Sukses

Sabi Artinya Bisa dalam Bahasa Gaul, Ketahui Kata Lainnya di Kalangan Anak Muda

Liputan6.com, Jakarta Sabi artinya bisa atau sanggup yang kerap digunakan dalam percakapan anak tongkrongan. Namun istilah gaul yang cukup populer ini, tidak hanya berlaku di kalangan anak muda, namun seiring berjalannya waktu sabi juga sering diucapkan anak-anak dan beberapa orang dewasa. Meski terbilang cukup tren, namun faktanya istilah sabi terasa asing bagi sebagian orang, khususnya yang tidak aktif di media sosial

Sabi artinya sanggup ini, semakin dikenal setelah digunakan di media sosial, di mana sabi merupakan kata yang dibalik, sehingga dalam pengucapannya terlihat lebih gaul di dalam lingkup pertemanan. Inilah salah satu manfaat dari berkembangnya media sosial tak hanya sebagai sarana komunikasi namun juga hiburan. 

Sabi artinya bisa ini adalah kata gaul sering digunakan, oleh karena itu Anda harus memahami arti kata sabi, selain agar tak ketinggalan zaman, hal ini juga berguna agar terhindar dari salah paham. Sekarang sabi sudah menjadi salah satu kebiasaan yang dilakukan untuk berkomunikasi. Bisa kita pahami, bahwa sekrang muncul beragam bahasa gaul di media sosial dan semakin harinya akan bertambah lagi istilah baru.

Berikut ini sabi artinya dalam bahasa gaul yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (7/10/2022). 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Mengenal Arti Sabi

Dalam kehidupan sehari- hari, mulai bermunculan kata gaul yang digunakan sebagai sarana dalam berkomunikasi. Perlu dipahami bahwa komunikasi tidak hanya mencakup hal yang bersifat formal, namun sering juga digunakan sebagai hiburan. Pada umumnya, semakin berkembangnya teknologi dan media, membuat banyak anak muda yang menggunakan istilah dengan menggantikan kata agar terlihat lebih akrab.

Arti kata sabi biasa digunakan untuk menggantikan kata bisa, dengan kata lain, secara umum arti sabi adalah bisa. Kata sabi terbentuk dari kata bisa yang kemudian dibalik suku katanya dalam penulisan atau cara bacanya. Sehingga, kata bisa yang semula tersusun atas suku kata bi-sa menjadi sa-bi. Perlu diketahui bahwa sabi artinya bisa ini, hanya sering kali muncul dalam bentuk celetukan atau jawaban pendek dalam satu percakapan.

Adapun salah satu contoh penggunaannya adalah: 

- a : Aku besok mau olahraga nih, kamu ikut gak?

  b : Sabi sih.

- a : Gimana kalau kita roadtrip ke jakarta?

  b : Gue sabi

Arti sabi terbentuk dari kata bisa yang dibalik suku katanya, namun dibalik kata sabi masih ada beberapa istilah dalam kata gaul lainnya yang terbentuk dari proses penulisan yang dibalik, baik per suku kata maupun per huruf.

3 dari 5 halaman

Bahasa Gaul Selai Sabi

1. Kepo

Adapun singkatan dari Kepo yaitu  "knowing every particular object", yang artinya orang yang selalu ingin tahu. 

2. Gabut

Singkatan dari "gaji buta", di mna istilah ini sering digunakan ketika seseorang sedang keadaan yang membosankan dan tidak ada kegiatan.

3. Ngakak

Sebuah bentuk kata yang tidak baku dari kata "mengakak" di mana hal ini menggambarkan seseorang yang tertawa terbahak-bahak oleh seseorang yang sedang melawak atau suatu hal yang lucu.

4. Bucin

Singkatan dari "budak cinta" biasanya digunakan sebagai sebuah julukan untuk seseorang yang selalu nurut dengan pacarnya.

5. Omdo

Singkatan dari "omong doang" yang bertujuan untuk seseorang yang banyak bicara namun tidak ada pembuktiannya.

6. Rempong

Memiliki arti "ribet" yang memang sangat identik dan dekat dengan perempuan, bermakna banyak lebih dari satu, ditujukan pada perempuan yang super sibuk.

7. Kane

Merupakan kebalikan dari kata "enak" biasanya digunakan saat seseorang merasa rasa puas dan nyaman terhadap rasa makanan, atau kondisi yang sedang dirasakan.

8. Garing

Kata pengganti dari "tidak lucu" yang sering ditujukan ketika muncul suatu candaan atau lawakan seseorang tidak lucu dan hambar.

4 dari 5 halaman

Kata Gaul Singkatan Bahasa Inggris

Terdapat juga beberapa kata gaul yang kini populer ternyata juga ada yang berasal dari bahasa Inggris, dan sering sekali digunakan dalam lingkungan masyarakat. 

- Kepo: Merupakan salah satu bentuk akronim dari kalimat Knowing Every Particular Object, yang berarti atau ditujukan kepada orang yang serba ingin tahu.

- OOTD: Merupakan salah satu singkatan dari Outfit of The Day, yang kerap Anda lihat dalam caption media sosial untuk unggahan foto satu badan penuh menjelaskan apa paduan pakaian yang digunakan hari ini.

- OTW: Adalah salah satu bentuk singkatan gaul dari kalimat On The Way, yang berarti sedang di jalan atau perjalanan.

- PAP: PAP juga singkatan bahasa gaul yang kepanjangannya adalah Post a Picture.

- TGIF: singkatan dari Thanks God it's Friday, artinya semangat menuju akhir pekan.

- AKA: Merupakan salah satu singkatan dari As Known As, artinya dikenal juga atau alias.

- BTW: Singkatan gaul ini kerap digunakan, serta kepanjangannya adalah By The Way. Istilah gaul BTW sama juga artinya dengan istilah 'ngomong-ngomong'.

- CMIIW: Merupakan salah satu singkatan gaul bahasa Inggris yang sering digunakan di platform media sosial, dengan kepanjangan Correct Me If I'm Wrong.

- FYI: Adalah singkatan gaul bahasa Inggris yang kepanjangannya adalah For Your Information dan kerap Anda lihat dalam unggahan media sosial. 

 

5 dari 5 halaman

Kata Gaul yang Dibalik Selain Sabi

Sabi artinya dalam bahasa gaul yang terbentuk dari kata bisa yang dibalik suku katanya. Selain kata sabi, ternyata masih ada beberapa istilah dalam kata gaul lainnya yang terbentuk dari proses penulisan yang dibalik, baik per suku kata maupun per huruf. 

- Tubir : Ribut

- Kuy   : Yuk

- Skuy : Yuks

- Takis : sikat

- Ngab : Bang

- Woles : Selow atau Santai

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS