Sukses

11 Cara Mencerahkan Wajah Secara Alami yang Aman, Cepat, dan Mudah Dilakukan

Liputan6.com, Jakarta Cara mencerahkan wajah secara alami banyak dicari karena tampilan wajah yang cerah memang lebih menarik bagi sebagian orang. Mencerahkan wajah berbeda dengan memutihkan wajah. Mencerahkan wajah cerah artinya membuat wajah lebih berseri dan tidak kusam. Sedangkan, memutihkan wajah artinya mengubah pigmen warna kulit menjadi lebih putih.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sendiri telah melarang peredaran produk perawatan yang bertujuan untuk memutihkan wajah. Hal ini didasari oleh zat yang digunakan untuk mengubah pigmen warna menjadi lebih putih dapat mengakibatkan kerusakan kulit.

Berikut cara mencerahkan wajah secara alami yang sudah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, kamis (27/10/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Cara Mencerahkan Wajah Secara Alami dan Aman

1. Membersihkan Wajah Secara Rutin

Hal pertama pada cara mencerahkan wajah secara alami yang perlu dilakukan adalah membersihkan wajah secara rutin dua kali sehari. Tumpukan kotoran dan sel kulit mati dapat membuat kulit terlihat kusam. Membersihkan kulit di pagi dan malam hari sebelum tidur juga dapat membantu regenerasi kulit baru sehingga kulit tampak lebih cerah dan sehat.

2. Eksfoliasi

Selain membersihkan wajah, melakukan eksfoliasi sekali atau dua kali dalam seminggu juga membantu proses regenerasi kulit. Eksfoliasi akan mengikis sel kulit mati di lapisan kulit terluar yang menyebabkan kulit kusam. Selain itu rutin melakukan eksfoliasi akan membuat kulit wajah menjadi lebih halus.

3. Mengoleskan Toner 

Setelah dibersihkan dan dieksfoliasi, kulit perlu dilembabkan kembali dengan toner. Mengaplikasikan toner dengan kapas dapat membantu mengangkat sisa kotoran yang masih tertinggal di wajah. Toner juga dapat digunakan untuk menutrisi kulit dari luar. Pilih toner dengan kandungan vitamin A, C, E, niacinamide, kolagen, dan nutrisi lain yang dapat membantu mencerahkan kulit.

3 dari 4 halaman

Cara Mencerahkan Wajah Secara Alami dan Cepat

4. Mengoleskan Pelembab Wajah

Setelah benar-benar bersih, kelembaban kuli perlu di kunci dengan pelembab khusus wajah. Pelembab juga dapat digunakan untuk memberikan nutrisi pada kulit. Pilih produk pelembab yang diperkaya zat antioksidan, niacinamide, gliserol, dan silitol yang dapat mencerahkan sekaligus melembabkan kulit wajah. 

5. Pakai Sunscreen

Salah satu yang menyebabkan kulit kusam adalah radiasi sinar UV dari matahari. Penting untuk mengaplikasikan sunscreen setiap pagi sebelum mulai beraktifitas. Pilih sunscreen yang minimal mengandung SPF 30.

6. Konsumsi Makanan Mengandung Vitamin C

Vitamin C merupakan jenis nutrisi yang membantu mencerahkan kulit dengan menekan produksi melanin. Selain itu, vitamin C juga membantu meningkatkan produksi kolagen yang membantu proses regenerasi kulit menjaga kulit tetap kenyal.

Vitamin C dapat diperoleh dari tomat, jeruk, lemon, strawberry dan buah-buahan bercita rasa asam lainnya. Beberapa orang menggunakan makanan dengan kandungan vitamin C sebagai masker. Sebenarnya ini tidak dibenarkan karena mengoleskan buah seperti lemon dan tomat langsung ke kulit justru dapat menyebabkan iritasi pada kulit wajah.

7. Konsumsi Makanan Mengandung Vitamin E

Vitamin E merupakan jenis nutrisi yang banyak ditambahkan pada produk perawatan kulit. Vitamin E adalah antioksidan yang sudah terbukti memiliki peran yang baik bagi kesehatan kulit.

Vitamin E berperan sebagai agen anti radang yang mendukung fungsi sel, sistem kekebalan tubuh, serta kesehatan kulit. Oleh sebab itu, jenis vitamin larut lemak ini dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit dan membuat kulit terlihat lebih muda dan cerah.

8. Konsumsi Makanan Mengandung Vitamin A

Vitamin A tidak hanya baik untuk memelihara kesehatan mata. Mengkonsumsi vitamin satu ini dapat membantu cara mencerahkan wajah secara alami. Memenuhi kebutuhan vitamin A untuk kulit akan memberikan berbagai manfaat, mulai dari menghaluskan kulit, memperbaiki kerusakan pada sel-sel kulit, mencerahkan kulit, mengurangi garis halus dan kerutan, serta mencegah risiko timbulnya jerawat.

4 dari 4 halaman

Cara Mencerahkan Wajah Secara Alami yang Mudah Dilakukan

9. Konsumsi Makanan Mengandung Kolagen

Tubuh manusia secara alami dapat memproduksi kolagen sendiri. Seiring bertambahnya usia produksi kolagen akan semakin berkurang. Untuk menjaga kesehatan dan mencerahkan kulit, anda dapat mengkonsumsi kolagen tambahan dari berbagai makanan seperti kaldu daging, ceker, atau suplemen kolagen yang banyak dijumpai di pasaran. 

10. Masker Bengkoang

Cara mencerahkan wajah secara alami selanjutnya adalah dengan menggunakan masker wajah. Salah satu bahan alami yang aman digunakan untuk masker wajah adalah bengkoang. Sejak dahulu bengkoang dipercaya dapat membantu mencerahkan kulit wajah. Caranya, parut buah bengkuang lalu oleskan ke wajah. Biarkan selama 15 menit lalu bilas hingga bersih. Lakukan secara rutin dua kali seminggu agar mendapatkan hasil yang maksimal.

11. Masker Yogurt dan Madu

Bahan alami selanjutnya yang aman digunakan sebagai masker adalah campuran yogurt dan madu. Asam laktat yang ada pada yogurt membantu proses eksfoliasi yang dapat mengangkat sel kulit mati. Caranya dengan mencampurkan satu sendok makan yogurt dengan setengah sendok makan madu murni. Oleskan ke wajah dan biarkan selama 15 menit. Kemudian bilas hingga bersih. Lakukan rutin satu minggu sekali agar mendapatkan hasil yang optimal.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS