Sukses

10 Wisata Dekat Stasiun Bogor Populer dan Hits, Rekomendasi Liburan Keluarga

Liputan6.com, Jakarta Bogor adalah salah satu kota yang memiliki berbagai destinasi menarik dan seru, untuk dikunjungi saat akhir pekan bersama keluarga. Selain wisata Puncak Bogor yang populer di kalangan masyarakat, wisata dekat stasiun Bogor juga menarik jika disambangi. Kebanyak tempat wisata dekat stasiun, sarat akan edukasi juga budaya Indonesia, sehingga Anda tak akan menyesal jika memilih Bogor sebagai destinasi seru dan menyenangkan untuk menghabiskan akhir pekan.

Tempat yang dijuluki dengan Kota Hujan ini ,memiliki beberapa museum hingga taman, tentu dengan spot foto yang Instagramable. Wisata dekat stasiun Bogor yang tak pernah sepi pengunjung adalah Kebun Raya Bogor, Museum Zoologi dan masih banyak lagi.

Letak kota Bogor yang berdekatan dengan Jakarta, membuat banyak para wisatawan memilih berlibur ke sini, menggunakan kereta yang menjadi salah satu transportasi umum. Wisata dekat stasiun Bogor juga sangat beragam, baik itu museum, taman, hingga wahana air. Berbagai fasilitas yang tersedia di tempat wisata ini cukup memadai, sehingga pengunjung juga betah mengahabiskan waktu liburan seru bersama keluarga maupun teman.

Berikut ini wisata dekat stasiun Bogor yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (24/10/2022). 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Wisata Dekat Stasiun Bogor

1. Taman Kencana

Taman ini adalah salah satu wisata bersejarah di kota Bogor dan dekat dengan stasiun. Anda tak usah khawatir karena untuk masuk ke tempat ini tidak dipungut biaya, dan memiliki akses 24 jam. Bagi pengunjung yang ingin menikmati sajian kuliner, dengan baragam rasa maka Taman Kencana adalah pilihan yang tepat. Sambil menikmati jajanan kuliner, Anda juga bisa menikmati suasana yang sejuk, bersama keluarga. 

2. Taman Sempur

Wisata dekat stasiun Bogor yang wajib dikunjungi bersama dengan keluarga selain taman kencana, adalah Taman Sempur. Bagi Anda yang ingin menikmati suasana sore hari, dengan alam yang indah dan menyenangkan, maka wisata ini adalah tempat yang cocok. Taman berkonsep ruang terbuka hijau, yang menjadi salah satu tempat favorit untuk masyarakat Bogor. Taman ini hanya berjarak sekitar 16 menit dari Stasiun Bogor, juga tak memungut biaya masuk, sehingga menjadikan tempat ini menjadi seru dan menyenangkan.

3. Devoyage Bogor

or. Tempat ini juga unik dan sangat ikonik, menyimpan berbagai miniature Benua Eropa. Tempat ini juga memiliki luas sekitar 1,5 hektar, dan tersedia berbagai spot foto menarik untuk dicoba. Fasilitas tempat wisata ini juga memadai, serta bangunan di sini menggambarkan Benua Eropa dengan sangat detail. Saat berkunjung, Anda bisa mengelilingi sungai menggunakan perahu kecil sambil menikmati suasana tenang dan asri. 

3 dari 4 halaman

Wisata Dekat Stasiun Bogor

4. Kebun Raya Bogor

Wisata dekat stasiun Bogor yang sangat populer, serta bisa dikunjungi saat liburan adalah Kebun Raya Bogor. Tempat ini adalah salah satu botani terbesar di kota Bogor. Kawasan wisata ini memiliki luas sekitar 87 hektare dengan 15.000 jenis koleksi pohon dan tumbuhan. Kebun Raya Bogor merupakan bagian dari hutan buatan yang sudah ada sejak pemerintahan Sri Baduga Maharaja dari Kerajaan Sunda. Pada tahun 1800-an, Gubernur Jenderal Thomas Stamford Raffles tinggal di Istana Bogor, dan sekarang tempat ini dijadikan sebagai wisata rekreasi yang tak pernah sepi dari pengunjung. 

5. Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia

 Tempat ini berlokasi di Paledang, Bogor Tengah, Bogor Jawa Barat, serta merupakan satu-satunya museum yang bisa mengenaikan  sejarah alam yang ada di Indonesia. Hanya berjarak 650 meter dari Stasiun Bogor, membuat pengunjung wisata dengan mudah mengakses tempat ini dengan berjalan kaki. Museum ini merupakan ruang pameran bertemakan “Manusia dan Lingkungan” yang baru diresmikan pada tanggal 29 Juli 2019 lalu, di mana menceritakan peradaban manusia sejak zaman pra sejarah, mulai dari proses manusia mencari makan, penelusuran jejak perburuan pangan, hingga cerita proses migrasi manusia.

6. The Jungle Water Adventure

. Bagi Anda yang suka dengan wahan air, maka wisata dekat stasiun ini menjadi pilihan yang tepat. Tempat ini juga menjadi rekomendasi liburan yang menyenangkan, di mana ada beberapa permainan air yang disajikan di The Jungle Water juga cukup menarik. The Jungle Water menyediakan kolam yang bisa dipakai untuk berenang dengan konsep seperti di tengah-tengah hutan, sehingga Anda bisa menikmati suasana alam yang memesona.

 

4 dari 4 halaman

Wisata Dekat Stasiun Bogor

7. Museum Zoologi

Saat berada di sini, membuat pengunjung bisa menikmati banyak termpat wisata, karena Museum Zoologi yang letaknya masih dalam satu kawasan dengan Kebun Raya Bogor. Bagi Anda yang liburan dengan keluarga, museum ini menjadi tempat yang cocok, di mana Anda dapat belajar banyak hal tentang fauna. Tempat wisata ini juga memiliki fosil hewan langka, dan beberapa hewan umum yang diawetkan. Museum Zoologi memiliki kurang lebih 20.000 jenis fauna, serta berbagai binatang langka dan dilindungi.

8. Museum Kepresidenan RI Balai Kirti

Tempat ini sangat cocok dikunjungi oleh anak - anak, karena banyak wahana edukasi dan rekreasi yamng bisa dinikmati. Museum Kepresidenan RI Balai Kirti dapat membawa pengunjung untuk meneladani perjuangan yang sudah dicapai oleh Presiden Republik Indonesia, dan menariknya lagi wisata ini hanya berjarak 2 menit dari Stasiun Bogor.  masuknya gratis.

9. Museum PETA

Tempat yang didirikan tahun 1993 ini, dijadikan sebagai salah satu bentuk penghargaan untuk mantan Tentara PETA yang sudah berkontribusi dalam membela bangsa dan Negara. Tempat wisata ini, dulunya sempat dijadikan sebagai pusat pelatihan pasukan tanah air pada tahun 1943, di mana saat berada di sini, pengunjung akan mempelajari secara langsung sejarah kemerdekaan mulai dari tokoh yang mengupayakan berdirinya PETA, hingga pembacaan Proklamasi pada 1945.

10. Taman Meksiko

Wisata dekat stasiun bogor selanjutnya yang cocok dikunjungi saat liburan adalah Taman Meksiko, di mana pengunjung membutuhkan waktu tempuh sekitar 10 menit, dan berjalan kaki dengan waktu 23 menit. Adapun lokasi Taman Meksiko masih berada di kawasan yang sama dengan Kebun Raya Bogor. Saat berada di sini, pengunjung akan melihat beragam jenis koleksi kaktus, dan 100 spesies yang dapat bisa dijumpai, seperti agave, yucca, dan tanaman sukulen lainnya. Sebagian besar koleksi tanaman di sini didatangkan dari Amerika Tengah dan Selatan. 

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS