Sukses

20 Manfaat Minum Teh Hijau Untuk Kesehatan Tubuh dan Kecantikan Wajah

Liputan6.com, Jakarta Umumnya teh hijau memiliki khasiat yang baik untuk tubuh, karena memiliki berbagai kandungan zat yang sangat menyehatkan seperti vitamin K, asam amino,  juga natrium. Manfaat minum teh hijau yang baik untuk kesehatan, memiliki berbagai kandungan yang bersifat antioksidan sehingga membantu Anda ketika melakukan program diet sehat.

Melansir dari laman Healthline, teh hijau adalah minuman paling sehat yang sarat dengan antioksidan, di mana dapat meningkatkan fungsi otak, kehilangan lemak, melindungi dari kanker, hingga menurunkan risiko penyakit jantung. Adapun manfaat minum teh hijau yang bisa Anda peroleh, juga diakui khasiatnya oleh banyak kalangan. 

Manfaat minum teh hijau bisa Anda dapatkan, namun untuk mengonsumsinya tentu tidak dengan dosis yang berlebihan. Anda juga perlu melihat cara pengolahan, serta cara mengonsumsi dengan benar sehingga manfaat teh hijau dapat bekerja secara maksimal untuk kesehatan tubuh juga kecantikan wajah.

Berikut ini manfaat minum teh hijau yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (10/10/2022). 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Manfaat Minum Teh Hijau

1. Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Manfaat minum teh hijau akan sangat baik untuk menjaga kesehatan gigi dan juga mulut. Hal ini karena teh hijau memiliki kandungan zat katekin, yang berfungsi secara baik untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Zat katekin juga sangat bekerja secara efektif membasmi bakteri streptococcus, yang menjadi penyebab munculnya plak dan gigi berlubang.

2. Memecah Sel Lemak

Manfaat minum teh hijau akan sangat baik untuk kesehatan, di mana mampu memecahkan sel lemak dan menurunkan berat badan secara alami. Jika terlalu banyak lemak yang menumpuk, maka hal ini tentu mengakibatkan berat badan menjadi meningkat secara drastis. Dengan mengonsumsi teh hijau yang berkhasiat, membantu memecahkan sel yang bertumpuk di dalam tubuh.

3. Merawat Kecantikan Kulit Wajah

Selain memiliki manfaat baik bagi kesehatan tubu, manfaat minum teh hijau juga membantu merawat kecantikan wajah, karena bekerja secara efektif untuk meningkatkan elastisitas pada kulit wajah. Selain itu, teh hijau ampuh menjadi detoks alami serta mengatasi inflamasi yang terjadi pada wajah. 

4. Mengurangi Jerawat

Manfaat minum teh hijau juga bisa Anda peroleh, dan berfungsi secara baik dalam mengurangi jerawat yang timbul di wajah. Hal ini karena teh hijau mengandung senyawa katekin, yang ampuh mengatasi jerawat pada wajah. Katekin juga juga zat yang memiliki sifat anti-bakteri, sehingga dapat mengendalikan ketidakseimbangan hormon dan dapat meredakan peradangan pada wajah.

5. Mengurangi Penuaan Dini

Manfaat minum teh hijau juga membantu mengurangi penuaan dini yang terjadi pada wajah, karena kandungan zat antioksidan bernama polifenol tentu memiliki peran yang sangat penting dalam mencegah radikal bebas yang terdapat di tubuh. Perlu diketahui bahwa radikal bebas yang ada ditubuh, kemungkinan besar memiliki potensi untuk menciptakan kerusakan pada sel kulit. 

6. Menghilangkan Kantung Mata

Manfaat minum teh hijau juga sangat baik menghilangkan kantung mata. Caranya untuk mengatasinya cukup sederhana dilakukan, di mana Anda bisa menggunakan kantung bekas teh celup yang bisa diaplikasikan ke wajah. Hal ini berfungsi secara baik, karena teh hijau memiliki kandungan zat tannin dan antioksidan untuk mengatasi masalah kantung mata. 

7. Membakar Kalori

Manfaat minum teh hijau juga bisa Anda peroleh, di mana membantu membakar kalori yang terdapat di tubuh. Memiliki berat badan ideal adalah salah satu impian dari banyak orang, karena Anda bisa tampil lebih percaya diri jika penampilan menjadi lebih menarik. Selain melakukan aktivitas fisik untuk membakar kalori, maka dengan mengonsumsi teh hijau, dapat secara alami membantu membakar kalori tubuh. 

 

3 dari 4 halaman

Manfaat Minum Teh Hijau

8. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat minum teh hijau bisa berfungsi secara baik, sebagai toner kulit alami yang mengangkat kotoran kulit. Selain itu, teh hijau tersebut dapat mengecilkan pori-pori kulit serta menjaga kulit selalu lembab. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, maka konsumsi teh hijau secara rutin dengan kadar yang secukupnya. 

9. Mencegah Diabetes

Manfaat minum teh hijau untuk kesehatan juga membantu mencegah diabetes. Dengan mengonsumsi teh hijau secara rutin, maka meminimalisir risiko terjadinya penyakit gula darah juga meningkatkan kinerja insulin. Perlu diketahui bahwa orang yang dengan rutin mengonsumsi teh hijau, memiliki risiko yang lebih rendah untuk terkena penyakit diabetes atau gula darah. 

10. Mengurangi Risiko Stroke

Manfaat minum teh hijau juga sangat baik, di mana minuman ini membantu mengurangi risiko stroke, karena memiliki kandungan zat antioksidan yang cukup tinggi. Dengan zat baik yang ada di teh hijau, akan membantu melawan kolesterol jahat yang menjadi penyebab penyakit stroke, namun Anda juga harus memperhatikan takaran teh hijau ketika mengonsumsi, jangan sampai berlebihan. 

11. Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat minum teh hijau juga membantu mencegah penyakit jantung, yang menjadi penyebab kematian nomor satu di dunia. Dengan mengonsumsi teh hijau, maka risiko terkena penyakit jantung menjadi minim karena kandungan zat antioksidan yang berfungsi dalam menekan jumlah lemak LDL yang menjadi penyebab awal terjadinya penyakit jantung.

12. Pembakar Lemak

Manfaat minum teh hijau yang umumnya, diketahui oleh masyarakat luas ketika melakukan program penurunan berat badan. Hal ini juga didukung oleh berbagai penelitian, di mana orang-orang yang mengonsumsi teh hijau, terutama 15-30 menit sebelum berolahraga, akan terbantu dalam membakar lemak 15-17 persen lebih banyak. Oleh karena itu, selain melakukan aktivitas fisik, maka terlebih dahulu mengonsumsi teh hijau. 

 

 

4 dari 4 halaman

Manfaat Minum Teh Hijau Lainnya

Manfaat minum teh hijau sangat baik untuk kesehatan tubuh juga wajah, dan terbukti dalam beberapa penelitian. Adapun manfaat lain yang bisa Anda peroleh selain mengatasi penyakit diabetes, jantung, risiko adalah sebagai berikut : 

- Dapat memperlancar sistem metabolisme tubuh secara alami.

- Berfungsi mengurangi kandungan lemak abdominal yang memicu peradangan. 

- Membantu perpindahan sel lemak, karena kandungan zat epigallocathecin gallate

- Manfaat minum teh hijau juga dapat mengontrol nafsu makan agar tubuh tidak terlalu banyak kemasukan kalori. 

- Manfaat minum teh hijau untuk kesehatan, membantu meningkatkan kinerja dan fungsi otak. 

- Manfaat minum teh hijau juga membantu mencegah adanya adenosine.

- Membantu tubuh dalam menangkal radikal bebas yang dapat menimbulkan kanker bagi tubuh. 

- Dengan mengonsumsi teh hijau, mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS