Sukses

7 Manfaat Nasi untuk Kesehatan, Lebih Baik Nasi Putih atau Nasi Merah?

Manfaat nasi sangat baik menjaga berat badan hingga mencegah penyakit kronis.

Liputan6.com, Jakarta - Manfaat nasi untuk kesehatan tidak perlu diragukan lagi, melimpah. Ada dua jenis nasi yang paling sering dikonsumsi, yakni nasi putih dari beras putih dan nasi merah dari beras merah. Lebih baik yang mana?

WebMD mengungkap hampir setengah dari populasi penduduk di dunia mendapatkan kalori dari nasi. Melansir dari BBC Good Food dan WebMD, pada Senin (31/10/2022) ada tujuh manfaat nasi untuk kesehatan yang perlu diketahui.

Manfaat nasi untuk kesehatan sangat baik untuk menjaga berat badan, meningkatkan energi, mencegah penyakit kronis seperti menurunkan risiko penyakit jantung dan menurunkan risiko kanker. Dari segudang manfaat nasi ini, nasi merah lebih baik daripada nasi putih.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tujuh manfaat nasi untuk kesehatan yang jarang diketahui, Senin (31/10/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Manfaat Nasi untuk Kesehatan

Manfaat nasi putih dan nasi merah untuk kesehatan sangat luar biasa. Melansir dari BBC Good Food, ini penjelasan manfaat nasi untuk kesehatan yang dimaksudkan:

1. Menjaga Berat Badan

Beras merah yang diolah menjadi nasi merah mengandung serat dan protein. Kedua kandungan ini menjadikan manfaat nasi untuk kesehatan baik menjaga berat badan. Mereka memiliki efek mengenyangkan dan berkontribusi pada indeks glikemik (GI) yang lebih rendah jika dibandingkan dengan beras putih.

Ini berarti karbohidrat yang dipasok oleh sebagian beras merah diubah menjadi energi dengan lebih maksimal.  Selain itu, memilih nasi merah daripada nasi putih dapat membantu mengurangi glukosa darah dan kadar insulin. Semua itu membuat manfaat nasi untuk kesehatan mampu menstabilkan tingkat energi, mencegah mengidam, dan membantu manajemen berat badan.

Apakah nasi putih bisa berdampak buruk bagi kesehatan? Belum ada penelitian pasti, tetapi para ahli memperkirakan porsi besar nasi putih yang dimakan secara teratur, dapat menyebabkan peningkatan kadar gula darah, yang seiring waktu dapat meningkatkan risiko sindrom metabolik, termasuk penambahan berat badan.

2. Meningkatkan Energi dan Mengembalikan Kadar Glikogen

Atlet, sering memilih nasi putih sebagai sumber energi yang disukai, terutama untuk mengisi bahan bakar setelah berolahraga. Berasal dari mana manfaat nasi untuk kesehatan ini?

Manfaat nasi putih untuk meningkatkan energi serta mampu mengembalikan kadar glikogen, berasal dari karbohidratnya. Ini karena karbohidrat olahan, seperti nasi putih, termasuk penghasil karbohidrat cepat dan mudah didapat untuk mengisi kembali glikogen otot setelah melakukan aktivitas fisik.

3. Mudah Dicerna Sistem Pencernaan

Nasi putih dan nasi merah dari beras merah sama-sama mudah dicerna oleh sistem pencernaan. Manfaat nasi untuk kesehatan ini berasal dari kandungan seratnya yang cukup. Nasi putih cukup serat dan bila dimasak dan disajikan dengan benar tidak akan menyebabkan gangguan lambung.

Adanya manfaat nasi untuk kesehatan ini cocok bagi penderita asam lambung, GERD, maag, dan sejenisnya. Begitu pula, ini inklusi yang berguna bagi mereka yang menderita mulas atau mual serta selama flare-up yang terkait dengan kondisi seperti divertikulitis dan penyakit Crohn.

4. Ini Biji-Bijian Bebas Gluten

Nasi aman dikonsumsi karena ini termasuk biji-bijian bebas gluten. Bebas gluten menjadikan manfaat nasi untuk kesehatan cocok dijadikan menu pilihan bagi mereka yang memiliki penyakit celiac atau sensitivitas gluten non-celiac.

Varietas gandum utuh berwarna coklat sangat baik karena mampu memasok serat tidak larut, yang meningkatkan fungsi pencernaan dan 'memberi bahan bakar' bakteri usus baik yang sangat penting bagi kesehatan.

3 dari 3 halaman

Manfaat Nasi untuk Kesehatan

Apalagi manfaat nasi untuk kesehatan yang perlu diketahui? Melansir dari WebMD, ini penjelasan manfaat nasi untuk kesehatan yang dimaksudkan:

5. Menjaga Kesehatan jantung

Manfaat nasi untuk kesehatan adalah baik bagi organ jantung. Biji-bijian utuh seperti beras merah mengandung lebih banyak serat daripada makanan olahan. Serat pada nasi dapat menurunkan kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Adanya kandungan serat dalam menu makan, akan membuat seseorang merasa kenyang. Dampaknya membuat seseorang lebih mudah mempertahankan berat badan yang sehat. Selain itu, manfaat nasi untuk kesehatan jantung ini karena beras merah mengandung vitamin dan mineral yang membantu darah mengangkut oksigen dan melakukan fungsi vital lainnya.

6. Mengurangi Risiko Kanker

Konsumsi nasi bisa mengurangi risiko kanker. Manfaat nasi untuk kesehatan ini berasal dari nasi merah yang diolah dari beras merah. Ini karena nasi merah mengandung tiga jenis fenolat yang berbeda, berupa antioksidan yang tercipta secara alami pada tanaman.

Antioksidan pada nasi merah dapat mengurangi risiko kanker dengan menjaga radikal bebas dari kerusakan sel. Fenolik ada pada lapisan dedak padi dan benih, ini bersumber dari reproduktif biji-bijian. Pada nasi putih, dedak banyak dihilangkan dan banyak fenolik yang hilang.

7. Mengontrol Masalah Diabetes

Masalah diabetes bisa dikontrol dengan konsumsi nasi merah yang diolah dari beras merah. Manfaat nasi merah jauh lebih baik daripada nasi putih dalam melakukan kontrol diabetes.

Indeks glikemiknya 64, ini mengapa nasi putih lebih mungkin meningkatkan gula darah daripada beras merah, dengan indeks glikemik 55. Beberapa penelitian menemukan asupan nasi putih yang tinggi justru dikaitkan dengan peningkatan risiko diabetes.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.