Sukses

8 Cara Mengatasi Saraf Kejepit Tanpa Operasi, Pahami Juga Gejala dan Penyebabnya

Cara mengatasi saraf kejepit tanpa operasi yang bisa dicoba secara mandiri di rumah.

Liputan6.com, Jakarta Cara mengatasi saraf kejepit tidak selalu harus melalui jalur operasi, nyatanya terdapat beberapa cara mengatasi saraf kejepit rumahan yang bisa dilakukan secara mandiri untuk mengurangi rasa sakit yang diakibatkan oleh saraf kejepit. 

Saraf kejepit terjadi saat bantalan lembut pada jaringan yang terletak di antara tulang di tulang belakang terdorong keluar. Kondisi ini kemudian menimbulkan rasa sakit, mati rasa dan kelemahan pada anggota tubuh yang terkena. Dapat dialami oleh siapa saja, penting unuk mengetahui cara mengatasi saraf kejepit.

Cara mengatasi saraf kejepit secara mandiri ini, bisa diterapkan untuk gejala ringan di area-area umum yang kerap kali mengalami saraf kejepit. Seperti leher, bahu, pergelangan tangan, siku, punggung atas, punggung bawah dan lain sebagainya.

Lantas bagaimana cara mengatasi saraf kejepit? Berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber tentang cara mengatasi saraf kejepit tanpa operasi yang bisa dicoba secara mandiri di rumah, Selasa (8/11/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Apa Itu Saraf Kejepit?

Sakit punggung, leher kaku atau nyeri lengan dan kaki anda mungkin disebabkan oleh saraf kejepit. Saraf di tulang belakang dan bagian lain dari tubuh anda dapat ditekan oleh jaringan di sekitarnya, menyebabkan rasa sakit, mati rasa dan kesemutan. 

Sebagian besar saraf kejepit berasal dari leher (radikulopati servikal), punggung tengah atas (radikulopati toraks), atau punggung bawah (radikulopati lumbal). Anda juga dapat mengalami saraf kejepit di tangan, siku, dan pergelangan tangan anda ( sindrom terowongan karpal untuk pergelangan tangan).

Saraf kejepit dapat mempengaruhi beberapa area tubuh anda, seperti:

- Saraf kejepit di tulang belakang leher dapat membuat leher kaku, dan rasa sakit serta mati rasa dapat memengaruhi bahu dan lengan.

- Saraf lumbal yang terjepit di punggung bawah dapat menyebabkan rasa sakit di punggung, pinggul, bokong dan kaki anda.

- Radikulopati toraks menyebabkan nyeri di area dada. Jika anda mengalami nyeri dada yang parah, berhati-hatilah dan hubungi penyedia layanan kesehatan anda.

Saraf kejepit bisa menyakitkan, tetapi biasanya dapat diobati dengan istirahat, obat bebas, dan terapi fisik. Kebanyakan orang dapat pulih sepenuhnya dari saraf kejepit. Saraf kejepit yang tidak diobati bisa menjadi serius, menyebabkan nyeri kronis atau bahkan menyebabkan kerusakan saraf permanen. 

Cairan dan pembengkakan akibat saraf kejepit juga dapat menyebabkan kerusakan permanen pada saraf, jadi pastikan untuk menghubungi penyedia layanan kesehatan terdekat sesegera mungkin jika gejala anda memburuk atau tidak membaik setelah beberapa hari pengobatan secara mandiri.

3 dari 5 halaman

Penyebab dan Gejala Saraf Kejepit

Beberapa kondisi dapat menyebabkan jaringan atau tulang menekan saraf dan menimbulkan saraf kejepit. Diantaranya adalah:

- Rheumatoid arthritis menyebabkan peradangan pada persendian yang dapat menekan saraf di dekatnya.

- Penuaan menyebabkan keausan pada tulang belakang dan cakramnya. Seiring waktu, cakram tulang belakang dapat kehilangan kadar air dan menjadi rata. Vertebra (tulang di sumsum tulang belakang) bergerak lebih dekat, dan sebagai respons tubuh membentuk pertumbuhan tulang. Pertumbuhan tulang ini dapat menekan saraf.

- Cedera mendadak akibat olahraga atau kecelakaan dapat mengakibatkan saraf kejepit. - Gerakan mengangkat, menarik atau memutar yang canggung dapat menyebabkan herniasi diskus.

- Melakukan gerakan berulang, seperti mengetik dalam waktu lama pada keyboard, dapat menyebabkan stres pada pergelangan tangan dan tangan anda. Hal ini dapat menyebabkan carpal tunnel syndrome (peradangan tendon yang menekan saraf median di lengan).

- Obesitas: Kelebihan berat badan dapat membengkakkan jalur saraf anda, memberi tekanan pada saraf.

- Kehamilan: Berat badan ekstra dapat menyebabkan saraf terkompresi.

- Diabetes: Kadar glukosa (gula) yang tinggi dalam darah merusak saraf anda.

 

Gejala Saraf Kejepit

Terdapat beberapa gejala yang muncul saat seseorang mengalami saraf kejepit, namun secara umum berikut ini gelaja yang muncul saat anda mengalami saraf kejepit:

- Nyeri (nyeri tajam atau tumpul).

- Mati rasa.

- Kelemahan otot.

- Kesemutan (sensasi "pin dan jarum").

- Sensasi bahwa tangan atau kaki anda tertidur.

4 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Saraf Kejepit Tanpa Operasi

1. Tidur dan istirahat ekstra

Tidur sangat penting untuk penyembuhan saraf. Tubuh memperbaiki dirinya sendiri selama tidur, jadi memberikan lebih banyak waktu untuk melakukannya dapat membantu mengurangi gejala lebih cepat. Dalam banyak kasus, mengistirahatkan area yang terkena dan tidur lebih lama sudah cukup untuk memungkinkan saraf kejepit sembuh dengan sendirinya.

Saat merawat saraf kejepit, penting juga untuk tidak menggunakan saraf secara berlebihan. Kerusakan saraf dapat diperburuk dengan penggunaan yang berlebihan. Seseorang dengan saraf kejepit harus menghindari gerakan yang mengiritasi saraf. Mereka juga harus mencoba tidur dalam posisi yang mengurangi tekanan pada saraf.

 

2. Perubahan postur

saraf kejepit dapat disebabkan oleh atau diperburuk oleh postur tubuh yang buruk. Duduk atau berdiri dengan postur yang salah untuk waktu yang lama memberikan tekanan yang tidak perlu pada tubuh, yang dapat merusak tulang belakang dan otot, yang menyebabkan saraf kejepit. Menggunakan bantal, kursi yang dapat disesuaikan, dan sandaran leher saat duduk dapat membantu mengurangi tekanan dan memungkinkan saraf untuk sembuh.

 

3. Peregangan dan yoga

Peregangan lembut dan yoga dapat membantu meredakan ketegangan dan tekanan di area tersebut. Penting untuk tidak melakukan peregangan terlalu dalam, karena dapat memperburuk gejala. Jika seseorang mengalami rasa sakit atau ketidaknyamanan saat berolahraga, mereka harus segera berhenti untuk menghindari kerusakan saraf lebih jauh.

 

4. Pijat atau terapi fisik

Pijat juga dapat membantu mengurangi rasa sakit dan stres fisik. Menerapkan tekanan lembut di sekitar area yang terkena dapat membantu meredakan ketegangan, dan pijatan seluruh tubuh dapat membantu otot-otot rileks. 

Pijat jaringan dalam mungkin bukan ide yang baik karena tekanan ekstra dapat memperburuk gejala. Terapi fisik, menggunakan kombinasi olahraga, pijat, dan peregangan lembut, dapat membantu meringankan gejala.

5 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Saraf Kejepit Tanpa Operasi

5. Belat

Jika memungkinkan, mengenakan belat pada area yang terkena dapat membantu mencegah kerusakan lebih lanjut dan membantu penyembuhan saraf. Ini adalah perawatan standar untuk saraf kejepit di tangan dan pergelangan tangan. Banyak orang juga tidur dengan belat untuk mencegah iritasi di malam hari dan membantu mereka tidur. Belat akan membantu menghilangkan tekanan pada saraf.

 

6. Tinggikan kaki

Orang dengan saraf kejepit di punggung mungkin merasa lega dengan mengangkat kaki mereka untuk menghilangkan tekanan dari tulang belakang. Seseorang dapat mencapai ini dengan meletakkan beberapa bantal di bawah lutut mereka, sehingga kaki mereka berada pada sudut 45 derajat ke tubuh.

 

7. Kompres es dan panas

Bergantian antara kompres  panas dan kompres es dapat membantu mengurangi pembengkakan dan peradangan dalam banyak kasus. Kombinasi panas dan dingin meningkatkan sirkulasi darah segar ke area tersebut, yang dapat membantu menghilangkan rasa sakit.

Pegang kompres es di atas area yang terkena selama sekitar 15 menit setiap kali, tiga kali sehari untuk membantu mengurangi peradangan. Bantalan panas dapat diterapkan untuk waktu yang lebih lama, hingga 1 jam, tiga kali sehari.

 

8. Perubahan gaya hidup

Dalam jangka panjang, menambahkan olahraga berdampak rendah, seperti berjalan, berenang, atau bersepeda, ke dalam rutinitas harian dapat membantu mengurangi gejala dan menjaga kebugaran tubuh. 

Menurunkan berat badan ekstra dapat membantu mengurangi tekanan pada saraf, dan mobilitas tambahan dari olahraga teratur dapat mengurangi peradangan. Peregangan sebelum atau sesudah latihan berdampak rendah dapat membantu menjaga tubuh tetap fleksibel dan mengurangi tekanan dan peradangan di dekat saraf.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.