Sukses

12 Cara Cepat Menghafal Al-Quran Dengan Mudah, Miliki Niat dan Komitmen

Cara cepat menghafal Al-Quran yang wajib dipahami

Liputan6.com, Jakarta Menghafal Al-Qur’an menjadi salah satu amalan yang paling baik dan ingin diraih seluruh umat Islam. Oleh karena itu menghafal Al-Quran memiliki banyak keutamaan, salah satunya adalah kelak di dalam surga akan diberikan derajat yang tinggi. Melansir dari laman Cendikia Muslim menghafal Al-Qur’an bukanlah sesuatu hal yang mudah, bahkan kadang untuk menghafal satu surat pun butuh waktu lama untuk bisa. Adapun cara cepat menghafal Al-Quran bagi pemula, tentu memiliki niat yang tulus juga tekad yang bulat.

Menjadi penghafal Al-Quran (Tahfidz) merupakan dambaan setiap umat muslim, bahkan di era sekarang masih banyak orang tua yang bercita-cita memiliki anak penghafal Al-Quran. Oleh karena itu beberapa cara cepat menghafal Al-Quran bisa dilakukan sejak dini, dengan beberapa metode sederhana. 

Cara cepat menghafal Al-Quran tentu memiliki tips dan trik yang cukup mudah, bisa dengan mendengarkan murotal Al-Quran. Anda juga harus memiliki komitmen yang kuat supaya bisa menghafal dan memahami dari setiap ayat yang turun dari Allah SWT.

Berikut ini cara cepat menghafal Al-Quran yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, Rabu (12/10/2022). 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Cepat Menghafal Al-Quran

1. Miliki niat yang ikhlas

Cara cepat menghafal Al-Quran, harus Anda lakukan dengan niat yang ikhlas,  apalagi sebagai umat muslim akan sangat membawa berkah ketika Anda melakukannya dengan niat mengharapkan ridho Allah. Jangan pernah memiliki niatkan untuk menghafal Al-Quran hanya semata - mata ingin dipamerkan dan dibanggakan kepada orang lain. Namun hsemua itu harus memiliki niat yang lurus dan ikhlas, maka Allah akan memberikan kemudahan dan jelas yang tertanam motivasinya karena Allah.

2. Tanamkan keyakinan dalam hati

Cara menghafal Al-Quran selanjutnya adalah, menanamkan keyakinan dalam hati sebelum Anda mulai menghafal. Karena Anda sendiri harus yakin bahwa dengan niat yang baik dan tekad, maka Anda mampu untuk melakukannya. Selain itu, Allah tentu akan memberikan kemudahan, maka harus memiliki prasangka yang baik, serta memunculkan motivasi yang sangat kuat untuk menghafal, merupakan salah satu hal penting agar bisa dengan cepat menghafal Al-Quran. 

3. Harus istiqomah

Cara cepat menghafal Al-Quran yang tidak sulit, namun juga tidak gampang untuk dilakukan adalah beristiqomah. Meskipun sudah memiliki niat yang ikhlas juga tekad yang bulat, namun dalam siatuasi tertentu Anda akan merasa jenuh, sehingga keimanan kita terkadang diuji. Anda perlu memahami bahwa dalam menghafal Al-Quran tidak boleh patah semangat dan putus asa saat mengalami kesulitan. Harus beristiqomah, agar Allah mudahkan setiap proses yang dijalani agar lebih cepat juga tepat dalam menghafal. 

4. Sabar dan Berdoa

Cara menghafal Al-Quran dengan cepat akan sangat sederhana dilakukan, yaitu harus bersabar dan berdoa. Hal ini meskipun dilihat sederhana, namun dalam pelaksanaannya sangat sulit untuk dilakukan. Dengan berdoa dan bersungguh-sungguh meminta kepada Allah, maka Anda semakin dimudahkan dalam menghafal. 

 

3 dari 4 halaman

Cara Cepat Menghafal Al-Quran

4. Mendengarkan murotal Al-Quran

Cara cepat menghafal Al-Quran juga dengan mudah Anda lakukan yaitu lebih banyak mendengarkan murotal. Saat mendengar, maka terjadi suatu proses di dalam otak, yang tentu sangat membantu untuk memperlancar hafalan. Agar Kita lebih mudah untuk menghafalnya, maka pilihlah murotal yang memiliki irama dengan ritem lambat dan nada bacaannya indah. Biasanya dengan cara ini, maka orang lebih mudah teringat dalam memori juga Anda bisa dengan cepat menghafal Al-Quran. 

5. Miliki batas waktu

Cara menghafal Al-Quran juga harus memiliki batas waktu tersendiri, agar otak kita mampu untuk melakukan hafalan. Setiap daya tangkap atau daya ingin orang berbeda, sehingga Anda harus memahami batas dan kapasitas, misalnya saja gunakan waktu 1 jam secara fokus untuk menghafal setiap harinya dan jangan membuat pikiran kita merasa tertekan dan terbebani dengan durasi diluar kapasitas kita. Perlu dipahami bahwa, dalam melakukanlah semua ini maka Anda harus dengan senang hati dan tanpa beban. 

6. Menjalankan shalat hajat

Cara cepat menghafal Al-Quran bisa Anda lakukan dengan menunaikan shalat hajat. Melansir dari laman Cendikia Muslin, saat kita memiliki keinginan yang kuat, maka bisa lakukanlah shalat hajat yang diniatkan untuk menjadi penghafal Al-Quran. Setelah memiliki tekad yang mantap, maka Anda bisa melaksanakanlah shalat hajat. Memohonlah dengan kerendahan hati dan penuh kesungguhan kepada Allah, supaya Anda bisa mendapatkan kemudahan dan kelancaran dalam melakukannya.

7. Mendekatkan diri dengan Al-Quran

Cara cepat menghafal Al-Quran selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah mendekatkan diri kita dengan Al-Quran dan terus berusaha untuk mencintainya. Selain memiliki niat dan tekad yang bulat, Anda juga perlu mencintai sekecil apapun hal yang dilakukan, terutam berkaitan dengan Al-Quran.  Jauhkan pikiran buruk dan asumsi bahwa menghafal Al-Quran itu sulit dan ribet, akan tetapi miliki prasangka yang baik di mana Anda akan merasa senang ketika melakukannya. Untuk cepat memnghafal, maka targetkan sesuai dengan kemampuan dan sesekali jangan membebani diri dengan target yang memberatkan di permulaan. 

 

4 dari 4 halaman

Cara Cepat Menghafal Al-Quran

8. Konsisten dengan 1 jenis mushaf

Menghafal Al-Quran dapat digambarkan, seperti menghafal gambar di dalam memori. Cara menghafal Al-Quran dengan mudah bisa melalui bentuk dan susunan dari mushaf yang tentu berpengaruh dalam menghafalnya di memori otak. Dalam beberapa Al-Quran yang diterbitkan oleh agensi berbeda, memiliki tampilan halaman dan struktur yang berbeda, sehingga pemula akan sangat sulit untuk menghafal, bila tidak menggunakan 1 jenis mushaf.

9. Meminta orang lain menyimak hafalan kita

Cara cepat menghafal Al-Quran, bisa dilakukan dengan menguji diri sendiri setelah hafal dengan beberapa surat, kemudian Anda meminta orang lain untuk menyimak. Jika ada orang lain yang menyimak hafalan kita, nantinya bila terjadi kesalahan atau kekeliruan bisa langsung diberikan pembenaran, sehingga dengan cepat bisa menghafal Al-Quran.

10. Lakukan metode yang berbeda 

Cara cepat menghafal Al-Quran bagi pemula bisa dilakukan dengan menghafal per ayat, atau menghafal per halaman. Cara lain yang bisa dicoba juga adalah dengan membaca sebanyak satu halaman yang akan dihafalkan dan ulangi sebanyak 3 hingga 10 kali dengan tartil. Bila sudah hafal satu halaman, baru dilanjutkan untuk menghafal halaman berikutnya.

11. Membaca secara berulang 

Cara menghafal Al-Quran bisa dengan metode murojah, di mana Anda secara terus menerus mengulang ayat yang dihafalkan, dan dipercaya akan semakin melekat di ingatan. Untuk itu, Anda bisa tetap mengulang terus beberapa halaman yang dirasa sudah hafal dan jangan ditinggalkan. Sehingga Anda tidak mudah untuk lupa dengan hafalan yang sudah dimiliki.

12. Memiliki target 

Cara cepat menghafal Al-Quran selanjutnya adalah Anda harus memiliki target untuk menghafal, sesuai dengan kapasitas saat akan memulainya. Hal penting ini, juga bisa menjadi tantangan sekaligus motivasi agar semangat menjalaninya. Namun saat berada dalam kesulitan untuk menghafal, maka Anda bisa mengingat masih memiliki target yang harus dicapai. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.