Sukses

1 Rim Berapa Lembar? Ini Penjelasan Satuan Rim, Kodi, Gross, dan Lusin

1 berapa lembar? Beriku penjelasannya, termasuk penjelasan mengenai satua lusin, kodi, gross, dan lot.

Liputan6.com, Jakarta Selain dengan menggunakan satuan lembar, dalam jumlah yang sangat banyak, lembaran kertas juga dapat dihitung dengan satuan rim. Misalnya saja kertas HVS. Kertas HVS biasanya dijual dalam kemasan 1 rim. Lalu, 1 rim berapa lembar?

Rim adalah satuan untuk menghitung kertas yang berjumlah 500 lembar. Jadi jika ada pertanyaan, 1 rim berapa lembar, maka jawabannya adalah 1 rim sama dengan 500 lembar. Dengan kata lain, jika kamu membeli kertas HVS dalam satu kemasan 1 rim, makan yang akan kamu dapatkan adalah kertas HVS dengan jumlah 500 lembar.

Meski demikian, tidak semua jenis kertas dijual dalam kemasan 1 rim. Hanya beberapa jenis kertas yang dijual dalam kemasan ukuran satu rim. Adapun jenis kertas yang dijual dalam kemasan 1 rim antara lain adalah kertas HVS ukuran a4 ( kuarto ), kertas HVS ukuran folio, kertas HVS ukuran a3, kertas HVS ukuran legal, dan kertas HVS ukuran letter.

Rim adalah salah satu satuan yang digunakan untuk menghitung jumlah barang. Selain rim, satuan yang umum digunakan untuk menghitung jumlah barang antara alain ada kodi, lusin, gross, dan rim.

Selain itu, ada pula satuan lot. Di Indonesia, satuan lebih umum digunakan untuk menghitung lembar saham. Namun jika kamu pernah membeli atau kulak atau membeli secara grosir barang dari e-commerce dari luar negeri, lost juga biasa digunakan untuk menghitung jumlah jenis barang lain di luar saham. Satu lot sama dengan 100 buah atau lembar.

Untuk mendapatkan jawaban lebih jelas tentang pertanyaan, 1 rim berapa lembar, berikut adalah penjelasan lengkapnya, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (14/10/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1 Rim Berapa Lembar

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, rim merupakan jenis satuan yang biasa digunakan untuk menghitung jumlah kertas. Satu rim sama dengan 500 lembar. Dalam satu kemasan kertas HVS biasanya berisi 1 rim.

Jadi jika kamu membeli 2 rim kertas HVS, maka yang akan kamu dapatkan adalah 1.000 lembar kertas HVS. Jika yang kamu beli 3 rim kertas HVS, maka yang akan kamu dapatkan adalah 1.500 lembar kertas HVS, begitu seterusnya.

 

3 dari 7 halaman

1 Lusin Berapa Buah?

Selain rim, satuan lain yang biasa digunakan untuk menghitung jumlah barang adalah lusin. satuan lusin bisa dibilang satuan umum yang biasa digunakan untuk menghitung hampir semua jenis barang, mulai buku, pakaian, kopi kemasan saset, dan sebagainya.

Lalu, 1 lusin berapa buah? Jawabannya adalah, satu lusin ada 12 buah. Sebagai contoh, jika kamu membeli kopi kemasan saset sejumlah dua lusin, maka yang akan kamu dapatkan adalah 24 saset. Jika kamu membeli kopi kemasan saset 3 lusin, maka yang akan kamu dapatkan adalah 36 saset, begitu seterusnya.

4 dari 7 halaman

1 Kodi Berapa Buah?

Selain lusin, kodi juga merupakan satuan yang umum digunakan untuk menghitung hampir semua jenis barang mulai makanan, pakaian, dan sebagainya. Lalu 1 kodi berapa buah? Satu kodi sama dengan 20 buah.

Contoh, jika kamu membeli pakaian sebanyak 2 kodi, maka yang akan kamu dapatkan adalah 40 potong pakaian. Jika kamu membeli pakaian 3 kodi, maka yang akan kamu dapatkan adalah 60 potong pakaian, begitu seterusnya.

5 dari 7 halaman

1 Gross Berapa Lusin?

Satuan lain yang juga umum digunakan untuk menghitung jumlah barang adalah gross. Gross biasanya digunakan untuk menghitung jumlah barang dalam jumlah banyak. Lalu 1 gros ada berapa buah? satu gros sendiri sama dengan 12 lusin. Jadi jika pertanyaannya 1 gross berapa buah, berarti satu gross ada 144 buah.

6 dari 7 halaman

1 Lot Berapa Buah

Satuan lot mungkin tidak umum untuk digunakan untuk menghitung jumlah barang. Namun satuan lot ini lebih umum digunakan untuk menghitung jumlah lembar saham. Namun jika kamu pernah kulak atau membeli barang secara grosir dari toko online di luar negeri, lot adalah satuan yang umum digunakan untuk mengacu pada jumlah barang secara umum.

Lalu 1 lot ada berapa buah? Jawabannya adalah, 1 lot sama dengan 100 buah. Dalam konteks saham, 1 lot sama dengan 100 lembar saham.

7 dari 7 halaman

Ringkasan

Dari serangkaian penjelasan tersebut dapat diambil kesimpulan ringkas untuk menjawab sejumlah pertanyaan sebagai berikut:

a. 1 rim berapa lembar?

b. 1 lusin berapa buah?

c. 1 kodi berapa buah?

d. 1 gross berapa lusin?

e. 1 lot berapa buah?

Jawaban dari semua pertanyaan tersebut adalah sebagai berikut:

a. 1 rim sama dengan 500 lembar

b. 1 lusin sama dengan 12 buah

c. 1 kodi sama dengan 20 buah

d. 1 gross sama dengan 12 lusin atau 144 buah

e. 1 lot sama dengan 100 lembar/buah

1 rim = 500 lembar

1 lusin = 12 buah

1 kodi = 20 buah

1 gross = 12 lusin = 144 buah

1 lot = 5 kodi = 100 buah

Demikian penjelasan mengenai pertanyaan 1 rim berapa lembar, termasuk penjelasan mengenai jenis satuan barang lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.