga Penyebab dan Pengobatannya

pengertian penyakit tiroid, penyebab penyakit tiroid, gejala penyakit tiroid dan cara pengobatan penyakit tiroid.

Liputan6.com, Jakarta Penyakit tiroid adalah penyakit yang mencangkup berbagai kondisi kesehatan yang mempengaruhi fungsi dan struktur dari jaringan kelenjar tiroid. Kelenjar tiroid adalah organ kecil yang memiliki bentuk seperti kupu-kupu dan terletak pada area di dekat leher dan trakea.

Gejala penyakit tiroid bisa sangat mengganggu metabolisme seluruh tubuh, karena kelenjar ini memiliki fungsi untuk menghasilkan hormon yang berperan penting dalam proses metabolisme tubuh, yang kemudian dapat memicu gangguan kesehatan lain yang perlu diwaspadai. Mengetahui gejala penyakit tiroid, meningkatkan kesadaran kita akan bahaya penyakit ini.

Untungnya penyakit tiroid bukan termasuk penyakit menular, namun termasuk dalam penyakit yang dapat diturunkan antar generasi. Banyak disebabkan oleh kebiasaan yang tidak sehat, penyakit tiroid dapat diderita oleh siapa saja dari segala rentang usia dan gender dengan gejala yang hampir sama. 

Lebih lengkapnya, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Kamis (10/11/2022). Tentang pengertian penyakit tiroid, penyebab penyakit tiroid, gejala penyakit tiroid dan cara pengobatan penyakit tiroid.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Apa Itu Penyakit Tiroid?

Penyakit Tiroid

Kelenjar tiroid adalah organ kecil yang terletak di bagian depan leher, melilit tenggorokan (trakea). Ini berbentuk seperti kupu-kupu, lebih kecil di tengah dengan dua sayap lebar yang memanjang di sekitar sisi tenggorokan anda. 

Tiroid adalah kelenjar. Anda memiliki kelenjar di seluruh tubuh anda, di mana mereka membuat dan melepaskan zat yang membantu tubuh anda melakukan hal tertentu. Tiroid anda membuat hormon yang membantu mengendalikan banyak fungsi vital tubuh anda.

Ketika tiroid anda tidak bekerja dengan baik, itu dapat berdampak pada seluruh tubuh anda. Jika tubuh anda membuat terlalu banyak hormon tiroid, anda dapat mengembangkan kondisi yang disebut hipertiroidisme. Jika tubuh anda membuat terlalu sedikit hormon tiroid, itu disebut hipotiroidisme. Kedua kondisi ini serius dan perlu ditangani oleh penyedia layanan kesehatan.

Penyakit tiroid adalah istilah umum untuk kondisi medis yang membuat tiroid anda tidak menghasilkan jumlah hormon yang tepat. Tiroid anda biasanya membuat hormon yang membuat tubuh anda berfungsi normal. 

Ketika tiroid membuat terlalu banyak hormon tiroid, tubuh anda menggunakan energi terlalu cepat. Ini disebut hipertiroidisme. Menggunakan energi terlalu cepat akan lebih dari sekadar membuat anda lelah, hal ini juga dapat membuat jantung anda berdetak lebih cepat, menyebabkan anda menurunkan berat badan tanpa berusaha dan bahkan membuat anda merasa gugup. 

Di sisi lain, tiroid anda dapat membuat terlalu sedikit hormon tiroid. Ini disebut hipotiroidisme. Bila anda memiliki terlalu sedikit hormon tiroid dalam tubuh anda, itu bisa membuat anda merasa lelah, anda mungkin menambah berat badan dan anda bahkan mungkin tidak dapat mentolerir suhu dingin.

3 dari 5 halaman

Penyebab Penyakit Tiroid

Penyebab Penyakit Tiroid

Dua jenis utama penyakit tiroid yang umum ditemui adalah hipotiroidisme dan hipertiroidisme. Kedua kondisi tersebut dapat disebabkan oleh penyakit lain yang mempengaruhi cara kerja kelenjar tiroid. 

Kondisi yang dapat menyebabkan hipotiroidisme meliputi:

1. Tiroiditis : Kondisi ini merupakan peradangan (pembengkakan) kelenjar tiroid. Tiroiditis dapat menurunkan jumlah hormon yang dihasilkan tiroid Anda.

2. Tiroiditis Hashimoto : Penyakit tanpa rasa sakit, Tiroiditis Hashimoto adalah kondisi autoimun di mana sel-sel tubuh menyerang dan merusak tiroid. Ini adalah kondisi yang diwariskan.

3. Tiroiditis pascapersalinan : Kondisi ini terjadi pada 5% hingga 9% wanita setelah melahirkan. Ini biasanya kondisi sementara.

4. Kekurangan yodium : Yodium digunakan oleh tiroid untuk menghasilkan hormon. Kekurangan yodium adalah masalah yang mempengaruhi beberapa juta orang di seluruh dunia..

5. Kelenjar tiroid yang tidak berfungsi : Terkadang, kelenjar tiroid tidak bekerja dengan benar sejak lahir. Ini mempengaruhi sekitar 1 dari 4.000 bayi baru lahir. Jika tidak diobati, anak tersebut dapat memiliki masalah fisik dan mental di masa depan. Semua bayi baru lahir diberikan tes darah skrining di rumah sakit untuk memeriksa fungsi tiroid mereka.

 

Sedangkan kondisi yang dapat menyebabkan hipertiroidisme meliputi:

1. Penyakit Graves : Dalam kondisi ini seluruh kelenjar tiroid mungkin terlalu aktif dan menghasilkan terlalu banyak hormon. Masalah ini juga disebut gondok toksik difus (pembesaran kelenjar tiroid).

2. Nodul : Hipertiroidisme dapat disebabkan oleh nodul yang terlalu aktif di dalam tiroid. Nodul tunggal disebut nodul tiroid toksik yang berfungsi secara otonom, sedangkan kelenjar dengan beberapa nodul disebut gondok multinodular toksik.

3. Tiroiditis : Gangguan ini bisa terasa nyeri atau tidak terasa sama sekali. Pada tiroiditis, tiroid melepaskan hormon yang disimpan di sana. Ini bisa berlangsung selama beberapa minggu atau bulan.

4. Yodium berlebihan : Bila anda memiliki terlalu banyak yodium dalam tubuh anda, tiroid membuat lebih banyak hormon tiroid daripada yang dibutuhkan. Yodium yang berlebihan dapat ditemukan dalam beberapa obat (amiodarone, obat jantung) dan sirup obat batuk.

4 dari 5 halaman

Gejala Penyakit Tiroid

Gejala Penyakit Tiroid

Ada berbagai gejala yang bisa anda alami jika memiliki penyakit tiroid. Sayangnya, gejala kondisi tiroid seringkali sangat mirip dengan tanda-tanda kondisi medis lain. Ini dapat menyulitkan untuk mengetahui apakah gejala terkait dengan masalah tiroid atau bukan.

Namun secara garis besar, gejala penyakit tiroid dapat dibagi menjadi dua kelompok, yaitu yang terkait dengan terlalu banyak hormon tiroid (hipertiroidisme) dan yang terkait dengan terlalu sedikit hormon tiroid (hipotiroidisme).

Gejala tiroid yang terlalu aktif (hipertiroidisme) meliputi:

- Mengalami kecemasan, lekas marah dan gugup.

- Mengalami kesulitan tidur.

- Kehilangan berat badan.

- Memiliki kelenjar tiroid yang membesar atau gondok .

- Mengalami kelemahan otot dan tremor.

- Mengalami periode menstruasi yang tidak teratur atau siklus menstruasi Anda berhenti.

- Merasa sensitif terhadap panas.

- Mengalami masalah penglihatan atau iritasi mata.

 

Gejala tiroid yang kurang aktif (hipotiroidisme) dapat meliputi:

- Merasa lelah (fatigue).

- Bertambah berat badan.

- Mengalami lupa.

- Memiliki periode menstruasi yang sering dan berat .

- Memiliki rambut kering dan kasar.

- Memiliki suara yang serak.

- Mengalami intoleransi terhadap suhu dingin.

5 dari 5 halaman

Pengobatan Penyakit Tiroid

Pengobatan Penyakit Tiroid

Tujuan utama pengobatan tiroid adalah mengembalikan kadar hormon tiroid menjadi normal. Ini dapat dilakukan dengan berbagai cara dan setiap perawatan akan tergantung pada penyebab kondisi tiroid.

Jika anda memiliki kadar hormon tiroid (hipertiroidisme) yang tinggi, pilihan pengobatan dapat mencakup:

- Obat anti-tiroid : Ini adalah obat yang menghentikan produksi hormon tiroid.

- Yodium radioaktif : Perawatan ini merusak sel-sel tiroid, mencegahnya menghasilkan hormon tiroid tingkat tinggi.

- Beta blocker : Obat-obatan ini tidak mengubah jumlah hormon dalam tubuh, tetapi membantu mengendalikan gejala yang muncul.

- Pembedahan : Suatu bentuk perawatan yang lebih permanen, penyedia layanan kesehatan anda dapat mengangkat tiroid anda melalui pembedahan. Ini akan menghentikan tiroid dari menciptakan hormon. Namun, anda perlu mengonsumsi hormon pengganti tiroid selama sisa hidup anda.

 

Jika anda memiliki kadar hormon tiroid yang rendah (hipotiroidisme), pilihan pengobatan utama adalah:

- Obat pengganti tiroid : Obat ini adalah cara sintetis (buatan manusia) untuk menambahkan kembali hormon tiroid ke dalam tubuh anda. Salah satu obat yang biasa digunakan adalah levothyroxine. Dengan menggunakan obat, anda dapat mengontrol penyakit tiroid dan menjalani kehidupan normal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.