Sukses

Apa yang Dimaksud Sumber Daya Alam? Ini Definisi dan Jenis-jenisnya

Liputan6.com, Jakarta Apa yang dimaksud sumber daya alam sebenarnya sangat dekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Apa yang kita makan, pakaian yang kita pakai, bahkan energi listrik yang kita gunakan untuk mengoperasikan gawai, sebagian besar bersumber dari alam.

Dari uraian singkat tersebut dapat dipahami bahwa apa yang dimaksud sumber daya alam adalah segala sesuatu yang bersumber dari alam, baik biotik maupun abiotik, yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Contoh sumber daya alam antara lain adalah tumbuhan, hewan, mikroorganisme, minyak bumi, batu bara, dan barang tambang lainnya.

Semua itu berasal dari alam dan dimanfaatkan untuk memenuhi segala kebutuhan manusia, mulai dari makanan, bahan bakar kendaraan, pakaian, bahkan sumber energi listrik. Sebagai contoh, untuk memenuhi kebutuhan akan nutrisi, manusia akan memakan sesuatu yang bersumber dari alam mulai dari buah, sayur, yang berasal dari tumbuhan, serta daging yang berasal dari hewan.

Sumber daya alam juga memenuhi kebutuhan manusia dalam hal berpakaian. Contohnya saja kaus katun. Kaus dibuat dari kain yang berasal dari benang. Sementara itu, benang dibuat dari kapas yang tumbuh dari pohon kapas. Itu berasal dari alam.

Dari penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa apa yang dimaksud sumber daya alam adalah segala sesuatu yang bersumber dari alam yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Berdasarkan komponen pembentuknya, sumber daya alam dibedakan menjadi dua, yakni sumber daya alam biotik dan sumber daya alam abiotik.

Sedangkan berdasarkan ketersediaannya, sumber daya alam juga dibedakan menjadi dua, yakni sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Berikut penjelasan lengkapnya, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (18/10/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Sumber Daya Alam Biotik dan Abiotik

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, apa yang dimaksud sumber daya alam adalah segala sesuatu yang berasal dari alam yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. berdasarkan komponen pembentuknya, sumber daya alam dapat dibedakan menjadi dua, yakni sumber daya alam biotik dan abiotik.

Sumber Daya Alam Biotik

Sumber daya alam biotik disebut juga sebagai sumber daya alam hayati, yang merupakan sumber daya alam yang berasal dari komponen hidup. Contoh sumber daya alam biotik adalah hewan, tumbuhan, dan manusia. Dengan kata lain, Sumber daya alam hayati atau sumber daya alam biotik adalah segala sesuatu yang dihasilkan oleh makhluk hidup, seperti tumbuhan dan hewan.

Sumber Daya Alam Abiotik

Sebaliknya,, sumber daya alam nonhayati atau sumber daya alam abiotik adalah sumber daya alam yang berasal dari komponen yang tak hidup. Contoh dari sumber daya alam abiotik adalah air, tanah, udara, minyak bumi, dan mineral.

Sementara itu, berdasarkan pemulihan atau ketersediaannya, sumber daya alam juga dibedakan menjadi dua, yakni sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui.

3 dari 5 halaman

Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui

Sumber daya alam yang dapat diperbaharui adalah sumber daya alam yang pemulihannya bisa berlangsung dengan cepat. Dengan kata lain, pengertian sumber daya alam yang dapat diperbaharui adalah sumber daya alam yang dapat dibudidayakan atau dikembangbiakan. Artinya sumber daya alam (SDA) yang dapat diperbaharui ini memiliki jumlah yang tak terbatas juga bersifat dapat didaur ulang.

Sumber daya alam yang dapat diperbarui memiliki sifat tidak terbatas dan dapat pulih kembali oleh alam maupun bantuan manusia. Dengan begitu, manusia dapat membantu melestarikan dan mengembangkan sumber daya alam ini.

Contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui adalah sebagai berikut:

1. Matahari

Contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui utama adalah matahari. Hal tersebut karena matahari memancarkan panas dan cahaya ke Bumi yang tidak akan pernah habis.

Sinar matahari memiliki banyak manfaat bagi kehidupan, seperti sebagai sumber penerang alam semesta, pembangkit listrik tenaga surya, mengatur siklus air di Bumi. Bahkan kandungan vitamin D pada sinar matahari juga bagus untuk kesehatan tubuh manusia.

2. Air

Contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui adalah Air. Air merupakan sumber daya alam lestari. Air ini tidak akan habis, meski digunakan secara terus menerus. Air juga memiliki banyak digunakan oleh manusia untuk berbagai keperluan, seperti irigasi, memasak, mencuci, minum, olahraga, dan pembangkit tenaga listrik.

3. Hewan

Contoh lain sumber daya alam yang dapat diperbaharui adalah hewan. Hewan adalah sumber daya alam hayati yang bermanfaat sebagai bahan makanan, obat-obatan, ataupun dimanfaatkan tenaganya. Hewan dikembangbiakkan dengan beranak dan bertelur. Hewan atau binatang dapat dibedakan menjadi tiga, yakni:

a. Hewan Liar

Hewan liar merupakan hewan yang hidup bebas di alam baik di perkampungan, hutan, sungai, maupun di laut. Hewan liar tidak dapat dipelihara manusia.

b. Hewan Piaraan

Hewan piaraan merupakan hewan yang biasa dipelihara manusia untuk kesenangan atau hobi, seperti kucing, burung, hamster, anjing, dan sebagainya.

c. Hewan Ternak

Hewan ternak merupakan hewan yang sengaja dikembangbiakkan untuk kebutuhan konsumsi maupun industri. Contoh hewan ternak antara lain sapi, kerbau, kuda, kambing, ayam, dan itik.

4. Tumbuhan

Selanjutnya, contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui adalah tumbuhan. Sumber daya alam berupa tumbuhan sangat bermanfaat bagi kesejahteraan hidup manusia. Tumbuhan dapat ditemukan disekitar kita dan dihasilkan dari hutan, lahan pertanian, serta perkebunan. Tumbuhan dan tanaman dapat dibedakan menjadi empat macam, yakni:

a. Tanaman Perkebunan

Tanaman perkebunan terdiri dari tanaman perkebunan di dataran tinggi dan dataran rendah. Contoh tanaman perkebunan di dataran tinggi yakni cengkih, teh, dan tembakau. Sedangkan contoh tanaman perkebunan di dataran rendah yakni kelapa, karet, tebu, dan kelapa sawit.

b. Tanaman Pertanian

Tanaman pertanian merupakan tanaman hasil pertanian yang meliputi hasil sawah, tegal, dan ladang. Contohnya adalah padi, sayur-sayuran, buahbuahan, gandum, dan ubi.

c. Tanaman Air

Tanaman yang banyak dimanfaatkan antara lain rumput laut dan alga. Rumput laut dimanfaatkan untuk membuat agar-agar. Sedangkan alga ada yang bisa langsung dikonsumsi. Ada pula jenis alga tertentu yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku obat-obatan, kosmetik, dan industri makanan.

d. Tanaman Hutan

Tanaman hutan merupakan tanaman yang tumbuh di hutan. Tanaman hutan biasanya tidak dipelihara manusia. Tanaman hutan banyak diambil kayunya sebagai bahan bangunan dan perabot rumah tangga.

5. Tanah

Selanjutnya, contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui adalah tanah. Tanah merupakan hasil pelapukan atau erosi batuan induk (anorganik) yang bercampur dengan bahan organik. Tanah bermanfaat sebagai penyedia unsur hara bagi tumbuhan, sebagai habitat hidup, dan sebagainya. Selain itu, tanah juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuat berbagai perabotan rumah tangga yakni tanah liat.

6. Udara

Berikutnya, contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui adalah udara. Udara adalah campuran berbagai macam gas yang terdiri dari berbagai zat seperti oksigen dan karbondioksida tak berwarna, tak berbau, dan memenuhi ruang di Bumi. Udara bermanfaat untuk bernapas, membantu penyerbukan bunga, tenaga gerak, dan lain-lain.

7. Biomassa

Mengutip dari laman National Geographic, sebagai tambahan ternyata biomassa merupakan salah satu contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Biomassa sendiri dihasilkan oleh limbah kayu dan etanol. Biomassa memiliki manfaat sebagai sumber energi terbarukan karena bahan organik ini diketahui bisa menyerap energi dari matahari dan akan melepaskan panas tersebut ketika bahan organik biomassa dibakar.

4 dari 5 halaman

Sumber Daya Alam yang Tidak dapat Diperbaharui

Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah sumber daya alam yang jumlahnya terbatas dan suatu saat akan habis. Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah tidak dapat dipulihkan sama sekali dikarenakan pembentukannya sangat lambat bila dibandingkan dengan umur manusia serta jumlah sumber daya alam ini relatif statis.

Adapun contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui antara lain adalah sebagai berikut:

1. Batu Bara

Contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah batu bara. Batu bara adalah contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui berasal dari sisa-sia batang dan ranting sejenis pohon pakis yang hidup sekitar zaman karbon.

Dalam pengaruh tekanan yang sangat tinggi, sisa tumbuhan tersebut mengalami proses metamorfosis dinamo dan terjadi perubahan wujud dari batang tanaman menjadi gambut (veen), batu bara muda (lignit), batu bara pertengahan (bitumin), batu bara tua (antrasit), dan grafit.

2. Timah Putih

Contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah timah putih. Timah putih sebagai contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah mineral logam yang banyak terkandung dalam batuan granit.

Pada proses pengikisan batuan oleh aliran sungai maka terjadi pemilahan antara massa batu granit dan bijih timah putih. Mineral logam kemudian diendapkan di dasar sungai.

Jenis bahan tambang atau contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah seperti timah putih banyak dimanfaatkan untuk menyambung atau mematri kabel dalam industri elektronik, pelapis besi agar tidak mudah berkarat, dan sebagai pelapis kemasan obat.

3. Gas Alam

Contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah gas alam. Gas alam biasa digunakan untuk memasak di dapur. Penggunaan lainnya, yakni untuk proses pembakaran dan pemanasan di sektor industri seperti sebagai pembangkit tenaga listrik (PLTU). Gas alam sebagai contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah berasal dari fosil yang membentuk gas metana.

4. Bauksit

Contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah bauksit. Bauksit atau bijih aluminium terkandung dalam batuan yang mengalami proses pencucian. Aluminium banyak digunakan untuk sebagai pelapis badan pesawat terbang.

5. Nikel

Contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah nikel. Nikel adalah jenis mineral logam yang banyak terkandung di wilayah laut dalam, seperti di dasar lempengan samudra. Akibat proses endogen berupa pengangkatan, wilayah laut itu naik ke permukaan darat.

6. Minyak Mentah

Contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah minyak mentah. Minyak mentah adalah contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui berasal dari fosil purba yang terperangkap di perut bumi.

Setelah ditambang, minyak mentah akan diolah menjadi berbagai jenis bahan bakar seperti bensin, solar, hingga minyak tanah. Selain itu, produk sampingan lain dari contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui seperti minyak bumi adalah plastik dan aspal.

5 dari 5 halaman

Kesimpulan

Demikian penjelasan mengenai apa yang dimaksud sumber daya alam. Sumber daya alam adalah segala sesuatu yang berasal dari alam yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Berdasarkan komponen pembentuknya, sumber daya alam dibedakan menjadi dua, yakni sumber daya alam biotik dan abiotik.

Sumber daya alam biotik merupakan sumber daya alam yang berasal dari makhluk hidup, sedangkan sumber daya alam abiotik berasal dari komponen alam tak hidup.

Sementara itu, berdasarkan pemulihannya, sumber daya alam dibedakan menjadi dua, yakni sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS