Sukses

3 Cara Membuat Tas dari Bungkus Kopi yang Unik dan Mudah Dipraktikkan

Kumpulan cara membuat tas dari bungkus kopi.

Liputan6.com, Jakarta - Cara membuat tas dari bungkus kopi merupakan ide mengolah limbah sampah menjadi lebih bernilai. Ada tiga jenis bahan bungkus kopi yang bisa didaur ulang untuk dijadikan tas.

Mulai dari bungkus kopi kertas, bungkus kopi kardus, dan bungkus kopi plastik. Model tas yang bisa dibuat dari bungkus kopi ini bermacam-macam.

Cara membuat tas dari bungkus kopi kertas, bisa menghasilkan paper bag sekali pakai. Cara membuat tas dari bungkus kopi kardus, bisa menghasilkan tas yang lebih kuat daripada paper bag.

Cara membuat tas dari bungkus kopi plastik, bisa menghasilkan hand bag atau tas tangan yang cocok untuk wadah belanjaan, wadah bekal makanan, wadah pakaian, hingga wadah buku.

Tertarik mencoba cara membuat tas dari bungkus kopi ini? Berikut Liputan6.com ulas penjelasannya lebih mendalam dilansir dari berbagai sumber, Selasa (18/10/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Membuat Tas dari Bungkus Kopi Kertas

Tas yang bisa dibuat dari bungkus kopi kertas adalah berupa paper bag. Siapkan bahan dan alat yang diperlukan sebelum mempraktikkan cara membuat tas dari bungkus kopi kertas ini.

1. Bahan cara membuat tas dari bungkus kopi yang kertas adalah bungkus kopi kertas, karton, double tape atau selotip atau lem, tali atau pita, dan hiasan.

2. Kemudian, siapkan alat berupa gunting, penggaris, pensil, dan penghapus.

3. Cara membuat tas dari bungkus kopi kertas, dimulai dengan memotong bungkus kopi menjadi lembaran, boleh sambung lebih dari satu bungkus untuk menyesuaikan ukuran paper bag yang ingin dibuat.

4. Tempelkan double tape pada samping. Mulai dari bagian atas sampai bagian bawah kertas, tempelkan ujung yang berlawanan dengan double tape.

5. Lipat bagian bawah kertas (1.5 x ukuran tebal barang yang ingin dimasukkan dalam paper bag).

6. Lipat kedua bagian ujung yang sudah dilipat, membentuk segitiga. Lalu lipat bagian atas dan bawah, lebih dari setengah yang sebelumnya telah dilipat, dan tempel.

7. Lipat bagian atas kertas (1.5 x ukuran tebal barang yang ingin dimasukkan dalam paper bag).

8. Gunting kedua ujung bagian yang sudah dilipat, sesuai dengan panjang yang sudah dilipat.

9. Gunting kertas karton yang sudah disediakan sesuai dengan tinggi dan lebar bagian atas yang terlipat. Siapkan berjumlah potongan karton dengan ukuran sama.

10. Tempel kertas karton pada bagian dalam lipatan dan mulai tempel kembali ke dalam lipatan.

11. Berikan lubang menggunakan alat pelubang kertas dengan jarak yang sejajar. Buat empat lubang dan masukkan tali ke dalam lubang yang sudah dibuat.

12. Cara membuat tas dari bungkus kopi kertas selesai dan rapikan agar hasilnya lebih memuaskan.

3 dari 4 halaman

Cara Membuat Tas dari Bungkus Kopi Kardus

Tas yang bisa dibuat dari bungkus kopi kertas adalah berupa paper bag yang lebih kuat daripada paper bag sebelumnya. Siapkan bahan dan alat yang diperlukan sebelum mempraktikkan cara membuat tas dari bungkus kopi kardus ini.

1. Bahan cara membuat tas dari bungkus kopi yang kardus adalah bungkus kopi kardus, tali rafia, tali pegangan, kertas kado, lem, dan plastik transparan putih.

2. Kemudian, siapkan alat berupa gunting, penggaris, pensil, penghapus, dan jarum kasur.

3. Gunting kardus bungkus kopi menyesuaikan dengan ukuran yang dibutuhkan, buatlah pola berbentuk persegi panjang sebanyak lima sisi.

4. Bungkus semua bagian dinding luar kardus dengan bungkus kado pakai lem atau double tape.

5. Kemudian bungkus lagi menggunakan plastik transparan yang sudah disiapkan, tujuannya supaya tas lebih awet dan tahan air.

6. Jahit semua pinggiran sisi tas tersebut dengan tali rafia dan jarum kasur

7. Apabila lima sisi kardus terjahit sempurna, masing-masing sisi disatukan dengan cara dijahit sebagaimana dipraktikkan sebelumnya.

8. Kemudian, beri lubang pegangan dan beri tali untuk tas.

9. Cara membuat tas dari bungkus kopi kardus selesai dan rapikan agar hasilnya lebih memuaskan.

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Tas dari Bungkus Kopi Plastik

Tas yang bisa dibuat dari bungkus kopi plastik adalah berupa hand bag. Siapkan bahan dan alat yang diperlukan sebelum mempraktikkan cara membuat tas dari bungkus kopi plastik ini.

1. Bahan cara membuat tas dari bungkus kopi yang plastik adalah 4 bungkus kopi plastik 450 ml yang ukurannya disesuaikan kebutuhan (boleh disambung), siapkan dua buah sambungan untuk sisi depan tas dan sisi belakang tas, lalu dua buah untuk sisi kiri dan sisi kanan tas.

2. Kemudian, siapkan 50 cm bisban dengan lebar 3 cm sebagai tali tas, 1 m bisban dengan lebar 2 cm, 4 cm perekat, dan 30 cm renda katun untuk memperkuat dan mempercantik tas.

3. Siapkan alat berupa gunting, penggaris, spidol, benang, dan mesin jahit.

4. Bersihkan plastik bungkus kopi menggunakan tisu atau merendamnya dengan air hangat agar plastik menjadi lebih bersih.

5. Gunting dua bungkus kopi dengan ukuran yang diinginkan. Usahakan potongan ukuran dari kedua bungkus plastik kopi ini sama.

6. Kemudian, gunting dua bungkus kopi lain (untuk sisi kiri dan kanan) tujuannya dijadikan sebagai dua bagian lebarnya 7 cm.

7. Selesai memotong, pasang dan jahit perekat khususnya pada bagian dalam sisi depan dan sisi belakang.

8. Pasang dan jahit bisban selebar 3 cm pada bagian permukaan plastik (sisi depan dan belakang) yang akan digunakan sebagai tali tas.

9. Lanjutkan dengan memasang dan menjahit renda katun sekaligus bisban pada sisi atas lembar kemasan plastik. Lakukan untuk bungkus plastik sisi depan dan sisi belakang.

10. Sambungkan kedua bungkus plastik kopi hingga membentuk lembaran panjang (dipotong berukuran 7 cm untuk sisi kiri dan sisi kanan tas).

11. Kemudian hubungkan dan sambung dengan mesin jahit antara lembaran bungkus plastik bagian tas sisi kiri dan sisi kanan dengan lembaran plastik untuk sisi depan dan sisi belakang.

12. Selesaikan dengan memasang bisban pada seluruh tepinya.

13. Cara membuat tas dari bungkus kopi plastik selesai dan rapikan agar hasilnya lebih memuaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.