Sukses

Apa yang Dimaksud dengan Komik? Ini Penjelasan Lengkapnya

Liputan6.com, Jakarta Sebagian besar orang pasti pernah membaca komik, baik komik dalam bentuk buku cetak, maupun komik dalam begitu digital. Namun tahukah kamu, apa yang dimaksud dengan komik?

Jika dilihat dari bentuknya, komik adalah serangkaian gambar yang ditata dengan urutan tertentu, yang dikombinasikan dengan kata-kata agar dapat menyampaikan suatu informasi.

The Encyclopedia Britannica mendefinisikan buku komik sebagai "kumpulan komik strip yang terikat, biasanya dalam urutan kronologis, biasanya menceritakan satu cerita atau serangkaian cerita yang berbeda."

Dahulu, komik lebih dikenal dengan cerita-cerita mengenai perjalanan pahlawan super dalam membasmi kejahatan. Namun, mirip dengan novel, cerita komik mulai beragam yang dapat dibedakan dalam berbagai genre, mulai dari komedi, romansa, action, misteri, dan sebagainya.

Lalu apa yang dimaksud dengan komik? Berikut adalah pengertiannya seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (17/10/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Apa yang dimaksud dengan komik?

Komik atau dalam bahasa Inggris ditulis comic, merupakan kata yang berasal dari bahasa Yunani, yakni "komikos." Komikos artinya bercanda atau bersuka cita. Inilah mengapa pengertian komik adalah karya tulis yang masih berkaitan secara langsung dengan cerita humor.

Meski demikian, komik sekarang tidak selalu tentang cerita komedi. Seiring perkembangan zaman, komik hadir dengan berbagai cerita yang beragam, mulai dari yang remeh dan lucu, hingga yang paling serius.

Komik sendiri merupakan karya seni yang masuk dalam kategori seni rupa, karena terdapat gambar di dalamnya. Namun komik tidak jarang juga dikaji dengan sudut pandang ilmus sastra.

Menurut komikus dan penerjemah Marcel Bonneff, seperti dikutip dari laman Binus University School of Design, komik merupakan sebuah susunan gambar dan kata yang bertujuan untuk memberikan informasi yang ingin disampaikan kepada pembaca. Sebuah komik selalu memanfaatkan ruang gambar dengan tata letak gambar demi gambar yang membentuk sebuah cerita yang dituangkan kedalam bentuk dan tanda. Komik juga termasuk dalam karya sastra, yaitu sastra bergambar.

Berdasarkan pendapat Marcel Bonneff, apa yang dimaksud dengan komik dapat dipahami sebagai karya sastra yang bergambar yang disusun sedemikian rupa. Lalu apakah karya sastra bergambar lantas bisa disebut komik? Tentu perlu penjelasan ahli lainnya untuk mendapatkan gambaran yang lebih spesifik mengenai apa yang dimaksud dengan komik.

3 dari 5 halaman

Pengertian Komik Menurut Para Ahli

Seperti yang dibahas sebelumnya, selain masuk dalam golongan seni rupa, komik juga dianggap sebagai bagian dari karya sastra. Bahkan komikus Marcel Bonnef mendefinisikan komik sebagai karya sastra bergambar. Untuk menambah pemahaman lebih mendalam mengenai apa yang dimaksud dengan komik, berikut pengertian komik menurut para ahli.

1. Pengertian Komik Menurut Franz & Meier (1994: 55)

Pengertian komik adalah suatu cerita yang menekankan pada sebuah gerak dan tindakan melalui urutan gambar yang dibuat penulis komik secara khas lengkap dengan paduan kata-katanya.

2. Pengertian Komik Menurut Hurlock (1978)

Pengertian komik adalah media yang dapat memberikan model untuk meningkatkan dan mengembangkan kepribadian anak. Komik pun termasuk sarana komunikasi, sarana menyampaikan cerita, pesan, dan hal-hal yang berbau ilmiah seperti genre sastra anak yang lainnya.

3. Pengertian Komik Menurut M.S.Gumelar (2011: 7)

Pengertian komik adalah urutan-urutan gambar yang sudah ditata sesuai tujuan dan filosofi penulisnya. Ini membuat pesan cerita dalam komik dapat tersampaikan. Komik adalah cenderung diberi lettering yang diperlukan sesuai dengan kebutuhan.

4. Pengertian Komik Menurut Sudjana dan Rifai (2011)

Pengertian komik adalah dapat dijadikan sebagai bahan ajar. Komik dapat membuat efektif proses belajar mengajar, meningkatkan minat belajar siswa, dan menimbulkan minat apresiasi siswa.

5. Pengertian Komik Menurut Scott McCloud (2002:9)

Pengertian komik adalah kumpulan gambar dengan fungsi menyampaikan informasi atau menghasilkan respon estetik bagi penikmatnya. Seluruh teks cerita dalam komik tersusun rapi dan saling berhubungan antara gambar (lambang visual) dengan kata-kata (lambang verbal) yang disajikan penulisnya.

6. Pengertian Komik Menurut Daryanto (2010: 27)

Pengertian komik adalah sajian cerita dengan seri gambar yang lucu. dan selalu berhasil memikat penikmatnya. Komik adalah menyediakan cerita-cerita sederhana, mudah ditangkap, dan dipahami. Komik biasanya sangat digemari anak-anak maupun orang dewasa.

4 dari 5 halaman

Sejarah Komik di Indonesia

Perlu diketahui bahwa komik memiliki sejarah yang cukup panjang di Indonesia. Seperti dikutip dari Binus University School of Design, sejarah komik di Indonesia tidak terlepas dari peninggalan budaya seperti candi dan cerita wayang. Candi Borobudur misalnya, candi peninggalan Wangsa Sailendra itu memiliki sebelas seri bas relief dan mencakup sekitar 1460 adegan.

Adegan demi adegan merupakan sebuah kronologi yang menggambarkan sebuah kisah cerita di masa lalu. Relief-relief yang tersusun secara berurutan dan membentuk sebuah cerita pada candi merupakan prinsip dasar yang digunakan komik komik pada umumnya di masa sekarang, sehingga Borobudur dapat dikatakan sebagai cikal bakal komik di Indonesia.

Selain candi Borobudur, contoh lain yang dapat menguatkan fakta bahwa cikal bakal komik Indonesia adalah keberadaan wayang beber. Wayang beber merupakan cerita wayang yang digambarkan di atas kertas atau kain. Dalam wayang beber, gambar-gambar dilukis dengan menggunakan cat, di mana setiap gambar disusun secara berurutan dan bertujuan untuk memberikan informasi.

Perbedaan komik saat ini dengan relief candi adalah pada media yang digunakan, seperti candi Borobudur atau candi lainnya menggunakan media batu yang dipahat, sedangkan wayang beber menggunakan kertas atau daun kering. Namun memiliki tujuan dan fungsi yang sama, yaitu menceritakan sebuah informasi, yang disunting adegan per adegan dengan gambar.

Di masa kemunculannya, komik Indonesia lebih banyak mendapat pengaruh dari Barat dan Tiongkok pada tahun 1931-1954. Pada saat itu, harian berbahasa Belanda, De Java Bode (1938), memuat komik karya Clinge Doorenbos yang berjudul Flippie Flink dalam rubrik anak-anak. Kemudian, De Orient merupakan surat kabar mingguan yang pertama kali memuat komik Flash Gordon (Bonnef, 1998:19).

Pengaruh budaya Tionghoa juga masuk melalui surat kabar Sin Po yang merupakan media massa Cina peranakan yang menggunakan bahasa melayu menampilkan komik strip humor karangan Kho Wang Gie.

Setelah Kemerdekaan Indonesia, masyarakat mulai banyak mengenal tokoh-tokoh komik strip popular dari Amerika seperti Rip Kirby (Alex Raymond), Phantom (Wilson McCoy), Johnny Hazzard (Frank Robbins) dan lainnya. Komik strip mingguan tersebut kemudian diterbitkan dalam bentuk buku yang merupakan komik buku pertama di Indonesia yang diterbitkan oleh Gapura dan Keng Po di Jakarta serta Perfectas di Malang.

5 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Komik

1. Komik Buku

Komik buku adalah satu dari jenis-jenis komik yang sudah cukup tua. Jenis komik yang berbentuk buku di dalamnya menampilkan cerita utuh. Umumnya, jenis komik satu ini berseri dan satu judul buku komik sering muncul seperti tidak ada habisnya. Kemudian, jenis komik ini juga kerap tidak ada kaitan peristiwa atau konflik dengan komik sebelumnya.

2. Komik Online

Jenis komik ini sudah banyak ditemukan terutama di internet. Bahkan, saat ini sudah banyak komikus berbakat yang mengembangkan kegemarannya di situs online tersebut.

3. Komik Strip

Komik strip adalah biasanya hanya terdiri dari beberapa panel gambar saja, akan tetapi isinya sering mengungkap sebuah gagasan yang utuh. Umumnya, komik strip juga hanya melibatkan satu fokus pembicaraan serta gagasan yang disampaikan umumnya tidak terlalu banyak.

4. Komik Non-Fiksi

Jenis komik ini seperti buku non-fiksi lainnya, komik non-fiksi juga di dalamnya bercerita tentang kisah nyata yang membahas pengalaman kehidupan sehari-hari. Kendati demikian, komik non-fiksi tidak serta merta sama seperti buku biografi yang bertele-tele.

Biasanya, saat sebuah cerita non-fiksi disertai dengan seni, ceritanya dapat jauh lebih dalam dan juga berkesan. Beberapa judul komik non-fiksi tersebut seperti Fun Home, The Complete Persepolis, Maus: A Survivor's Tale, dan lainnya.

5. Komik Fiksi Ilmiah

Biasanya jenis komik fiksi ilmiah melibatkan pembangunan dunia futuristik. Di mana kisah yang ada di dalamnya selalu menekankan pada perjalanan waktu, eksplorasi ruang angkasa, alien, serta teknologi canggih.

Kemudian, umumnya jenis komik fiksi ilmiah juga membahas masa depan umat manusia, apakah masa depan itu adalah distopia yang sedang runtuh, atau dunia yang dipenuhi dengan kemajuan.

Ada beragam jenis komik fiksi ilmiah yang bagus bisa ditemukan di pasaran. Beberapa judul komik fiksi ilmiah yang bisa kamu baca di antaranya Saga, Paper Girls, The Incal, dan komik fiksi ilmiah lainnya.

6. Komik Superhero

Kemudian, salah satu dari sekian banyak jenis-jenis komik yang laris manis di pasaran yaitu genre superhero. Sangat mudah untuk melihat kenapa jenis komik genre ini jadi begitu populer di dunia. Sebab, jenis komik satu ini selalu menghadirkan cerita dengan ilustrasi gambar yang apik.

Pasalnya, siapa yang tidak ingin membayangkan keberadaan manusia super yang bisa terbang, menembak jaring laba-laba, atau berlari dengan kecepatan cahaya? Semua orang ingin menjadi pahlawan super, melawan orang jahat, serta menyelamatkan kota.

Hal inilah yang menjadi plot dari sebagian besar komik superhero. Tentunya, judul komik ini sangat mudah ditemukan dan cukup terkenal, sebut saja, Superman, Spiderman, Flash, Batman, dan lain sebagainya

7. Komik Misteri

Mungkin satu dari jenis-jenis komik berdasar genre ini sudah tidak asing dan cukup banyak penggemarnya. Komik misteri ini memang selalu berhasil membuat pembaca penasaran.

Pasalnya, tokoh dan dialog di dalamnya secara terus-menerus akan menantangmu untuk memecahkan pertanyaan terbesar dalam cerita. Saat membaca jenis komik ini, kamu juga akan merasa sedang mengartikan dan mencoba memecahkan kejahatan atau anomali dalam cerita.

Di pasaran, ada beragam contoh komik dengan genre misteri yang populer di dunia, seperti Blacksad, My Favorite Thing Is Monsters, The Fade Out, dan masih banyak lagi. Beberapa komik misteri tersebut juga menjadi bacaan wajib bagi kamu yang menyukai komik misteri.

Demikian penjelasan mengenai komik, mulai dari pengertian, sejarah dan jenis-jenis komik. Semoga artikel ini dapat memberikan pemahaman yang jelas mengenai apa yang dimaksud dengan komik.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS