Sukses

11 Cara Membersihkan Karang Gigi Sendiri di Rumah, Mudah dan Efektif

Cara membersihkan karang gigi yang paling ampuh adalah dengan menghindari terjadinya pembentukan karang gigi itu sendiri.

Liputan6.com, Jakarta Penting untuk mengetahui cara membersihkan karang gigi untuk menjaga kesehatan mulut. Karang gigi berasal dari plak yang tidak dibersihkan. Jika diraba menggunakan lidah, tekstur karang gigi cenderung kasar. Karang gigi dapat dilihat dengan mata secara langsung. 

Karang gigi adalah plak yang mengeras berwarna putih kekuningan atau kecoklatan yang terbentuk di sela-sela gigi dan di garis gusi. Semakin gelap warna karang gigi, menandakan semakin tebal karang gigi tersebut dan akan semakin sulit untuk dihilangkan.

Pada jumlah yang sedikit, karang gigi akan mengganggu penampilan dan dapat menyebabkan bau mulut. Karang gigi yang menumpuk dan menjadi sangat tebal dapat menimbulkan berbagai macam komplikasi. Menumpuknya karang gigi dapat menekan gusi, akibatnya gusi berwarna merah kehitaman, menjadi mudah berdarah saat disikat, bengkak, dan terasa nyeri saat disentuh. Jika tidak segera ditangani dapat menyebabkan radang gusi atau gingivitis. 

Tumpukan karang gigi yang menekan gigi juga dapat mengakibatkan gusi kehilangan daya cengkramnya terhadap gigi, dampaknya gigi jadi mudah goyang dan lepas Berikut cara membersihkan karang gigi yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat, (21/10/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Membersihkan Karang Gigi: Membersihkan Gigi

Cara membersihkan karang gigi yang paling ampuh adalah dengan menghindari terjadinya pembentukan karang gigi itu sendiri. Membersihkan gigi secara rutin harus dilakukan untuk menjaga kesehatan mulut.

1. Menyikat Gigi

Menyikat gigi minimal dua kali sehari, setelah sarapan di pagi dan malam sebelum tidur, menjadi perawatan gigi yang selalu disarankan oleh dokter gigi. Menyikat dapat menjadi salah satu cara membersihkan karang gigi. Menyikat gigi terbukti efektif membersihkan gigi dari sisa makanan, plak gigi, maupun debris pembentuk karang gigi.

Agar hasilnya maksimal, sikat gigi dengan teknik yang tepat. Pastikan seluruh bagian gigi benar-benar bersihkan dan jangan lupa  membersihkan lidah sisa makanan di lidah juga terangkat. 

2. Gunakan Pasta Gigi yang Mengandung Fluoride

Fluoride merupakan jenis mineral yang sering ditambahkan pada pasta gigi dengan tujuan untuk menguatkan gigi. Fluoride dapat melindungi lapisan enamel gigi dari asam yang terbentuk dari sisa makanan yang masih tertinggal di dalam mulut yang dapat menyebabkan gigi berlubang. Selain itu, fluoride juga menjaga keasaman pH mulut. Dengan demikian, pembentukan karang gigi dapat dicegah. 

3. Menyikat Gigi dengan Baking Soda

Selain pasta gigi yang mengandung fluoride, cara menghilangkan karang gigi yang dapat dilakukan di rumah adalah menyikat gigi dengan baking soda. Baking soda terbukti efektif menghilangkan plak yang terbentuk di dalam mulut.

 

3 dari 4 halaman

Cara Membersihkan Karang Gigi: Perawatan Ekstra

4. Mengganti Sikat Gigi Secara Rutin Maksimal Empat Bulan Sekali

Sikat gigi dapat menjadi sarang bakteri, apalagi jika sudah lama tidak diganti dan diletakkan di tempat yang lembab seperti kamar mandi. Sikat gigi yang penuh dengan bakteri tidak dapat membersihkan gigi secara maksimal. Pilih sikat gigi berbulu lembut, terutama untuk pemilik gigi sensitif dan anak-anak. Bulu sikat yang terlalu keras dapat melukai gusi yang kemudian dapat menyebabkan masalah gigi lain.

5. Menggunakan Obat kumur

Cara membersihkan karang gigi bisa juga dengan menggunakan obat kumur. Obat kumur adalah cairan pembersih mulut yang diformulasikan untuk membersihkan gigi secara menyeluruh. Saat menyikat gigi biasanya ada sela-sela yang tidak terjangkau oleh sikat gigi. Obat kumur membantu proses membersihkan gigi menjadi benar-benar bersih. Beberapa obat kumur dibuat khusus untuk mencegah pembentukan karang gigi.

6. Kumur dengan Minyak Kelapa

Berkumur Minyak kelapa murni juga dapat menjadi salah satu cara membersihkan karang gigi. Kandungan antioksidan dan asam laurat pada Minyak Kelapa dapat membantu membasmi bakteri jahat di dalam mulut. Hal ini dapat mencegah terbentuknya penumpukan karang gigi. 

7. Membersihkan Sela-sela Gigi dengan Dental Floss 

Membersihkan sela-sela gigi menggunakan dental floss atau benang gigi penting untuk mencegah terjadinya tumpukan karang gigi. Benang gigi membantu merontokan plak dan sisa makanan yang tersangkut di sela-sela gigi yang sulit dijangkau dengan sikat biasa.

4 dari 4 halaman

Cara Membersihkan Karang Gigi: Menjaga Makan dan Gaya Hidup

8. Mengonsumsi Buah dan Sayur Bertekstur Keras

Wortel, apel, dan sayur atau buah yang memiliki tekstur yang keras dapat membantu membersihkan karang gigi. Teksturnya yang keras membantu membersihkan sisa-sisa makanan yang tertinggal di dalam mulut. Buah dan sayur juga meningkatkan produksi liur yang berfungsi membilas kotoran di dalam mulut. 

9. Hindari Makanan Manis

Gula memiliki andil besar sebagai salah satu penyebab karang gigi. Untuk itu, membatasi jumlah makanan dan minuman manis, seperti sirup, permen, minuman bersoda, dan kue dapat membantu mengurangi jumlah plak yang terbentuk di gigi. 

10. Mengunyah Permen Karet

Mengunyah permen karet juga dapat membantu membersihkan karang gigi. Permen karet membantu mengangkat kotoran dan sisa makanan yang tertinggal. Pilih permen karet bebas gula agar mendapatkan hasil yang masimal.

11. Hindari Rokok

Kegiatan merokok dapat mengakibatkan terbentuknya karang gigi lebih cepat. Zat nikotin pada rokok membuat kelenjar eksokrin memproduksi air liur lebih banyak. Air liur mengandung kalsium fosfat yang membentuk karang gigi.

Jika karang gigi sudah terlanjur tebal dan menumpuk, cara membersihkan karang gigi ini tidak dapat dilakukan di rumah. Anda harus mengunjungi dokter gigi untuk mendapatkan perawatan karang gigi dengan prosedur scaling untuk membersihkan karang gigi.   

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.