Sukses

10 Cara Mencegah Rambut Rontok Berlebihan, Hindari Penggunaan Alat Styling

Liputan6.com, Jakarta Rambut merupakan salah satu bagian tubuh yang sangat menunjang penampilan. Oleh karena itu penting untuk melakukan sejumlah perawatan sebagai salah satu cara mencegah rambut rontok.

Sebenarnya, rambut rontok itu merupakan hal yang normal jika kerontokan yang terjadi antara 50 sampai 100 helai per hari. Namun, jika lebih dari itu, berarti ada masalah dengan rambut Anda.

Meski seseorang jarang mengalaminya, namun kerontokan dalam jumlah banyak tentu sangat berisiko untuk mengalami kebotakan. Hal ini tentu sangat memengaruhi penampilan dan pada akhirnya memengaruhi rasa percaya diri.

Oleh karena itu, untuk dapat menjaga penampilan dan rasa percaya diri, penting bagi kita untuk mengetahui cara mencegah rambut rontok. Adapun cara mencegah rambut rontok meliputi menjaga pola makan, perawatan rambut, dan menghindari hal-hal yang meningkatkan risiko rambut rontok.

Berikut adalah 12 cara mencegah rambut rontok, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (28/10/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

1. Penuhi asupan protein

Protein merupakan asupan terpenting yang dibutuhkan oleh rambut. Oleh karena itu, mengonsumsi makanan kaya protein seperti kacang-kacangan, telur, daging, setiap hari bisa menjadi salah satu cara mencegah rambut rontok.

2. Perhatikan diet seimbang

Kerontokan rambut seringkali dialami oleh orang-orang yang sedang menjalani diet untuk menurunkan berat badan. Tentu menjaga berat badan agar tetap ideal bagus untuk kesehatan. Namun penting untuk diperhatikan bahwa diet yang dilakukan haruslah diet yang seimbang. Sebab, diet yang kurang seimbang hingga membuat tubuh kekurangan nutrisi hanya akan membuat rambut menjadi rontok. Menerapkan diet seimbang dan mencukupi asupan nutrisi juga menjadi salah satu cara mencegah rambut rontok.

3 dari 6 halaman

3. Jangan menyisir rambut basah

Rambut ketika masih basah adalah kondisi rambut yang paling rapuh. Jika Anda menyisir rambut ketika masih dalam keadaan basah, justru akan mengakibatkan rambut menjadi kusut, patah, dan juga perlahan rambut akan mengalami kerontokan. Menghindari menyisir rambut ketika masih dalam keadaan basah merupakan salah satu cara mencegah kerontokan rambut.

4. Hindari mengikat rambut terlalu kencang

Rambut yang sudah panjang mungkin memang perlu diikat agar tidak terlalu mengganggu ketika sedang beraktivitas. Selain itu, mengikat rambut juga merupakan salah satu cara agar Anda tampak lebih menawan. Akan tetapi, pastikan untuk tidak mengikatnya terlalu kencang. Pasalnya, akar rambut akan ketarik dan menyebabkan helai rambut berguguran. Menghindari mengikat rambut terlalu kencang bisa menjadi salah satu cara mencegah rambut rontok.

4 dari 6 halaman

5. Hindari alat penata rambut dengan pemanas

Menggunakan panas untuk menata rambut Anda membuat folikel rambut Anda mengalami dehidrasi dan rentan terhadap kerusakan. Pengering rambut, pelurus rambut, dan pengeriting rambut semuanya dapat merusak rambut Anda dari waktu ke waktu dengan menyebabkan kelembapan pada batang rambut Anda mengembang. Menghindari alat styling rambut berpemanas bisa menjadi salah satu cara untuk mencegah rambut rontok.

6. Hindari memutihkan rambut secara kimiawi

Merawat rambut secara kimiawi dengan metode seperti pemutihan dapat merusak rambut. Pemutihan rambut atau bleaching secara kimiawi dapat memecah molekul protein yang disebut keratin. Jika Anda khawatir tentang kerontokan rambut, batasi penggunaan pewarna, highlight, perawatan peroksida, dan perm. Mengurangi atau menghindari sepenuhnya perawatan rambut secara kimiawi bisa menjadi salah satu cara mencegah rambut rontok.

5 dari 6 halaman

7. Jangan Terlalu Sering Keramas

Tujuan dari penggunaan sampo adalah untuk membersihkan rambut dari kotoran dan minyak berlebih. Terlalu sering keramas dengan sampo berpotensi membahayakan rambut Anda. Sulfat dan beberapa bahan lainnya telah dikaitkan dengan keriting, kulit kepala kering, dan rambut rapuh.

Tidak ada bukti bahwa bahan tertentu dalam sampo menyebabkan kerontokan rambut, tetapi ada kemungkinan bahwa sampo berkontribusi pada kesehatan rambut yang kurang ideal. Jika Anda melihat rambut Anda terlalu kering atau keriting, cobalah sampo dengan bahan alami.

8. Perawatan Bawang Merah atau Bawang Putih

Perawatan rambut merupakan hal yang penting jika Anda ingin rambut tetap cantik dan sehat. Cara mencegah rambut rambut rontok bisa dengan melakukan perawatan rambut dengan bawang merah maupun bawang putih. Anda cukup dengan menggosok kulit kepala dengan saripati alami dari bawang. Untuk mendapatkan saripati ini Anda bisa blender bawang hingga lembut tanpa menggunakan air.

Saat sudah benar-benar lembut, oleskan saripati tersebut pada kepala Anda. Diamkan sekitar 30 menit atau saat bangun tidur di pagi hari. Setelah menggunakannya, bilas hingga bersih.

6 dari 6 halaman

9. Perawatan dengan Jahe

Sama seperti cara mencegah rambut rontok dengan perawatan bawang tadi. Jahe juga bisa menjadi salah satu cara mencegah rambut rontok. Caranya, blender jahe hingga lembut tanpa menggunakan air. Kalau sudah benar-benar lembut, Anda bisa mengoleskannya di kepala. Diamkan sekitar 30 menit atau biarkan semalaman dan pada pagi harinya dibilas sampai bersih.

10. Perawatan dengan Telur

Menjadikan telur sebagai masker merupakan salah satu solusi alami bagi rambut rontok. Telur yang mengandung protein ini membuat rambut Anda akan mengalami pertumbuhan. Soalnya, komponen rambut kita terdiri dari 70 persen protein keratin, sehingga tak heran kalau telur dapat membantu menyembuhkan kerusakannya.

Cara menggunakan telur sebagai masker ini cukup dengan campurkan satu telur dan satu sendok makan minyak zaitun ke dalam mangkuk. Setelah mencuci rambut dengan shampoo, oleskan masker telur ini di rambut yang basah. Kemudian tutup dengan topi mandi, setidaknya selama sepuluh menit. Kalau sudah benar-benar meresap, bilas dan bersihkan dengan kondisioner.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS