Sukses

12 Cara Menghilangkan Bekas Luka di Kaki Menahun, Efektif dan Aman

Kumpulan cara menghilangkan bekas luka di kaki menahun.

Liputan6.com, Jakarta - Cara menghilangkan bekas luka di kaki yang sudah ada bertahun-tahun ini penting diketahui. Bekas luka tidak hanya memengaruhi keindahan, tetapi banyak pula yang merasa bekas luka menahun membuat tidak nyaman dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Melansir dari Health Line, pada Selasa (25/10/2022) ada dua belas cara menghilangkan bekas luka di kaki menahun yang bisa dicoba. Mulai dari cara menghilangkan bekas luka dengan perawatan medis hingga menggunakan bahan alami untuk jenis bekas luka yang ringan.

Perawatan medis untuk menghilangkan bekas luka di kaki menahun bisa dengan gel atau lembaran silikon, steroid, terapi laser, microneedling, krim obat, dan krim OTC. Kemudian, cara menghilangkan bekas luka di kaki menahun dengan bahan alami, bisa pakai lidah buaya hingga kentang.

Agar lebih memahami, berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam dua belas cara menghilangkan bekas luka di kaki menahun, Selasa (25/10/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Menghilangkan Bekas Luka di Kaki Menahun

1. Gel atau Lembaran Silikon

Cara menghilangkan bekas luka di kaki menahun dengan gel dan lembaran silikon. Ini berupa gel atau lembaran lembut dan fleksibel yang diaplikasikan seperti pembalut berperekat.

Mereka dirancang untuk membantu melembutkan kulit dan meratakan bekas luka. cara menghilangkan bekas luka di kaki menahun dengan gel ini dipakai setiap hari, dapat dicuci dan digunakan kembali hingga 3 bulan.

2. Steroid

Cara menghilangkan bekas luka di kaki menahun dengan steroid. Cara ini dinilai sangat efektif untuk luka di kaki yang sudah bertahun-tahun. Suntikan kortikosteroid bisa efektif untuk mengobati jenis bekas luka tertentu, seperti bekas luka tebal atau keloid.

Ini diterapkan dengan disuntikkan langsung ke jaringan parut untuk membantu mengurangi rasa gatal, kemerahan, dan sensasi terbakar yang mungkin dihasilkan oleh bekas luka. Perhatikan, jika diterapkan pada jenis bekas luka lain dapat menyebabkan lekukan permanen.

Cara menghilangkan bekas luka di kaki menahun ini hanya bisa dilakukan oleh dokter. Suntikan akan mengurangi pembengkakan dan meratakan bekas luka. Suntikan cenderung diberikan pada beberapa kesempatan selama beberapa bulan.

3. Terapi Laser

Cara menghilangkan bekas luka di kaki menahun dengan terapi laser. Nama lainnya laser skin resurfacing atau laser scar revisi. Pengobatan terapi laser menargetkan pembuluh darah yang dapat mengurangi munculnya bekas luka.

Terapi laser dilakukan oleh dokter atau ahli estetika.

Ini tidak dapat menghilangkan bekas luka sepenuhnya. Meski begitu, cara menghilangkan bekas luka di kaki menahun dengan laser dapat membuat bekas luka menjadi lebih rata, mengurangi kemerahan, dan mengurangi rasa sakit dan gatal.

4. Microneedling

Cara menghilangkan bekas luka di kaki menahun dengan microneedling. Ini pengobatan yang cocok untuk dapat semua jenis bekas luka. Cara menghilangkan bekas luka di kaki menahun microneedling dilakukan menggunakan jarum mikro dengan menusuk kulit dan membuat saluran mikro.

Perawatan yang merangsang produksi kolagen, yang membantu merestrukturisasi kulit dan mengurangi munculnya bekas luka. Klinik estetika atau dermatologi biasanya akan menawarkan microneedling.

5. Krim Obat

Krim obat cocok untuk menghilangkan bekas luka menahun dan baru. Cara menghilangkan bekas luka di kaki menahun dengan krim obat tergantung pada jenis bekas lukanya.

Produk-produk ini sering mengandung retinoid berkekuatan tinggi atau steroid topikal untuk mengurangi rasa gatal dan bengkak. Setelah menggunakan, pastikan untuk melindungi kulit dari sinar matahari, terutama saat bekas luka sedang dalam proses penyembuhan

6. Krim OTC

Cara menghilangkan bekas luka di kaki menahun dengan krim OTC. Krim ini tidak mengandung bahan aktif tetapi mengandung alternatif lain yang bertujuan untuk mengurangi ukuran dan tampilan bekas luka. Krim OTC sekaligus bisa memerangi kemerahan atau gatal.

3 dari 3 halaman

Cara Menghilangkan Bekas Luka di Kaki Menahun

7. Lidah Buaya

Menghilangkan bekas luka dengan cepat bisa dilakukan dengan lidah buaya. Tanaman hijau berduri bisa dijadikan cara menghilangkan bekas luka di kaki menahun dan terbukti dalam sebuah penelitian.

Dalam satu ulasan 2019 dengan melihat 23 percobaan, para peneliti menyimpulkan lidah buaya dapat meningkatkan penyembuhan luka dan dapat membantu bekas luka bila digunakan bersama metode lain.

Cara menghilangkan bekas luka di kaki menahun dengan lidah buaya:

- Lepaskan "kulit" hijau tua dari sisi rata daun lidah buaya.

- Ambil gel hijau muda yang hampir bening.

- Oleskan gel langsung ke bekas luka Anda menggunakan gerakan melingkar.

- Setelah setengah jam, cuci gel dengan air dingin yang segar.

- Ulangi dua kali setiap hari.

8. Minyak Kelapa

Minyak kelapa sangat ampuh menghilangkan bekas luka. Cara menghilangkan bekas luka di kaki menahun dengan minyak kelapa telah dibuktikan dalam beberapa penelitian terkemuka.

Ada bukti ilmiah yang terbatas dan mendukung penggunaan minyak kelapa untuk memudarkan bekas luka. Sebuah tinjauan 2018 mencatat, minyak kelapa efektif dalam menyembuhkan luka.

Minyak kelapa disebut mampu mendorong sintesis kolagen, mengurangi peradangan, memperbaiki penghalang kulit, dan memiliki efek antibakteri dan antioksidan.

Cara menghilangkan bekas luka di kaki menahun dengan minyak kelapa:

- Panaskan beberapa sendok makan minyak kelapa secukupnya untuk mencairkannya.

- Pijat minyak ke bekas luka selama sekitar 10 menit.

- Biarkan kulit menyerap minyak selama minimal 1 jam.

- Ulangi dua hingga empat kali setiap hari.

9. Lavender dan Minyak Zaitun

Perpaduan antara lavender dan minyak zaitun ampuh menghilangkan bekas luka. Cara menghilangkan bekas luka di kaki menahun ini telah terbukti dalam sebuah penelitian.

Penelitian menunjukkan minyak esensial lavender dapat membantu penyembuhan luka. Satu studi 2016 pada tikus menemukan, luas permukaan luka yang diobati secara topikal dengan minyak lavender menurun secara signifikan.

Cara menghilangkan bekas luka di kaki menahun dengan lavender dan minyak zaitun:

- Campurkan tiga tetes minyak esensial lavender ke dalam tiga sendok makan minyak zaitun extra-virgin.

- Pijat campuran ke area bekas luka selama sekitar 5 menit.

- Biarkan minyak di tempat selama sekitar 30 menit.

- Bilas area tersebut dengan air hangat.

- Ulangi proses ini minimal tiga kali sehari.

10. Kentang

Cara menghilangkan bekas luka di kaki menahun dengan kentang bisa diandalkan. Ada bukti medis terbatas yang mendukung gagasan bahwa kentang dapat membantu menghilangkan bekas luka. Lalu satu studi tahun 2017 menemukan kulit kentang dapat membantu menyembuhkan luka bakar ringan.

Cara menghilangkan bekas luka di kaki menahun dengan kentang:

- Potong kentang menjadi lingkaran tebal sedang.

- Dengan gerakan memutar, gosokkan irisan kentang pada bekas luka Anda.

- Setelah irisan kentang mulai mengering, buang dan lanjutkan menggosok dengan irisan lainnya.

- Lanjutkan menggosok dan mengganti selama sekitar 20 menit dan kemudian biarkan bekas luka mengering selama sekitar 10 menit.

- Bilas area tersebut dengan air dingin.

- Ulangi proses ini setidaknya satu kali setiap hari.

11. Rosehip dan Kemenyan

Rosehip dan kemenyan cocok untuk menghilangkan bekas luka. Cara menghilangkan bekas luka di kaki menahun ini terbukti dalam sebuah penelitian.

Satu studi tahun 2019 tentang cara menghilangkan bekas luka di kaki menahun ini, mengkonfirmasi minyak rosehip secara signifikan meningkatkan penyembuhan luka dan secara efektif memperbaiki bekas luka.

Kemudian, sebuah studi tahun 2017 tentang cara menghilangkan bekas luka di kaki menahun ini, menyarankan minyak kemenyan dapat membantu penyembuhan fibroblas kulit manusia.

Cara menghilangkan bekas luka di kaki menahun dengan rosehip dan kemenyan:

- Campurkan minyak esensial rosehip dan minyak esensial kemenyan dengan perbandingan yang sama.

- Pijat campuran rosehip-frankincense ke bekas luka.

- Tunggu selama 45 menit sebelum membilas area dengan lembut dengan air hangat.

- Lakukan cara ini tiga kali sehari.

12. Bubuk Soda Kue

Soda kue ampuh menghilangkan bekas luka. Cara menghilangkan bekas luka di kaki menahun dengan soda kue ini terbukti dalam sebuah penelitian.

Sebuah studi tahun 1995 tentang cara menghilangkan bekas luka di kaki menahun ini, menunjukkan ada peningkatan penyembuhan luka pascaoperasi yang signifikan ketika soda kue dioleskan. Hal ini diamati pada hari ke 7 dan semakin baik pada hari ke 14.

Cara menghilangkan bekas luka di kaki menahun dengan soda kue:

- Campurkan air suling - sedikit demi sedikit - ke dalam 2 sendok makan soda kue sampai membentuk pasta.

- Basahi bekas luka dengan air suling dan kemudian oleskan pasta ke bekas luka basah.

- Pegang pasta di tempatnya dengan kompres hangat selama 15 menit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.