Sukses

23 Obyek Wisata Dieng yang Indah dan Sejuk, Ideal untuk Healing

Berikut adalah sejumlah rekomendasi obyek wisata Dieng yang menyejukkan dan cocok sebagai tempat healing.

Liputan6.com, Jakarta Meski hanya sebuah desa di Kabupaten Wonosobo, Dieng sudah banyak dikenal dengan obyek wisatanya yang memesona. Obyek wisata Dieng memang tidak diragukan lagi pesonanya. Bisa dibilang, bahwa obyek wisata Dieng merupakan salah satu tempat paling ideal untuk healing. 

Yang membuat obyek wisata Dieng adalah tempat ideal untuk healing tentu tidak lepas dari bentang alamnya. Dieng adalah sebuah desa di kecamatan kejajar, Kabupaten Wonosobo, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia.

Secara geografis, Dieng berada di dataran tinggi, yang membuat obyek wisata Dieng memiliki hawa yang sejuk dan nyaman. Obyek wisata Dieang tidak hanya mengandalkan keindahan dan suasana alamnya yang membuat nyaman, obyek wisata Dieng juga memiliki sejumlah tempat yang sarat akan sejarah.

Wisata edukasi pun juga tersedia di antara banyaknya obeyke wisata Dieng. Yang jelas, jika Anda punya rencana untuk berlibur, entah itu sendirian atau bersama keluarga atau teman, obyek wisata Dieng tentunya bisa menjadi pilihan menarik.

Berikut adalah sejumlah rekomendasi obyek wisata Dieng, yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (20/10/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Wisata Dieng Candi dan Bukit

1. Candi Arjuna

Obyek wisata Dieng juga memiliki banyak candi bersejarah yang bisa dikunjungi. Salah satu yang terpopuler adalah Candi Arjuna. Candi Arjuna memiliki luas mencapai 1 hektar. Candi ini masih aktif dijadikan tempat ibadah warga sekitar yang beragama Hindu, terlebih saat Hari Raya Galungan.

2. Bukit Sikunir

Obyek wisata Dieng yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Dieng adalah Bukit Sikunir. Memiliki ketinggian 2.300 meter di atas permukaan laut, Bukit Sikunir merupakan tempat yang memiliki pemandangan matahari terbit paling ciamik di Jawa Tengah.

Tak butuh waktu lama untuk bisa sampai ke puncak Bukit Sikunir. Biasanya, waktu tempuh para wisatawan hanya berkisar 30 hingga 60 menit saja. Jika cuaca sedang cerah dan berawan, Anda akan bisa merasakan sensasi melihat empat gunung paling terkenal di Jawa Tengah, Merbabu, Sindoro, Merapi, dan juga Sumbing.

3. Gardu Pandang Tieng

Gardu Pandang Tieng merupakan alternatif obyek wisata alam bagi kamu yang ingin menikmati golden sunrise, namun tidak ingin naik ke Bukit Sikunir. Gardu pandang ini berada pada ketinggian 1789 Mdpl tepat di atas Desa Tieng, Wonosobo. Gardu Pandang Tieng menawarkan lanskap pegunungan Pakuwojo dengan hijaunya perkebunan sekitar.

3 dari 8 halaman

Wisata Dieng Telaga

4. Telaga Warna

Tak lengkap rasanya apabila berlibur ke obyek wisata Dieng tanpa mampir ke Telaga Warna. Pasalnya, saat berkunjung di bulan Juli sampai Agustus, Anda akan berkesempatan melihat warna air di telaga ini menjadi merah, hijau, biru, hingga kuning.

Mitosnya, perubahan warna yang terjadi di Telaga Warna terjadi karena isi pusaka yang terjatuh milik Cupu Manik Astagina. Namun, jika dijelaskan secara ilmiah, penyebab warna air yang berubah disebabkan karena ekosistem yang ada di telaga tersebut.

5. Telaga Merdada

Meski tidak sepopuler Telaga Warna, Telaga Merdada merupakan obyek wisata Dieng yang memiliki daya tarik yang sayang untuk dilewatkan. Saat berlibur ke Wisata Dieng di musim hujan, Anda akan diperlihatkan dengan pemandangan telaga yang dipenuhi dengan air dan dirangkul oleh kebun milik warga. Imajinasi pedesaan masa kecil akan langsung terealisasikan saat berkunjung ke Telaga Merdada.

6. Telaga Menjer

Terbentuk akibat dari aktivitas vulkanik, Telaga Menjer dimanfaatkan sebagai PLTA. Namun, karena pemandangannya yang indah, tak sedikit wisatawan yang menjadikan kawasan ini sebagai tujuan wisata. Tak hanya itu, Anda juga dapat bersantai dan memancing di telaga ini sembari melepas penat setelah seharian berwisata.

7. Telaga Cebong

Telaga Cebong dulunya adalah sebuah kawah purba yang terisi oleh air. Banyak wisatawan yang memanfaatkan tempat wisata ini dengan aktivitas berperahu hingga berkemah. Obyek wisata Dieng ini juga menyediakan peralatan kemah yang dapat Anda sewa dengan harga terjangkau.

4 dari 8 halaman

Wisata Dieng Gunung dan Kawah

8. Gunung Prau

Buat kamu yang hobi hiking, tidak ada salahnya untuk coba menaklukkan Gunung Prau. Dengan ketinggian hampir 2.600 mdpl, Gunung Prau merupakan obyek wisata Dieng dengan puncak paling tinggi di Dieng. Waktu untuk mendaki gunung ini termasuk ke dalam kategori yang cepat.

Mayoritas pendaki hanya membutuhkan waktu sekitar 3 sampai 4 jam untuk sampai puncaknya. Dijamin ketika melihat sunrise di puncak Gunung Prau, semua beban pikiran akan hilang.

9. Kawah Sikidang

Masih berada di kawasan Gunung Prau, tak lengkap rasanya jika tidak mampir sebentar ke Kawah Sikidang. Sebenarnya, ada banyak kawah vulkanik yang ada di sekitar Gunung Prau. Namun, obyek wisata Dieng inilah yang paling banyak dikunjungi. Pastikan memakai masker karena aroma belerangnya cukup tajam dan dapat membahayakan kesehatan.

10. Kawah Sileri

Berlokasi di Desa Kepakisan, Anda dapat mampir melihat Kawah Sileri sembari berjalan menuju pemandian air hangat Bitingan untuk beristirahat. Meski terhitung lebih aktif dan sering meletus ketimbang Kawah Sikidang, destinasi wisata ini masih kondusif untuk dikunjungi.

11. Kawah Candradimuka

Kawah Candradimuka adalah salah satu kawah Dieng yang terletak 7 km dari Dataran Tinggi Dieng. Kawah ini sebenarnya bukan kawah gunung berapi tetapi merupakan pemunculan solfatara dari rekahan tanah. Terdapat dua lubang rekahan yang masih aktif mengeluarkan solfatara, yang satu mengeluarkan secara terus menerus dan yang lainnya secara berselang.

Obyek wisata dieng ini belum banyak dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun mancanegara karena jaraknya yang jauh dari Dataran Tinggi Dieng, fasilitas wisata yang belum lengkap dan minimnya akses jalan.

5 dari 8 halaman

Wisata Dieng Gardu Pandang

13. Gardu Pandang Tieng

Bagi Anda yang segan untuk mendaki namun ingin menikmati pengalaman liburan di tempat tinggi, Gardu Pandang Tieng adalah tempat paling cocok untuk dipilih. Berada di ketinggian 1.789 mdpl, obyek wisata Dieng ini menawarkan pemandangan sunrise tanpa harus repot mendaki. Obyek wisata Dieng ini juga memiliki area nongkrong yang bisa dimanfaatkan untuk berkumpul bersama orang terdekat.

14. Batu Ratapan Angin atau Batu Pandang Dieng

Hampir seluruh wisata alam Dieng Jawa Tengah bernuansa perbukitan yang indah. Salah satu obyek wisata Dieng Wonosobo yang bisa kamu nikmati dari ketinggian adalah Batu Ratapan Angin. Obyek wisata Dieng ini merupakan sebuah tebing yang dekat dengan Telaga Warna. Di sini kamu bisa menyaksikan pemandangan Telaga Pengilon dan Telaga Warna dari ketinggian.

Hampir seluruh tempat wisata yang ada di Dieng Wonosobo ini cocok untuk kamu yang menyukai petualangan alam. Salah satunya Batu Ratapan Angin ini. Pasalnya, untuk sampai di tempat ini kamu perlu mendaki bukit yang cukup membuat lelah. Walaupun memerlukan sedikit perjuangan untuk sampai ke atas bukit, kamu bakal menyaksikan panorama alam indah yang tersaji di depan mata.

6 dari 8 halaman

Wisata Alam Dieng

15. Goa Semar

Goa Semar dipercaya sebagai tempat bertapa para raja zaman dahulu. Bahkan, berdasarkan petunjuk informasi yang ada, Presiden Soeharto pun pernah melakukan meditasi di gua ini. Jadi, jika menyukai suasana mistis, Goa Semar wajib masuk dalam list kunjungan di wisata Dieng.

16. Petak 9 Dieng

Obyek Wisata Dieng yang juga dikenal dengan nama Bukit Sidengkeng ini merupakan spot kunci jika Anda ingin melihat Telaga Warna dari kejauhan.

17. Lubang Sewu

Sama halnya dengan Telaga Warna, pada musim kemarau dan air menjadi kering, Anda dapat melihat suasana layaknya Grand Canyon yang ada di Amerika Serikat. Namun, jika berkunjung saat musim hujan, Lubang Sewu akan dipenuhi air dan juga ikan yang berenang dan bersembunyi di celah lubang.

18. Kolam Air Panas D'qiano Water Park

D'qiano Water Park adalah obyek wisata Dieng yang cocok dijadikan destinasi liburan terakhir. Di sini pengunjung bisa berenang di kolam air panas sepuasnya. Selain itu, D'qiano Water Park juga menawarkan fasilitas penginapan dengan kualitas yang mumpuni. Jadi, momen liburan bersama keluarga di wisata Dieng akan terasa lebih berkesan.

7 dari 8 halaman

Wisata Edukasi di Kawasan Dieng

19. Kebun Teh Tambi

Obyek wisata Dieng selanjutnya adalah sebuah Agrowisata Tambi. Di sini kamu akan disuguhkan dengan hamparan kebun teh, yang membuat suasana hati menjadi tenang. Lokasi agrowisata ini terletak di Kecamatan Garung, tepatnya di jalan arah menuju Dieng.

Tidak hanya menyuguhkan pemandangan perkebunan teh, di sana kamu belajar tentang industri dengan mengunjungi pabrik teh. Kamu bisa melihat secara langsung proses pengolahan teh Tambi. Selain itu, di sini juga memiliki berbagai macam fasilitas seperti pondok wisata, kolam pemancingan, lapangan tenis, taman bermain, dan kebun.

20. Dieng Plateau Theater

Obyek wisata Dieng selanjutnya adalah Dieng Plateau Theater. Tempat yang terletak di dataran tinggi Dieng ini merupakan salah satu wisata edukasi, di mana saat wisatawan yang mau berkunjung, akan diarahkan menuju ruangan yang menampung sekitar 100 orang untuk menonton film tentang sejarah, kondisi geografis budaya dan semua hal yang berkaitan dengan dataran tinggi.

21. Museum Kailasa

Salah satu obyek wisata Dieng yang wajib dikunjungi bersama keluarga adalah Museum Kailasa. Museum ini merupakan salah satu tempat yang digunakan untuk melakukan pemujaan terhadap Dewa Siwa, yang diketahui merupakan salah satu peninggalan candi serta prasasti.

Saat memilih untuk berkunjung, tersedia berbagai fasilitas mulai dari gazebo, cafe, mushola juga toilet dan tempat parkir kendaraan. Museum ini memiliki berbagai peninggalan sejarah, ruang informasi dan artefak serta beberapa ruangan pertunjukan. Tempat wisata ini menjadi rekomendasi liburan keluarga yang sarat akan edukasi dan sejarah.

8 dari 8 halaman

Wisata Dieng Dataran Tinggi

22. Padang Savana Dieng

Obyek wisata Dieng selanjutnya yang wajib untuk dikunjungi adalah Padang Savana yang cukup populer. Tempat ini memiliki pesona alam dengan keindahan yang sangat memesona. Salah satunya adalah padang rumput yang hijau sejauh mata memandang, juga pemandangan pegunungan yang luar biasa indah. Tempat ini menjadi rekomendasi liburan keluarga yang seru juga menyenangkan, karena bisa digunakan sebagai tempat piknik keluarga, berbagai aktivitas camping, hingga berburu foto kece yang indah.

23. Desa Sembungan

Obyek wisata Dieng selanjutnya adalah Desa Sembungan. Desa ini merupakan salah satu yang dianggap sebagai desa tertinggi di Jawa, dengan ketinggian 2.300 m di atas permukaan laut. Karena jaraknya yang jauh dari desa sebelah, masyarakat Sembungan dikatakan memiliki dialek, kebiasaan, dan budaya Jawa yang berbeda. Selain itu, Sembungan juga merupakan salah satu desa unik yang tidak hanya menawarkan berbagai atraksi menakjubkan di sekitarnya tetapi juga kehangatan masyarakatnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.