Sukses

15 Cara Menumbuhkan Rambut Botak pada Pria, Mudah dan Efektif

Liputan6.com, Jakarta Pada umumnya, kerontokan rambut dapat mengakibatkan kebotakan yang memang bersifat sementara. Namun jangan khawatir, karena pertumbuhan rambut biasanya akan kembali normal seiring dengan proses pemulihan tubuh, biasanya dalam waktu 6 hingga 9 bulan. Oleh karena itu, ada beberapa cara menumbuhkan rambut botak yang mudah untuk dilakukan, salah satunya dengan minyak esensial, lidah buaya, juga menggunakan masker telur.

Bagi pria maupun wanita, memiliki rambut yang tumbuh dengan sehat merupakan sebuah impian, karena dapat menunjang penampilan sehari-hari, maupun dalam berbagai acara. Namun, tidak semua orang beruntung memiliki rambut yang indah tersebut. Pria kebanyakan tidak percaya diri ketika memiliki rambut yang botak, sehingga berbagai cara menumbuhkan rambut botak pun dilakukan.

Cara menumbuhkan rambut botak yang alami dan mudah, tidak akan menimbulkan efek samping yang menggangu kesehatan tubuh, namun sebaliknya bisa merangsang pertumbuhan rambut dengan cepat. Berikut ini beberapa cara menumbuhkan rambut botak secara efektif yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (24/10/2022)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Cara Menumbuhkan Rambut Botak

1. Minoxidil (Rogaine)

Cara menumbuhkan rambut botak, bisa dengan mudah menggunakan Minoxidil (Rogaine). Melansir dari laman healthline, Minoxidil merupakan salah satu perawatan rambut rontok topikal yang cara menggunakannya bisa Anda terapkan pada kulit kepala sebanyak dua kali sehari. Dengan langkah ini, maka secara efektif membantu meningkatkan pertumbuhan rambut di daerah yang menipis atau botak. Rogaine juga disetujui oleh Food and Drug Administration (FDA) untuk digunakan di rumah. Namun bagi Anda yang masih ragu, maka ikuti anjuran dokter Anda terlebih dahulu untuk memastikan metode yang Anda lakukan aman.

2. Pijat Kulit Kepala

Cara menumbuhkan rambut botak bisa dengan mudah dilakukan, hanya dengan memijat kulit kepala secara rutin. Anda juga bisa memberikan tekanan secara lembut di sekitar kulit kepala, menggunakan ujung jari Anda. Metode ini akan dengan mudah membantu aliran darah lebih mudah ke folikel dan mendorong pertumbuhan rambut. Anda juga bisa menambahkan beberapa minyak seperti, minyak jarak untuk melembabkan rambut juga membuat darah Anda mengalir pada saat yang bersamaan.

3. Minyak Atsiri

Cara menumbuhkan rambut botak dengan mudah menggunakan minyak atsiri. Cara menggunakan juga cukup mudah, hanya dengan mengoleskan minyak esensial, seperti rosemary, ke kulit kepala dan rambut, secara efektif meningkatkan pertumbuhan rambut. Selain itu, dengan minyak lavender juga telah terbukti cukup berhasil dalam membantu merawat rambut yang menipis. Perlu diketahui bahwa sebelum mengoleskan minyak ke kulit kepala, maka pastikan untuk mengencerkannya dengan minyak pembawa. Saat mengaplikasikannya, pastikan juga kulit Anda tidak sensitif dan mudah alergi. 

4. Sampo

Cara menumbuhkan rambut botak juga dengan mudah dan alami menggunakan sampo. Melansir dari sumber yang sama, sampo anti-penipisan yang dapat menambah volume pada rambut, juga bisa menyuburkann folikel rambut. Dikarenakan kandungan vitamin dan asam amino yang dimiliki, membantu membawa nutrisi dan kelembapan ke kulit kepala Anda yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut juga kesehatan folikel.

5. Vitamin

Cara menumbuhkan rambut botak selain menggunakan sampo, maka jangan lupa untuk menambahkan beberapa multivitamin yang kaya zat besi, asam folat, dan seng. Kandungan ini, tentu membuat rambut tumbuh kembali tebal dan sehat secara konsisten. Anda juga bisa mengonsumsi biotinasam, lemak omega-3 dan omega-6 yang dengan efektif membantu rambut tumbuh kembali dengan sehat. Perlu Anda pahami bahwa sebelum mengonsumsi makanan ini, maka konsultasikan juga dengan dokter, agar tidak menimbulkan masalah terhadap kesehatan tubuh lainnya. 

 

3 dari 4 halaman

Cara Menumbuhkan Rambut Botak

 

6. Teh Hijau

Cara menumbuhkan rambut botak secara alami bisa dengan teh hijau yang kaya akan kandungan polifenol. Teh hijau juga bisa membantu meningkatkan pertumbuhan rambut, karena adanya kandungan Epigallocatechin gallate (EGCG) dalam teh hijau, yang mencegah kerontokan rambut serta menghambat aktivitas hormon. Langkahnya juga cukup mudah, Anda bisa 1-2 kantong teh hijau ke dalam air mendidih dan biarkan terendam, setelah itu oleskan di kepala secara merata.

7. Ginseng

Cara menumbuhkan rambut botak juga bisa dengan ginseng, di mana tidak menimbulkan efek samping. Kandungan ginsenosides adalah komponen aktif ginseng dan dianggap bertanggung jawab atas efek positifnya pada rambut. Menggunakan serum atau suplemen ginseng, juga dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dengan merangsang folikel rambut. 

8. Minyak Rosemary

Cara menumbuhkan rambut botak juga bisa menggunakan minyak rosemary adalah salah satu minyak esensial yang sering digunakan banyak orang agar menumbuhkan rambut dengan cepat. Minyak ini bisa meningkatkan pertumbuhan rambut dan mengurangi kerontokan rambut, di mana langkahnya cukup mudah dilakukan. Anda bisa mencampurkan beberapa tetes minyak rosemary ke dalam minyak pembawa seperti kelapa atau zaitun dan pijat ke rambut dan kulit kepala sebelum dibilas.

9. Kopi

Cara menumbuhkan rambut botak selain dengan minyak esensial, maka menggunakan kafein yang terkandung dalam kopi yang diketahui membantu mempercepat pertumbuhan rambut. Menggunakan kafein dapat membantu mendorong pertumbuhan rambut baru pada tingkat molekuler, seluler, hingga organ baik pada pria maupun wanita. Anda bisa menggunakan produk perawatan rambut dengan kandungan kafein seperti sampo, kondisioner, atau serum. Bahkan dnegan campuran bubuk kopi juga bisa membantu secara alami kulit kepala. 

10. Masker telur

Cara menumbuhkan rambut botak juga bisa dengan masker telur, di mana langkahnya cukup mudah dilakukan. Siapkan telur sebutir, kemudian kocok telur utuh dan tambahkan 1 sendok makan mintak zaitun sampai bercampur sempurna. Setelah tercampur merata, oleskan campuran ini ke rambut secara merata, dan diamkan selama beberapa menit, bilas menggunakan sampo. 

4 dari 4 halaman

Cara Menumbuhkan Rambut Botak

11. Minyak Esensial

Cara menumbuhkan rambut botak juga bisa menggunakan minyak esensial, yang tentu memiliki manfaat menumbuhkan rambut dengan cepat dan mudah. Minyak peppermint juga menjadi salah satu alternatif yang bisa Anda coba. Namun perlu diperhatikan, yaitu hindari meneteskan minyak esensial ke kulit secara langsung. Anda harus menambahkan minyak bawaan, sehinga kulit kepala tidak menjadi iritasi. Minyak lain yang bisa menjadi pilihan untuk digunakan berbarengan dengan minyak esensial yakni minyak kelapa, minyak bunga matahari, dan minyak jarak.

12. Minyak Kemiri

Cara menumbuhkan rambut botak secara alami, bisa menggunakan minyak kemiri atau kukui nut yang mengandung asam lemak dan asam amino. Dengan minyak ini, sangat mudah menembus kulit kepala dan batang rambut agar tetap lembap dan ternutrisi. Anda juga bisa memijat kulit kepala dengan tambahan minyak kemiri yang membantu rambut menjadi lembap, serta merangsang kembali pertumbuhan rambut baik pria maupun wanita.

13. Lidah Buaya

Cara menumbuhkan rambut botak yang sangat populer juga alami, bisa menggunakan lidah buaya yang menumbuhkan rambut, juga mengatasi rambut rontok. Lidah buaya juga digunakan agar menenangkan kulit kepala dan mengkondisikan rambut. Langkahnya juga cukup mudah dan sedrhana, di mana Anda bisa menggunakan gel lidah buaya ke kulit kepala beberapa kali seminggu. Cara lainnya juga bisa menggunakan produk yang mengandung lidah buaya, sehingga membantu mengatasi rambut rontok. 

14. Lemon

Cara menumbuhkan rambut botak juga bisa menggunakan air lemon atau minyak lemon, yang tentunya meningkatkan kualitas dan pertumbuhan rambut. Minyak lemon dengan mudah membantu kesehatan kulit kepala tetap terjaga, serta mendorong pertumbuhan rambut. Langkah penggunaannya cukup mudah, hanya mengoleskan air lemon segar ke kulit kepala dan rambut 15 menit sebelum keramas, atau bisa dijadikan sebagai masker rambut.

15. Bawang Merah 

Cara menumbuhkan rambut botak selain dengan berbagai minyak, maka bawang merah juga membantu menumbuhkan rambut, karena memmiliki kandungan sulfur yang tinggi, yang menjadi stimulator alami. Bawang merah juga memiliki anti-bakteri yang membantu mengobati kebotakan, sehingga Anda bisa haluskan 1 siung bawang merah dan usapkan di daerah kebotakan secara teratur dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. 

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS