Sukses

15 Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan, Meningkatkan Imunitas dan Pencernaan

Manfaat buah jambu biji untuk kesehatan, dapat meningkatkan imunitas tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Jambu biji adalah salah satu buah yang memiliki tampilan menarik, serta memiliki kulit berwarna hijau limau dengan bagian tengah yang berwarna merah muda atau putih. Tergantung dengan kematangan buahnya, jambu biji bisa memberi rasa yang bermacam mulai dari sedikit asam hingga manis. Tentu membuat buah ini disukai oleh banyak orang. Di balik rasanya menyegarkan, terdapat beberapa manfaat jambu yang tentunya baik untuk kesehatan tubuh. 

Secara nutrisi, jambu biji adalah buah yang kaya akan vitamin C, di mana satu buah kecil jambu biji memasok hingga 209% RDA. Adapun manfaat jambu biji yang bisa diperoleh tubuh adalah, mengatasi peradangan, meningkatkan kesehatan jantung, mengatasi sembelit, hingga meredakan gejala sakit saat menstruasi.

Khasiat jambu biji untuk kesehatan bisa Anda peroleh, dengan mengolahnya menjadi jus untuk dikonsumsi, atau bisa mengonsumsinya secara langsung. Anda juga harus memastikan buah yang dikonsumsi telah dicuci bersih. Selain membantu mencegah beberapa penyakit, buah ini kaya vitamin dan mineral, sehingga bisa memenuhi asupan Anda setiap harinya. 

Berikut ini manfaat jambu biji untuk kesehatan yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (24/10/2022). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat jambu biji yang bisa Anda peroleh untuk kesehatan adalah meningkatkan kesehatan jantung. Dengan mengonsumsi jambu biji, merupakan cara ampuh untuk mengurangi kemungkinan Anda mengalami serangan jantung karena pembekuan darah, dengan meningkatkan kadar oksida nitrat dalam darah. Selain itu, di dalam jambu biji terdapat elemen bebas alkohol yang mengandung antioksidan. Jambu biji juga memiliki anti oksidan tinggi, yang dapat mencegah oksidasi kolesterol LDL (jahat), yang menyumbat pembuluh darah dan merupakan penyumbang utama berbagai kondisi koroner.

2. Membantu Mengatasi Sembelit

Manfaat jambu biji juga mampu mengatasi sembelit, karena mengandung sumber serat yang tidak larut. Ketika Anda mengonsumsi jambu biji, tentu membantu dalam menghilangkan sembelit. Jabu tergolong sebagai makanan pencahar karena mengandung asam organik, gula, dan selulosa. Maka tentu dengan mengonsumsi jambu, maka mampu meredakan sembelit kronis dengan mengencangkan otot usus dan perut. Jambu biji adalah sumber serat tidak larut yang baik, yang berarti mereka tetap utuh saat bergerak melalui saluran pencernaan. Perlu Anda ketahui bahwa serat tidak larut tidak menyerap air untuk mengeringkan tinja yang longgar, dan jambu biji tidak memiliki tingkat serat larut yang berlebihan.

3. Mengurangi Serangan Asma

Manfaat jambu biji juga sangat membantu Anda mengatasi serangan akan penyakit asma. Hal ini tentu karena nilai terapeutiknya yang terkenal, sehingga jambu biji dapat digunakan sebagai pengobatan untuk asma. Selain itu, daya hidrasi jambu biji juga tinggi, dan tentunya meningkatkan kelembapan yang ada di dalam paru-paru dan mengurangi kejadian asma.

4. Mencegah Perubahan Suasana Hati

Manfaat jambu untuk kesehatan juga memiliki nilai indeks glikemik (IG) makanan dan minuman, yang pada dasarnya sangat berpotensi terhadap peningkatan gula darah. Makanan dengan indeks glikemik tinggi akan cepat rusak dan menyebabkan gula darah dan kadar insulin melonjak setelah makan, yang diikuti dengan penurunan kadar gula darah secara cepat. Namun jambu biji memiliki GI Rendah, dan karenanya gula dari Jambu biji perlahan diserap ke dalam aliran darah, yang mencegah gula jatuh, mengidam gula, dan juga mencegah terjadinya perubahan suasana hati.

5. Membantu Anda Terlihat Lebih Muda

Khasiat jambu biji membantu Anda terlihat lebih muda. Hal ini karena jambu biji mengandung flavonoid yang memiliki antioksidan baik, sehingga mampu mengurangi dan melawan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Adanya radikal bebas, bisa menyebabkan perkembangan katarak dan berbagai masalah yang berkaitan dengan usia. Hal ini juga memiliki kaitan erat dengan degenerasi makula, karena biasanya muncul sekitar waktu yang sama dalam hidup. Untungnya, antioksidan juga memiliki kualitas anti-pertumbuhan tertentu, yang tidak hanya membantu Anda terlihat lebih muda tetapi juga lebih awet muda.

 

3 dari 4 halaman

Manfaat Jambu Biji Untuk Kesehatan

 

6. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Manfaat jambu biji juga sangat baik bagi sistem pencernaan, sehingga banyak orang yang mengolah buah ini untuk dikonsumsi, seperti membuatnya menjadi jus, atau langsung mengonsumsinya. Satu jambu biji dapat memberi anda sekitar 12% (3 gram) dengan serat makanan yang direkomendasikan. Terdapat literatur medis yang menyatakan bahwa jambu biji dapat mengobati diare karena sifat antimikroba dan antispasmodiknya. Dengan sifat antimikroba yang dimiliki oleh jambu biji juga dapat melawan mikroba usus yang berbahaya dan berpotensi mencegah infeksi pencernaan.

7. Meredakan Gejala Menstruasi

Khasiat jambu biji selanjutnya, dapat meredakan gejala sakit saat menstruasi. Bahkan dalam beberapa penelitian kepada 197 wanita dengan dismenore (nyeri haid), ditemukan rasa sakit yang lebih ringan setelah mengonsumsi 6 mg obat yang mengandung ekstrak jambu biji per hari. Sedangkan studi lain mengungkapkan efek spasmolitik ekstrak daun jambu biji dapat meredakan kram otot polos rahim.

8. Meningkatkan Imunitas

Manfaat jambu biji yang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, membantu meningkatkan imunitas tubuh. Studi menyatakan bahwa vitamin C dapat membantu meningkatkan kekebalan, serta melawan patogen penyebab penyakit. Vitamin C juga akan melindungi sel-sel tubuh dari kerusaka, sehingga gejala penyakit serius juga bisa teratasi. salah satunya adalah radang sendi, kanker, dan beberapa bentuk penyakit jantung.

9. Meringankan Stres

Manfaat jambu biji untuk kesehatan, juga membantu meringankan stres yang sedang dialami. Jambu biji mengandung kadar magnesium yang dikenal dapat mengendurkan saraf dan otot tubuh serta dapat meredakan stres. Beberapa penelitian juga memberikan hasil bahwa magnesium dapat membantu meredakan kecemasan pada individu, meskipun lebih banyak studi lagi untuk membuktikan hal ini.

 

10. Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat jambu biji secara baik, dapat menurunkan berat badan berlebih baik itu untuk pria, maupun terhadap wanita. Memiliki berat badan yang ideal tentu impian semua orang, oleh karena itu, Anda bisa mengolah jambu biji untuk menurunkan berat badan berlebih. Tanpa mengorbankan asupan protein, maka vitamin dan serat dari jambu biji dapat membantu Anda untuk mengatur metabolisme. Jambu biji juga memiliki kandungan gula yang jauh lebih sedikit dibandingkan dengan apel, jeruk, anggur, dan buah-buahan lainnya.  

4 dari 4 halaman

Manfaat Jambu Biji Untuk Kesehatan

11. Membantu Metabolisme Protein

Manfaat jambu biji juga membantu metabolisme protein dalam tubuh. Jambu biji adalah sumber nutrisi mikro yang luar biasa seperti tembaga, besi, dan mangan, sehingga baik untuk membantu pembentukan dan penguatan tulang. Konsumsi jambu biji secara teratur, maka mencegah timbulnya kondisi terkait usia seperti osteoporosis. Sedangkan nutrisi mangan adalah elemen yang sangat penting dalam tubuh, yang membantu metabolisme protein, pembentukan kolagen, dan fungsi sistem saraf.

12. Kaya Anti-Oksidan

Manfaat jambu biji adalah buah yang kaya antioksidan, sehingga membantu mengatasi serangan migrain. Anda bisa memperoleh manfaat ini, yang diolah menjadi jus agar menyembuhkan migrain. Jus jambu biji harus diminum saat pagi hari, tanpa mencampur air tambahan. Terdapat berbagai penyebab migrain seperti ketidakseimbangan kimia, kurang tidur, perubahan iklim, atau kekurangan makanan, sehingga mengonsumsi jambu biji memiliki banyak antioksidan sehingga dapat menyebabkan dan menyembuhkan penyakit yang sama!

13. Menyeimbangkan Kadar Kolesterol

Manfaat jambu juga mengandung senyawa yang disebut pterostilbene, sehingga dengan sangat baik menurunkan kadar kolesterol seseorang. Pterostilbene terkait erat dengan resveratrol, antioksidan yang berguna, dan pewarna flavonoid yang juga ditemukan dalam jambu biji. Dalam sebuah penelitian awal, juga telah menunjukkan bahwa jambu biji memiliki dampak yang luar biasa pada kadar kolesterol, serta menghemat penyerapan kolesterol dengan mengikatnya.

14. Pencegahan Kemo Kanker

Khasiat jambu biji untuk kesehatan, juga membantu melakukan pencegahan terhadap kemo kanker. Kandungan resveratrol memiliki aktivitas pencegahan kemo kanker dalam 3 tahap karsinogenesis, inisiasi pembentukan kanker, pada manusia. Sehingga ada beberpa penelitian lain menunjukkan bahwa resveratrol juga dapat mencegah kanker payudara dan kanker prostat.

15. Sumber Kaya Kalium

Manfaat jambu biji kaya akan kalium, sehingga sebagian besar orang memilih untuk mengonsumsinya. Jambu biji memiliki rasio kalium terhadap natrium yang luar biasa, sehingga dapat membantu pembuluh darah rileks dan melanjutkan tekanan darah yang sehat. Asupan kalium yang tinggi dikaitkan dengan penurunan 20% kemungkinan kematian dari semua penyebab.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.