Sukses

11 Wisata Bali Murah dan Gratis yang Menarik untuk Dikunjungi, Tak Cuma Pantai

Liputan6.com, Jakarta Wisata Bali memang sudah sangat terkenal di seluruh penjuru dunia, bahkan Bali lebih dikenal dibanding negara Indonesia. Meski terkenal sampai mancanegara, berwisata ke Bali tidak harus mengeluarkan banyak uang. Pulau Dewata juga menawarkan wisata Bali murah yang tidak menguras kantong.

Pantai yang ada di Bali rata-rata dapat dikunjungi tanpa perlu membayar tiket masuk. Wisatawan dapat menikmati pemandangan pantai sambil membeli kudapan yang dijajakan di sekitar pantai. Tidak hanya itu, di sekitar pantai juga ada penjaja souvenir jasa pijat, jasa kepang rambut, dan saja tato kontemporer yang menarik untuk dikunjungi.

Selain pantai, berbagai wisata Bali murah lainnya juga dapat ditemukan. Berikut pilihan wisata Bali murah yang sudah Liputan6.com kumpulkan sebagai referensi wisata ekonomis di Bali, Jumat (28/10/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Wisata Bali Murah dan Gratis

1. Ladang Bunga Marigold Desa Temukus

Desa Temukus berada di Kabupaten Buleleng, Bali. Desa Temukus terkenal dengan ladang bunga marigold yang tampak seperti karper berwarna jingga saat musim mekar. Bunga marigold atau dalam bahasa lokal disebut bunga gemitir merupakan salah satu elemen penting dalam ritual keagamaan Hindu.

Ladang bunga marigold yang ada di Desa Temukus ini menjadi salah satu penyuplai bunga gemitir di bali. Wisatawan dapat berfoto dan mengunjungi kebun bunga marigold di Desa Temukus tanpa tiket masuk. Tapi untuk masuk ke area wisata Bali murah ini entu saja harus meminta izin terlebih dahulu pada pemilik ladang. 

2. Love Anchor

Love Anchor merupakan pasar kecil yang berlokasi di Canggu. Pasar ini berisi toko-toko yang menjual kerajinan tangan dan produk fashion yang unik. Saat malam tiba, pasar yang terletak di antara beberapa restoran, café, bar, dan pertokoan ini dihiasi oleh lampu-lampu kecil yang membuat suasana di sekitar pasar hangat.

Di akhir pekan, pasar ini menjadi tempat bazar yang ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai tempat. Lapak-lapak kecil pun dibuka menjajakan berbagai barang unik yang menggoda untuk dibawa pulang.

3. Air Terjun Desa Musi

Air terjun Desa Musi belum banyak diketahui oleh orang. Air terjun ini unik kerana berada di kawasan tebing batu yang menyajikan pemandangan yang menakjubkan. Lokasinya yang tersembunyi menambah daya tarik tempat wisata satu ini. Wisatawan tidak dipungut biaya masuk untuk mengunjungi air terjun Desa Musi. 

Cara terbaik mencapai wisata Bali murah ini adalah dengan menanyakan arah kepada penduduk desa setempat jika sudah tiba di Desa Musi. Saat menjelang senja, wisatawan dapat berjalan-jalan di Desa Musi sambil mengamati gaya hidup sehari-hari penduduk desa ini yang sederhana.

3 dari 4 halaman

Wisata Bali Murah

4. Gunung Batur Dilihat dari Desa Pinggan

Gunung Batur merupakan salah satu gunung berapi aktif yang ada di Bali. Jika dilihat dari jauh gunung ini mampu menyajikan panorama dengan kesan magis yang kuat. Salah satu tempat untuk melihat panorama Gunung Batur adalah melalui Desa Pinggan.

Dini hari menjelang mata hari terbit adalah waktu yang paling ideal untuk menikmati panorama Gunung Batur.  Suasana sunyi, kabut yang menyelimuti desa, dan warna langit jingga menjadikan pemandangan yang tidak terlupakan. 

5. Pantai Melasti Ungasan

Di pesisir selatan Bali terdapat pantai yang sangat menawan dengan, bingkai tebing-tebing yang megah. Pantai yang kerap dilewatkan oleh para wisatawan ini justru menyajikan pemandangan laut dari atas tebing yang menakjubkan. Saat hujan turun, akan terbentuk air terjun di tebing-tebing sekitar pantai.

6. Gua Tersembunyi Pantai Suluban

Pantai Suluban terletak di Bukit Peninsula, wisata Bali murah ini terkenal sebagai salah satu spot surfing oleh para wisatawan. Namun, di sekitar batuan karang terdapat sebuah gua yang sayang jika dilewatkan. Gua ini terbentuk akibat abrasi air laut terhadap batuan karang di bibir Pantai Suluban. Gua yang terbentuk secara alami ini memiliki struktur yang unik dan menyajikan pemandangan yang menakjubkan. 

7. Pantai Kelan

Sunset menjadi daya tarik tersendiri bagi wisata pantai, termasuk wisata pantai di Bali. salah satu spot sunset yang terkenal adalah Pantai Kelan. Selain sunset, di pantai satu ini wisatawan dapat melihat pesawat yang hendak take off maupun landing di Bandara Internasional Ngurah Rai.

4 dari 4 halaman

Wisata Bali Murah, Tidak Cuma Pantai

8. Waterblow Nusa Dua

Wilayah Nusa Dua memang menjadi salah satu tempat wisata Bali murah. Salah satu yang paling terkenal adalah Waterblow Nusa Dua. Objek wisata satu ini terbentuk karena air laut yang menabrak batu karang dan kemudian tersembur ke atas. Semburan yang terbentuk dapat mencapai 8 meter. Agar tidak terkena air semburan, sebaiknya jaga jarak dengan baru karang tempat semburan air. 

9. Kolam Teratai Candidasa

Kolam Teratai  Candidasa atau Lotus Lagoon merupakan salah satu taman bunga yang tersembunyi di Kabupaten Karangasem, Bali Timur. Kolam indah penuh bunga teratai menjadikan taman ini sebagai spot foto instagramable.

Kolam Teratai Candidasa berada di lingkungan puri atau istana khas Bali. Di dekat kolam ini ada situs sejarah berupa pura yang sudah berdiri sejak abad ke-11.

10. Pasih Uwug

Nusa Penida memiliki satu objek wisata Bali unik yang mendapat julukan broken sea. Tempat wisata Bali murah yang dikenal juga dengan nama Pasih Uwug terbentuk dari fenomena alam. Di tempat ini ada sebuah gua yang salah satu sisinya hancur dan membentuk gerbang menuju laut lepas. Lubang yang terbentuk di antara batuan karang menyajikan pemandangan yang spektakuler. 

11. Pura Taman Saraswati

Pura Taman Saraswati atau Ubud Water Place merupakan tempat beribadah yang dibangin pada tahun 1951. Sesuai dengan namanya Pura Saraswati di peruntukan untuk pemujaan Dewi Saraswati, dewi dalam agama Hindu untuk ilmu pengetahuan. Jalan menuju pura diapit oleh kolam yang penuh dengan tanaman teratai. Pura ini dapat dikunjungi oleh wisatawan umum.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS