Sukses

14 Manfaat Minyak Wijen Bagi Kesehatan, Berkhasiat Mengobati Radang Sendi

Manfaat minyak wijen yang baik untuk kesehatan, membantu Anda mengobati radang sendi.

Liputan6.com, Jakarta Kualitas nutrisi tanaman wijen membuat beberapa orang menjuluki minyak ini sebagai "Ratu Biji Minyak". Minyak wijen terbuat dari biji wijen mentah, yang kemudian diperas untuk mendapatkan khasiat serta kegunaan, baik itu untuk kuliner, obat-obatan, hingga kosmetik. Manfaat minyak wijen yang bisa Anda peroleh antara lain, membantu mengatasi rematik arthritis, melawan radikal bebas, juga baik untuk rambut. 

Manfaat minyak wijen yang kaya akan lemak tak jenuh, mampu meningkatkan kesehatan mulut, membantu buang air besar, menurunkan tekanan darah, hingga membantu melawan stres dan depresi. Oleh karena itu, banyak orang yang menggunakan minyak ini sebagai olahan berkhasiat untuk mengatasi berbagai penyakit. 

Minyak wijen juga dikenal sebagai minyak gingelly dan bukan hanya bumbu, sehingga saat mengonsumsinya, dapat membantu Anda untuk melawan tanda-tanda penuaan, dan bertindak sebagai minyak dasar untuk hampir semua minyak herbal. Manfaat minyak wijen juga berkhasiat dalam membantu mencegah diabetes, serta dapat meningkatkan kekuatan tulang.

Berikut ini manfaat minyak wijen yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (27/10/2022). 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Minyak Wijen

1. Tinggi antioksidan

Manfaat minyak wijen yang tinggi antioksidan, memberikan efek kuat untuk kesehatan, karena mengandung senyawa sesamol dan sesaminol, di mana kandungan ini memberikan khasiat baik untuk kesehatan. Melansir dari laman Healthline, antioksidan yang terkandung dalam minyak wijen, memiliki zat yang bisa mengurangi kerusakan sel akibat radikal bebas. Adanya sebuah akumulasi radikal bebas dalam sel, bisa menyebabkan peradangan dan penyakit. Namun perlu diketahui juga bahwa minyak wijen mungkin memiliki efek yang sama bila digunakan secara topikal.

2. Memiliki sifat anti-inflamasi

Manfaat minyak wijen selanjutnya memiliki sifat anti inflamsi, sehingga baik untuk kesehatan tubuh. Perlu Anda ketahui bahwa peradangan kronis bisa berbahaya dan menyebabkan penyakit, itulah mengapa sangat penting bagi Anda untuk membatasinya sebanyak mungkin. Pengobatan tradisional Taiwan juga telah lama menggunakan minyak wijen untuk mengobati peradangan sendi, sakit gigi, bahkan luka karena goresan. 

3. Baik untuk jantung

Manfaat minyak wijen untuk kesehatan, membantu Anda mencegah penyakit jantung. Adapun penelitian yang dilakukan, menunjukkan bahwa diet kaya lemak tak jenuh baik untuk kesehatan jantung. Minyak wijen terdiri dari 82% asam lemak tak jenuh, serta kaya akan asam lemak omega-6, memainkan peran penting dalam pencegahan penyakit jantung. Bahkan dengan mengonsumsi minyak wijen yang terkandung dalam makanan, berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol. 

4. Dapat mengontrol gula darah

Manfaat minyak wijen selanjutnya adalah, membantu mengontrol kadar gula darah, seperti yang dilansir dari laman Healthline, minyak wijen dapat mendukung pengaturan gula darah yang sehat, yang sangat penting bagi penderita diabetes. Minyak wijen bahkan mungkin berperan dalam regulasi gula darah jangka panjang, karena sudah dilakukan penelitian sebanyak beberapa kali untuk membuktikan khasiat minyak wijen bagi kesehatan. 

5. Dapat mengobati radang sendi

Manfaat minyak wijen juga bisa membantu dalam mengobati radang sendi. Adapun osteoarthritis biasanya mempengaruhi hampir 15% populasi dan merupakan penyebab umum nyeri sendi. Hal ini dilakukan beberapa penelitian, namun kepada hewan yang menunjukan penurunan penanda stres oksidatif dan gejala rematik, seperti nyeri sendi. Walaupun demikian, fungsi minyak wijen yang dapat meredakan radang sendi ini, harus dilakukan penelitian lebih lanjut pada manusia. 

 

3 dari 4 halaman

Manfaat Minyak Wijen

6. Membantu menyembuhkan luka bakar

Manfaat minyak wijen yang baik untuk kesehatan, membantu Anda untuk menyembuhkan luka bakar. Selain khasiat baik minyak wijen yang bisa dikonsumsi, maka Anda juga bisa menggunakannya secara topikal untuk luka bakar. Diketahui bahwa ozon adalah gas alam yang dapat digunakan secara medis, sehingga penggunaan klinisnya dimulai pada tahun 1914 ketika digunakan untuk mengobati infeksi selama Perang Dunia I. Minyak dengan ozon ditambahkan ke dalamnya, dan memang dikenal sebagai minyak ozonated untuk mengobati berbagai kondisi kulit. Perlu Anda ketahui bahwa kemampuan minyak adalah mempercepat penyembuhan luka, yang kemungkinan dapat dikaitkan dengan sifat antioksidan dan anti-inflamasinya. 

7. Dapat melindungi dari sinar UV

Manfaat minyak wijen juga dilakukan beberapa penelitian, yang menunjukkan bahwa minyak wijen dapat melindungi tubuh dari kerusakan akibat sinar UV, yang bisa membahayakan kulit Anda. Dengan adanya efek ini, maka kemungkinan besar karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Adapun faktanya, minyak wijen memiliki kemampuan untuk menahan 30% sinar UV, sementara banyak minyak lainnya, seperti minyak kelapa, kacang tanah, dan minyak zaitun, hanya dapat menahan 20% dari sinar UV.

8. Membantu meningkatkan kualitas tidur

Manfaat minyak wijen selanjutnya, membantu meningkatkan kualitas tidur Anda, di mana satu studi menunjukkan bahwa meneteskan minyak wijen di dahi 20 peserta selama tujuh sesi, dan 30 menit selama periode 2 minggu meningkatkan kualitas tidur dan kualitas hidup, dibandingkan dengan pengobatan plasebo. Oleh karena itu, Anda bisa melakukan cara yang sama ketika mengalami susah tidur. 

9. Sebagai aplikasi topikal untuk menghilangkan rasa sakit

Manfaat minyak wijen juga mampu menghilangkan rasa sakit, karena berfungsi sebagai aplikasi topikal yang baik. Dalam beberapa penelitian menunjukkan bahwa, melalui pijatan dengan minyak wijen dapat membantu mengurangi nyeri yang terasa di lengan dan kaki.

10. Dapat meningkatkan kesehatan rambut

Manfaat minyak wijen juga sangat baik bagi kesehatan, di mana mampu meningkatkan kesehatan ramabut agar lebih kuat dan berkilau. Adapun senyawa dalam minyak ini dapat meningkatkan kilau dan kekuatan rambut, dan didukung juga oleh sebuah studi. Saat mengonsumsi suplemen yang terdiri dari sesamin dan vitamin E setiap harinya, maka membantu Anda untuk meningkatkan kekuatan dan kilau rambut. 

4 dari 4 halaman

Manfaat Minyak Wijen

11. Melawan radikal bebas

Manfaat minyak wijen juga sangat baik dalam melawan radikal bebas di tubuh. Perlu diketahui bahwa makanan yang kita makan, alkohol yang selalu dkonsumsi, dan lingkungan tempat kita tinggal bisa menghasilkan radikal bebas. Tentunya radikal bebas bisa merusak DNA, sel dan protein dan dapat menyebabkan berbagai penyakit termasuk Alzheimer dan Parkinson dan kanker. Oleh karena itu, dengan minyak wijen yang Anda konsumsi, berfungsi sebagai pembangkit tenaga antioksidan terutama yang mengandung sesamol.

12. Kaya akan lemak tak jenuh

Manfaat minyak wijen kaya akan lemak tak jenuh, sehingga baik untuk kesehatan tubuh. Dapat diketahui bahwa minyak wijen tinggi lemak tak jenuh ganda dan tak jenuh tunggal dan rendah lemak jenuh, sehingga menurut data nutrisi, per cangkir biji wijen mengandung 27 g lemak tak jenuh tunggal, 31,4 g lemak tak jenuh ganda, dan sekitar 10 g lemak jenuh. Baik lemak mono dan lemak tak jenuh ganda adalah 'jantung sehat' dan membantu menjaga kolesterol agar tetap terkendali. 

13. Meningkatkan kesehatan mulut

Manfaat minyak wijen juga berkhasiat menjaga dan meningkatkan kesehatan mulut. Dulu saat tak ada Oral B atau Colgate untuk menyikat gigi, maka digunakan oil pull untuk menghilangkan plak dan menjaga kesehatan mulut. Dengan membilas satu sendok makan minyak wijen hingga 15 menit, membantu mengurangi pertumbuhan Streptococcus mutans di mulut. 

14. Membantu buang air besar

Manfaat minyak wijen juga sangat baik dalam mengatasi sembelit, yang merupakan salah satu masalah umum yang terus mempengaruhi kita semua dari waktu ke waktu. Dengan menggunakan minyak yang diekstrak dari biji wijen hitam, bisa melumasi usus dan memudahkan buang air besar. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini