Sukses

6 Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris untuk Berbagai Lowongan

contoh surat lamaran kerja bahasa inggris yang baik dan benar. beserta dengan cara dan tips menulis surat lamaran kerja

Liputan6.com, Jakarta Contoh surat lamaran kerja bahasa inggris dapat menjadi dasar untuk membuat surat lamaran yang baik dan benar untuk melamar di perusahaan multinasional. Mengingat surat lamaran merupakan dokumen wajib yang diperlukan untuk melamar pekerjaan, penting untuk membuatnya dengan sebaik mungkin.

Kemampuan bahasa Inggris menjadi salah satu poin dalam penilaian lamaran perusahaan multinasional. Sehingga memiliki surat lamaran berbahasa Inggris akan memberi anda poin lebih dari pelamar yang lain, dan contoh surat lamaran kerja bahasa inggris akan membantu anda dalam membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar.

Contoh surat lamaran kerja bahasa Inggris akan membuat anda tahu dan mengerti cara menulis surat lamaran yang efektif, mudah dibaca dan dapat menarik perhatian HRD. Dengan surat lamaran yang baik dan menarik, peluang anda untuk mendapatkan pekerjaan impian anda pun akan lebih besar.

Untuk referensi anda dalam membuat surat lamaran kerja yang baik, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (12/10/2022) cara dan tips menulis surat lamaran kerja, serta contoh surat lamaran kerja bahasa inggris yang baik dan benar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Cara Menulis Surat Lamaran Kerja

Terdapat beberapa cara menulis surat lamaran kerja yang bisa anda ikuti, berikut langkah lengkapnya.

1. Tinjau informasi tentang perusahaan dan posisi

Yang terbaik adalah menulis surat lamaran baru untuk setiap posisi yang anda lamar sehingga anda dapat memasukkan detail terkait dan menunjukkan minat anda pada peran terbuka tertentu. Luangkan waktu untuk meninjau informasi perusahaan serta daftar posisi. Bandingkan kualifikasi dan pengalaman anda dengan daftar keterampilan dalam posting tersebut.

 

2. Buka surat dengan menjelaskan minat anda

Di paragraf pertama surat, sebutkan judul pekerjaan yang dilamar dan di mana anda melihat posting posisi tersebut. Cantumkan minat khusus Anda pada peran dan perusahaan tersebut sehingga pembaca tahu bahwa ini bukan surat lamaran umum. Nyatakan secara singkat pengalaman atau kualifikasi utama yang Anda miliki yang membuat Anda cocok.

 

3. Uraikan pengalaman dan kualifikasi anda

Beberapa paragraf berikutnya dari surat anda harus menyoroti pengalaman, kualifikasi, dan keterampilan anda, yang diposisikan dengan cara yang selaras dengan tujuan dan misi perusahaan. Misalnya, jika Anda melamar pekerjaan di organisasi nirlaba yang memberikan kesempatan pendidikan kepada anggota komunitas yang kurang terlayani, Anda dapat membicarakan pengalaman anda dengan organisasi nirlaba atau penawaran pendidikan.

 

4. Sertakan aspek kepribadian anda

Saat Anda menulis surat lamaran kerja, pertimbangkan bagaimana Anda dapat memasukkan aspek kepribadian Anda sambil tetap profesional. Surat yang ramah dan menarik kemungkinan akan menarik bagi pembaca, terutama ketika mereka bisa mendapatkan gambaran tentang seberapa cocok Anda dengan tim.

 

5. Mengungkapkan penghargaan

Sebelum Anda menandatangani surat Anda, sampaikan penghargaan Anda kepada manajer perekrutan karena telah meninjau surat Anda dan mempertimbangkan Anda untuk posisi tersebut. Manajer perekrutan meluangkan waktu dari hari mereka untuk membaca apa yang Anda tulis, jadi mengungkapkan rasa terima kasih Anda atas waktu yang dihabiskan adalah cara yang sopan dan profesional untuk menutup dokumen.

 

6. Tutup suratnya

Banyak orang menggunakan "Hormat" atau "Terbaik" untuk menutup surat, meskipun tanda tangan profesional apa pun boleh disertakan. Baris terakhir surat itu harus nama lengkap Anda. Jika Anda mengirimkan hard copy surat tersebut, sertakan tanda tangan Anda di atas nama yang Anda ketik. Saat mengirimkan surat lamaran melalui email, Anda harus menyertakan informasi kontak Anda di bawah nama Anda, bukan di header.

3 dari 9 halaman

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja

Saat menyiapkan surat lamaran kerja, ikuti tips berikut untuk memastikan surat anda menyertakan informasi yang dibutuhkan oleh perusahaan yang anda lamar:

1. Tekankan keterampilan dan kemampuan anda

Surat lamaran adalah kesempatan anda untuk menjual diri anda sebagai kandidat yang sangat baik untuk posisi terbuka. Sertakan contoh spesifik situasi di mana anda menerapkan pengalaman, kemampuan, dan keterampilan anda untuk memberi manfaat bagi organisasi. Juga berguna untuk menyertakan data yang mendukung klaim anda.

 

2. Tetap ringkas

Meskipun mungkin tergoda untuk memasukkan banyak informasi rinci tentang diri anda, penting untuk dibuat ringkas. Jika manajer perekrutan menerima surat yang terdiri dari beberapa halaman, mereka mungkin tidak meluangkan waktu untuk membacanya. Surat singkat lebih mudah diatur dan menarik.

 

3. Koreksi surat itu

Karena surat ini berfungsi sebagai kesan pertama anda, anda ingin memastikannya sepositif mungkin. Pastikan surat anda tidak memiliki kesalahan tata bahasa atau ejaan untuk menghindari kesan pertama yang berpotensi negatif.

 

4. Tinjau kata kunci daftar pekerjaan

Sebagian besar lowongan pekerjaan akan mencakup keterampilan dan kemampuan tertentu yang diinginkan oleh manajer perekrutan dan supervisor untuk dimiliki pelamar. Menyertakan kata kunci ini dalam surat lamaran anda membantu menunjukkan kepada orang yang mengulasnya bahwa anda cocok untuk peran tertentu itu.

4 dari 9 halaman

Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris Untuk Graphic Designer

Subject: Job Application for the Post of {Graphic Designer}

 

Dear Mr./Ms./Mrs. {Recipient's Name},

I am very interested in the position of Graphic Designer at your esteemed organization. I came across the position via your advertisement in {Portal Name}.

Currently, I am working with {Company’s Name}, and I have been handling a wide range of high profile projects. I have been working on Adobe Creative Suite for the last 4 years. Please find below a link to my portfolio.

{Insert link}

I am confident that my skills perfectly match your requirements. I have attached my detailed profile to this email for your consideration.

Thank you for considering my application. I hope you find it suitable so that we can arrange a meeting.

Looking forward to hearing from you.

 

Yours sincerely,

{Your Name}

Mob: {Your Contact Number}

Email Id: {Your Email Address)

5 dari 9 halaman

Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris Untuk Guru Bahasa Inggris

Subject: Job Application for the Role of {English Teacher}

 

Dear Sir/Madam {Recipient's Name},

This is regarding your advertisement published in {Portal Name} regarding a vacancy for an English Teacher. I would be glad to apply for the role.

Teaching has always been my passion, and I have always been great with students. I have been a Supervisor at {School Name} for 5 years. I have also taught class VI and VII for 2 years earlier. My qualification and experience match your requirements.

I have attached my resume for your consideration, and request you to consider my application for the role. If you find it suitable, please feel free to contact me at the below mentioned contact details.

Thank you.

 

Yours sincerely,

{Your Name}

Mobile: {Your Contact Number}

Email Id: {Your Email Address)

6 dari 9 halaman

Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris Untuk Data Analyst

Subject: Application for the Post of {Data Analyst}

 

Dear Mr./Ms./Mrs. {Recipient's Name},

I am {Your Name}, and I would like to apply for the post of {Data Analyst} at your esteemed organization.

I have 3 years of work experience at {Firm’s Name} where I helped the marketing team with useful insights into their customer base through data analysis. I am adept at data management software like MS Excel, SAS, and Visual.

I have attached my detailed profile with this email, and I hope to work with you in the future.

Thank you for your time and consideration.

 

Yours sincerely,

{Your Name}

Mob: {Your Contact Number}

Email Id: {Your Email Address)

7 dari 9 halaman

Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris Untuk Software Developer

Subject: Application for the Post of {Software Developer}

 

Dear Mr./Ms./Mrs. {Recipient's Name},

This is regarding your post on {Portal} about a vacancy in your company for the role of Software Developer. Please accept my application for the same.

Here is a brief about myself. I have completed B.Tech in Computer Science from {Institute Name}. I secured {Marks/Grade} in my final exams and passed with {distinction/Percentage}.

During my studies, I participated in various tech fests and also won a gold medal for creating an app from scratch in an inter-university tech competition.

I am confident that I have the skills to excel at your dynamic organization. I have always dreamed of being a part of your company due to the development opportunities you provide. I request you to give me an opportunity to learn and grow at your esteemed firm through this job role.

Please refer to my resume and cover letter, attached with the email, for detailed information.

Thank You.

 

Yours sincerely,

{Your Name}

Mobile:{Your Contact Number}

Email Id:{Your Email Address)

8 dari 9 halaman

Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris Untuk Sales Manager

Subject: Application for the Role of {Sales Manager} at XYZ Ltd.

 

Dear Mr./Ms./Mrs. {Recipient's Name},

This is with reference to your job requirement on {portal name} for the role of Sales Manager. I truly believe that my qualifications and experience make me a perfect candidate for the job.

I completed my MBA in Sales and Marketing from {Institute Name}. I have worked as an Area Sales Manager and Assistant Marketing Manager at {Company Name}. During my stint as Area Sales Manager, I conceptualized and executed a Customer Engagement Program that resulted in higher sales. As Assistant Marketing Manager, I worked on the planning and execution of a new product launch. With 4 years of experience in B2B sales and marketing, I have an in-depth understanding of the process. I am confident that I will be the right fit for the job.

I have attached my CV to the email for your reference. Please have a look at it.

I hope to meet you and discuss this opportunity further. Thank you for considering my application for the role.

Best regards,

{Your Name}

Mob: {Your Contact Number}

Email Id: {Your Email Address)

9 dari 9 halaman

Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris Untuk Social Media Manager

Subject: Application for the Post of {Social Media Manager}

 

Dear Mr./Ms./Mrs. {Recipient's name},

I would like to apply for the position of Social Media Manager at your esteemed firm.

I have been working with {Company name} as a {Designation} for the last {Number of months/years}. I have also been running my own blog page for the last 2 years. Here is the link for the same {Insert link}.

I have a lot of ideas for your social media campaigns that I hope to discuss with you in person. I hope to get an opportunity to use my skills to help your company grow and develop my own skills at the same time.

Please refer to my CV for more information, which is attached to the email.

It would be great if you could arrange a meeting with me for further discussion.

Yours sincerely,

{Your Name}

Mob: {Your Contact Number}

Email Id: {Your Email Address)

 

Demikian contoh surat lamaran kerja bahasa Inggris untuk berbagai lowongan yang bisa dijadikan pedoman untuk membuat surat lamaran kerja yang efektif dan menarik, pastikan untuk mengikuti tips dan langkah-langkah membuat surat lamaran, agar peluang lolos screening semakin besar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.